iklan iwb

460x110_tire

“Turing membelah pegunungan Merapi..”

Iwanbanaran.com – Sik to kang….iki judule koq mengandung unsur mistis ki piye?. Tumben ki bahas yang rada aneh dan melenceng dari bahasan umumnya?. Yah…memang demikian kangbro. Tidak ada salahnya setiap gelintir pengalaman pribadi IWB share agar sampeyan? bisa memetik intisarinya. Dan kebetulan…pengalaman turing di Merapi ini sudah lama IWB alami namun ingatan tetap tajam tak terlupakan. Karena memang…..secara pribadi lumayan membuat IWB rada keder. Emang kenapa sih??….

Ditahun 2013….IWB menjadi salah satu Blogger yang diajak Yamaha untuk melakukan turing akbar sekaligus peluncuran skutik X-Ride. Pada ritual tersebut…kita harus menyeberangi area lereng dan kawah menggunakan skutik terbaru Y. Event tahun 2013 dan gunung baru meletus pada tahun 2010. Jedah 3 tahun tersebut ternyata masih menyisakan keganasan alam saat memuntahkan magmanya. Pasir dan batu cak….gede segaban dimana-mana….

iklan iwb

Rombongan ada yang nunggang trail serta X-Ride. Menembus area pegunungan yang sudah berubah menjadi bukit terjal serta rumput ilalang. Dan percaya atau tidak……perasaan IWB saat melihat kondisi tersebut seperti ditarik pada tayangan detik-detik gunung Merapi meletus. Tapi karena banyak teman dari kalangan jurnalis serta teman-teman Blogger…IWB pun tidak merasakan hal aneh. Hingga pungkasan rute saat kita mengunjungi museum rumah warga yang luluh lantak. Disinilah perasaan kurang nyaman menghinggapi….

merapi

Dirumah warga ini kita akan melihat jam dinding sebagai saksi dan bukti nyata erupsi yang cukup dahsyat. Tertera jam 12.10 hari Jumat tanggal 5 November 2010. Lalu dibagian depan rumah…teronggok sapi yang tinggal tulang belulang. Ganasnya panas letusan membuat dagingpun seperti langsung luruh layaknya abu. Tidak mengejutkan karena panasnya magma sendiri bisa tembus 1600 derajat celcius. Lha ini percikan pasirnya pasti bisa dikisaran 700 derajat celcius. Opo ora dadi engkeng cak….

Nah…menuju kebelakang, kita akan melihat motor hanya tinggal rangka dengan kondisi besi seperti berkarat dan terkikis. Masyaallah…ngeri tenan. Sayang karena saat itu IWB dalam kondisi full protector lengkap dan badan cukup capek membuat IWB sampai lupa memotret bagian perbagian. Singkat cerita, rasa lelah menembus gunung Merapi tersebut IWB bawa hingga ke Jakarta…..

Sore tiba di Jakarta, malam IWB seperti merasakan capek luar biasa. Kepala dan punggung terasa berat. Tidurpun tidak nyenyak karena IWB selalu bermimpi aneh. Lha piye…tiap pojok ruangan rumah yang menjadi museum Merapi seperti tergambar dan terekam kembali dipelupuk mata IWB. Anehnya tidak ada pengunjung lain……hanya IWB disana. Dan yang paling membuat merinding….IWB merasa selalu diawasi sosok mata dari balik pintu….

Sosok bayangan di mata tersebut selalu menghilang ketika IWB menoleh. Mau keluar dari rumah tidak bisa. Frame kejadian berulang-ulang hingga nyonya sampai bangunin karena IWB ngigau berkali-kali. Yang mencengangkan setelah berdoa dengan khusuk…..mimpi tersebutpun hilang. Luar biasa cukup membuat IWB bergidik. Mosok ketempelan sampai nunggang pesawat yak….weleh-weleh. Padahal IWB sudah turing berkali-kali disegala penjuru tanah air….hanya Merapi yang menyisakan hawa mistis sangat kuat kangbro. Bahkan ketika kembali ke Jakarta sekalipun….

Last….bunga tidur biasa sih nggak akan IWB ingat sampai sekarang. Tapi kenangan turing di Gunung Merapi membuat IWB menarik kesimpulan…dimana sampeyan berpijak, apalagi daerah pegunungan ada baiknya selalu berdoa sebagai benteng dari hal ghaib yang tidak kasat mata. Kejadian pribadi yang mungkin bagi sebagian orang dianggap kebetulan akibat badan capek namun bagi IWB tidak demikian. So….turing di gunung atau hutan seperti Merapi??. Jangan lupa selalu berdoa kangbro. Btw…pernah mengalami seperti yang IWB alami nggak cak ?? (iwb)

museum_mini_merapi_convertediwb-trail-3dsc_0555

MVAI-Banner-1

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!