iklan iwb

rr-mono-pertamax-turbo-4

Iwanbanaran.com – Pakde…IWB sebenarnya sudah banyak ngeshare testing bensin Pertamax Turbo milik Pertamina untuk beberapa varian motor lain. Tapi sejauh ini belum satupun menyentuh Ninja 250 RR Mono. Lawong motore termasuk jarang. Untunglah ada?bro Teo pembaca asal Surabaya yang antusias ngeshare tunggangan dan kebetulan adalah sang RR Mono. Nahhhh…..kebeneran ki cak. Terus piye testimoni doi saat jajal sang Turbo??….

Cak Teo adalah salah satu reader yang antusias mantengin artikel tentang bensin terbaru Pertamina Pertamax Turbo. Makanya saat bensin oktan 98 ini nyampe kekota buaya, doi langsung ngibrit keSPBU. Karena sebelumnya biasa menggunakan Pertamax biasa oktan 92…doipun coba bandingin keduanya. Hasilnya??…

iklan iwb

Cukup unik kangbro. Secara umum…..bensin rada irit dibanding Pertamax walau nggak signifikan. Contohnya ketika motor diisi Pertamax Turbo 5-6 liter, motor mampu untuk menjelajah kisaran 180 KM+. Coba bandingkan dengan?Sebelumnya ketika menggunakan Pertamax oktan 92…

rr-mono-pertamax-turbo-3

Dari testing….6-7 liter Pertamax bisa menempuh kisaran 190 km+. So…jika dikalkulasi kasar, dengan nunggang Ninja RR Mono menggunakan Pertamax berkisar 30-31 km/liter. Sementara untuk Pertamax Turbo direntang yang sama namun bisa lebih jauh diangka 32 km/liter. Detilnya sebagai berikut….

Pertamax isi 6-7 L dapetnya 190 KM+
Pertamax Turbo isi 5-6L dapetnya 180 KM+

Pertamax : 30-31 KM/L
Pertamax Turbo : 30-32 KM/L

“Pengujian pulang pergi kuliah mentok gear 4 ganti gear di RPM 5000, sekali-kali geber kalo ada yang nantang hehe hitung2 coba torsi RR Mono..”seru cak Teo ke IWB. Lha kuwi soal konsumsi BBM. Piye dengan sensasi pada performa?…..

rr-mono-pertamax-turbo-1

Bedanya pertamax sama pertamax turbo yang saya rasain mesin jadi lebih halus, panasnya menurut saya juga sama aja dan ini ninja RR mono kompresinya kekecilan buat pertamax turbo (1:11.3) tapi kalo pake pertamax ketinggian, pasnya pertamax plus….“serunya….

Last…dari data test diatas bisa disimpulkan, Pertamax Turbo tidak membuat perubahan signifikan pada komsumsi BBM. Namun secara umum memang membuat mesin RR Mono jadi lebih halus. Hanya saja dari cak Teo?merasa lebih cocok dengan Pertamaxplus. Sayang status bensin ini akan segera lenyap tinggal nama. Nah…wis dapat gambaran to cak kira-kira? (iwb)

rr-mono-pertamax-turbo-2

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!