iklan iwb

suzuki-rgr150-1989

Iwanbanaran.com – suara knalpot nya sangat khas…..bindeng dengan raungan bak pendekar yang siap tempur. Saat melintas sampeyan tidak perlu untuk menoleh jika ingin sekedar mengetahui bahwa yang lewat adalah jawara pada eranya. ?Jujur kangbro…..saat itu IWB langsung terpesona. Hati berdegup kencang bak pria menemukan gadis pujaaan. Tidak bisa diingkari….IWB benar-benar jatuh cinta…..

iklan iwb

Ketika seluruh pabrikan masih berkutat dan bermain di kelas 135cc 2 tak, sang jawara ini menggebrak pasar dengan kubikasi 150cc. Disaat pabrikan lainnya tidak perduli dengan performa, hati para biker penyuka kecepatan dibuat bergetar. Lahir di tahun 1989, motor yang dilahirkan oleh Suzuki ini langsung menjadi idola. Siapa lagi kalau bukan Suzuki RGR 150…..

Mengusung mesin 2 tak 150cc motor yang dikenal lewat beberapa nama di luar negeri seperti RG150/RGV150, Suzuki dibawah payung Indomobil memboyong RGR 150 dari Thailand. Sontak pabrikan yang mengusung slogan “Inovasi Tiada Henti” tersebut membuat geger. Dilirik cak. Di awal kemunculannya….Suzuki menarik perhatian atas keberaniannya menyodorkan motor dengan bentuk sangat ramping berbuntut kotak menyempit. Namun dibalik body yang slim kita akan melihat sebuah dapur pacu dengan ukuran cukup besar di masanya….

Mesin yang digendong memiliki kubikasi 150 cc 2 tak….terbesar dikelasnya. Tidak hanya itu, disaat produk yang hadir di tanah air masih dibekali dengan frame model Diamond serta double Cradle….. Suzuki RGR sudah menganut model Twin spar. Alasannya jelas untuk meredam?letupan mesin 150cc yang mengusung teknologi super scavenging system. Teknologi yang memiliki sebutan SSS inilah yang membuat akselerasi RGR luar biasa njengat saat dibetot…

Yup…Suzuki meracik sebuah lubang khusus pada blok mesin yang dikoneksikan dengan selang menuju tempat penyimpanan udara. Jadi ibarate cadangan cak. Saat RPM melengking tinggi praktis membutuhkan hisapan udara sangat besar. Dan sistem SSS inilah yang akan memberikan asupan udara tambahan sehingga memberikan sensasi ngeplong. Dikombinasikan dengan?teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control)…RGR memiliki akselerasi nggegirisi….

bikepics-2734414-full

Ambrolll nyaline kangbro. Awal hanya merasakan RXZ/RZR (untuk 2 tak), geber RGR bener-bener tak terlukiskan sensasinya. Itulah pertama kalinya IWB dibikin keder saat membetot motor. Masuk speed 175 km/jam cingcai banget. Dengan power?26.5 PS/9500 rpm dan bobot kosong hanya 99,8 kg…wis sampeyan bayangne kayak apa gerak motor saat dibetot. Badan seperti dilempar kebelakang. Piye jal ora jatuh cinta. Sekarang aja dengan mesin sudah tua, RGR masih menyisakan bekas kejayaannya saat dites para biker….

Sayang, kala itu hanya anak orang berada yang bisa membeli sang kuda besi. Hargane cakkk….mahall tenan. Dengan banderol sekitar 6,4 juta….anak wong ndeso seperti IWB mung iso ngulu idu (nelan ludah). RGR seperti idola biker pria.?Bak sihir…sekali kerling cewek nempel saat sampeyan nunggang RG. Mau wajah sampeyan jidat nempel dipipi, kalau sudah nunggang?Erji tertutupi cak. Terlihat ganteng wis pokoke. Dikalangan lingkungan, sampeyan nunggang RG juga akan disegani. Wiss pokoke?super tenan….

Last…..RGR150 mulai tertekan saat Honda memasukkan NSR150R. Lalu tidak lama Kawasaki kembali ketanah air dan membawa nama Ninja150. Sempat merevisi desain hingga 4 kali….Suzuki RGR mulai ditinggalkan. Alasannya simpel….secara engine, RG jadi terlihat usang dibanding Ninja 150 dan NSR. Apalagi mesin RG emang borosss amit-amit. Mandeknya evolusi dari Suzuki ditambah desain yang stagnan membuat penjualan RGR terjun bebas dan memaksa PT SIS menyetop produksi selamanya ditahun 2000. Namun 11 tahun berkiprah jelas tetap memberikan ?kenangan tersendiri bagi para 2 stroke lovers. Sebuah motor yang mampu mengubah persaingan market sport 2tak ditanah air. An unforgettable legend bike….Suzuki RGR150SSS !!!!! (iwb)

Spesifikasi dan profile Suzuki RGR150R

Perusahaan induk Suzuki Motor Corporation
Tahun Produksi 1989 – 2000
Model berikutnya Suzuki RG-R (150) ss
Suzuki RGR 150 Gamma II

Mesin 147 cc, 2 langkah, piston and reed valve, berpendingin udara
Daya kuda 26.5 PS / 9500 rpm
Torsi 2.1 kg.m. / 8000 rpm
Sistem transmisi 6 percepatan, wet multi-plate type
Suspensi Depan: Telescopic, coil Spring, oil dampened
Belakang: Swinging arm, oil dampened
Rem Depan: cakram double piston
Belakang: tromol
Ban Depan: 2.75 ? 18 4PR
Belakang: 3.00 ? 18 4PR
Sudut kemiringan suspensi depan 59.0 x 54.0 mm
Dimensi keseluruhan P 680 mm
L 780 mm
T 1.970 mm
Tinggi jok dari lantai 1.120 mm
Berat 99,8 kg (wet)
Kapasitas Tangki 11 liter

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!