iklan iwb

HONDACBR600RR-4547_2

Iwanbanaran.com – Satu lagi legendaris bakal hilang dari permukaan bumi mzbro. Satu produk yang sudah malang melintang dikelas Supersport akan disuntik mati akibat korban dari keganasan regulasi Euro 4. Setelah sebelumnya Yamaha mengumumkan niat mereka discontinue dua varian XT 660Z serta XJR1300 (klik disini)….kini kabar datang dari Honda yang berniat melakukan langkah serupa pada sang legendaris CBR600RR. Berita ini tentu mengejutkan sebab akan berpengaruh pada ajang balap Moto2 yang saat ini menggunakan engine basis dari CBR600RR…..
MBtech-iwanbanaran.com (22 Jun-15 Jul'16)

CBR600RR merupakan motor yang termasuk tua. Honda tidak banyak melakukan ubahan karena market disegmen ini kurang menggiurkan dibanding pasar satu liter. Tidak heran sejak 2009 pengembangan CBR600RR termasuk stagnan. Baik desain…engine ataupun teknologi. Hingga masa itupun datang. Regulasi Euro 4 memaksa pabrikan meracik motor yang jauh lebih ramah lingkungan ditahun 2016 ini. Dan ketika Honda memandang potensi market kurang cemerlang….keputusan mengejutkan datang…..

iklan iwb

Honda tidak akan lagi memproduksi CBR600RR setelah regulasi resmi berjalan. Aturan Euro 4 yang mulai berlaku sekitar?Januari 2017 tidak memberikan ruang untuk mesin seumuran CBR600RR. Celakanya dari laporan yang dishare Honda….mereka belum berniat menelurkan produk pengganti. CBR600RR sendiri akan terus dipasarkan kenegara non Eropa termasuk Amerika hingga stok selesai. Yang cukup mengejutkan…keputusan Honda ternyata sudah dishare juga ke FIM untuk melakukan lelang ulang dalam hal suplai mesin ajang Moto2….

Yup…Honda selama ini menjadi supplier tunggal Moto2 dengan basis mesin milik CBR600RR. Dengan dihentikannya produksi maka akan berpengaruh terhadap kelangsung ajang balap tersebut. Honda sendiri sudah meminta FIM untuk melakukan lelang setidaknya tahun 2019 Honda tidak lagi menjadi supplier ajang ini. Berikut isi lengkap FIM yang dishare oleh Motomatter…

“The announcement comes as a result of Honda’s CBR600 powerplant, which has powered the Moto2 bikes since the inception of the class, reaches the end of its service life. The engines are virtually unchanged since their introduction in 2010, and Honda cannot guarantee the supply of spares for the engines beyond the current contract, which ends after the 2018 season.”

Yup….nama CBR600RR akan melegenda sepanjang masa. Bagaimanapun keputusan diatas menjadi sebuah kabar buruk bagi para pecinta CBR series 600cc. Untung IWB sempat mencicipi. Tapi IMHO keputusan diatas bisa saja berubah ketika market berbicara. Bisnis selalu fleksibel pakde. Btw…Honda akan fokus pada kelas 1000cc dengan hadirnya new?CBR1000RR Fireblade tahun depan serta CBR650F yang tetap akan lanjut karena penjualan mereka masih bagus.?Selamat tinggal CBR600RR…....(iwb)

Honda-CBR600RR-rear

64 COMMENTS

  1. gakan ada yang sanggup gantiin jd supplier tunggal… penjualan lesu kabeh loh…

    mending moto2 balap prototype lagi dan kayaknya honda siap dengan itu…

  2. pilihan sulit Kang,

    antara CBR650F ato all new Freed 2017

    dilema 😀

Comments are closed.