iklan iwb
lowongan kerja hoax (2)
“Lowongan kerja hoax……ngerihhhhh”

Tidak heran didunia ini ada surga dan neraka. Ketika oknum menghalalkan segala cara demi urusan perut….maka nerakalah yang akan menanti. Lho…mz IWB koq jadi kayak ustad?. Ora cak…saking cekot-cekot melihat polah tingkah para pelaku kejahatan didunia ini. Seperti pengumuman lowongan kerja terlampir. Dibuat dengan sangat nyata beserta kop surat lengkap logo AHM…siapa menyangka semua adalah hoax dan penipuan. Lhooo…seriusssss???…

Sejuta persen serius karena IWB mendapatkan konfirmasi langsung dari HC3 AHM pusat bahwa semua tidak benar. Edannya lowongan kerja yang diumumkan via internet dengan tujuan menjaring para korban ini dibuat dengan apik. Kop surat logo AHM….nomer surat, email dan seluruh pernik dibuat sangat manis. Belum lagi tanda tangan pejabat tinggi pabrikan yang mengaku Astra Honda Motor Kutai Surabaya….begitu meyakinkan. Tapi setelah IWB cek ke HC3 AHM, diperoleh kepastian bahwa lowongan kerja adalah hoax. Ciaaaattt cicak bin kadallll tenan !!…

iklan iwb

Asli…IWB jadi teringat sekitar pengalaman beberapa tahun lalu. Saat itu IWB mengantar adik ipar yang sedang mencari lowongan kerja. Dengan membaca iklan mereka dari sebuah media cetak….iklan sangat meyakinkan. Opo maneh masangnya ditempat media kondang yang masuk kategori terbaik, sopo ora percaya. Singkat cerita…IWB pun mengantarkan kealamat yang disebutkan. Perusahaan multinasional dengan iming-iming gaji gede. Persyaratan sama…..tidak neko-neko hanya bawa pensil, KTM, ijasah dan bawa badan. Tiba dilokasi…..hati wis ora enak cak….

Gedung tua dengan kondisi kurang terawat. “Wah…perusahaan multinasional koq ngeneee..”batin IWB. Tapi IWB masih berusaha menekan rasa ganjel supaya adik ipar mantap melakukan interview dan tes. Tidak lama….adik dipanggil. IWB menunggu sekitar 10 menit setelah adik keluar dari gedung dengan muka masam. “Nggak beres mz…lupakan..” serunya. Lhooo….koq?. Nyangopooo?. Adik belum mau jawab hingga doi narik tangan IWB. “Sepertinya nipu ini mz….” celotehnya membuat IWB penasaran….

lowongan kerja hoax (1)
“Surat edaran palsu untuk meyakinkan calon korban..”

Jadi singkat cerita adik pun cerita…didalam memang banyak pelamar kerja sama seperti doi. Duduk diluar ruangan…..Rayi (nama Adik Ipar) cukup terkejut setelah masuk kantor HRD. Ruangannya pengap dan sang interviewer duduk ngerokok dengan santai. Disini saja doi sudah merasa kurang nyaman. Lha koq kayak perusahaan dipasar Kliwon yak. Lalu tanpa ada keinginan ngetes….sosok ini malah ngoceh ngalor ngidul tentang betapa besarnya gaji ketika bersama mereka. Setelah merasa yakin, ujung-ujungnya doi minta Rayi disuruh bayar 2,5 juta agar bisa diterima. Ajurrrrr tenan. Kalau wong masih bisa mikir jernih pasti sudah tahu arahnya kemana…..

Yup….itulah beberapa contoh modus operandi. Tiap operasi dilakukan dengan banyak variasi namun ujung-ujungnya menipu. So..kewajiban IWB untuk ngeshare penipuan ini agar sampeyan-sampeyan tidak menjadi korban. Karena sekali lagi…AHM tidak membuka lowongan kerja apapun baik diJakarta ataupun Jawa Timur. Itulah informasi yang masuk kenewsroom IWB. Hati-hati dan waspada. Jangan pernah sudi mengeluarkan uang seperserpun untuk mencari kerja kecuali status jelas. Semoga sang oknum bisa dilacak. Apalagi menurut pengakuan HC3 sudah banyak pertanyaan masuk mereka dengan lowongan kerja diatas. Monggo dishare kang biar penipunya nyengir. Ancen durung pernah disampluk bakiak ki wonge……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!