iklan iwb

460x110_tire

ktm_-22

Iwanbanaran.com – Ilmu cak….bener-bener ilmu berguna ketika IWB diajak oleh KTM Indonesia yang bernaung dibawah PT Penta Jaya Laju Mandiri untuk menghadiri workshop bedah teknologi Duke dan RC series. Selain memberikan garis besar kelebihan produk mereka, KTM juga menyodorkan kontrol elektronik yang diterjemahkan dalam display speedometer. Dan setelah IWB pelototin…gileee termasuk komplit ki cak. ABS bisa diaktif dan non aktifkan. Nah…emange koyo opo sihhh?. IWB akan bedah satu-satu….

iklan iwb

Dipenampang layar speedometer yang termasuk mungil tersebut, KTM ternyata menjejali banyak fitur tersembunyi. Beberapa poin yang IWB catat berdasarkan presentasi adalah…

1. Side indicator display
Lampu sein sekaligus penunjuk standart samping…

2. FI light Indicator
Display sensor kinerja sistem injeksi

3. Shift RPM indicator
Lampu kedip yang akan memberi tahukan waktu shifting atau oper gigi saat mendekati limiter. Lampu ini bisa diseting dalam dua profile yakni RPM 1 (berkedip saat menabrak angka yang dipilih) dan RPM 2 (menyala terus ketika RPM sudah nabrak limiter atas). Setingan juga bisa dipilih sesuka hati…mau RPM 5000 atau 9500, bisa diatur kangbro. Cara merubahnya bisa sampeyan intip divideo ini…

4. Neutral gear
Lampu posisi transmisi Netral

5. Hi Beam Indicator
Indikator untuk lampu jauh aktif

6. ABS MIL Indicator
Indikator lampu ketika ABS tidak bekerja

7. Trip dan Odometer
Jarak tempuh
8. Alarm generic signal
Jika ada masalah mesin

9. Fuel level indikator
Bar bensin

10. Digital clock
Penunjuk jam secara digital

11. ABS Deactivation
Dengan menekan 3 detik pada penampak kiri bawah speedometer maka ABS tidak akan bekerja. Sistem ini cukup berguna untuk aksi free style ataupun kebutuhan lain yang tidak membutuhkan ABS. Praktis KTM adalah pabrikan pertama tanah air yang menawarkan ABS bisa dinon aktifkan/aktifkan secara simpel. Nah…seperti apa perbedaan ABS dan tanpa ABS?. Sampeyan bisa intip lampiran video dibawah ini….

12. Coolant temperature indicator
Indikator untuk memonitor suhu pendingin

13. Speedometer
Penunjuk speed

14. Set button
Kontrol untuk merubah setingan angka seperti jam dll

15. Mode button
16. Tachometer
17. Side switch stand
Sensor standart yang akan menonaktifkan mesin saat posisi standart turun…
18. Gear Indicator
Penunjuk posisi gear

Yup…itulah display lengkap dari speedometer Duke dan RC series. Btw untuk ABS saat ini baru ada pada versi 250…kecuali yang versi RC200, KTM juga telah menjejali Anti lock brake sistem. Menurut informasi dari KTM lagi….untuk memfasilitasi segudang fitur diatas, speedometer terkoneksi dengan kabel 20 pin serta 6 pin (gear indicator) pada wiring harness utama yang terintegrasi ke ECU. Jiann ancen mantap pakde. Nah….kedepan kita akan bahas seperti apa sih rombakan cooling sistem sang Duke dan RC sehingga maksimal ??. Ditunggu cak..sabarrr suburrr :mrgreen: …..(iwb)

ktm-indonesia-2

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!