iklan iwb

460x110(1)

satria fu

Bro dan sis sekalian….akhirnya rasa penasaran kita terjawab sudah atas video drag R25 vs Satria F150 FI yang dishare secara sepotong karena diambil dibeberapa meter dari garis start. Namun lupakan itu. IWB sendiri lebih suka mengamati hasil drag Satria F150 FI vs Sonic 150 yang dilakukan sesepuh Blogger yakni wak Haji Taufik yang juga menjadi partisipan. IWB anggap inilah yang paling valid karena mengandalkan skill, orang serta bobot yang sama. Nah…seperti apa hasilnya??….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Dari data yang dishare oleh Motoraceid….banyak banget partisipan yang terlibat. Baik dari internal maupun media serta Blogger. Motorpun ada yang cc kecil yang hingga terbesar. Beberapa poin menarik IWB tangkap dari hasil drag adalah skill joki dan berat badan yang spertinya tidak merata. Lha piye mzbro….mosok ada yang geber Ninja 250 jarak 201 meter butuh waktu hingga 16 detik sementara normalnya untuk R25 kisaran 10 detik. Jadi kita alihkan perhatian pada adu drag sekelasnya wae. Lebih wajar dan pantes baik dari segi bobot serta spek mesin……..

Yup….perhatian kita fokuskan pada Satria F150 FI melawan Sonic yang dilakukan wak haji Taufik. Bukannya kurang mempercayai joki lain. Tapi dengan orang dan skill yang sama maka lebih mudah untuk mengalisa. Dan untuk MX sengaja nggak IWB masukin karena apapun alasannya dengan ban segambot MX150 rasanya tidak fair jika bebek Yamaha ini harus melayani dua motor dengan ban mungil. Test drag dilakukan disirkuit Sentul dengan alat ukur timer yang sudah disiapkan Suzuki. Drag sendiri diukur dari jarak 25M….100M….150M hingga 201 meter. Hasilnya bisa IWB rangkum sbb…

Satria-1Satria F150 FI

25 M : 3,559 detik
100 M : 7,604 detik
150 M : 9,676 detik
201 M : 11,597 detik

Sonic 150R

25 M : 3,318 detik
100 M : 7,378 detik
150 M : 9,572 detik
201 M : 11,592 detik

Yup…sejak start Sonic langsung unggul walau tipis. Jarak 0-200 meter Satria masih dibelakang Sonic. Test drag lapangan diatas sudah gamblang memberikan gambaran….bahwa spek overbore Satria F150 FI kurang diuntungkan ketika dihadapkan pada adu akselerasi. Baik dari 25M-150M Sonic cenderung unggul dan langsung melesat lebih gampang berkitir. Tapi yang menarik….kurva lap time mulai mendekat saat jarak lebih jauh….

tabel komparasi

Pada jarak 201 meter kendati masih unggul Sonic namun FU mendekat. Artinya….dibutuhkan jarak yang lebih panjang untuk menggunakan kelebihan spek overbore yang disandang FU. Teriakan RPM harus melengking tinggi dan IWB yakin diatas 200meter…..Satria FI menyalip Sonic. Hasil diatas juga meningkat pesat dibanding versi karbu yang cukup jauh melawan Sonic. Plus minus engine dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Dengan drama adu drag diatas bisa disimpulkan….

Gaung Suzuki untuk membuat mesin new FI seolah-olah “mengerikan” berjalan dengan sukses. Baik isu balap 150cc yang dihembuskan mundur dan lempar handuk karena “ciut nyali” pada mesin Satria FI dan beberapa isu lain. Perkara dyno pun IWB sudah garis bawahi bahwa hasil bikin simpang siur dan IWB sarankan jajal sendiri dilapangan. Untunglah rasa penasaran kita terjawab oleh drag real lapangan yang bisa sampeyan intip dari tabel diatas. Orang yang sama, bobot podo plus skill juga sama. Sah ya bro….

Last…..sebagai biker kita harus kritis serta pintar menyaring informasi. Baik dari artikel ataupun komentator. Jangan mudah percaya dan monggo cek serta ricek dulu asal muasal berita. Apalagi jika berita dihembuskan dari kalangan yang menjadi bagian dari brand itu sendiri sebab biasanya sarat kepentingan. Diatas semuanya…IWB acungkan jempol buat Suzuki yang secara terbuka mengumumkan hasil drag. Walau dibeberapa sesi Satria F150 FI kalah….mereka tidak enggan untuk ngeshare. Maju terus Suzuki….kami semua menanti sang sport 23KOO!!!. Juozzz….(iwb)

cfm0g-nuiaelymu-largecfmz1wtumaajrlb-large

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!