iklan iwb

all new CBR250RR INA

Bro dan sis sekalian…siapa menyangka dalam pengembangan all new CBR250RR, mesin 4 silinder sempat menjadi bahan pertimbangan Honda Jepang. Ada 3 tipe mesin yang disodorkan sebagai generasi terbaru dari new CBR250RR yakni tetap single silinder namun upgrade power dan teknologi….lalu dua silinder….dan yang terakhir 4 silinder. Konfirmasi ini diutarakan Inuma san sebagai presdir PT AHM. Namun pada perkembangannya…setelah melalui penelitian seksama, mesin 1 dan 4 silinder di coret. Lhoooo….nyapoooo??. Berikut alasannya…..

Inuma san blak-blakan menerangkan proses riset dan pengembangan all new CBR250RR. Produk mengusung project K64A ini dikatakan cukup melelahkan sebab mereka harus jeli dan teliti memutuskan akan kemana arah produk ini. Ada 3 mesin yang saat itu dijadikan pertimbangan Honda yakni tetap satu silinder….dua silinder lalu 4 silinder. “Ide pertama tetap melanjutkan dengan mesin satu silinder seperti CBR250R yang sudah beredar dipasar….

iklan iwb

Ide yang lain adalah 2 silinder dan inilah yang akhirnya kita pilih yakni paralel twin. Tapi kita menunggu teknologi juga. Apakah mesin 2 silinder dengan teknologi terbaru atau paralel 4 dimana Honda juga pernah memilikinya. Kita harus memperhatikan dengan seksama, mana engine yang cocok dan nyaman untuk segmen ini. Kami?akhirnya memilih 2 silinder dan inilah yang kita pandang paling cocok (suitable)..”seru Inuma san. Karena penasaran….IWB pun kembali bertanya, apa alasan Honda mencoret 4 silinder padahal secara prestige dan power akan berbeda??….

new cbr250rrr

“Empat silinder maksimum RPM bakal lebih tinggi. Selain karakter mesin lebih linear dan friksi juga lebih besar yang mana komsumsi BBM juga makin?rakus. Oleh karena itu keseimbangan diperlukan. Selain itu dengan teknologi terbaru kita bisa meracik mesin lebih kecil. Sebelumnya mesin 2 silinder sebesar ini (sambil menggunakan tangan isyarat)…dan sekarang bisa segini. Dua silinder lebih banyak keuntungan dibanding dengan 4 silinder yang pasti lebih berat dan lebar. Silinder head juga jauh lebih panas ?dibanding mesin 2 silinder….

“Dengan cuaca Indonesia yang panas tentu akan banyak menyiksa rider. Oleh karena itulah kami memandang untuk market Indonesia tidak cocok. Dari sisi maintenance….cost (biaya) juga jauh lebih mahal. Harga motorpun pasti beda dengan mesin 2 silinder. Akhirnya secara bulat, ide kita memilih paralel twin…..dan ini adalah pilihan terbaik. Tapi tentu dengan teknologi terbaru yang membuat mesin lebih kecil, ringan dan presisi. Kalian sudah lihat part mesinnya satu persatu??…”seru Inuma san tersenyum. Mung iso manthuk….lawong ancen compact pakde. Nah…mumpung ngomongin mesin, kita pun kembali colek…berapa sih output power new CBR250RR ??….

cbr250rr2017

Tentang power?. Akan sangat bagus. Sekarang kita sedang ngecek kualitas part satu persatu jadi spek akhir bisa saja berubah. Karena itulah kami belum bisa katakan sekarang. Tapi sepertinya akan jauh lebih baik (much better) dari……” (tidak melanjutkan dan hanya tersenyum penuh arti). Semuapun kompakan menjawab…”kompetitor??”..…Inuma san hanya tersenyum. Wihhh…..jian misterius ki. Last…..apapun itu IWB juga baru tahu ternyata Honda sempat memasukkan mesin 4 silinder sebagai opsi. Walau pada akhirnya dicoret karena alasan yang dikemukakan diatas….

Last…kesimpulan yang bisa kita ambil adalah, siapapun pabrikannya entah Honda, Yamaha, Kawasaki ataupun Suzuki jika mereka mau bisa saja meracik mesin yang sampeyan suka termasuk 4 silinder untuk kelas seperempat liter. Tapi buanyaakkk sekali pertimbangan detil yang tidak bisa sembarangan asal buat karena hal ini berhubungan dengan kenyamanan biker, plus tujuan serta posisi kelas ini. Sebab disukai atau tidak, kelas 250cc bukanlah moge. 250cc adalah motor yang cenderung sering digunakan buat harian dan bukan seperti kelas big bike yang diselimuti dan digunakan 4 kali dalam sebulan. Mengko pas macet-macetan pulang dari Jakarta-Bekasi mesin panas hingga kepaha dikomplain…mungkin demikian kira-kira.??Dan?ternyata Honda melihat mesin 2 silinder masih yang terbaik dikelas ini. Yup…itulah sekilas interview dengan presdir AHM yang membedah latar belakang kemunculan all new CBR250RR ditanah air…..(iwb)

 

215 COMMENTS

  1. Setelah dibaca
    Saya pikir artikel ini untuk fbk
    Pesannya gak mungkin kawak bikin 4 silinder jangan harap deh…wkkkklk
    Tapi ingat waan kawak itu pelopor bukan pengekor kalo mereka mau mengejar pretige tidak mungkin menaikan cc karena batasan pajak jadi langkah yg paling jitu memainkan jumlah silinder ingat konsumen indo ini unik kadang harga bukan masalah bagi konsumen 250cc keatas

  2. wkwkwk…

    buat honda … cbr250rr mau dibikin konfig inline/v90…1/2/4 cylinder pun ga masalah masbro… wong teknologinya sudah mereka miliki.. basis pengembangan mesin yang honda miliki paling komplit masbro…

    makanya risetnya agak lama karena harus menentukan mesin yang mereka pilih… mereka juga pernah memunculkan niat mesin konfig v90 derajat basis mesin vtr250r…

    dan honda pun lg bingung mau reborn TIGER dengan mesin yang mana .. wkwkwkwk

  3. Fby sejatinya adalah fbh sesungguhnya. Knp ? Karena semua kritik fby ke Honda sudah dijawab dan diterima serta diwujudkan dalam bentuk new produk, maka berterima kasihlah fbh pada fby, berkat fby motor Honda byk jauh lebih Bagus
    –sekian–

  4. si darmo BC nya AARC mulu,,,tetangga gw yg pake R25 gw tanya tau gak itu ARRC orgnya cm balik nanya apaan tuh??wkwkwkwk darmo tolol alfi alfi yg cerdas donk,,bayar dulu kriditan revo fit ente sana

  5. Roy (Sempak Operpret) – July 30, 2016

    Wkwkwkwkwk

    Bedalah ama honda, power on wheel bisa lbih gede drpd on crank cem ocb, verza or sonic.

    Masa power verza > ancbr 150
    Tp para blogger pada diem aja tuh
    ———————————————————cuihhhh…dari zaman majapahit loe ngomongnya di blog blog POWER VERZA trus…di Otak loe gak ada yg laen apa selaen Versa ???????

    Cuihhhhhhh….Sok Kepinteran kau ,

  6. motor dengan bentuk yg 97% sempurna,tapi 3% bentuk nya ada yg gagal,bentuk kenalpot nya bro yg gak cocok sama garang nya tampang,bentuknya kasar ga beraturan!!

  7. 1,2,4slinder 250cc honda bisa bikin
    150cc sohc.dohc operbore sama operstruk bisa bikin.
    Lah kalo fby bisanya bikin apa?..bikin velg aja ga becus bikin dohc gagal…hahahahaha…makan tuh garpu karat

    • bisa bikin dohc operbore dan dohc operstruke tapi pnyakitnya ngg ilang y bro.
      ini yg d namakan dohc gagal wkwk

  8. itukan hitung2nnya honda om… bukan hitungannya pasar…
    nostalgia dulu hitung2n cbr 1 silinder? apakah honda bener ngitungnya?

  9. ekekek…

    cuma pengalihan isu kawak yg jelaz2 punya 4 silinder …
    ini petinggi sayap gemeteran kalo kawak bener2 luncing ninja 4 silinder … apalagi yamaha punya senjata 5 silinder pistun oval ..

    wehh ngeriii cak !!!

    HAHAHA

    ?????

  10. 60. bebek kopong – July 30, 2016
    itukan hitung2nnya honda om? bukan hitungannya pasar?
    nostalgia dulu hitung2n cbr 1 silinder? apakah honda bener ngitungnya?
    ================
    Dulu, Mereka gak lirik pasar Indonesia..skrg belajar banyak dari kesalahan…

  11. eh bodat
    kalo produk gagal ya produk gagal
    baru satu generasi udah recaal tu rongksok 25 mu,,,
    kalo klotok2 uda ada dari gen 1 cb, dan itu ga ada pengaruh ke msin sm kyk rongksokmu,..
    kalo ga di recall bangkrut tuh yimm, udah image rusak karna nmax makin rusak lg gara2 di rombeng 25,,, salam ceboker

  12. issu biar fbh beli CBR250RR ya bro. sekalian menepis berita Ninja 4silinder. biar fbh fokus beli CBR250RR. ….. tp apakah berhasil.? lihat beat aja mnta depe nol rupiah.

  13. dari sekian banyak line up , cuman PCX150 & CBRtwinRR ini lah yg baru ane anggap ok.

    masih cukup masuk di selera .
    yg lain ya terserah pribadi masing2.

    kalo line up big bike sih sip lah.

    btw congrats and happy long indent. ( eh, weekend?.pppffftt)

  14. Wiss ojo ngimpi mesin 4 cylinder 250cc ora cocog neng Indonesia pegel boyokmu mengko.. (*dompet red) hahahihihiih ?

  15. Mas, mau nanya. Posisi nempel plat nomer depan CBR250RR di mana y?
    Mosok dicepit nang windshield?

  16. Malu di bilang follower jg ngaku nya sempet mo biikin yg 4 silinder wkwkwkwk. Udah tau kok ahm follower sejati ga berani buka pasar baru takut kasus cs1 terulang kembali.

  17. Hahahaaa rame banget yaah kalau ada artikel soal motor Honda..??!! comment Fansboy lucu2.. kalian pada tau gak..?? Yg ribut itu cuma di dumay doank looh.. diluar sana di dunia nyata faktanya jauh beda.. kepercayaan masyarakat pada suatu produk yg bikin pabrikan tambah maju… suapa yg paling maju itulah pabrikan yg mendapatkan kepercayaan masyarakat.. Honda bilang “One Heart” maaf out of the box ??

  18. xixixixixii

    euforia One hEart itu cuma di indonesiaa doankkk,
    krna motor iritttt, anti recall pke voucher,
    motorr remukk ditanggung konsumenn..
    ditarikk leasing ditanggung konsumenn..

    hohohohohohoooo

  19. xixixixixi

    jelasss ja montor” ahaeem produknya larissss manisss
    lah, wongg lonceng produknyaa slalu belakangannn..
    gk mau duluannnnn…
    aliass ploduk copyan..

    lirik embitt,vaRio, sPorT DoHC hello kiti tensioner remukk
    hohohohohhhoo

  20. Kl udah bahas Riset mesin gni udah bahas honda global kang… FBY mana Mudeng honda Global… mentok ngertine honda AHM..

    Padahal tanpa di sadari yaMaho sebagai pabrikan y Langganan menjiplak Honda Global tapi hasilnya di jual di Indonesia koar koarnya sama AHM.. honda global diem aj mereka tau yaMaho mentok cukup di gebukin honda AHM aj udah MuoooooooooooooooDhar..Moo

  21. yaMaho jangankan riset mesin Baru… Mesin Jadul tingal njiplak mesin GL MAX SOHC Operstruk aj masih Ngebul Haus Oli…

    apalagi njiplak Mesin DOHC…. yo alamat Sebar Voucher REcall Ambrol bin Prothol mesine brooo.. lirik yaMAho Rhoembeng PLAstik25

  22. xixixixixi

    montorr ngebull, ownernya aja pekokkkk…
    soal RecaLL, kaoskaki jg lg recaLL tu yg tipe Z125
    itu nmanya tanggung jawab pabrikannn..cungg

    klo hoNda..?
    anti recalll…
    Tensionerr remukkk biarr konsumenn yg nanggung..

    hohohohohohohohoooo

  23. Yes… setuju…
    motor 250cc bukanlah moge….
    jadi biasa aja bawa motor nya kalee… gk usah selap selip cornering di jalan yg rame sambil betot2 gas kopling di tengkep…*ninin dg knalpot racing+tanpa spartbor belakang..

  24. Kelangsungan sebuah produk ya?
    Cbr250rr stroke 41,36mm paling 5-7th seperti yg sudah?. Masih ada “the next spec” yg lbh powerfull.
    bener gak inuma san?…. Xixixixixixixi

  25. ninin dg knalpot racing tanpa spakbor dan plat nomer belakang plus spion dilipet biar tembus 200 km per jam

  26. kawasaki ninja 4 silinder itu ada, namnanya ninja zx250r, facenya mirip dengan panigale, lampu sein depan letaknya disamping fairing mirip ninja yang sekarang, upsidedown 43mm dari showa double disk depan, swingarm alumunium mirip zx6r636, non KTRC dan non throtle by wire, knalpot under belly, dan chassis deltabox, tangkinya model kondom, mesin memakai ninja zx250r lama yang di upgrade lagi, water cooling dan oil cooling, saya sudah test ride 5 kali untuk pengambilan sampel dari komunitas, sekian dan terimakasih

  27. Ekekekeee…

    Pul…

    Email Darmo udah di hack sama ane pul…

    Ane mau BC triatmonyong gapapa kan pul???

    HAHAHA…
    ??????

    • coba tampilin gravatar darmo yg asli jgn yg itu.ngaku2 bisa hack biar klihatan pinter y bro.?

  28. Harusnya bikin byk silinder, jd klo 1 silinder ngebul dnf ada cadangan silinder lagih, jgn kayak motor sosis road race dnf jebol ga bs terus race, smart dikit lah jd org.

  29. 63. CBR250RR ikut Suzuka 8hours – July 30, 2016
    60. bebek kopong ? July 30, 2016
    itukan hitung2nnya honda om? bukan hitungannya pasar?
    nostalgia dulu hitung2n cbr 1 silinder? apakah honda bener ngitungnya?
    ================
    Dulu, Mereka gak lirik pasar Indonesia..skrg belajar banyak dari kesalahan?
    ================
    Belajar koq lama banget om… udah tinggal kelas berapa taon thu? goblok koq dipiara? kambing thu dipiara biar gemuk

  30. Wkwkwkwk sekarang makin keliatan, ahm dan Bloggernya makin ketakutan dg ninja 4 cylinder, artikel sperti ini blunder namanya, kalo 4 cylinder g cocok di indonesia ngapain jg tuh moge honda jualnya 4 cylinder yg bahkan cc nya pasti lbh dr 250 dan pastinya jauh lbh panas dibanding 250 cc 4 cylinder, wkwkwkwkwkwk menyedihkan meskipun aslinya lucu…

  31. Mau tanya om IWB, apakah cbr150r bisa dimodif headlampnya biar alisnya jadi lampu sein gitu? Soalnya IMHO ya,, lampu seinnya ini buat saya gatel pingin modif,, tp kalau modif kyk ninja udah pasaran,, makanya mau dimiripin sama cbr250rr.. makasih ya sebelumnya. Udh sering baca2 blognya, tapi baru coment sekarang heheh.. sukses terus

Comments are closed.