iklan iwb
iwb-iwanbanaran-7-2
“Saat masih ngeblog sambil kerja disebuah hospitality industri….”

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…banyak pembaca yang bertanya, bagaimana warung bisa besar seperti sekarang. Mayoritas mendukung namun ada juga kaum minoritas yang mencibir. Maklum cak….golongan terakhir hanya melihat dari hasil terakhir bukan proses hingga Blog mencapai titik seperti sekarang. kisah ngeblog bagi IWB pribadi memang penuh dengan dinamika. Ora sesimpel yang sampeyan bayangkan sebab banyak sekali gangguan yang mengiringi langkah saat warung ini mulai dikenal. Dari aksi haters yang tidak menyukai eksintesi Iwanbanaran hingga promosi jabatan yang dibatalkan karena IWB ketahuan ngeblog. Tobat njaran tenan !….

Dikantor sambil ngeblog memang pressure tersendiri. IWB memiliki jam kantor dari jam 7 hingga 3 sore. Tapi karena target tiap jam 6 pagi brojol artikel…IWB pun berangkat dari Depok ke Jakarta jam 4.30. Wisss ora kalah dengan tukang sayur kangbro. Karena butuh 1 jam untuk mencapai kantor yang berjarak sekitar 35 km….so berangkat pagi buta wajib hukumnya. Hal ini harus IWB jalani dengan tujuan satu….tiba dikantor duluan, ngetik artikel baru mandi dan ganti uniform. Selesai sampai disitu?. Ora pakde….

Untuk artikel siang, IWB seting jam 1. So…pas istirahat IWB selalu sempatkan ngetik satu artikel. Tentu saja ini adalah tantangan tersendiri karena jika ketahuan bos, bisa dicuci habis. Makanya saat ngetik, mata celingak-celinguk kiri kanan. Waspada judule. Kalau bos lewat, jendela internet IWB minimize. Kucing-kucingan IWB lakoni selama hampir dua tahun lamanya diawal Ngeblog. Bisa sampeyan bayangin tuh tekanannya. Dan yang patut sampeyan catet….

iklan iwb

iwb-turing

Pada rentang tersebut tidak ada mikir bakal dapat uang karena IWB memang tidak tahu bisa mendatangkan uang. Nulis karena suka….demen aja ketika tulisan kita dibaca orang. Ora ono judule ngerti Google adsense dan pernik lainnya. Piye cak…namanya wae wong ndeso. Jadi tidak ada trik-trik “mbelgedes” cari perhatian nempel kiri kanan seperti yang IWB lihat sekarang. Orang-orang yang justru merusak hakekat dunia Blogger. Apalagi ditahun 2009 informasi internet belum semasif sekarang. Nulis hanya karena senang…hanya itu. Kondisi tersebut beda dengan sekarang dimana ngeblog sudah termotivasi materi. Jelas menjadi buah simalakama karena jika tidak ada hasil jadi kecewa. Selain itu pasti semangat ngeblog juga ikut ambrol….

Sebagai front desk supervisor disalah satu hotel bintang 5 Jakarta…IWB membawahi sekitar 11 staff termasuk Bell Boy. Dan siapa menyangka…salah satu dari mereka ternyata melaporkan kegiatan IWB. Padahal secara operasional ngeblog tidak mengganggu pekerjaan….tapi itu tidak menjadi pertimbangan. Data tersebut masuk dan disimpan oleh pihak menajemen. Hingga angan mendapatkan promosipun gagal. Karena HRD dan menajemen tidak menyetujuinya. “Sorry wan….karena kamu kebanyakan ngeblog, rekomendasi kita untuk promosi kamu ditolak manajemen !..”seru boz membuat IWB lemes campur geram……

iwanbanaran-2

Yup…geram sebab orang paling dekat serta kita percaya ternyata berkhianat dibelakang. Salah satu staff yang IWB anggap sebagai teman, sahabat, saudarapun ternyata belum tentu positif. Didepan manis dibelakang nusuk. Yang membuat IWB adem adalah…..IWB sadar apa yang sudah IWB jalani salah sebab menggunakan fasilitas perusahaan. Masih untung tidak dijatuhkan hukuman…..demikian batin IWB. Tapi entah kenapa kejadian tersebut tidak menyurutkan semangat IWB ngeblog. Dan pada akhir cerita….IWB-pun keluar dari sana pindah ke sebuah hotel dikawasan Thamrin Jakarta Pusat…..

Last…pesan moral dari cerita diatas adalah, tidak mudah untuk meraih sesuatu. Butuh proses jatuh bangun yang melelahkan. Tapi kehadiran sampeyan yang rutin berkunjung diwarung ini serta passion pribadi terhadap roda dua sudah cukup untuk membuat IWB terus maju. Dan itulah yang utama ketika sampeyan menjadi Blogger. Jangan latah dan ikut-ikutan kalau tidak suka tema. Namun temukan sesuatu yang sampeyan sukai, baru identitas Blog digarap. Ingat…materi hanya bonus, bukan utama. Akan banyak haters berusaha menjatuhkan lewat penggiringan-penggiringan opini dan fitnah keji. Jika itu terjadi acuhkan dan tetap fokus pada konten. Biarlah alam yang menyeleksi pada akhirnya nanti. So…ngeblog??. Promosi jabatanpun bisa batal cak…..opo ora perih rek !. Itulah sekelumit pengalaman pribadi betapa beratnya awal menjadi Blogger :mrgreen: …...(iwb)

iwb-bali

220 COMMENTS

  1. Wah sampe merinding bacanya Om. Salut sama kerja keras dan semangat pantang menyerahnya. Semoga karirnya dan bloggingnya selalu lancar dan makin besar dan berkah. Amin.

  2. Ndregil juga lek sampeyan dahulu, orang sukses pasti ada sejarah nakalnya. Yg alim n tertib malah gak sukses.
    Yg berkhianat itu pasti ya orang dekat lah.
    Nah khusus di pengalaman lek iwan temen yg khianat itu , disawat atau disampluk lek?

  3. Intine fokus sama hoby dan tujuan wae lek, babahno liyane kuwi, ungkin wae ngiri, biasalah didunia kerja hal seperti itu lumrah kok kang.

  4. netral,,itu silusinya kang jngan mnutupi kkurangan salh satu brand,trbuka biar gk d sangka blog ternak,cma usulan aja gk lbih,krna saya tiap hari suka smpetin mampir k warung sampean,walau kadang cma silent aja
    saya apresiasi smngat pntang mnyerahnya ,

  5. Iwanbanarandotkom. Situs andalann gueee.. ???? kalo si darmo langganan ke JAVhi*hi dot kom wkwkwkkk

  6. Awas banyak bloger bayaran aka ternakan dari salah satu pabrikann kang.. itu tu y ngaku ngaku SOHC Operstruk katanya motor sport.. wkwkkwkw

  7. tetap semangat kang iwan,artikel2 kang iwan buat saya sangat bermanpaat,bisa nambah wawasan di saat nunggu rejeki datang (pedagang ceritanya)he he!!!

  8. ekekek..

    sentimen bgt koe puull kro komenku ..
    dimoderasi kabeh …
    nyooh tak tukokke fembaluut ..

    HAHAHAHA

    ??????

  9. Perjuanganmu meniti karir di dunia blogger hrs dihargai namun kalo km sendiri tdk menghargai perjuanganmu itu dgn mjd blogger yg tdk netral mk haters akan terus bermunculan. Km sndri pasti ingat saat2 awal terjun ke dunia blogger dmn artikel yg ditulis tdk berat sebelah mk komentar2 yg muncul di kolom komentar pasti mayoritas dominan positif jg. Namun ketika kolom komentar hanya berisi komentar sampah mk bs jd artikelnya jg sampah alias titipan salah 1 pabrikan / tdk netral. Hukum karma pasti berlaku. Eh ngomong2 sdh punya NPWP blm? Pajak sdh byr blm? Penghasilan situ dr Google Ad Sense kan besar? Sbg warga negara yg baik sehrsnya sportif dong byr pajaknya. Masak mo niru Google yg gak mau byr pajak? Pendapatan blogger dr Google Ad Sense ini mgkn bs jd celah bagi pemerintah utk mengejar kewajiban pajak yg hrs dibyr oleh Google. Istilah gampangnya berani byr komisi tinggi buat blog yg hitsnya tinggi masak gak ada profitnya sama sekali. Artikelmu kali ini ibaratnya sprti Maling teriak Maling.

  10. ekekek..

    gara2 ngritik ipuull ..
    komenku di moderasi kabeh ..
    periiihh cuk ..

    serasa disodok dari belakang ..

    HAHAHAHA

    ??????

  11. Semangat kang iwan.salut sama perjuangan dan netralitasnya.gua pakai blog ini sbg bahan rujukan dan cocok semua reviewnya.thanks kang iwan

  12. ekekek..

    warungmu ki terkenal karna aku puulll ..
    koe kudune mbayar royalti ning aku ..
    jasaku besar di warungmu ..

    tanpaku koe cuma butiran debu puull …

    HAHAHAHA

    ??????

    • Darmo ini dulunya jg blogger abal2. Tapi nasibnya yg kurang beruntung. Ngga laku. Makanya memilih jalan lain sbg hater. Wkwk..

  13. mas iwan ini kayaknya saya kenal kalau orang entertain mah dunianya sempit mas wkwkwk, btw mas ini yang istrinya namanya mbak murni bukan sih ? maaf kalau salah mas, wkwkwk salam kenal aja kalau salah mas.

  14. Ceritain juga dong kang, bgmn caranya bs dpt uang dari ngeblog, trus google adsense apaan ya kang?

  15. Kalau saya pikir ya ini takdir yang baik karena akhirnya Bang Iwan bisa berkarir dalam bidang yang Mas Iwan cintai, kan mungkin saja kalo jadi naik jabatan malah nggak punya waktu untuk nulis.

    Sangat patut untuk disyukuri, Allahu a’alam.

Comments are closed.