iklan iwb

KTM Duke dan RC200 (8)

Bro dan sis sekalian…..menjadi motor yang kini banyak diracik di India, KTM ternyata terus melakukan improvisasi dibanding gen sebelumnya. Salah satu fokus mereka adalah mesin yang dikeluhkan gampang overheat. Keluhan tersebut dilontarkan oleh beberapa pengguna Duke ataupun RC 200/250 ditanah air. Kondisi tersebut membuat IWB cukup penasaran dan coba menggali informasi pada KTM Indonesia lewat PT Penta Jaya. Jawabannya adalah….

iklan iwb

“Beda….mesin generasi terbaru sudah ada revisi. Ada perbaikan pada sektor cooling system…”seru Z. Dalie (Manajer PT Penta Jaya). Jelas informasi tersebut cukup menarik. Namun seperti apakah revisi yang dilakukan?.“Rencananya kita ingin undang teman-teman untuk coaching clinic membedah mesin baru kami supaya tidak terlalu kuatir dengan gejala overheat. Kita akan coba jadwalkan nanti…”yakinnya. Wahh….iki, semoga IWB bisa gabung rek. Soale minggu-minggu ini mau ke Pekanbaru ama Medan ki….

KTM memang diracik untuk dataran Eropa yang cenderung dingin. Lazimnya motor Eropa cukup lemah pada cooling system dan desain mesin yang cenderung kurang tahan dengan suhu panas ekstrim dibanding motor Jepang. Tidak hanya KTM, bahkan motor moge sekelas Ducati, MV Agusta ataupun beberapa brand kelas wahid pasti harus diistirahatkan ketika didera kemacetan parah. Dipaksa?. Pasti mogok aja kangbro. Kondisi ini tidak kita temui pada brand Jepang seperti Honda CB650 ataupun Yamaha MT09. Paling paha sampeyan wae sing mlocot kalau memaksakan diri saking hawa menyengat. Moge cakkkk, mesinnya segaban…..

KTM Duke dan RC200 (52)

Tapi kita berharap….dengan diraciknya KTM di India (200-390cc) memberi pengaruh positif soal suhu. Dan seharusnya demikian karena India memiliki daratan yang mirip dengan Indonesia. Oleh karena itu seharusnya perbaikan tentang hal itu diperhatikan mereka. Buktinya….merekapun melakukannya…“Tidak ditemui banyak gejala overheat karena ada penyesuaian pada fan cooling. Pada versi sekarang bentuknya memang sama namun punya putaran RPM yang lebih tinggi sehingga lebih maksimal dalam mendinginkan radiator...”ujar Jasin Jazid factory head PT Penta Jaya (KTM Indonesia) via Ototips….

Last……KTM memang cukup menawan. Memiliki slogan ready to race, produk mereka rata-rata kencang untuk ukuran motor sekelasnya. Karena statusnya itulah maka IWB justru?sarankan untuk menggunakan sang kuda besi bukan daily purposes namun lebih kepada second bike yang tidak harus bekerja berat tiap hari. Sayang cak….mending matic wae wis buat abrak-abrakan. So…KTM buat ngopi utowo nyethe nang warung wae, kuwi baru seger :mrgreen: . So…new Duke dan RC series?. Klaimnya sih wis ora gampang overheat pakde…ono revisi cooling fan, clear yo. Saiki IWB mau take off ke Pekanbaru dulu. Kita ketemu disana….ocreeee ! (iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!