iklan iwb
"Honda CBR150R Thailand....tanpa plat nomer depan"
“Honda CBR150R Thailand….tanpa plat nomer depan”

Iwanbanaran.com – Wis suweee cak…sudah lama sebenarnya IWB mendapatkan banyak pertanyaan dari para pembaca warung. Pertanyaan yang menyoroti status plat nomer depan diluar negeri yang tidak dipasang seperti halnya ditanah air. Merekapun bingung….kenapa plat nomer disana hanya ada dibelakang??. Apakah hanya karena regulasi semata tanpa ada alasan tertentu??….

Sebenarnya bukannya tanpa alasan mzbro. Diluar negeri seperti Eropa khususnya….plat nomer depan pada kendaraan roda dua hanya dipasang pada bagian belakang. Mungkin sampeyan penasaran….kenapa hanya depan?. Apakah hanya kebetulan atau memang ada alasan khusus?. Mencari beberapa referensi dan akhirnya sampai pada satu kesimpulan……plat nomer depan dianggap berpotensi membahayakan…..

Yup….dengan posisi didepan, plat dianggap membahayakan rider dibelakangnya. Walau mungkin kasus ini jarang terjadi namun baut lepas tetap menjadi konsen pihak federal atau pihak polantas. Mungkin tidak melukai akan tetapi jika itu terjadi, fokus pengendara pecah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Saking konsennya terhadap safety…sudah cukup lama plat depan tidak diberlakukan pada motor dan hanya bagian belakang….

iklan iwb
"Yamaha T-Max Singapura...."
“Yamaha T-Max Singapura….”

Regulasi ini juga diikuti beberapa negara Asean termasuk Thailand contohnya. Sedang diSingapura serta Malaysia, karena mereka merasa nomer depan perlu…..mereka tetap mewajibkan namun tidak menggunakan plat atau material solid lain. Melainkan hanya stiker yang ditempel dibagian body depan serta fender. Dari sini kita baru sadar betapa berharganya nyawa bagi mereka hingga urusan plat nomer sampai diperhatikan sedemikian rupa. Sedang Indonesia kapan??….

Entahlah…..sulit memang mzbro. Kita tidak bisa banyak berharap sebab jangankan urusan plat nomer depan…..jalanan rusak berlubangpun kadang berbulan-bulan baru diperbaiki. Kendati banyak korban biker meregang nyawa…seakan mereka berusaha menutup telinga sibuk dengan urusannya sendiri. Padahal jika dinegara maju saja mengaplikasikannya…kenapa kita tidak mencontoh mereka??. Mung iso garuk-garuk brengos lan jidat cak……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!