iklan iwb

kontes honda 2016 (9)

Ilmu mahal harganya mzbro. Tidak jarang orang tua dipedesaan harus menjual sapi atau kambing agar anaknya bisa sekolah tinggi atau mendapatkan pelatihan supaya siap bekerja. So…ketika ada pabrikan yang secara konsisten mencurahkan segala sumber daya untuk mencerdaskan bangsa ini tanpa memungut biaya sepeserpun jelas merupakan hal yang sangat mengharukan. Apalagi jika semuanya dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Dan itulah yang dilakukan PT. Astra Honda Motor dalam upaya menyiapkan tenaga muda terampil di dunia pendidikan……..

iklan iwb

Rambut diikat ekor kuda. Badannya yang kecil dibalut baju khas mekanik AHASS. Berwarna putih dengan logo merah. Doi tanpa ragu dan cekatan memainkan obeng ataupun kunci pas. Sampeyan pasti tidak akan menyangka wanita ini mampu melakukannya. Diusia yang belia dengan status sebagai kaum hawa……doi sudah memiliki skill luar biasa. Siapa sebenarnya gadis tersebut??….

Selidik punya selidik, doi bernama Erna Yulyanti. Gadis lulusan dari SMK Sasmita Jaya Pamulang ini adalah jebolan SMK TSM binaan Honda. Erna merupakan anak ketiga dari 4 bersaudara. Cita-cita menjadi mekanik tidak pernah terbersit. Namun setelah sekolahnya mendapatkan kurikulum teknis Honda….akhirnya Erna tertarik. Sebab menurutnya mekanik wanita cukup jarang dan pasti keren….

kontes honda 2016 (7)

kontes honda 2016 (8)

Saya lulusan SMK Sasnita Jaya Pomulang jurusan teloik sepeda motorHonda. Saya sekorang bekerja di Ahass Wahana Ciputat. Cita-cita kedepan ingin membangun sekolah teknik khusus perempuan...”tuturnya sumringah. IWB sendiri cukup terkejut ada mekanik perempuan dan ini tentu luar biasa. Kemudahan ilmu yang didapat membantu membuka potensi para generasi muda untuk berkreasi dan mendapatkan pekerjaan. Beda Erna, beda juga Anggi Riski Aprilian. Sebagai anak tukang ojek….Anggi tidak memiliki cita muluk-muluk. Ekonomi yang cukup sulit sempat membuatnya pesimis…..

Doi tidak banyak berharap sebab ayahnya hanyalah seorang tukang ojek. Bayangan susah mendapatkan perkerjaan menghampiri dipelupuk mata. Maklum mzbro, diluar sana banyak persaingan yang menuntut skill dan pendidikan tinggi. Tapi rejeki memang tidak kemana. Anak kedua 4 bersaudara ini akhirnya memilih sekolah di SMK 3 Jakarta mengambil jurusan teknik sepeda motor. Bakat utak-atik motor menuntunnya masuk final pada kompetisi technical Honda ditahun 2013….

Pada puncaknya doi berhasil menjadi juara nasional. Sebuah kemenangan karena kerja keras dan dukungan sekolah serta ilmu yang didapat. “Saya sekarang bekerja di Ahass Wahana Ciputat sebagai final check. Alhamdulilah berkat PT. Astra Honda Motor kini saya mendapatkan pekerjaan mapan dan mampu membiayai sekolah adik dan orang tua. Cita-cita kedepan inginjodi trainer agar berguna untuk orang lcin… “serunya haru….

Dua jebolan alumni SMK diatas hanya segelintir contoh dari ribuan jebolan sekolah Teknik Sepeda Motor binaan Honda yang sudah berhasil memiliki pekerjaan tetap. Satu anak bangsa yang cukup sukses dan sekarang mendapatkan beasiswa adalah Bentang Cahya Gumelar. Pemuda yang ikut dalam Honda Technical Skill Contest tahun 2o14 berhasil menjadi juara nasional tingkat SMK ini menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra gratis kangbro. Sabet beasiswa, masa depan cerah ki mengingat jebolan dari sana pasti ditampung perusahaan Astra yang jumlahnya seabreg…..

kontes honda 2016 (5)

Disini saya mendapatkan pelatihan dan digembleng secara profesional. Selain ilmu kita juga diajari attitude yang baik. Politeknik Manufaktur Astra juga memberikan uang 8oo ribu/bulan sebagai tambahan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Saya tidak pernah membayangkan ini sebelumnya...”ujar Bentang. Ayah Bentang sendiri hanyalah seorang sopir truk ekspedisi yang mengaku tidak mampu menguliahkan anaknya. Sujud syukur senantiasa dilakukan dengan cara belajar giat diPoliteknik Manufaktur Astra….

Ditahun ke 7 ini…..AHM kembali berhasil menyeleksi sekitar 25.440 siswa dan 477 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (ICSM) Honda ditanah air. Sebelum final kontes digelar para siswa terlebih dahulu diuji melalui berbagai tahap di tingkat regional, bekerja sama dengan 27 jaringan main dealer Honda. Akhirnya sebanyak 42 siswa terpilih untuk bersaing pada ajang final kontes yang digelar pada 1-3 Juni 2ot6 di Astra Honda Training Center (AHTC) Jakarta…..

Dalam gelaran final kontes…juara pertama berhak membawa pulang uang tunai senilai Rp 8.ooo.ooo dan beasiswa penuh selama 3 tahun untuk menempuh pendidikan di Politeknik Manufaktur Astra. Selain itu SMK yang mengantarkan siswanya menjadi juara diberikan?1 unit Sonic 150R, untuk mendukung kegiatan praktek siswa di laboratorium Honda di sekolah. Untuk juara kedua, berhak membawa pulang Rp 5.ooo.ooo, dan juara ketiga Rp 3.ooo.ooo. Tiga kontestan terbaik juga berhak membawa pulang satu unit smartphone, serta satu unit camera pocket. Bagi 42 kontestan terbaik masing-masing berhak memperoleh uang saku sebesar Rp 1.ooo.ooo. Dan untuk siswa yang masuk 10 besar mendapat tambahan hadiah satu unit smartphone, dan satu unit helm. Berikut nama dan profile para pemenang….

kontes honda 2016 (10)

Juara 1 : Deni Kusumawan ? SMKN 1 Bendo Magetan (Main Dealer ? Mitra Pinastika Mulia – Surabaya)
Juara 2 : Rio Nurman Syaputra ? SMKN Bandar Lampung (Main Dealer ? Tunas Dwipa Matra – Lampung)
Juara 3 : Iqbal Hasan ? SMKN Geger Kab. Madiun (Main Dealer ? Mitra Pinastika Mulia – Surabaya)

Last…..Politeknik Manufaktur Astra juga siapkan 6 beasiswa penuh untuk kuliah gratis bagi siswa terbaik. Dari sisi teknologi AHM mengangkat karya-karya inovasi dari siswa-siswa TSM Honda yang terkait dengan produk sepeda motor melalui Eksibisi Inovasi. Karya yang dipamerkan dalam event ini antara lain alat penghemat bahan bakar, Treker bagi caliper, dan Smart Side Stand. Tidak lupa stan khusus Informasi Karir di AHASS, Politeknik Manufaktur Astra, Kewirausahaan, dan Informasi Karir di PT. Astra Honda Motor juga dibuka. Hingga detik ini berita IWB?buat….SMK yang telah tergabung dalam Program Pendidikan Satu Hati AHM yang mengimplementasikan kurikulum teknik sepeda motor Honda mencapai 5oo sekolahan. Hal positif yang harus mendapatkan apresiasi dan kita harapkan bakal diikuti pabrikan lain. Generasi muda cerdas….maka negara juga akan maju.. Juozzzz !!!……(iwb)

kontes honda 2016 (1)
“Siswa-siswa innovasi exhibition…”
kontes honda 2016 (4)
“Proses belajar mengajar di SMK Teknik Sepeda Motor binaan Honda…”
kontes honda 2016 (11)
“Pemberian hadiah tambahan kepada juara 3 besar..”
kontes honda 2016 (2)
“Proses praktikum di laboratorium SMK TSM binaan Honda..”
kontes honda 2016 (12)
“Pemberian hadiah kepada siswa innovasi…”
kontes honda 2016 (6)
“Erna Yulianti- mekanik wanita AHASS Wahana Ciputat..”
kontes honda 2016 (9)
“Pemberian hadiah kepada Juara 1 – Honda 7th Technical Skill Contest for Technical High School…”
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!