iklan iwb

46-valentino-rossi-ita_gp_9979_0.big

Bro dan sis sekalian……dengan alasan memudahkan komunikasi antara tim di paddock serta rider, Valentino Rossi akan gembira jika helm Motogp rider dibekali alat radio komunikasi seperti halnya driver F1. Ide gila ini sepertinya efek dari kegagalan doi memperhitungkan masuk pit sehingga kehilangan kans podium diSachsenring. Namun ide ini ditentang keras oleh Marc Marquez…..
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

iklan iwb

Rossi sepertinya ingin Motogp rider lebih mudah berkomunikasi dengan tim di paddock. Satu usul adalah dibekalinya radio komunikasi pada helm pembalap seperti halnya balapan F1. Ide tersebut diungkapkan setelah doi mendulang hasil buruk di Sachsenring serta Assen. ‘Tentu saja jika sekarang kita memiliki alat komunikasi akan jauh lebih mudah bagi rider berkomunikasi dengan tim dipaddock. Karena kadang-kadang sangat sulit jika hanya mengandalkan pit board….”tutur Rossi…..

Vale juga memberikan contoh ketika di Assen. lazimnya Pit Board hanya bisa diinformasikan pada rider pada?satu lokasi dalam satu putaran yakni digaris start. Padahal dalam prakteknya dilapangan….setiap sektor ataupun tikungan bisa berbeda. “Contohnya seperti Assen, jika mereka bisa mengatakan padaku sudah memiliki keuntungan didepan dua detik, aku?bisa melambat dan menghindari kesalahan. Jika memungkinkan menggunakan radio, aku tidak tahu kenapa kita tidak menggunakannya. Mungkin biaya, entahlah.…” seru Rossi. Tapi ide ini langsung ditentang keras oleh Marc…..

marc marquez88

Aku tidak bisa membayangkan, saat motor melaju 300 km/jam…seseorang berbicara padamu. Semua itu tidak diperlukan jika kamu memiliki rencana yang bagus saat race....”seru Marc. Senada dengan Marquez, Dovi juga menentang ide tersebut. “Mungkin akan lebih mudah mengatur segalanya dan juga untuk safety sebelum race dilakukan. Tentang strategi dan semuanya….akan lebih bagus sebelumnya. Olah raga kita bukan F1, jadi akan lebih baik mempertahankannya tetap seperti ini…”tutur Dovi memberikan opininya…..

Last….alat komunikasi helm sejauh ini memang tidak ada pada Motogp. Pada balapan resmi…..umumnya hanya ada pada ajang balap roda 4 seperti Nascar, rally ataupun F1. Roda dua??. Nggak ada mzbro. Secara teknologi jelas memungkinkan. Namun Dorna hingga detik ini belum mengaplikasikan radio komunikasi digital dan masih suka menggunakan cari klasik yakni papan pit board.?Nah….kalau menurut sampeyan sendiri gimana mzbro.?Setuju dengan Vale atau Marquez serta Dovi???….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

124 COMMENTS

    • Biasa bro

      Org klo kalah cari seribu alesan buat ngeles

      Andaikan, .,, seumpama.., jika saja.., dsb.., jd kata2 sakti.

    • Biasa bro

      Org klo kalah cari seribu alesan buat ngeles

      Andaikan,. .,, seumpama.., jika saja.., dsb.., jd kata2 sakti.

  1. Ngoahahaha kata FBR cuman rossi yg nggak ngandelin piranti selain skil lha kok gagal gara2 kebodohane dewe mewek ngusulin hal2 yg nggak jlas.(manula)

  2. mungkin kalo rossi kemarin juara di sachsenring, gak akan ngomong kayak gini. bener lek ini efek kemarin gagal podium

  3. pakai radio ora seru lik.
    mengganggu konsentrasi jg ane setuju.ini roda dua bukan roda empat.butuh konsentrasi disemua bagian tubuh.nek f1 kan walaupun ngono yo seh iso slonjoran

  4. malah bahaya lek nek pakek radio, g focus sama jalan sama tikungan yg dilewati..

    kalo boleh usul c g usah pakek radio di helm, buat speker salon yg gede buanget, sebesar box kontener di tumpuk 2.. hahahaha, Cek cumplengen kabeh seng ngrungokno..

    atau di buatkan LCD kecil didekat visor depan, gitu kan enak lihat nya..

  5. Ga safety. Lagi mengendara dengan kecepatan tinggi tau2 ada suara. Konsentrasi buyar. Nabrak dah. Di mari peraturan pengendara pake telpon aja di tilang karena berbahaya bagi pengendara dan orang lain. Itu kata polisi.

  6. kali ini saya ga setuju sama vale,biarlah motogp seperti sekarang. toh motogp jauh lebih berbahaya daripada f1,ingat komunikasi saat berkendara bisa membuyarkan konsentrasi.

  7. Pndapat sy kedua opini bs ada untung ruginya, tp klo sy bs kasih pendapat bs dikasih radio cuma tiap tim cuma dikasi satu kesempatan buat menginfokan pembalap klo saatnya msuk pit, abis itu saluran radionya diputus ga boleh konek lg ke helm pembalap, dgn cara gtu pembalap diuntungkan mengetahui info tp ga ngeganggu konsen balapan

  8. sebagai mantan pembalap isle of man TT

    penggunaan radio tuk komunikasi antar rider dg tim tergantung kondisi cuaca n track…. so;
    -jika wet race sangat diperlukan komunikasi toh gk memungkinkan motor kencang msh safety lah
    -jika warm race artinya full race tanpa flag to flag maka radio net hrs dilarang pemakaianya n rider lbh fokus….

    haiyyaaa kita ouwlang yakin ucapan Rossi cm bercanda waaa… itu msh wacana jd jgn terapkan f1 ke motogp

    • Timbang pake radio komunikasi.. bagus pake kaca spion aja sekalian jadi bisa lihat jarak d belakang..

      Rossi permintaannya aneehhh.. wong mengendarai motor sambil tlp walau dengan headset aja kosentrasi kacau.. gmn kalau balapan..

      Seorang pembalap itu punya plan sendiri dlm balapannya.. harus punya perkiraan dan keputusan yg bagus.. pintar kapan memanfaatkan peluang.. jika aku mengutip dari kata kata rossi.. alasan rossi justru menunjukkan dia tidak bisa memanfaatkan peluang dan mengatur strategi.. g pantas di sebut The Doctor..

      aku ttp g setuju dgn ide itu.. kenapa spion g d pasangbd motor balap.. karena safety alasannya.. dan mengganggu kosentrasi rider.. sepersekian detik aja kita menoleh sepion pada kecepatan tinggi itu sudah dapat merubah semuanya.. bisa jatuh. Bisa nabrak. Dsb.. sama halnya dengan radio komunikasi..
      Dan saat race hujan campur petir.. itu tambah berbahaya pada jaringan radio..
      Please deh rossi..

  9. Marc:?Aku tidak bisa membayangkan, saat motor melaju 300 km/jam?seseorang berbicara padamu.”

    Pengen ketawa kira2 tanggapan Rossi gmn ya.. Wong kcptan 50km aja smbl terima tlp bisa gak konsentrasi.. 😆

  10. Ko tim yamaha skr mewekan ya, , ,
    Baik JL99 ataupun VR46 nya padahal motor yg paling sempurna di tahun skr,
    Apa lg klo honda & suzuki sudah sempurna motor nya, yamaha mewek berdarah” kali ya , ,

  11. berisiko untuk konsentrasi bisa saja terjadi. memungkinkan adanya gangguan antara tiap rider. perlu ada tinjauan ulang serta ujicobah.

    Btw predator?!? maksute “pusifaise” ( kalo kata dany glover Predator II )

  12. Udah kakek rossi berenti aja balap, inget umur, kawin sono gihh, udah kalah gak mau nerima kekalahan pula, ckck, kasian deh, ngarep amat pengen jurdun ke 10, tpi ga terwujud

  13. Heleh si Rossi ini makin tua makin mewekan makin banyak maunya.
    Seribu satu cara dilakukan agar bisa jurdun…dikiranya ini RossiGP dengan tim Rossi Movistar barangkali ya…sakarepmu lah Ros

    Apa dia ga tau ya klo sekarang komunikasi antara Driver dan Pit Crew di F1 sudah dibatasi, Driver sdh tidak boleh lagi minta saran / bantuan dr pitcrew

  14. knapa dengan lu ross … udh jelas ni motogp .. pasti sangat aneh jika pkai radio di helm …

    saya kecewa dengan Rossi yang sekarang … dulu juga g ada radio Rossi bisa juara dunia …

    saya rasa sudah ga pantas menyebut Rossi sebagai the Doctor 🙁 …

  15. secara Logika…
    ngelihat pitboard di lintasan lurus 300kmh itu lbh susah dan berbahaya

    sedangkan radio / komunikasi digital toh jg bisa mengurangi konsentrasi…

    tp klu dilihat2.. pake radio komunikasi lbh menguntungkan..
    – informasi lbh cepat sampai
    – lbh akurat
    – balapan jg makin greget.. karena tiap rider dpt informasi gap persektor… bukan perlap lagi

  16. piye pake ht saja pak de rossi,rossi:monitor chek racing line ane ada ee ayam ga,team paddock: clear cuma ee tikus doang hati hati hati ndlosor,rossi:copy that.

    • Ntar komunikasinya kayak gini

      Mekanik:test test recall recall 123 test.halo..halo halo recall one

      Mbah46:yak ok masuk recall 25

      Mekanik:cemangat ya saaay

  17. Antara komunikasi, konsentrasi, dan safety..
    Terserah dorna aja lah, tp pendapat pribadi paling penting tetep safety.

  18. fbh hebohnya minta ampuun..
    padahal ini cuman pendapat doang.
    Saran ane sih mending di area LCD speedometer saja ada ruang kecil untuk pesan singkat, contohnya klo mau ganti motor ada text kecil tulisan “PITBOX-R” trus klo misalkan mau ngasih tau jarak pembalap di belakang misalkan “MM93-0.2s?” menurut ane lebih simple

  19. Pakdhe rossi coba nurut dikiiiit aja sama kru nya,lebih percaya juga,biar team strategy nya tambah mulus.toh kalo juara jg kan seneng semuanya satu tim.goo pakdhe!

  20. bisa diaplikasikan menurut saya, tetapi tidak di semua wilayah race track, misal hanya boleh ketika melewati track lurus di wilayah garis finish agar pembalap tidak terganggu konsentrasinya, kita semua tentu sudah mengetahui bahwa berkendara dengan track lurus tidak membutuhkan konsentrasi sebanyak ketika berbelok, bagaimana alat yang digunakan? pasang pemancar sinyal komunikasi di samping garis finish dengan frekuensi yang berbeda untuk setiap pembalap dan batasi jarak komunikasi berkisar 100-300 meter dengan demikian tim bisa berkomunikasi dengan rider tetapi tidak di semua lintasan track.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here