iklan iwb
iklan iwb

yamaha-mio-m3-sss-3Iwanbanaran.com – Kangbro…..IWB harus berterima kasih kepada Kang Udin yang sudah ngeshare secara detail gambar serta kelebihan ataupun perbedaan Mio SSS di bandingkan dengan tipe reguler. Pada awal artikel IWB sudah jabarkan tentang adanya fitur Start stop system yang memiliki kinerja mirip dengan ISS Honda. Namun perbedaan yang cukup signifikan adalah pengaplikasian sistem starter yang masih menggunakan dinamo. Pertanyannya…..apakah sistem ini tidak akan membebani aki mengingat dinamo konvensional lebih membutuhkan tenaga besar dibandingkan dengan ACG starter??….

Secara teknis memang demikian mzbro. Namun ternyata pihak engineering Yamaha sudah memperhitungkan sedemikian rupa supaya proses sleep ataupun power on engine tidak mengganggu kekuatan aki. Oleh karena itu Yamaha memberikan ampere yang Mio M3 SSS. Fakta ini berhasil iwb bongkar atas bantuan dari Kang Udin. Beberapa bukti pun disodorkan cari foto terlampir……

Monggo perhatikan perbedaan antara kedua aki. Menggunakan vendor yang sama yakni Yuasa…. keduanya memiliki tipe berbeda di mana untuk Mio M3 SSS dibekali ampere lebih besar dengan kode part YTZ6V. Sementara untuk Mio reguler menggunakan kode part YTZ4V. Nah untuk ampere sendiri…..Mio SSS dijejalin tenaga listrik sebesar 5Ah. Bandingkan dengan Mio non SSS yang hanya 3Ah. Artinya apa??….

iklan iwb
iklan iwb

mio-m3-sss-4Beban dinamo di cover dengan aki yang juga memiliki strum besar. Seharusnya kinerja juga tidak akan mempengaruhi sistem itu sendiri. Iwb sangat yakin bahwa sebelum produk dirilis ke pasar Yamaha sudah melakukan tes secara mendetil. Dengan kata lain kita tidak perlu kuatir akan terjadinya aki soak akibat beban dinamo yang terlalu besar karena  harus hidup beberapa kali ketika sistem SSS aktif. Memang kudu dibuktikan dilapangan dulu tapi ngono cak kiro-kiro…..

Last…..dari penerawangan dan contekan data yang IWB terima, Mio SSS ini lebih mahal dibandingkan dengan versi reguler. Estimasi IWB perbedaan harga berkisar antara 800 hingga Rp900.000. Monggo ditunggu wae kangBro. Mio M3 SSS??. Piye….menggiurkan ora kang??…..(iwb)

yamaha-mio-m3-sss-6yamaha-mio-m3-sss-4yamaha-mio-m3-sss-1mio-m3-sss-3mio-m3-sss-2mio-m3-sss-1

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

107 COMMENTS

          • Kalo senyap bisa dipastikan tidak! Kalopun bisa lebih tidak bersuara tapi dengan sistem dinamo seperti ini. Dikemudian hari bunyi starter akan muncul.
            Kenapa? Karena sintem indirect starter seperti sekarang ini perlu torsi besar untuk silent. Dan dalam waktu lama akan terjadi pengurangan power dari dinamo ato aki ato mesin yang semakin berat.

        • Itu terlalu dini untuk upgrade mesin mas bero, yamaha iwata udah bikin paten sss with acgenerator. Cmn ini g mungkin dilakukan skrg mengingat usia bluecore dan jajaran entry level skutik yimimi barusan facelift, 2 th lagi lah. Cmn ya itu, mungkin 2th lgi ahem udah berinovasi lgi hehehe ????

          Honda ahem msh punya senjata yaitu mesin 125cc aircooled yg msh dikekep (info ini akurat) yg bkal dikeluarkan akhir tahun dpn

    • Ekekekek

      Raimu tambah kaya coro met

      Sudah urusin zaza embit seteres mu
      yang pake stang tracktor
      Aspal kok mau di tracktor Dungu

      HAHAHA

  1. Ekekekeke, inget kasus ridertua? Aki mio tanpa iss aja yang segitu 6 bulan udah soal, nah ini pake iss dan aki cuma naik 2ah doank? Wah bakalan sama nasibnya 6 bulan ganti aki, garansi aki udah abis konsumen dipaksa ngemis aki murahan, ngoahahhaha

    Saran zaza menidng aki yamaha diganti pake powerbank xiaomi biar tahan zaza

  2. Ekekekk

    Engginering Yamaha Emang Smart
    lebih memilih Dinamo Senyap / Sleep di banding Sistem AC

    Kedepan nya bakal di aplikasikan di moped dan Moto sport nya

    • Emang terbukti senyap? Selama masih ada pertemuan roda gigi dan torsi dinamo gak dinaikkan signifikan pasti akan bunyi! Kalopun gak bunyi tapi dikemudian hari perbandingan beban engine dan starter berubah yang dikarenakan engine yang lebih berat, ato kekuatan dinamo melemah, atau kekuatan aki melemah. Maka bunyi starter seperti sekarang ini akan muncul kembali. Sangat berbeda dengan AC generator starter.

  3. Motor keren Siap langsung Mejeng di Alfa

    Motor dagelan Sebelah Modif stang traktor Mesin Dongfeng Ngaku irit tapi lebih boros

    .HAHAHA

    • Kowe tukang kibule Coooong bencooong…… Ndak ada malunye entu congor tukang kibul teriak tukang kibulll……..????

  4. Biar waktu yang bicara. Tapi kalo menurut gw, bila ampere besar, butuh setrum yang besar juga yang jelas akan membebani kinerja mesin. Salam BIKER.

  5. Ternyata msh lebih canggih skutik entry levelnya AHM.
    Kirain sistem starternya udah di Upgrade, ternyata msh tetep pake dinamo.
    eeaaaa……

  6. Penjelasanmu kurang jelas lek, kalau bisa sistem kerjanya tolong dijelasin juga..
    Gak perlu pakai bahasa teknikal, yg penting kesimpulan +- fitur sss ini udah cukup..

  7. ampere besar itu gunanya biar aki menyimpan strom lebih banyak. contoh di mobil misalnya .Kalau ampere standar, tanpa bunyi mesin lampu besar dinyalain, 3 jam soak. ganti dengan volt yang sama tapi ampere lebih tinggi lampu besar nyala 5-6 jam baru aki soak. Jadi tidak membebani mesin lah.

    • Iyo matic yimmi 5th kedepan ternak curut!!
      Cat cit cat cit!!!!!! Iki opo fitur keselamatan ben bike liyo ati2 ono curut liwat!

  8. seperti aki mobil juga, memang semakin besar ampere nya biasanya dimensi aki juga tambah besar. Bagi yang merasa cepat soak, mungkin cara menggunakan electric starter kurang tepat. Motor injeksi mudah bunyinya dr pd karbu. ditekan aja tombolnya tambah menarik gas(asal motor sehat) langsung langsam. Juga menindis ke-2, ke-3 dst electric starter sebaiknya dikasi jeda lah 5-10 detik. Jgn main hantam tindis berulang-ulang kalau susah bunyi.

    • Yah pilihan orang di hargai lah mo..jangan kayak orang bodoh yg gak bisa nerima perbedaan pilihan.benci merk motor kok segitunya,tiap hari bombardir komen gak mutu mojokin satu merk..capek hati capek pikiran mo,tobat..

    • Mbah darmo nih lama2 gak lucu..komentar cerdas lah,jangan nyerang gak karuan.be smart!mau honda mau yamaha suzuki kawasaki bajaj piagio dll wis ben orang berhak memilih.orang goblok aja yg gak bisa hargain pilihan orang lain,selain yg dia pilih pokoknya salah..kalo semua orang berpikir benar menurut cara pikirnya sendiri tanpa membuka pikiran dan menerima perbedaan, ancur dunia!bahas agama bisa bunuh2an,bahas pilpres bisa bakar2an.sempit hati sempit otak…kasian

  9. gk efisien sama sekali, tapi ada kelebihan, kalau desainnya tepat, starter macam gini anti banjir, meski kerendam air, tetap bisa starter.

  10. mesin baru tersebut menggunakan 2 metode penyalaan mesin secara bersamaan;
    motor starter (dinamo) dan acg starter, untuk menciptakan system quick start, dan akan dikembangkan untuk mesin non automatic

  11. di semarang harganya 16.460.000
    teman sy bekerja sbg sales girl di salah satu dealer yamaha di semarang. krn sy minat kmrn sy bertanya via wathsap, dan itu jawabannya….
    terima kasih sebelumnya…
    tp sy ttp minat belo yg mip m3 aks sss ini…
    solikin bellatoys

  12. acg starter honhon lebih canggih??? preeet… saya pake vario 125 iss, iss-nya sering ga aktif, lampu indikator ga nyala, pas motor berhenti mesin ga mati, padahal dalam kondisi saklar iss on! Tp kadang2 bisa aktif, itupun jarang banget. Mekanik ga ngerti

  13. Aki tambah gede harga tambah gede.. disinyalir yaMaho juga jualan Aki disisipkan lewat motor jadul dengan dinamo segede dinamo Pompa Air sumur.. kl di starter.. Sekkkkk esekkkk esekkk eseekkkk… knalpot nembak Bhret bhret Dhuor dhorrr… khas yaMaho lah…

  14. Padahal di beat akinya kecil sekarang ya?ini malah kebalikan,pakai sss tapi tanpa acg kayaknya kok kurang pas,produk yang maksa kah?YIMM bisa lebih baik dari ini lho sebenarnya.

  15. Faktor utama sebagian besar masyarakat indonesia dalam memilih motor adalah faktor EKONOMI ( hemat bensin, kalau lagi susah dijual cepet sebab nama besar) bukan faktor kenyamanan apalagi daya tahan. Namun mereka standart ganda dalam hal hemat bensin, nyatanya matic S lebih hemat jauh. Masalah nama besar Merk H? Entahlah apa yg dilihat, harusnya merk S lebih besar namanya secara dia paling irit.

  16. Yg komen banyakan masih bayek, tgal makek aj pada ribut, bangsa sndiri aj lom sa bwat ap lagi lo bayek, ribut mulu, bwatan bgsa sndiri baru bangga, in,,Smuar ad +-, ksempurnaan cm mlik alloh,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here