iklan iwb
iklan iwb

dealer-suzuki-krs-paus-pekanbaru

Miris kangbro…IWB hanya bisa geleng-geleng membaca sebuah berita dari Malang Jawa Timur yang dimuat Jawa Pos dalam rubrik Ekonomi Bisnis. Fakta betapa menderitanya kondisi para dealer Suzuki diseluruh tanah air sehingga mereka harus kreatif agar dealer bertahan. Tapi jika tidak mampu….tidak ada jalan lain kecuali mengibarkan bendera putih menyerah. Seperti yang dilakukan dealer Suzuki Hero Sakti Motor Gemilang (HSMG) di kota apel Malang berikut ini…..

Dealer HSMG adalah salah satu contoh dealer Suzuki yang menjadi korban sulitnya menjual unit produk S. Hanya mampu menjual 10 unit perbulan….merekapun mengumumkan penutupan dealer sejak 1 Agustus 2016 kemarin. Menurut informasi yang IWB kutip dari Jawa Pos…..tahun lalu mereka masih bisa menjual 20 unit perbulan. Namun sejak 2016….kondisi makin susah dan tiap bulan untuk menjual 10 unit wae empot-empotan….

iklan iwb

“Didealer HSMG ada sekitar 20 karyawan, sedangkan penjualan perbulan hanya sekitar 10. Pendapatan tidak bisa memenuhi keseluruhan gaji jika dibiarkan terus menerus...”ujar Rudy Hermanto salah satu mantan karyawan HSMG. Dan secara resmi…..maka dealer Suzuki yang sudah lama berkibar dikota Malang itupun hanya tinggal cerita. Sebuah kondisi yang sebenarnya juga banyak menimpa dealer-dealer Suzuki lain diseluruh belahan tanah air…..

Apa yang terjadi pada Suzuki adalah sebuah kondisi yang sangat memprihatinkan. Seharusnya Suzuki mampu mencegah hal itu lewat gerakan agresif dengan tidak hanya menelurkan new Satria FI yang secara market sudah makin kecil. Lha piye….katene mampir nang dealer Suzuki sing dipajang mung 1 produk…sopo yang mau datang kangbro. Asli…makin berguguran lho Suzuki cak, lhak yo mumet tenan ki FBS suwe-suwe. Kenapa ??…

Karna ketika jaringan pendukung ambruk, akan sangat sulit untuk membangun kembali. Butuh extra effort luar biasa untuk melakukannya. Inilah yang harus menjadi warning buat para pabrikan lain. Hilangkan rasa pongah dan arogan jika ingin sukses. Listening…mendengarkan, tidak merasa paling superior, perbaiki layanan dan mengikuti pasar. Keras kepala adalah pangkal dari kehancuran mzbro…..

dealer suzuki tutup

Masih ingat bagaimana dulu AHM juga mengalami fase tersebut. Tetap kekeuh enggan melakukan perubahan sebelum mereka dihantam Yamaha ditahun 2007 lewat hadirnya Vixion. Megapro dan Tiger anjlok. Pasar dedel duwel dipukul Mio. Mereka akhirnya menganalisa…apa yang salah. Dan tidak butuh lama….perombakan besar-besaran dilakukan plus membuka diri terhadap masukan. Hasilnya??. Perubahan drastis IWB rasakan pada kubu AHM. Baik dari produk, layanan hingga strategi marketing sekarang…

Tidak heran banyak yang mengatakan…Honda sekarang bak Yamaha jaman dulu yang kaya inovasi.  Strategi marketingpun cerdas dan brilian. Yang IWB apreasiasi seringkali mereka ngajakin ngobrol para Blogger minta masukan apa saja yang disukai biker. Persis yang dilakukan Yamaha diera 2009-2014. Anehnya….garputala sekarang malah kebolak, seperti terjangkiti penyakit Honda jaman dulu. Apa mungkin memang ada fasenya ya bro. Harapan IWB sih Yamaha bisa segera bangkit soale nggak asyik kalau pasar hanya didominasi satu pabrikan saja. Inovasi takutnya mandeg kang. Opo maneh kalau diselingi tutup dealer…wis tobat njaran lek ngono cak…..

Last…Suzuki harus banyak belajar dari pabrikan lain yang sukses mencuri perhatian konsumen. Jangan terlalu pede dan keras kepala kekeh ogah mengikuti pasar alias bikin acara sendiri. Jika terlalu berat bisa contoh langkah Kawasaki yang putar haluan buka pasar sendiri dengan konsen pada sport yang belum dikelola pabrikan Jepang lain. Kondisi sekarang wis kritis untuk jaringan Suzuki. Satu-satunya cara…rapatkan barisan, rilis produk mumpuni dan genjot marketing secara brilian. Semakin cepat semakin baik pastinya. Dealer Suzuki ?. Piye…daerah sampeyan aman ora kang??….(iwb)

Beberapa contoh email pembaca dealer Suzuki bertumbangan

Screenshot_61

Met siang lek..
Di saat gembar-gembor ayago bike si sonic sama satria ada hal yg menurut saya pribadi prihatin lek..satu2nya dealer suzuki yg ad di jl.raya serang cibarusah tutup lek…sebelumnya yg di pasir gombong cikarang tutup kemaren yg di jl ry serang cibarusah tutup juga…kata rekan saya yg punya skywave sdh hampir 2 bln tutup…jiaah…apek tenan ki..otomatis skrg kalo mau service di beres harus ke daerah tambun bekasi…beeuh lumayan jauh lek…pdhal mayoritas di daerah cikarang fu merajalela khususnya lek…di tambah suku cadang yg mahal dan indent berbulan2,,,bagaimana nanti jika bener2 fu injeksi brojol lek…?semoga ISIS..eh SIS..mendengar jeritan hati para kesatria…biar persaingan roda dua semakin rame…salam aspal lek…ohya semoga di rumah cepet pasang ac biar ibam adem…hehehehe

– Boemiareu 84 –

Screenshot_63

Assalamualaikum,wr,wb
mas Iwan. Ana surya alias gc133hijrah.

Dealer 3s suzuki motor yg besar, bahkan mereka jualan moge d cibubur,
dekat cikeas sudah sebulan ini tutup dan pindah ke ruko kecil dikota
wisata yang mengarah ke Narogong….
Kasian bgt suzuki, melas bgt…..
Ana biasa servis suzuki shooter ana disana….
Sekarang rasa mau jual aja ni motor….
Kecewa bgt sama suzuki…..
Demikian curcol ana…
Wassalamu’aikum,wr,wb

– surya-

Screenshot_62

Assalmualaikum lek,sugeng dalu..

wes suwi arep takon tp ra sempat2,,ngene lek suzuki motor opo bangkrut to lek?
soale neng daerah jember aku wes ngitung enek 2 dealer suzuki kukut,suzuki di kec. Ambulu dan kec. Balung (foto nyusul)..
opo neng daerah lain yo podo lek?

wassalammualiakum

-Gigih-

MVAI-Banner-1

iklan iwb
Previous articleWihhh HondaCengkareng ungguli rating beberapa online shop kondang….COD Jakarta & Tangerang dibuka !
Next articleMembedah distribusi Honda all new CBR250RR……kapan kira-kira ??
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!