iklan iwb
"Rocky Robinson dengan kendaraan kapsulnya...."
“Rocky Robinson dengan kendaraan kapsulnya….”

Bro dan sis sekalian…..aksi pembalap Kawasaki Turki Kenan Sofuoglu yang berhasil menorehkan top speed 400 km/jam diatas Ninja H2R ternyata memancing reaksi dari pembalap Isle of Man TT Guy Martin untuk melakukan aksi serupa. Bahkan doi bertekad akan menyiapkan sebuah aksi tandingan dengan target paling tidak tahun ini. Kembali soal record top speed….didunia ternyata Ninja H2R Kenan bukanlah terkencang. Karena jika kita mengintip special preparation produk untuk memecahkan record ini….H2R masih nongkrong diposisi kelima. Wah….siapa yang menempati posisi 3 besar???….

Top speed selalu menjadi sesuatu hal yang menarik sebab sensasi ditawarkan ketika kita menggeber motor pada kecepatan Puncak sulit dijabarkan kata-kata. IWB sendiri sebenarnya termasuk top speed addict walau kini sudah pensiun. Wis tuwo kangbro :mrgreen: . Masih ingat dulu setiap motor turun dari dealer selalu IWB explore raihan top speed. Makanya kalau ada yang ngaku A, B dan C….pada kondisi on stock IWB tahu betul apakah si biker bohong atau jujur..

Top speed sendiri diluar negeri memiliki prestige tersendiri. Banyak rider sedaya upaya memecahkan top speed record. Sejarah mencatat….nama Burt Munro adalah pahlawan top speed. Ditahun 1920…doi berhasil meraih top speed 80 km/jam. Mungkin sampeyan akan tersenyum mendengar raihan kecepatan puncak diatas. Tapi menilik teknologi….ukuran roda serta rigiditas frame, 80 km/jam kala itu sudah termasuk gila…..

iklan iwb
"Burt Munro dengan motor Indian...."
“Burt Munro dengan motor Indian, bapak top speed….”

Tidak berhenti disana, Munro terus melakukan eksperimen. Dengan menggunakan motor yang sama yakni Indian Scout….doi akhirnya sukses memecahkan record 194,4 km/jam ditahun 1940. Ambisinya terhenti ditahun 1941 dimana doi mengalami kecelakaan hebat hingga istrinya minta cerai. Bandel soale cak….bojo bengok-bengok ora digubris. Stop sampai disana??. Ora cak…..

Setelah menduda….doi malah bisa fokus. Dan ditahun 1967….Munro berhasil menorehkan top speed 295,5 km/jam ditrek Bonneville Salt Flats di Amerika. Tunggangan doi kala itu adalah Indian 950cc. Dan tidak lama top speed 305 km/jam sukses dicetak. Tidak heran nama Burt Munro pun masuk sebagai legend top speed sebelum pembalap era modern menyusul kiprahnya serta memecahkan recordnya. Terus siapa pemegang top speed era sekarang??…

images (10)Masih dipegang oleh Rocky Robinson……mantan pembalap MX tersebut berhasil torehkan top speed 605,698 km/jam. Doi menggeser record rider Amerika Chriss Car yang sebelumnya mencetak top speed 591 km/jam. Tapi yang patut diingat…mereka berdua menggunakan kendaraan roda dua full prorotype dengan bentuk kapsul serta parasut dibagian belakang. Begitu pula Chriss Car. Rider Amerika ini mengandalkan Suzuki Hayabusa tapi dengan rombakan total bagian mesin serta aerodinamika. Dan dari sekian nama….

"Richard Assen ngetes aerodinamika Hayabusa modifikasi..."
“Richard Assen ngetes aerodinamika Hayabusa modifikasi…”

Richard Assen lebih mendekati on stock bike karena perombakan aerodinamika tidak seekstrim Chriss. Setidaknya dari bentuk fisik lebih menyerupai motor aslinya. Walau untuk melakukannya Assen mengaku harus ngoprek mesin total dengan hitungan ulang sisi aerodinamika. Bahkan Richard harus ngetes ulang Hayabusa tersebut dengan wind tunel buatan. Perjuangnnya tidak sia-sia sebab doi akhirnya sukses mencetak top speed 420 km/jam. Sementara Kenan Safoaglu memilih jalur berbeda….

Secara fisik doi mengandalkan desain bawaan pabrikan. Ninja H2R dipandang memiliki aerodinamika mumpuni. Tidak ada ubahan apapun kecuali bagian mesin. Sayang tidak ada keterangan detil soal ini. Torehkan 400 km/jam….nama Kenan pun nongkrong diposisi tercepat kelima dibelakang Assen. Artinya untuk motor full oprek….H2R harus mengakui kecepatan keempat pembalap lain. Tapi untuk ukuran minimnya ubahan….H2R masih menjadi motor terbaik soal top speed…….(iwb)

Ninja H2R reach 400 kmjam (11)
“Ninja H2R Kenan bike….”

Posisi Rider terkencang penggali top speed murni

1. 2010 Rocky Robinson (USA) Top Oil-Ack Attack streamliner 605.697
2. 2009 Chris Carr (USA) BUB Seven streamliner 591.244
3. 2013 Bill Warner (USA) Suzuki Hayabusa 500.506
4. 2011 Richard Assen (NZ) Suzuki Hayabusa 420.663
5. 2016 Kenan Sofuoglu (TUR) Kawasaki H2R 400
6. 1967 Burt Munro (NZ) Indian Scout 305.9

 

 

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!