iklan iwb
iklan iwb

460x110_tire

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-1

Iwanbanaran.com – Bro dan sis sekalian…..dampak dari penutupan pabrik Suzuki sudah mulai terasa. Seperti diinformasikan oleh salah satu media online Malaysia, Suzuki sejak september mulai melakukan lelang seluruh aset serta peralatan pabriknya. Beberapa foto menunjukkan bahwa eksistensi Suzuki di Malaysia memang sudah benar-benar habis kangbro. Nyesek juga ngeliatinnya euy….

iklan iwb

Seperti yang kita tahu Suzuki secara resmi mengumumkan penutupan pabrik mereka di Malaysia. Hal ini dikarenakan produksi unit yang sangat kecil di mana mereka hanya mampu menjual 8000 unit setahun 2015 atau hanya setengah dari penjualan di tahun 2013. Kondisi tersebut memaksa Suzuki menutup pabriknya yang berpusat di Prai Pulau Pinang Malaysia terhitung perbulan Agustus 2016…..

Artinya Suzuki Malaysia hanya akan dipasarkan produk-produk import dengan kata lain motor Suzuki yang akan datang di Negeri Jiran adalah hasil CBU (completly built up). Sebagai informasi pabrik perakitan Suzuki di Malaysia sebenarnya menargetkan memproduksi 1,44 juta motor di tahun fiskal 2016. Namun Apa daya mereka gagal mendongkrak penjualan roda 2 di kawasan Asia. Kini hampir satu bulan berlalu setelah penutupan…media Malaysia menyoroti aksi lelang asset disana…..

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-3

Suzuki mengadakan lelang seluruh peralatan yang ada di dalam pabrik tersebut, diadakan pada tanggal 7 September 2016 pukul 10 pagi (09.00 WIB) dengan membuat acara tinjauan pada tanggal 5 dan 6 September 2016 pukul 9 pagi hingga 4 petang (08.00-15.00 WIB). Peralatan yang akan dilelang yaitu robot produksi, peralatan kantor (meja, lemari), alat pengukur, mesin las, tool box , rak, dan lain-lain yang berkaitan dengan urusan pabrik Suzuki. Terlihat beberapa foto mengabadikan seluruh asset yang sepertinya sudah berpindah tangan. Cukup miris kangbro….

Pabrik Suzuki ini dibangun pada tahun 1971 dan sukses menelurkan beberapa produk legendaris di Malaysia. Seperti RG sport serta FXR150 misalnya. Cukup banyak biker Malaysia juga bersedih dengan kondisi di atas. Kata-kata perpisahan yang memendam rasa duka tak terlukiskan setelah pabrikan ini mampu memberi warna pada Negeri Jiran Malaysia selama hampir 45 tahun lamanya. Hal ini tertangkap dari salah satu artikel mereka yang cukup dalam dan dituangkan dalam bahasa Melayu berikut ini..

Maka berakhirnya era pemasangan motor Suzuki ini tempatan. Ia benar-benar menyentuh hati. Jika di lihat peralatan seperti spanar dan pemutar skru, ia mungkin peralatan yang sama di gunakan untuk memasang model Suzuki RG Sport 20 tahun lepas.  Kilang ini akan di kosongkan sepenuhnya dan kepada anda yang berpeluang ke sana, ia mungkin kali yang terakhir anda dapat lihat logo “S” itu. Jika anda biasa menonton siri seperti “Pawnstar”, peralatan dari lelongan seperti ini bernilai tinggi dari segi sejarah. Orang biasa mungkin tidak faham tetapi bagi mereka yang berjiwa motor, ia bukan sekadar kotak peralatan, ia adalah cebisan sejarah 40 tahun yang tak akan muncul untuk kali ke kedua. Sayonara Suzuki…..” tutupnya…….(iwb)

peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-5 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-4 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-2 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-8 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-7 peralatan-kilang-motorsikal-suzuki-di-prai-mula-di-lelong-6

iklan iwb
Previous articleNunggang Honda NM4-Vultus dikejar Yamaha Jupiter MX135. Ediannn ngotot bener kang……
Next articleTidak ada launching akbar CBR250RR di Bali….yang ada hanya ritual rilis display dealer biasa !
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!