iklan iwb

Honda CBR150R_vs_Yamaha_R15 (1)

Jiann cekot-cekot tenan cakkkk. Bocoran koq ora ono enteke. Lha piye….setelah dari Honda, Kawasaki serta KTM……akhirnya titik-titik gerakan Yamaha juga mulai terlihat. Bukan lagi hanya retorika ataupun analisa semata namun bisikan akan geliat PT. YIMM dalam rangka melakukan facelift yang disebut sebagai All New R15 mulai tercium. Nah seperti apa sih sosoknya nanti ?? Berikut satu ciri yang bisa IWB jabarkan…

Jika kita membedah mengenai desain keseluruhan jelas sangat sulit karena status dikekepin rapet tenan. Blue print ini hanya dipegang para pentolan RND dengan klasifikasi top confidential. Oleh karena itu IWB coba mencari jalan lain dengan cara ngintip tiap pos yang memiliki korelasi dengan project mereka….

iklan iwb

Jika tidak salah All New facelift YZF R15 mengusung kode BK6. Project ini ternyata memiliki komponen yang nyaris berbeda dengan current R15. Salah satu yang cukup menarik adalah bakal dirombaknya design atau shape bagian exhaust. Tidak lagi memanjang namun secara umum bentuk lebih pendek….

Yup…ukuran knalpot cenderung lebih pendek dibandingkan dengan knalpot sekarang. Selain itu selentingannya diameter pipa exhaust malah lebih besar. Pendek yang IWB maksud tadi adalah bagian silincer…yaahh lebih kurangnya mirip Byson FI panjangnya nmzbro. Artinya Yamaha disinyalir tidak lagi menggunakan design knalpot sekarang….

IWB_r15

Dari hal kecil tersebut IWB memprediksi pabrikan garputala disinyalir akan merombak nyaris seluruh desain next R15. Secara tekhnis seharusnya mesinpun juga berbeda. Sebab jika knalpot lebih pendek lazimnya memiliki torsi yang cukup besar namun konsekuensinya top speed agak turun. Logis jika dapur pacupun berubah disesuaikan dengan mapping komponen lain. Hanya saja IWB sendiri belum mengantongi secara jelas akan seperti apa mesin yang diusung nanti. Harapannya sih double cam seperti beberapa motorsport yang sudah eksis ditanah air. Terus sampai sejauh mana progressnya ??…..

Data sementara yang IWB kantongi beberapa part BK6 sudah mulai masuk tahap trial. Estimasi kasar serta target yang dipatok diharapkan kelar akhir tahun ini. Dan jika itu terjadi maka masspro bisa dilakukan pada momen yang sama. Sayang IWB belum mendapatkan detail spesifik rombakan yang dilakukan oleh pabrikan garputala sehingga penjabaran masih sebatas permukaan. Tapi jangan kuatir, berkat dukungan dan loyalitas pembaca warung ini…semua hanya masalah waktu untuk kita kuak pelan-pelan…

Last…..percayalah Yamaha tidak akan tinggal diam dan tahap demi tahap terus dilalui untuk meracik produk All New guna bersaing dengan kompetitornya. Sing jelas semakin sering sampeyan mampir ke warung ini maka niat boyong motor makin molor. Lawong tiap hari disodorin bocoran terus suwe-suwe lakyo jenggot sariawan tenan pakde bingung milih. Mrongos tenan cak…cak. Ngonthel wae wissss ben ora mumet hahaha :mrgreen: ……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!