iklan iwb

20160722_130127 (2)

Tersenyum kangbro saat membaca email dari bro Hamdan. Reader setia warung ini sepertinya super kesal karena mengalami masalah yang tidak lazim. Lha piye….jari-jari tunggangan prothol…sopo sing ora cekot-cekot. Dan jujur hal ini juga pernah IWB alami sendiri. Mangkane langsung “mesem” dewe cak :mrgreen: . Emangnya seperti apa sih kejadiannya??….
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

iklan iwb

Sopo sih yang nggak demen jari-jari roda mengkilap. Krom kinclong secara visual?membuat siapapun klepek-klepek termasuk IWB. Membayangkan mata biker lain tidak berkedip memperhatikan tunggangan kita. Angan melayang berharap mendapatkan pujian dari teman biker lain. Sebuah cerita masa lalu IWB nggak tidak terlupakan saat masih muda dulu. Sebab hasil akhir tunggangan malah goyang dombret. Satu pengalaman yang ternyata juga dialami bro Hamdan. Berikut surelnya ke IWB……

Kang iwan. Salam kenal. Saya silent reader iwanbanaran. Mau share hal yg saya alami.?Saya memakai old jupiter mx th 2006. Kurang sreg dengan ukuran velg yg mungil. Awalnya mau pake velg new jupiter mx generasi kedua. Tp kendala biaya. Jadi akhirnya diputuskan pake velg jari2 dg ukuran lebar. Tapi menggunakan jari2 after market yg gak jelas merknya.?Suatu ketika pada saat berkendara saya merasa motor bergoyang. Saya kira ban bocor. Ketika dilihat ban masih utuh tidak kempes.?Saya lanjutkan jalan.

Berjalan sampai 2 hari. Goyangan semakin terasa. Coba saya cek rodanya. Ternyata jari2 patah satu.?Sementara saya abaikan karena belum sempat untuk ganti jari2. Selang 2 hari goyangan makin gak karuan. Sampai dirumah saya cek lagi.?Betapa kagetnya ternyata 5 jari2 putus.?Sketika itu juga saya kapok pakai jari2 yg gak jelas merknya.?Dan mungkin karena kecerobohan saya juga mengabaikan hal yang sepele.?Akhirnya saya ganti dg yg original yamaha.?Kesimpulannya. Hati2 dalam memilih jari2.?Terima kasih kang iwan. Hehe maaf ganggu…

Jari-jari variasi

Nahhh….wis jelas to. Kejadian yang harus IWB refresh kembali karena memang artikel perkara jari-jari prothol sudah cukup lama. Pertanyaannya….kenapa jari-jari variasi tidak memiliki kekuatan yang sama dengan jari-jari OEM pabrikan??. Jawabannya material dalamnya kangbro. Kalau sampeyan jeli dan bongkar material dalam…pasti sampeyan akan mendapati besi abal-abal yang sudah berkarat. Jadi kinclongnya hanya dari luar. Sorry to say….mayoritas jari-jari variasi demikian……

Analisa IWB, produsen menggunakan material daur ulang yang sangat ringkih dengan proses produksi ala kadarnya. Lalu dibalut dengan krom agar menarik perhatian. Padahal material sendiri sangat ringkih dan mudah prothol. Tanda yang umum kita temui adalah rontoknya pengunci dibagian tromol. Kalau sudah begini tidak ada cara lain kecuali?membuang jari-jari tersebut. Wis to….kalau kekuatan sih nggak bakalan ngalahin OEM pabrikan kangbro. Ora usah kakehan gaya ketimbang rekoso (sengsara)….bener ora….

Last…..setiap komponen yang dijual pabrikan sudah melalui proses trial yang sangat ketat. Beda dengan part variasi dipasaran yang kadang hanya menjual tampang ketimbang fungsi. Mungkin untuk bagian tertentu jelas halal menggunakan part variasi selama tidak berhubungan dengan bagian vital kendaraan yang berhubungan dengan safety. Bautpun demikian. IWB pernah harus ketukang bubut karena baut raiser rontok ditriple clamp. Selidik punya selidik baut yang diberikan bengkel variasi memiliki kualitas abal-abal.?Sobek ora cakkkk. Kapok encit tenan setelah itu membeli part variasi dibagian tertentu. So..masih kekeh ganti jari-jari variasi??. Ati-ati wae cak….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!