iklan iwb
iklan iwb

Iwb Sepang

Langit bumi kangbro…..jian istimewa tenan sirkuit Sepang dibanding yang dimiliki negeri ini. Dipercaya Pirelli Asia untuk jajal ban terbaru mereka yakni Diablo Rosso III, IWB menjadi Blogger yang diundang langsung datang ke Sepang Malaysia. Yang paling membuat exiciting adalah….motor yang digunakan merupakan moge semua dari 600cc-1200cc mulai dari Suzuki, Kawasaki, Ducati, Aprilia hingga Honda. Satu impressi yang bisa IWB ungkapkan….aspal sirkuit Sepang memang istimewa tenan !!!….

iklan iwb
iklan iwb
iklan iwb

Pirelli meracik ban generasi terbaru yakni Diablo Rosso III. Ban ini didedikasikan untuk harian namun dengan traksi superior dikelasnya. Dibutuhkan pengembangan hingga 1,5 tahun untuk membuat ban ini bisa dikatakan lulus oleh Pirelli. Dari data dan pengalaman mereka diajang Superbike (WSBK)….diturunkan pada ban harian dan lahirlah Diablo Rosso III. Emang apa bedanya dibanding Rosso II dan Supercorsa ??….

Nyokote (gigitnya) kangbro. Dibanding Rosso II, versi Rosso III memiliki kompon yang lebih menggigit. Sedang dibanding SuperCorsa, jelas jarak tempuh Rosso III unggul. Lawong bukan ban racing yang biasanya memiliki kompon lunak. Untuk Rosso III, material sendiri terdiri dari silica 100 persen (depan) dan 70 persen belakang. Silica memiliki keunggulan traksi yang tetap jempolan dipermukaan basah. Dan seluruh teori diatas IWB buktikan langsung disirkuit Sepang Malaysia……

Pirelli Rosso III (1)

IWB menjadi satu-satunya Blogger di Sepang karena mayoritas adalah jurnalis resmi. Sebab Vaun Phan (masih ingatkan?) yang dulunya Blogger Singapura kini berstatus menjadi PR di Pirelli Asia. Selebihnya adalah media resmi. Untuk Indonesia sendiri Pirelli mengundang satu media yakni M+. Yup…..jurnalis datang dari berbagai negara seperti Jepang, Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Korea, India, Philipina, Kamboja serta Australia. Coba….opo ora keder pakde. Namun rasa pede tetap menggelayut. Ketika pabrikan sekelas Pirelli memilih warung ini….berarti mereka trust dan memandang IWB mampu. Yo wis….berbekal ilmu feeling dan pengalaman naik moge….proses geberpun dimulai….

IWB sampe kedip-kedip nggak percaya saat badan sudah nongkrong diatas BMW S1000RR. Serius to iki jajal sirkuit Sepang. Bersyukur tenan rasanya. Sebuah sirkuit langganan Motogp yang memiliki grade cukup tinggi. Kebetulan ditahun ini pula Malaysia baru mengaspal ulang dibeberapa tempat. Eksplorasi tiap jengkal sirkuit membuat IWB teringat dengan sirkuit internasional ditanah air. Oalahhhh….bagai langit dan bumi pakde. Aspalnya rekkkk….kayak permukaan setrika mulusnya. Edian njaran tenan. Selain itu sampeyan juga akan terkejut kala melintas diatasnya….

Pirelli diablo rosso III (5)

Jika Sentul datar….maka permukaan Sepang ternyata jauh berbeda. Sirkuit ini turun naik (up and downhill) ciri khas perbukitan. Koq nang TV koyone datar yak. Artinya dibeberapa tikungan braking point lumayan tricky. Lalu lebarnya aspal….beighhhh gede benar. Sirkuit milik pemerintah Malaysia ini estimasi memiliki lebar kisaran 16 meter. Sadizzz. Btw….gagal merekam proses testing BMW, IWB pun berganti ke Kawasaki Ninja ZX10R. Ninja ZX10R yang IWB jajal mungkin tidak muda lagi. Tapi jangan salah….kondisine perfect tenan. Apalagi knalpot sudah racing (kalau nggak salah pakai Akrapovic)…..

Raungan mesin 4 silinder membuat IWB exciting. Pelan coba menyusuri tiap jengkal tikungan….IWB awalnya fokus pada lay out circuit. Setelah rada hafal….aksi geberpun dimulai. Gear satu ZX10R mampu melengking hingga 160 km/jam. Pada tikungan pendek….IWB banyak bermain digigi 1 dan 2. Disini IWB coba terus merasakan tiap gigitan ban. Jiannn emang istimewa tenan kangbro. Dari waktu ke waktu lean angle IWB tambah hingga tidak terasa lututpun gasruk aspal. Traksi tetap solid tidak ditemui gejala kedodoran. Kombinasi ban dan aspal membuat segalanya lebih mudah. Pantesan Marquez, Rossi ataupun pembalap Motogp lain bisa elbow down. Diluar skill, lawong komponen semua memang mendukung…..

Kawasaki Ninja ZX10R Sepang (2)

Pada pengetesan hampir semua motor moge dikerahkan Pirelli. Ada Aprilia RS4V, Tuono V4, BMW S1000RR, Ninja ZX10R, Ninja ZX6R, CB650F, Ducati Monster, Hypermotard, Suzuki GSX1000 dll. Tapi IWB sendiri tetap memilih Ninja ZX10R karena disirkuit rada males nunggang naked bike. Alasannya simpel…..diatas 230 km/jam motor model naked lumayan menyiksa tamparan anginnya. Sedang untuk mesin 600cc…entah kenapa perasaan IWB disirkuit sebesar Sepang rasanya kurang nendang. Benefit lain pada Ninja ZX10R sudah ada dudukan Gopronya kangbro. Mangkane semangat….

Last….testing ZX10R + Diablo Rosso III di Sepang Malaysia memberikan sebuah kesan mendalam terhadap kualitas. Baik dari ban itu sendiri serta permukaan aspal Sepang yang super istimewa. IWB sepertinya jadi makin pesimis negeri ini bisa mewujudkan sebuah sirkuit sebagus Sepang (soal ini akan kita bahas pada video sesi behind the scene WSBK Sepang 2016). Karena biaya yang dibutuhkan jelas sangat besar. Lalu untuk Diablo Rosso III…..satu kata singkat untuk mereka, Pirelli tidak hanya menjual teori atau gimmick. Tapi kenyataan dilapangan memberikan bukti tidak terbantahkan. Bahkan biker amatir sekelas IWB bisa dengan mudah melahap tikungan demi tikungan dengan kecepatan tinggi menggunakan motor seberingas Superbike seperti Ninja ZX10R. Nah…penasaran seperti apa testing Sepang saat IWB geber ZX10R ??. Intip wae videonya dibawah ini. Puassss cakkkkkk !! (iwb)

Video geber Ninja ZX10R di Sepang Malaysia

HP klik disini

Foto-foto

Pirelli diablo rosso III (9)Kawasaki ZX10-iwb (3)Pirelli diablo rosso III (10)Kawasaki Ninja ZX10R Sepang (6)Pirelli diablo rosso III (11)Pirelli diablo rosso III (12)Kawasaki Ninja ZX10R Sepang (5)Pirelli diablo rosso III (1)Kawasaki ZX10-iwb (1)Pirelli diablo rosso III (2)Pirelli diablo rosso III (3)Kawasaki ZX10-iwb (3)Pirelli diablo rosso III (6)Kawasaki Ninja ZX10R Sepang (1)Pirelli diablo rosso III (7)Pirelli diablo rosso III (8)Pirelli Rosso III (2)Kawasaki ZX10-iwb (2)Kawasaki ZX10-iwb (4)Pirelli Diablo Rosso III (9)Pirelli diablo rosso III (4)BMW-IWB

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!