iklan iwb
iklan iwb

460x110_tire

yamaha-nvx-150-14

Iwanbanaran.com – Edian cak….bener-bener makin gamblang ki. Setelah meneropong dengan seksama geliat Yamaha atas beberapa produk terbaru mereka, IWB melihat grafik yang cukup mencolok mulai bulan depan (Oktober 2016). Namun grafik tersebut anjlok kembali hingga ngetrail lagi tahun depan. Dan yang paling signifikan pada bulan Februari 2017….banyak benerrr cakkkk!. Emang piro sih??….

iklan iwb

Seperti yang sudah IWB bahas diartikel sebelumnya, progress pabrikan garputala untuk merampungkan produk maxi skuter mereka berlabel B65 sudah menuju final. Sosok yang diduga sebagai lawan dari Honda Vario 150 ini lulus uji tipe dan secara legalitas, sosok yang kabarnya akan mirip dengan NVX Vietnam ini sudah sah jika ingin diproduksi secara masal…

Dari database pendaftaran TPT diperoleh kepastian bahwa uji tipe Yamaha B65 dan B65-A telah selesai. TPT Kemenperin gamblang disebut bahwa untuk B65 yang memiliki kapasitas mesin 155.1 cc ini akan diproduksi sebanyak 106.100 unit. Sementara untuk B65-A (ABS) dengan kapasitas mesin sama namun diproduksi lebih sedikit, hanya 28.700 unit. Dan jika ditotal mencapai 130 ribuan. Itu forecast 1 tahun cak. Tapi IWB akan coba ngintip pergerakan mereka startnya dari mana….

yamaha-nvx-150-1

Dan setelah IWB pantau dari jauh, beberapa pos sudah terpantau bergerak menuju produksi 1000 komponen di bulan depan. Jelas ini adalah sinyal mengejutkan karena sudah masif ki cak arahnya. Grafik tersebut kembali turun dan flat diangka puluhan pada November-Desember. Artinya aktifitas produksi istirahat pada akhir tahun 2016. Dan saat IWB terawang ditahun 2017….lonjakan kembali terjadi dibulan Januari 2017. Jumlah tiga kali lipat dari bulan Oktober kangbro…..

Dan yang paling njengat pada bulan Februari 2017. Di bulan tersebut produksi B65 bisa tembus hingga 22 ribuan….gendeng banyak benerrrr cakkkk. Selesai?. Oraaa. Dibulan selanjutnya (Maret 2017) malah terus ditambah hingga menginjak angka yang cukup mencengangkan. Target YIMM sendiri unit akan terjual 130 ribuan selama setahun. Ini targetnya dan bisa ditambah. So….IWB makin yakin segmen B65 bakal sedikit dibawah dengan asumsi mendekati Vario 150. Tidak menggeser cak….

yamaha-nvx-150-7

Ingat…ora menggeser karena disegmen dek rata tetap beda dengan maxi skuter. Jadi Yamaha sepertinya sadar betul akan hal itu. Jadi mereka memang tidak berniat menggeser namun menggerogoti. Lho….pinter to. Dikrikitin suwe-suwe lak yo krowok rek. Jadi pasar Vario 150 yang dipasang pada range harga 21 jutaan akan coba direcokin oleh B65. Iki prediksi lho cak….kalau meleset ojo dipisuhi. Analisa sementara IWB demikian….

Last….B65 masih menjadi misteri walau IWB cukup yakin inilah produk maxi skutik Yamaha yangg akan mengusung desain mirip NVX 150 Vietnam. Mesin sendiri rumornya nyomot dari NMax…setidaknya itulah analisa base on engine crankcase luar. Detilnya seperti apa?. Monggo kita tunggu wae sama-sama. Toh nggak bakal lama lagi pakde. Yamaha B65??. Maxi skuter mukul skutik dek rata…..ramai iso gebuk-gebukan tenan ki :mrgreen: …..(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!