iklan iwb
iklan iwb

460x110_tire

top-speed-cbr250rr
“New CBR250RR Speed 167 km/jam lintasan 600 meter….”

Iwanbanaran.com – Cak….dari semalam IWB mantengin dua media otomotif yang diberi kesempatan jajal langsung motor fairing terbaru Honda CBR250RR. M+ serta Otomotif yang sukses membeberkan tendangan RPM sang paralel silinder yang menurut IWB memang termasuk cepat. Banyak yang mengulas dengan judul top speed 167-168 km/jam…berdasarkan video. Namun…melihat pergerakan speedometer, IMHO itu belum top speed. Ahhh…mosokkk??….

iklan iwb

Pasca testing kedua media diatas, banyak reader email ke IWB bertanya….kira-kira apakah angka 167-168 km/jam sudah top speed atau berpotensi masih naik lagi??. IWB sendiri sih maturnuwun dipercaya dengan pertanyaan demikian. Tapi tentu jawabannya tidak sahih dan hanya berdasarkan analisa. Lawong IWB nggak jajal sendiri alias hanya baca dari review media lain. Tapi tenang…IWB akan coba berikan opini lewat beberapa tayangan video yang beredar….

Soal handling serta feel riding…lupakan, IWB nggak akan  bahas itu. Kita harus testing dilapangan baru bisa jawab. Namun untuk performa, setidaknya kita bisa menganalisa dari tendangan RPM dan angka speedometer. Disini bisa IWB raba….power new CBR250RR cukup berisi pada gigi 4 hingga 5. Bahkan pada gear 5…dengan riding mode Sport, speed melesat cukup cepat. Terbukti pada gear 5 untuk nabrak kecepatan 160 km/jam gampang bener. Piye dibandingkan dengan R25 contohnya??….

R25 lebih baik dibanding Ninja250 soal performa….at least dari testing pribadi. Namun melihat pergerakan speed diatas….sepertinya R25 bakal kesulitan jabanin new CBR250RR. Kenapa?. Sebab kendati R25 pada gear yang sama juga bisa menyentuh angka 160-an km/jam (5 speed)…tendangannya lebih lambat kangbro. Video testing pribadi IWB terlampir bisa jadi komparasi. Tapi kan kang IWB amatir dan lebih gambot?. 165 vs 75 (bobot saat ngetes R25 2 tahun silam)?…

cbr250rr-vs-yamaha-r25

Betul juga. Hanya saja kita harus tahu, lintasan lurus Sentul mencapai 900 meter. Sedang sirkuit milik Bridgestone hanya 600 meter. Logikanya kompensasi 300 meter seharusnya sangat-sangat lumayan membantu top speed. Namun pada faktanya….new CBR250RR sukses memberikan impressi berbeda setidaknya dari video. Mungkin inilah kelebihan riding mode. Mapping elektronik bisa diatur sesuka hati untuk membantu pembakaran sehingga akselerasi bisa dioptimalkan. So…top speed bisa diraih secepat mungkin, akselerasi makin galak. Kasarnya….kendati mungkin top speed mirip-miirp…..nyampe ketujuannya lebih cepat pakde. Lebih kurang gambarannya demikian….

Last….memang sudah seharusnya new product lebih superior dibanding gen sebelumnya apalagi milik rival. Lek lebih inferior yo ora lucu to kang. Dan sudah seharusnya pula rival akan mengejar kekuranganya pada next product….inilah yang namanya persaingan. Tapi tidak bisa diingkari, kedatangan new CBR250RR memberikan benchmark baru pada motor Jepang 250cc dunia. Nah…untuk memberikan gambaran keduanya…IWB coba komparasikan video top speed R25 (IWB sendiri) vs new CBR250RR Otomotif. Jangan-jangan gara-gara beda 10 kg ki…..emang kudu jajal dewe ancene. Semoga dapat kesempatan secepatnya pakde. CBR250RR speed 167 km/jam??. IMHO durung top speed kuwi cak….175 km/jam cingcai ki kayaknya….(iwb)

"M+ gear 5 masuk 167 km/jam...."
“M+ gear 5 masuk 167 km/jam….”
top-speed-cbr250rr
“Otomotif 167 km/jam gear 6…..”

Video youtube komparasi akselerasi Yamaha R25 vs CBR250RR kondisi standart

HP klik disini
MVAI-Banner-1

iklan iwb
Previous articleMengintip produksi komponen Yamaha X-Max 250…..sssstttt, Oktober sudah mulai cak !
Next articleAHRT akan kirim 4 pembalapnya bertempur di India pekan ini….!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!