KTM_RC390

Bro dan sis sekalian…..brand Eropa memang selalu memiliki prestige tersendiri. Kondang dengan desain dan komponen berkelas….ternyata biaya servis dan harga komponenpun juga termasuk premium. Begitu pula KTM series yang sedang booming dan hot-hotnya. Contoh kongkret adalah data disodorkan oleh Otomotif berdasarkan gali info mereka disebuah dealer KTM bernama Quantum Motori. Bengkel ini menyodorkan biaya servis dan komponen yang mencengangkan. Asli bikin mules cak. Emange piro sih??….

Dari artikel yang dishare otomotif….biaya servis Duke 100 adalah 250 ribu rupiah. Kuwi jasa servis ringan kangbro. Untuk daftar pengecekan servis ringan meliputi :

Periksa fungsi kelistrikan
Periksa dengan KTM diagnostic tools
Periksa lapisan rem depan
Periksa lapisan rem belakan
Periksa cakram
Periksa selang rem dari kerusakan dan kebocoran
Periksa volume minyak rem belakang
Periksa suspensi dari kebocoran
Periksa bearing swing arm
Periksa bering roda
Periksa kondisi ban
Periksa tekanan angin ban
Periksa rantai
Periksa ketegangan rantai
Lumasi seluruh part yang bergerak
Membersihkan debu
Periksa volume minyak rem depan
Periksa bering komstir
Periksa kerenggangan klep
Periksa semua selang
Periksa antifreeze dan coolant level
Periksa kabel-kabel
Periksa sekrup dan mur pastikan kencang
Periksa arah lampu utama
Periksa kipas radiator

KTM-Duke-250-Engine-and-trellis-frame

Memang cukup banyak namun sebenarnya umum dan semua bengkel pasti melakukannya. Lalu kalau sampeyan ingin melakukan servis besar maka biaya yang harus dikeluarkan lebih mencengangkan yakni antara 500-750 ribu rupiah. Weksss….wis kayak mobil rekkkkk. Belum lagi beberapa part yang sadis nggilani tenan banderolnya dibawah ini. IWB kutip dari Otomotif sbb…..

Oli Motorex: Rp 256.000
Busi: Rp 150.000
Filter udara: Rp 220.000
Filter oli: Rp 150.000
Filter bensin: Rp 170.000
Fuel pump: Rp 3,3 juta
Servis injektor: Rp 150.000
Kampas kopling satu set: Rp 1,8 juta

Semua banderol diperoleh dari bengkel KTM Quantum Motori (detil bengkel bisa sampeyan cari via mbah google). Beberapa poin yang disarankan oleh bengkel KTM ini adalah….servis per5000 km termasuk penggantian oli (rekomendasi Motorex), penggantian busi yang disarankan per 5000 km/jam (hhmm…nggak kecepeten tuh), 10 ribu km servis injektor serta menyetel kerengganggan klep per 10 ribu juga (klep 0,08 mm untuk in dan ex 0,10 mm). Lalu oli suspensi per 15,000 km dan yang paling penting adalah jangan hanya menyimpan motor digarasi sebab malah membuat fuel pump rusak akibat bensin basi dan korosi. Kalau itu terjadi maka sampeyan siap-siap nyiapin dana 3,3 juta untuk fuel pump. Cicak bin kadal tenan….

Last….dengan seluruh penjabaran diatas, sorry to say IWB harus katakan komponen termasuk nggilani tenan untuk ukuran mesin 200cc. Harapan IWB satu…semoga PT Penta Jaya mampu membuat KTM lebih affordable price tidak hanya pada unit motornya namun juga sparepart serta biaya servis. Sebab jika banderol diatas diberlakukan juga pada new KTM…..IWB yakin akan banyak biker kabur dan ciut nyali untuk meminang sang kuda besi. Untungnya KTM Quantum Motori memang termasuk bengkel premium yang disinyalir memberlakukan seluruh harga berdasarkan kondisi dilapangan yang notabene membidik Duke dan RC series era JSS yang memiliki banderol premium pula. Apalagi status sparepart masih import mentah dari luar negeri. Semoga saja PT Penta dan jaringannya berbeda…iyo ora cak. Sparepart KTM Duke 200 seperti diatas?. Piye…..keder ora sampeyan cak??…..(iwb)

Advertisements