iklan iwb

NMaxBro dan sis sekalian….IWB sering ngobrol dengan banyak teman, sharing, bertukar pikiran ataupun diskusi ringan tentang kondisi market roda dua ditanah air. Tren Honda yang semakin kokoh dengan strateginya….Yamaha yang malah berjalan sebaliknya….Suzuki yang bergerak cukup lamban serta Kawasaki yang tetap mengandalkan Ninjanya dan masih banyak lagi topik lain. Dilalah fokus utama yang cukup menarik adalah opini beberapa teman atas eksistensi NMax yang cukup booming dan sukses menjadi idola baru. Tapi entah kenapa ada dua suara yang berpendapat…..kesuksesan NMax bisa saja akan terusik jika Honda terjun dikelas ini. Mosokkk??….MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

 

iklan iwb

Yamaha saat ini bisa dibilang cukup cerdas dengan menghindari pertempuran head to head melawan Honda. Ketika mereka sadar potensi disana cukup berat, Yamaha Mencoba membuka Pasar Baru. Mereka tahu segmen ini Rival belum terlalu fokus. Terbukti AHM hanya memasarkan PCX150 yang notabene adalah import dari Thailand. Dengan status tersebut tentu cukup berat melawan NMax yang diracik lokal dan dibanderol nyaris 12 juta lebih murah dari PCX…..

IWB yakin….Semua kondisi tersebut tidak lepas dari pantauan Honda. Dari pengamatan IWB, AHM sudah cukup gerah dengan sepak-terjang NMax yang begitu sukses di pasar. Seperti lazimnya karakter Honda mereka bukanlah pabrikan yang hanya diam ketika ada potensial market belum digarap olehnya. Suka atau tidak biasanya mereka mengamati….mengkoreksi, lalu meluncurkan produk tandingan dengan segudang kelebihan. Itulah yang sedang dilakukan mereka pada market maxi skuter dibawah 30 juta…..

Cepat atau lambat IWB sangat yakin masa itu akan datang. Yang unik….ada dua opini dan mayoritas cukup yakin ketika Honda bermain disana…maka NMax akan habis. “NMax laris karena nggak ada pilihan lain. Skutik Honda biasanya lebih nyaman dibanding Yamaha. Saat ini PCX kalah karena terlalu mahal. Coba produknya dijual sama dengan NMax…pasti NMax selesai..”celotehnya.?Wekss…pasti FBH ki yang ngomong demikian…..

honda forza 15 02
“Maxi skuter Honda Forza 150…”

“Siapa bilang. Nggak juga. Honda hanya bisa mengekor. First mover pasti lebih dipilih ketimbang follower. Jadi Honda nggak bakal bisa geser NMax walau ntar brojol produk tandingan…”ujar teman lain. Wah….kalau ini pasti FBY ki :mrgreen: . Pro kontra opini biasa terjadi. Yang jelas secara market….Honda saat ini memang memiliki konsumen loyalis luar biasa besar disegmen skutik. Dan ketika AHM sudah brojolin produk serupa bukan tidak mungkin NMax terancam dari singgasana. Pintarnya…

YIMM disinyalir sudah meracik produk pelapis untuk menghantam Vario 150 dengan Maxi skuter. Wacana ini dari hari ke hari makin kuat. So….ekskalasi persaingan baru dimulai kangbro (kita akan bahas diartikel terpisah). Satu yang harus Honda ketahui adalah NMax saat ini sudah establish lewat hadirnya komunitas-komunitas yang biasanya merupakan kaum Loyalis. Selain itu part aksesoris juga berjibun membuat nilai atau value NMax makin tinggi. Artinya semakin ?lama Honda meracik produk tandingan maka perjuangan AHM juga akan semakin berat. So….lawan NMax 150??. Sampeyan setuju opini yang mana nih??…..(iwb)

178 COMMENTS

  1. pasar yang dibidik maxi scoot harga dibawah 30 juta.. forza 150 imposiblek.. kalo pcx designya kurang nonjok.. seperti yang sudah-sudah paling ngahaem bikin design sendiri.. exclusive untuk pasar indonesia dan tidak akan ditemukan dibelahan dunia manapun. kemungkinan penantang nmax adalah motor all new yang design orang astra nanti tinggal rebranding merk honda. seperti halnya cbr.. disaat honda yang asli di thai dan india cbr 150 masih yang muka semvak.. bisanya-bisanya ngahaem bikin kloningan cbr jadi dual keen.. overstroke.. buritan nungging keluar dr pakem honda.. sampe 2x facelift lg..!! #belajarDrPengalaman

  2. menurut saya sih ini cuma strategi yamaha utk mengalihkan perhatian honda utk sementara
    saat honda fokus ke maxi scooter
    yamaha sedang mempersiapkan motor sport generasi vixon
    karena yamaha sadar susah utk menggeser honda dr puncak jd utk bertahan hidup ya kayak gtu main petak umpet alihkan 1 di belakang sudah ada yg lain

  3. Saya pilih forza andai AHM bkal lokalin skutik yg satu ini dg basis mesin vario 150 akn ttapi dg posisi berkendara yg lbih nyaman..
    Sebab skutik yamaha dr yg kcil ampe yg besar getarannya brasa bgt..bkin kesemutan n gak nyaman…
    Apa yamaha gak bisa bkin skutik yg minim gatar???

  4. Saya pecinta Yamaha. Tapi judul diatas adalah benar seperti itu.

    Indonesia masih terlalu kuat brand Honda dimata masyarakat.
    Itu tidak terbantahkan.

    Skalipun mungkin aada kekurangan honda, tetap masih dimaklumi.

    Yamaha sendiri hanya membuka pangsa pasar doang dan menikmatinya sebentar, dan dilepas ke honda.

    Itu lah pasar, melihat menunggu dan bereaksi.

    Toh HONDA YAMAHA sama2 dri jepang. sekali pun itu made in Indonedia. Siapa yg tau kalau R&D honda yamaha itu sama.

    Yg penting diantara dua brand itu menghasilkan uang untuk dibawa ke jepang.

    Dan industri brand di negri sendiri nggak boleh maju tentunya.

    Gesit??? Tunngu aja sepak terjangnya sang jepang untuk membungkamnya. Termasuk melalui ni warung.

    Tinggal tunggu nasionalisme sang pemilik warung ini di kemudian hari bantu produk negri sendiri.

    Tulisan diatas murni IMHO

  5. amit kang, urun rembug opini pribadi

    kan katanya yamaha itu first mover (kalo saya artikan mesin printer)

    dan katanya lagi, honda itu follower (kalo saya artikan mesin foto copy)

    tapi aneh nya kok hasil dari mesin printer itu sendiri kok kalah bagus ya hasil nya dari mesin foto copy (dari segi fitur,irit, teknologi)

    kalo awet, desain sama bagus
    printer unggul di warna dan harga otr
    foto copy unggul teknologi,irit

    jadi ini yg bermasalah mesin printer nya yg “error” atau mesin foto copy nya yg “kualitas super” kok setiap kali ada jiplakan dari mesin foto copy kok peminat nya langsung anjlok (baca MS)..

    • Semoga produk Anak Bangsa bisa bersaing dan mampu melampaui produk Jepang? poenya…
      Supaya anda Sadar..
      YAMAHA cuma Lisensi..
      Yg bikin Anak bangsa..
      Untuk merk Yamaha nempel di motor rakitan anak bangsa itu MaHaL…

  6. katanya si anu merek y cuman ngandalin design futuristix, cat tebal, body kokoh striping cantik, mesin nanggung..

    katanya si situ merek h cuman ngandalin design jadul bin tua, cat bunglon, body getas bin geter, body gampang protol, suara body ngalahin suara knalpot resing abg alay, striping lumayan lah dari pd lumanyun, mesin DOCH 150cc penuh trouble fbh bangganya gk ketululan gk liat apa sebelah DOHC 250cc twin cylinder aja biasa ae..

    bener ga..??
    gimana menurut kalian..??

    • Ngoomong opoo tole…
      Lu bikin motor dari plat besi aja dah.. gk berisik, awet , tahan lama,
      Trus pake mesin 4 silinder.. pasang mesin Truk biar kuat tarikanya..
      Di begoin Jepang?
      Bikin mesin aja gk bisa..
      Bikin bautnya apalagi…
      Koment kaya yg lebih cerdas aja.. sok tau kembanyakan makan tahu… haahaa

      • yah.. 4njing siapa nih belum dikasih tulang, nggonggong terus dari atas kebawah, gk nymbung lg ma komen sok pinter tapi ketahuan paling GU0BL0G se indonesia…
        kalo gk bisa diem ntar gua kick smp kuburan baru nyaho…!!

      • yah.. 4njing siapa nih ngaku “anak bangsat” belum dikasih tulang ya..
        nggonggong terus dari atas kebawah, gk nymbung lg ma komen sok pinter tapi ketahuan paling GU0BL0G se indonesia…
        kalo gk bisa diem ntar gua kick smp kuburan baru nyaho…!!

  7. Mesin honda bagus klw gk klotok2,dan bagus klw gk jebol jamaah di sentul titik..bkn mesin yamaha yg nanggung,,tpi otak fbh yg nanggung,taunya cmn dohc klotok2

    • Mesin potong rumput kenceng lo..
      Namanya juga mesin pasti bunyi.. oon bgt ..
      Nanggung? Bikin mesin sohc sma dohc aja gk bisa sok tahu bgt..

  8. Jadi galau lagi lek, rencana dalam waktu dekat mau ambil nmax biar bisa selonjoran dan udah urgent, eh honda udah mulai gerak, takut terlanjur beli tapi fitur lebih wah, walopun ane yakin soal harga pasti d atas nmax, sobeeek tenaan

  9. Tergantung juga sih. Kalau modelnya lebih cakep, teknologi lebih wow, kenyamanan juga lebih enak, pasti bisa bersaing.

  10. pertarungannya mana? kenapa dikatakan selesai?
    Bikin dulu produk serupa, baru silahkan dimulai pertarungannya.

  11. sudah pasti seperti yang sudah2 kang.. persis kejadian vixion vs ncb.. ya habis nmax klo honda terjun di segmen ini.. pengguna vario/new user akan berbondong2 pindah ke segmen ini.. pcx lebih dulu tapi krn terlalu mahal ya pikir2.. gemerlap nmax sekarang akan menjadi semu.. sorry to say, brand honda selalu dihati.

  12. Ada 2 tipe pola pikir orang beli motor:
    1. Beli karena kecocokan + emang kebutuhan.
    2. Beli karena pgn ikut”an aja alias latah.
    Nah di Indonesia, tipe kedua lbh bnyk drpd yg pertama. Tanda klo masyarakat kita msh konsumtif drpd investatif.
    Kesimpulan: Pikir sendiri aja.

  13. masih nunggu louncingya yamaha VIMAX konon motor yg cc kecil bs jadi besAR

  14. IWB sering ngeluh akan ulah para FB yg suka perang tanding, bahkan dibeberapa kesempatan tanpa tendeng aling2 IWB sebut blognya dipenuhi komen2 sampah. Tp anehnya IWB getol banget buat artikel yg malah membuka medan tempur untuk para FB eksis dengan segala hujatannya. Sebenarnya ngeluh atau ngunduh sih kang?

  15. ga usah pusing…liat aja kasus yg sudah2… meskipun alot sealot geser vixion…tp ttp aja kan Y keok

  16. “First mover pasti lebih dipilih ketimbang follower”

    Mio itu first mover…. Tau posisinya Mio sekarang dimana?

  17. Wah motor baru lagi lebaran tahun ini aja macet dikota ane penuh kendaraan dari dalam kota maupun luar kota. Ane malah merindukan tranportasi masal yg aman nyaman dan efisien bus bus listrik kereta api. Ane dari kecil kemana mana naik bus tapi semenjak ane dewasa bus bus sudah mulai hilang ntah kemana kalau dekat saya naik sepeda. Semoga agan agan tahu bahwa jalan indonesia semakin macet yg kita butuhkan adalah transportasi masal

  18. Ngaku ngaku Global tp Di Kuamplengi ploduk ploduk Lokalan honhon Macem AHM yo Memalukan bro..

    yaMaho Sebagai Pabrikan y Hobiny amenjiplak honda Global… mentok di sanding sandingkan dengan Ploduk AHM Lokalan.. itupun udah MuooooooooooDhar.. Moo..

  19. Kalo Nmax tumbang. Yamaha jualan apa dong?

    R25 dan R15 harusnya udah facelift + ganti resep.

  20. Iya,om.di daerah saya Nmax buanyaak sekarang.kadang dalam 1 menit aja kita bisa ketemu 3 ekor.

  21. Pelk sama Sock gk usah di selidiki kang… bisa di tebak kwalitasnya standard yaMaho pasti buatan India gk ad merknya.

    Kombinasi Sock Atos Glodakan n Pelk Shomplak bin Ambrol Gheal Gheol.. FBY juga masih Mangut mangut men

  22. Uniknya ada jg yg lain kerjanya suka ngomporin dan ngaku2 netral,, padahal sama aja kayak sales,,, bhahaha

  23. 72. FBO – July 11, 2016
    Ada 2 tipe pola pikir orang beli motor:
    1. Beli karena kecocokan + emang kebutuhan.
    2. Beli karena pgn ikut?an aja alias latah.
    Nah di Indonesia, tipe kedua lbh bnyk drpd yg pertama. Tanda klo masyarakat kita msh konsumtif drpd investatif.
    Kesimpulan: Pikir sendiri aja.

    Reply

    Fire Blade – July 11, 2016
    ?
    Ekekek?
    Orang tuolol sedang jadi dukun.

    Ngeriii? jlub

    ????

    ______________________

    Itu namanya bkn jd dukun,, tapi meraba raba

  24. Yang jelas,,, asal Yamaha jgn sampai terlena aja,, klu sampai terlena lagi maka perlahan lahan akan terhanyut buaian dan akhirnya ketiduran apalagi ditambah semilir angin sepoi2 yg meneduhkan yg membuat perasaan semakin terlena,, dan pada akhirnya tanpa disadari disaat terbangun sudah berada dibawah kolong tanpa pakaian,, rumah dan makanan,,, bkakakakakakakak uasyeeemmmm cak…….

    Yang perlu diingat adalah jgn pernah memandang remeh sesuatu,, karena sesuatu itu justru malah bisa menjatuhkanmu. Pandanglah ia sebagai bom waktu yg dpt memotivasi untuk terus maju dan berinovasi tanpa henti. Kalau bisa dibilang forza vs nmax ibaratnya desain citarasa eropa vs lokal. Mari berharap semoga Yamaha tidak segera tumbang…… sekian dan terima kasih. Wassalam

  25. Ane udeh 6 taon pake mbit bulan kemaren beli nmax, setelah ane rasakan jauh lebih nyaman dan enak dipake nmax, siapa bilang matic yamaha nggak nyaman, buktinya saya pakai nmax sangaaaat nyuaaamaann

  26. Yang koar2 matic honda nyaman hm… ane rasa menghibur diri tuh ppfftt…
    semua motor matic gak nyaman2 banget, memang benar matic honda suspensi nya empuk tapi karena jok nya rata2 keras kalo riding jauh / lama cepat bikin bok*ng panas dan akhir jadi cepat capek, matic yamaha juga gak terlalu nyaman juga karena suspensi keras tapi jok nya rata2 empuk jadi bok*ng gak cepat panas cuma yang cepat teserang rasa capek itu di tangan karena peredaman getarannya di tangan buruk bila melalui jalan kriting karena suspensi yang keras.
    dan satu lagi nih ane pernah mencoba PCX dan NMAX suspensi belakang nya hampir mirip tapi tetap sih memang NMAX lebih keras tapi PCX juga gak bisa di bilang empuk menurut ane, malah si pemilik nya sering komplain suspensi belakang PCX nya keras dan dia malah bilang kekerasaan suspensi nya sama seperti hal nya NMAX.

  27. 4. merk kok dipuja – July 10, 2016
    Lucu yang bilang ngekor?
    Padahal yang bawa motor injeksi kesini kemarin siapa?
    Jangan pura2 butalah?
    Saya sih ga bela siapa2 cuman ya jangan sampai buta gtu?

    >> saya pingen tau bousku SIAPA???

  28. Sama2 produk luar aja di banggain, bangga itu klo produk negeri sendri, ayo Viar kamu bisaa!!!… Jgn jd tamu di negeri sendri. .

  29. jika Forza lokal sama persis termasuk mesin dgn di eropa itu baru bs mematikan N-Max… dgn harga yg sama tentunya…

  30. Forza keluar gue mau nego tuh Nmax,motor yg nyusahin shock keras, bearing cvt rontok kipas cvt gampang kendor dan sdh bunyi ngorok ngorok lagi padahal baru setahun

  31. Yang jelas honda takkan pernah kalah dengan tekhnologinya..kompetitor mah lewat coy.hanya orang cerdas yg milih honda dengan smart technologinya.jangan cuman liat model bro.kita butuh technologi masa depan.oke bro

Comments are closed.