iklan iwb

suzuki-smash-fi-malaysia-1Bro dan sis sekalian….. Suzuki sepertinya dalam posisi yang betul-betul pada kondisi sulit. Tidak hanya di tanah air namun cara keseluruhan termasuk Asia pabrikannya yang sebenarnya memiliki produk dengan kualitas bagus ini harus menelan pil pahit. Yang terbaru seperti dilaporkan media Jepang Nikkei, Mereka pun kini harus menyerah dan menutup pabrik perakitannya di Malaysia langkah ini terpaksa tempuh karena penjualan terus terpuruk hingga hanya mampu menjual 8000 unit setahun di negeri Jiran. Ediannn……

Seperti dilaporkan oleh Nikkei, Suzuki akhirnya memutuskan untuk menutup pabrik perakitan mereka di Malaysia karena lemahnya permintaan brand ini. Pabrik awalnya meracik beberapa varian skuter serta bebek. Akan tetapi keinginan untuk bertahan akhirnya Pupus sebab dari waktu ke waktu penjualan Suzuki di Negeri Jiran terus terpuruk. Hingga pada puncaknya di tahun 2015 mereka hanya mampu menjual 8000 unit 1 tahun atau hanya setengah dari penjual di tahun 2013….

iklan iwb

Kondisi tersebut membuat beban makin berat. Untuk langkah efisiensi keputusanpun dibuat oleh Suzuki Jepang dengan opsi terakhir adalah menutup pabrik mereka di Malaysia. Jadi diputuskan untuk Malaysia hanya akan dipasarkan produk-produk import dengan kata lain motor Suzuki yang akan datang di Negeri Jiran adalah hasil CBU (completly built up). Sebagai informasi pabrik perakitan Suzuki di Malaysia sebenarnya menargetkan memproduksi 1,44 juta motor di tahun fiskal 2016. Namun Apa daya mereka gagal mendongkrak penjualan roda 2 di kawasan Asia. Cukup menyedihkan Masbro…..

Last….. Suzuki di tanah air juga tidak kalah sulit dibandingkan dengan di Malaysia. Namun posisinya beda sebab Suzuki di sini menjadi satu dengan 4 wheels sehingga bisa silang subsidi. Apalagi keduanya juga dipegang dalam satu induk perusahaan yakni Indomobil. Kita berharap semoga kejadian yang menimpa Suzuki Malaysia tidak juga terjadi di tanah air. Alangkah tidak serunya jika itu terjadi. Sebab bagaimanapun Suzuki adalah brand yang cukup disegani sebagai pabrikan dengan kualitas cukup baik…bahkan mungkin diatas rata-rata. Namun sayang karena dipegang oleh RND yang kurang cakap serta prinsipel yang terlalu kolot membuat langkah brand ini jadi tersendat. Sangat disayangkan…. (Iwb)

MVAI-Banner-1

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!