iklan iwb

460x110_tire

duke-200-vs-nmax

Iwanbanaran.com – Mumet….puyeng dan bingung, mungkin itu yang dirasakan bro Alpacino (keren tenan ki namanya) atas kelahiran harga baru Duke 200 oleh Penta Jaya. Dipasang dengan harga 33 jutaan…Duke 200 membuat siapapun tertarik dan goyah untuk meminang. Namun direntang harga tersebut juga nangkring maxi skuter NMax. Tidak heran doi pun bertanya ke IWB…..kira-kira dengan budget 30 jutaan, pilih mana antara NMax vs Duke 200??….

iklan iwb

Halo siang mas,

Saya sering baca Blog IWB dan akhir-akhir ini lagi hot tentang KTM. Saya kepincut untuk beli produk tsb karena cowok banget dan bodynya keren.?Tapi saya galau berhubung ini motor pertama saya, dan digunakan sehari-hari untuk kerja. Jadi yang mau saya tanya kira-kira yang cocok buat saya apa ya dengan budget max 33jt, antara NMAX ABS atau KTM Duke 200 ??…

Karena saya tertarik juga NMAX dengan body gedenya jadi bisa muat barang-barang harian, misalnya klo tiba2 hujan tengah jalan saat hendak ke kantor. Muat sendal jacket dll.?Tapi yang saya utamain kenyamanan dan savety. Sebagai informasi tinggi badan saya 176cm dan berat 90kg. dan jarak yang ditempuh sehari2 dari Depok ke Jakarta barat.

Mengingat jaraknya yang lumayan jauh saya dengar sih lebih nyaman motor cowok. Tapi KTM Duke 200 belum ABS apakah bisa diimbangin dengan kecanggihan rem KTM dan ban gedenya. Sementara NMAX sudah ABS?Tolong rekomendasinya ya mas… Bingung milih yang mana….

Nah….pertanyaannya rada jlimet dan membuat IWB juga puyeng. Soale sama-sama bikin ngiler dan beda segmen. Satunya sport 200cc dan satunya maxi skuter 150cc. Tapi IWB akan coba jawab berdasarkan pengalaman pribadi….berdasarkan hasil nyicipin keduanya lalu menyimpulkan. Nah..sekarang IWB akan coba jabarin saat nunggang NMax dijalanan….

yamaha-nmax150_test_iwb

Dengan dapur pacu 155cc yang disandang (VVA) power 14,8 hp torsi 14,4Nm, performa matic Yamaha ini memang termasuk jempolan dikelasnya. Tendangannya terus ngisi sejak bawah hingga akhir. Letupannya agresif dengan handling juga mumpuni. Percayalah soal ini tidak ada satupun skutik 150cc lain mampu njabanin. Dikombinasikan rem ABS dan ban gambot…respon rem juga sangat memuaskan…

Tidak ada gejala limbung sama sekali walau kita hard braking. Motor berhenti dengan sempurna tanpa kesulitan. Makanya IWB selalu pede nempel kendaraan lain saat diatas NMax. Semua semakin lengkap karena NMax dibekali bagasi super besar serta dek kaki yang sangat lega. Belum lagi fitur MID sehingga kita bisa ngontrol pemakaian BBM secara real time….

Kelebihan NMax ini dibarengi dengan lampu LED yang pastinya berumur panjang (diatas 10 tahun), jok lebar dan empuk serta part aksesories yang berlimpah. Wis…soal fungsi dan fitur motor ini rajanya. Namun bukannya tanpa kelemahan. Bagi tinggi tubuh IWB….posisi riding NMax masih terlalu deprok dibagian jok sementara stang agar tinggi. Jadi berkendara jarak jauh feelnya sedikit ada rasa capek….

NMAX150

Yang kedua vibrasi distang…..cukup terasa apalagi saat idle. Namun getaran lumayan hilang ketika RPM naik. NMax juga susah diajak jalan pelan dan idle RPM turun naik cenderung tidak kostan. Maunya digeber pokoke. Lalu kelemahan ketiga adalah bantingannya yang termasuk keras. Kalau IWB analisa selain sumbangsih karakter suspensi, ukuran ring 13 inch memang kurang bersahabat ketika kita melibas jalanan buruk. Secara hukum teknis memang demikian. Semakin lebar ukuran pelk….hantaman makin tereduksi. Tapi jangan ditanya kalau jalanan mulus. Power seperti tersalur dengan baik keaspal sehingga gleser dan spontan tenan. Terus piye dengan Duke 200??…

Khas motorsport cruiser…IWB nyerah?kalau ditanya kelengkapan bagasi. Jelas ora gablek pakde karena pabrikan hanya menyediakan space untuk tool kit dibawah jok. Hanya saja untuk lainnya nggak mengecewakan. Display speedometer sendiri cukup lengkap seperti engine temparature, side stand switch, indikator gear (posisi gigi), komsumsi BBM rata-rata, jam, RPM digital dsb. Duke juga bisa menghitung komsumsi BBM yang dibutuhkan per 100 km, ?waktu service serta daya jelajah rata-rata sesuai dengan jumlah liter ditanki. Kontrol speed juga bisa dirubah MPH atau KM. Untuk lebih lengkapnya intip video dibawah ini…

Nah….jika ngomongon power…jelas NMax bukan lawan Duke 200 dan memang demikian karena keduanya beda filosofi pembuatan. Duke diracik ready to race sehingga secara standart tenaganya dijamin nampol untuk ukuran kubikasi 200cc. Sedang NMax mencoba menjadi maxi skuter modern dengan segudang fitur, fungsi, prestige dan tenaga.?Tidak heran secara spek Duke 200 mampu tembus 24,6 Hp dan torsi 19,2 Nm. Begitu juga bantingannya yang lembut. Dengan suspensi upside down WP 43 mm, IWB merasa daya serap terhadap goncangan cukup istimewa. Kombinasi frame teralis serta suspensi WP membuat handling Duke termasuk “precise”. Tekukannya cak…nurut…

Hanya saja…jika motor ini digunakan untuk harian, kerja setiap hari…entah kenapa secara pribadi masih?cukup bimbang. KTM memiliki kelas tersendiri yang membuatnya bak pisau bermata dua. Keren tapi untuk sparepart pasti lebih tinggi dibanding motor Jepang. Selain itu reliability digunakan bermacet ria, hujan, kepanasan serta menembus jalanan ekstrim ibu kota IWB belum bisa jawab mengingat testing hanya sambil lalu. Poin kedua adalah nihil bagasi dan lampu masih bohlam. Kalau perkara rem….

Soal kepakeman Duke tidak kalah…levelnya nyaris setara. Namun memang ABS menjadi fitur keselamatan yang tidak hanya diukur dari tingkat kepakeman melainkan bagaimana sistem bisa mencegah ban ngunci dan kehilangan grip saat hard braking. So, kesimpulan pribadi….Duke 200 unggul soal riding quality (tidak capek untuk jarak jauh), power dan handling jempolan serta desain khas Eropa. Namun secara fungsionalitas, reliability dan fleksibilitas dipakai harian….sepertinya NMax menjadi pilihan bijak. Tapi semua tentu kembali pada pilihan pribadi masing-masing…

Last…Duke IMHO lebih cocok digunakan sebagai optional bike yang tidak harus bekerja berat. Kelebihan motor KTM ini adalah…power yang besar, anti mainstream dan riding feeling yang cukup presisi.?Hanya saja 3S akan menjadi tantangan tersendiri buat sampeyan karena pasti butuh proses dan KTM nggak sebanyak dealer Yamaha. Kecuali hati?wis mantap dan mendambakan street fighter bike tulen serta siap menghadapi apapun kondisinya….Duke memang pilihan jitu. Apalagi NMax sekarang sudah menjadi Maxi skuter sejuta umat.?So…untuk harian wira-wiri dan mengedepankan fungsi dan ogah direpotin tarik kopling, IMHO tetap logis NMax. Tapi diluar itu, jelas KTM sangat perlu dipertimbangkan. Ini pendapat IWB….selebihnya IWB serahkan kesampeyan yang memiliki duit. Wis dapat gambaran to?.?Jangan-jangan ?malah makin bingung ki :mrgreen: . Kalau sampeyan sendiri pada posisi kang Alpacino piye kang….pilih mana?…..(iwb)

KTM_RC390

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!