iklan iwb
iklan iwb

IWB

Bro dan sis sekalian….menginjak usia warung yang memasuki ke 7 tahun, IWB termasuk salah satu Blogger lama yang masih tetap aktif hingga sekarang. Pada rentang waktu yang tidak singkat tersebut, warung ini dikunjungi oleh beberapa generasi. Mulai dari SMP, SMA, kuliah dan bahkan ada juga yang sudah masuk kedunia kerja. Tidak heran banyak pembaca yang akhirnya tertarik ingin menulis seperti IWB. Apa sih tips nya IWB masih bisa bertahan hingga sekarang?. Dan bagaimana resep menjadi Blogger yang tetap memiliki follower serta pengunjung setia??. Itulah beberapa pertanyaan yang sering mampir kewarung ini. Dan saran IWB sih pertama simpel yakni….Blogger bukanlah politikus…..mau jadi politikus??. Jangan jadi Blogger. Lah maksude???…..

Untuk menjadi Blogger…sampeyan harus betul-betul mencintai dunia atau tema yang kita bahas. Kalau hanya latah mengikuti tren…jelas akan membuat tulisan jadi hambar. Yang kedua diawal ngeblog, jangan pernah berpijak pada orientasi uang. Penyemangat boleh….tapi jika sudah dijadikan credo utama diawal ngeblog….mending lupakan mzbro karena IWB jamin sampeyan nggak akan bertahan lama. Sebab ketika cita-cita tersebut tidak kunjung datang….sampeyan akan frustasi dan malas. Ujung-ujungnya spirit bubar. Yang ketiga adalah…..

iklan iwb

Menulislah apa adanya. Sebagai catatan….warung yang kita bangun akan menjadi rujukan para pembaca. So…sekalinya sampeyan nggak netral, warung akan ditinggalkan. Satu yang harus diingat…Blog besar karena pembaca. Oleh karena itu yang menjadi konsen kita tentu reader….bukan yang lain. Kalau sampeyan memiliki maksud dan tujuan tertentu dalam sebuah review pasti pembaca tahu. Btw, kita nggak ngomongin sales lho ya….tapi pembaca murni pakde :mrgreen: . Kalau sales atau fansboy mah nggak ada puasnya mau sampeyan nulis apa tetap aja dibully dan berusaha menjatuhkan. Maklum mzbro…kurang piknik soale :mrgreen: (wah….ono sing sirahe cekot-cekot kemebul kae)…

Foto lawas saat IWB jajal Ducati Superbike. Tenaga garang sejak dari bawah...

Yang keempat….tulislah secara konsisten minimal 1 artikel sehari. Pokoke usahain…..mau pendek atau panjang pokoke posting. Sebab kalau kita nggak update sehari saja….potensi return reader bisa saja hilang. Yang kelima…..tulisan usahakan memiliki ciri khas. Ora usah kaku dan terpatok pada bahasa formal sebab justru disitulah kelebihan Blogger. Kalau tulisan terlalu official dijamin pembaca malah “angop” ngantuk. Buatlah interaksi layaknya sampeyan bicara dengan teman sendiri…..

Yang keenam….selalu coba untuk intropeksi dan menganalisa kekurangan warung. Kenapa pembaca minim dan apa saja yang bisa kita kembangkan agar menjadi bahan tulisan yang menarik. Untuk fase ini buang jauh-jauh rasa iri pada Blogger lain yang lebih cemerlang. Karena ujung-ujungnya justru merugikan kita. Bak kanker rasa ini akan menjadi biang penyakit dan menggerogoti pelan-pelan. Apalagi sampai menjadi haters dan ngomongin kejelekan teman Blogger via sosial media terbuka dengan tujuan menjatuhkan. Seperti hukum alam….percayalah, semua tindakan tersebut malah akan balik ke kita. Tanam kebaikan dan kitalah yang akan memetiknya kelak…

IWB
“Ini pohon kalau malam cocok buat Uka-uka nih xixixi…”

Yang ketujuh dan paling penting dari semuanya…..lakukan semua secara mengalir tanpa banyak intrik-intrik strategi. Bergerak bak belut kiri-kanan demi kepentingan pribadi dan memuluskan ambisi. Blogger bukanlah politikus…..mau jadi politikus??. Jangan jadi Blogger. Sebab pembaca tidaklah bodoh yang bisa dijadikan obyek untuk meraih tujuan tertentu. Mungkin sampeyan bisa mengambil hati satu dua unsur…namun pembaca murni?. Ogah cakkkk. Kalau sudah begini…artikel keren-pun nggak akan ada yang baca. Disini tujuan kita makin gagal. Lawong IWB dulu awalnya juga reader, jadi sedikit tidaknya bisa meresapi dan merasakan perasaan pembaca. So…apa adanya aja mzbro. Pribadi yang santun dan baik insyaallah juga membawah berkah positif untuk warung kita…..

Yang kedelapan…optimalkan jalur sosial media baik instagram, FB ataupun twitter. Artikel yang sampeyan buat bisa sampeyan share ditiga kanal tersebut. Semacam jaring…media sosial menjadi penyumbang ampuh mendatangkan potensial reader. Lalu yang kesembilan….update konten secepat mungkin agar warung menjadi benchmark soal kecepatan update. Dan terakhir…..selalu jaga relasi dengan siapapun. Menghormati antara satu dengan lainnya, jalin silaturahmi karena itulah core sesungguhnya menjadi Blogger….

Yup…itulah beberapa tips jika ingin menjadi Blogger dengan reputasi baik. Hadapi dengan senyum jika ada yang menfitnah, memaki, menjatuhkan atau ngomongin dibelakang. Biarlah hukum alam yang berbicara. Kecuali sampeyan dimaki didepan mata….lek kuwi kudu dipancal bathuke. Kebacut cak lek meneng…iyo ora (guyonnnnn ojo dicontoh :mrgreen: ). Semoga tips ini berguna bagi para Blogger junior diluar sana. Cukup sekian tips hari ini, sekarang monggo sahurrr-sahurrrr :mrgreen: …….(iwb)

iklan iwb
Previous articleKawasaki perkenalkan W800 Final Edition……special bodywork !!
Next articleVideo [HD] : Membedah dan melototin dari dekat sosok Viar Scrambler 400….ternyata twin port cak !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!