iklan iwb

460x110(1)

Wahai Pengendara Motor, Kalian Pasti Akan Terkejut Jika Mendengar Pengakuan Sopor Truk Ini!

Bro dan sis sekalian….jauh sebelum artikel ini IWB rilis, sebenarnya sudah banyak ulasan yang dishare baik via Kaskus ataupun forum-forum didunia maya. Informasi yang menggaris bawahi tentang betapa doktrin yang di tanamkan pada mereka masuk kategori kejam khususnya untuk para biker. Maklum IWB juga biker dan sering wira-wiri menggunakan roda dua. Emang apa kata mereka sehingga membuat IWB sempat mules??….
Yamaha_MIO-Z_Iwan-Banaran

iklan iwb

440x100 yml rosi

Sebut saja kang X. Doi menjemput IWB saat nyambangi Bandar Lampung. Biasa kangbro….walau baru ketemu kita ngobrol ngalor ngidul. Apalagi ternyata doi juga berasal dari Jawa Timur yang merantau ke Lampung. Tanya asal usul hingga pengalaman hidup. Kebetulan kang X ini masih jauh dibawah IWB….jadi masih muda kangbro. Namun soal petualangan ternyata doi termasuk kelas kakap. Lha piye…..diusia yang masih terbilang belia….doi pernah menjadi sopir truk lintas Sumatera-Jawa….

“Saya pernah ngerasain kang…bagaimana hidup dijalanan sebagai sopir truk. Pahit getirnya dijalanan dan bagaimana hidup seperti nggak tenang karena target..”ujarnya. Yup….target waktu yang harus terpenuhi hingga istirahat ditengah jalanan sering dilakonin. Disini mereka kudu pintar-pintar mengatur waktu. Karena jika tidak sesuai target maka gaji akan dipotong dan yang paling buruk hanya diberikan setengah. Oalahhh…ngono to jebule….

Topik terus berjalan. Mulai dari brand truk yang yang tangguh hingga yang ringkih. Nampaknya kang X ini hafal betul truk yang memiliki performa mumpuni. Semua tergantung manajemen pastinya dan mereka hanya bisa mengikuti. Dan disaat itulah doi menyinggung tentang satu hal yang membuat IWB langsung mules. “Soal kecelakaanpun kami diajari manajemen. Intinya lebih baik korban meninggal dari pada hidup..”tuturnya datar. Waduh….maksude piye ki….

“Iya kang…..betul. Kami sopir truk seperti ada ilmu tak tertulis jika terjadi laka lantas maka diharapkan mending korban meninggal dari pada hidup apalagi sampai cacat. Manajemenpun seperti itu. Karena jika korban meninggal paling memberikan santunan sekali cukup. Tapi kalau hidup…biaya yang dikeluarkan akan sangat besar dan terus menerus. Apalagi kalau cacat dan proses berobat….pasti habis-habisan. Itulah kenapa kami dan manajemenpun lebih suka korban meninggal dari pada hidup...”tambahnya serius. Ediannnn!!…

truk-sopir-tidur

Informasi ini pernah dishare secara masif dibeberapa grup dan forum. Namun karena tidak mendengar sendiri IWB jujur masih belum bisa percaya. Tapi setelah mendengarkan dengan telinga sendiri…..baru IWB ngangak terbengong kangbro. Jadi semua benar adanya. “Yah…gimana lagi kang. Kami juga tidak ingin ada kecelakaan. Namun kadang hal seperti itu diluar kontrol kita. Untunglah saya sudah tidak lagi jadi sopir truk kang…..”tutupnya. Byuh…..

Terbayang betapa ngerinya memang jika biker terlibat laka lantas melawan truk. Pasti biasanya berakhir dengan sangat tragis. Cukup kecil potensi selamat sebab melibatkan kendaraan berbobot puluhan ton. IWB nggak tahu apakah harapan tidak tertulis tersebut juga menjangkiti sopir truk lain. Namun melihat tren dan beberapa gosip…sepertinya demikian. So mzbro…..alangkah baiknya sampeyan sebagai biker menjaga jarak ketika bertemu truk….

Bobot yang super berat akan membuat respon braking juga lambat. Selain itu para sopir ini rata-rata sudah capek sehingga sedikit saja keruwetan jalanan menghimpit mereka ditakutkan akan gampang memicu adrenalin. Efeknya…jadi lost control mzbro. Apalagi didalam hati mereka sudah ditanamkan doktrin lebih baik korban meninggal dari pada cedera. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal negatif seperti ini. Amin YRA….(iwb)

86 COMMENTS

  1. dan siap2 buat manajemen dan sopir yang memegang teguh dokrin kayak ngono…, balasan di akhirat menanti masbroo

  2. Emang kenyataannya gitu kok mas, kalo korbannya tewas itu hanya diberi uang santunan, uang polisi yg tangani kasus, lalu uang nebus truk yg dikandangin polisi, dll dijumlah2 bisa seharga vario mas keluar duitnya.. Lain cerita kalo cacat, pasti minta biaya diatas sama ganti biaya benerin motor juga dll jadi pemilik truk nya lebih di “peras” sama korban dan polisi.
    Di indo tuh kendaraan besar harus salah kalo terjadi kecelakaan yg kecil itu yg bener..

  3. 4 bulan ane ikut bapak ane yg bawa trailer kebetulan muat motor yamaha dari situ ane bisa ambil kesimpulan yg gk cerdas itu kebanyakan biker lha gimana udah pake sein mau belok ngiri masih aja diselipin padahal buat motor itu udah ngepres amat dikira nyalip mobil apa. truk yg muatan motor itu panjangnya kebangetan trailer yg muat yamaha rata2 18-19 meter yg muat honda malah 20 meter lebih setidaknya butuh perhitungan matang kalo mau nyalip truk apalagi yg long vehicle. dan kalo kecelakaan itu bukan sepenuhnya salah si sopir beberapa kali ane dikagetin biker nyelonong nikung mau langsung belok/ puter arah bawa kendaraan besar sulit bro banyak blind spotnya. rem mendadak sih bisa kalo yg bekalang bisa antisipasi kalo gk???

  4. denger denger dari teman kerja.
    klo mau nglamar jadi supir bis SUMBER KENCONO
    di interview dulu di tanya “udah pernah nabrak orang belum”
    klo jawab belum langsung di diskualifikasi/lamaran di tolak 😀
    ngeri

  5. Perusahaan pabrik motor juga biasanya secara gak langsung ngedoktrin bikers buat kebut kebutan. Coba aja liat tagline setiap jenis motor diperhatikan, apalagi yang 150cc

  6. wesvpernah … papasan sana truk.. sama sekali gk mau ngalah …padahal dijalurku ada lubang menganga .. alhasil nekat nerjang lubang dan spion kesampluk truk untung gk jatuh

  7. Nyaris lakalantas kang ane kemaren, dagdigdug jantungku. Emank kesabaran harus di utamakan dlm berkendara. Buat pembelajaran kejadian kemaren.

  8. Emang betul begitu adanya kang, soal nya temanku bilang juga begitu, dan dia juga lebih baik memilih kabur dr pd di tangani sendiri, karna yg ngurusi cukup dr pihak manajement nya .

  9. kadang si.supir jg nakal.dongkrak.d jual ban serep.d.tuker yg vulkanisir dan solar pun d jual bwt tambahan soalnya gaji sopir truk habis d jalan apalagi yg suka dikit2 ngopi…. hehehehe

  10. sama dengan Bus ini kang… kita masing2 harus bisa jaga diri.. cuma kebanyakan memang biker di Indo kurang didikan mungkin ya, dan ga tahu diri/ memaksakan diri yang gag mikirin posisi orang lain,, ujung2 nya tetap pihak lain yg disalahkan, padahal belum tentu begitu keadaannya…
    Ayo marilah jadi biker yang lebih santun, tau diri dan jangan nyusahin orang di jalan ya, patuhi peraturan yang sudah negara kalian susah2 ciptakan untuk kepentingan dan kenyamanan sesama masayarakat.. jadi citra kita para biker ga jelek2 banget di mata orang2… Pun juga berlaku untuk semua jenis pengguna kendaraan bermotor

  11. Maaf nambahin Kang Iwan, kisah nyata dan gambarannya mungkin

    Original Posted By toshary86?

    mas ini kisah saya soal kecelakaan yg saya alami.

    tanjakan bawen-semarang bulan mei 2007
    truk vs truk.

    ceritanya waktu itu saya di tanjakan bawen yg dulu namanya jl.merak mati yg terkenal angker buat sopir2 truck. dan dulu masih aspal bergelombang belum di cor seperti sekarang.

    pas di tanjakan saya bawa truk muatan paket yg isinya macam2 kayak mesin planer alat2 atk.dll.
    pas tanjakan saya ambil kanan soalnya jam 04.00 motor pekerja lagi rame2 pada berangkat.
    pas di tanjakan ban saya terkena gelombang aspal yg cukup tinggi di tanjakan yg membuat power truk rada berkurang.
    tiba2 terdengar bunyi “crak..”
    mesin mati.
    lalu saya rem + handrem di keadaan jalan yg mulai rame dari arah naik dan turun tanjakan.
    tiba2 rem nya keras sendiri di karenakan blower rem untuk pembuangan angin rem hilang….
    dan kejadiian nya sangat cepat.

    kernetku langsung meloncat bawa ganjel ban bentuk segitga dari kayu yg beli di temanggung.
    waktu di ganjal terlihat dari spion klu kernetku sudah berusaha memasukan ganjal ke dalam ban.
    tapi ganjal segede itu masih bisa diloncat i ban nya.
    dan gua lihat mata sendiri kernet gua…masih berusaha mengambil ganjal dan berlari memasukan kembali malah beserta sebagian jarinya masuk ke area ban belakang sambil meloncat dia bilang
    “ya allah….lek….awas…lek”

    dan aku dalam kabin truk yg masih keadaan turun mundur….banyak suara klakson entah dari mana dan pikiran ku waktu iitu benar2….berucap
    “aku harus tenang”

    saat itu aku konsentrasi penuh dalam keadaan mundur…pikiran harus cepat beradu dengan detik bukan menit…
    dan mataku pun melirik ada 2 pilihan,yaitu.
    1.buang kiri jurang
    2.buang kanan pohon gede ada warung+got tanggung.

    pilihan ku no 2.di seblah kanan. ..
    waktu ku fokus buang kanan keadaan jalan penuh suara klakson….
    dan truk ku yg mesin masih keadaan mati turun mundur mulai aku kuasai…dan jalan tanjakan itu aku berlari mundur.aku masih inget klu kecepatan mundurku hampir mencapai 55km/jam.
    tapi aku tak bisa sepenuhnya melihat ke belakang cmn 2 spion yg menjadi ganti mata ini.

    truk ku mulai aku buang stir ke kiri yg notabe nya jalur ku aku buang ke kanan untuk aku tabrakin ke pohon besar yg seblah ada warung dan got/kali tanggung.

    otak mulai tegang…fokus makin kencang tiba2 ada truk billup truk besar turun dari atas yg turun cepat kaget
    melihat aku mulai mengambil jalurnya klu di gambarkan mirip truk mau adu depan tapi posisinya gua turun mundur….
    pas ku lirik spion kanan gua langsung nyebut…
    “allahhuakbar. ….
    allah…ya allah”
    ternyata jam 4 pagi itu terlihat ada 5 orang dgn posisi berdiri terlihat kepalanya (sepertinya warung lagi ada yg beli cos situ lokasi pabrik).

    fokus+konsentrasi ku pun pecah….
    mulau dekat dan semakin mendekat.
    tiba2 reflek planing ke 2 muncul yaitu
    “jurang”
    tapi konswekensinya besar aku dpt membunuh banyak kendaraan roda 2 dan yg lain karena jalur nya menjadi berlawanan.

    dgn nnekat aku pilih jurang dgn reflek yg cepat….dalam hati aku berkata.
    “mungkin ini waktu ku ya allah”

    “allah huakbar….”
    teriak ku….truk mulai zig-zag klakson ku bunyikan. …
    ‘aku harus bisa’
    stir aku putar agar bisa menghadap serong ke jurang….

    terdngar bunyi dhuarrrrrr sangat dan sangat keras.
    dan berulang sekitar 2x lalu aku kaget aku truk ku di himpit 4 ban ukuran 750.
    dgn posisi tidur truk di sampingku tapi ban nya menahan pintu kananku.
    kulihat 1 truk terguling yg menjadi ganjal berhentinya truk ku…
    sempat berfikir untuk menghidupkan mesin dan ku paksa untuk melindas kabin truk yg jadi korban ku.
    supaya si korban mati.tapi mesin ga mau nyala.
    aku lantas turun dari kiri. membawa stangk dongkar gede dan kuhampiri korbanku.

    aku kaget ternyata korbanku masih idup dan aku kenal orang itu
    dia adalah bekas sopirku yg mengajariku soal teori bawa truk.

    dan dia berkata
    “ngopo le,kok ga kue mundurke trukmu ”

    dan aku jelas tau kalau badan nya tergencet body kabin truk..

    setelah itu aku sambil membawa stang dongkrak truk yg emang besar aku mendekat ke korban.yg terjepit kabin truknya sendiri.
    stir bundar itu menempel di dada terlihat menusuk dada…
    sambil teriak kesakitan di mengucap kakiku ga bisa gerak ke gencet.
    warga pun berhamburan datang.
    ada yg membawa linggis setinggi leher: sebanyak 3 biji.
    ada yg membawa rantai kapal untuk menarik kabin agar sang korban bisa lepas dari tekanan.
    muatan mie kering yg korban bawa berhamburan di jalan dan jaadi barang jarahan warga sekitar.

    seketika itu polisi dari ambaraw* datang sebanyak 3 biji.
    darah +oli rem+pecahan kaca serta bau mesin yg panas mematik emosi warga untuk mencari sopir tersangka yaitu saya.

    warga teriak2. .
    “BaJ1ngan sopir e endi….bakar wae…pateni…”
    seketika itu aku teriak lantang
    “aku sopir e”
    dan mereka mulai mendekatiku sambil emosi.

    tapi mereka mereda setelah melihatku, karena aku sendiri yg masuk ke dalam remuknya kabin truk yg terguling sendiri…menahan dan berusaha melepas besi yg menancap di sebagian tubuh korban.

    dari bawah ada truk besar fuso tronton naik.
    langsung di cegat ama polisi di minta tolong untuk menarik kabin dari chasisnya sekiranya longgar supaya korban bisa terlepas dari jepitan kabin yg ringsek.
    tapi di luar dugaan ketika rantai kapal itu di pasang lalu di tarik.
    tiba2 bau kampas kopling terbakar dari truk fuso tsb dan rantai sebesar itupun putus.
    seketika itu korban itu berteriak kesakitan.
    karena besi kabin yg berserakan menancap terlepas dari daging kulitnys kemudian masuk lagi dgn hentakan keras.karena rantai putus.

    aku pun semakin bingung karena di satu sisi aku berharap sang korban mati,di satu sisi aku masih punya “hati”.
    kemudian dgn nekat kuaambil linggis 3 tadi ku masukan ke dalam kabin ku ikat menjadi bentuk
    ^

    v
    dgan bantuan 1 stang dongkrak ku tadi dan tali tambang yg di ikat ke linggis.
    kemudian di kaitkan ke sisa rantai yg putus….
    dan pas tarikan pertama diapun berteriak kesakitan…dan akhirnya ketika di tarik ada celah dikit di bantu warga kami mengeluarkan korban.
    pas aku mengeluarkan korban aku melihat pedal gas,rem dan kopling bengkok naik ke arah dalam…
    yg kulihat ketika itu kaki kanan nya tertancap dgn posisi miring ke dalam pedal gas menancap di dalam kulitnya dan daging nya.
    ketika ku tarik korban sudah ga sadar….
    dan kaki kanan itu kulihat tulangnya….
    daging kaki berbentuk kotak itu terkelupas sedalam 4cm dan panjang+lebarnya setara pedal gas truk tsb.

    hampir jijik tapi aku kuatin soale kaki yg kuangkat tadi darahnya membanjiri telapak tanganku sampe ke lengan.

    akhirnya aku di bawa ke polres ambaraw*
    proses di tahan selama 3hari 2 malam bukan di sel napi
    cuman di suruh situ sambil lengkapin berkas2 kecelakaan yg sangat2 ribet.

    kalau mau tau proses gua.
    1.cabut perkara 1,5juta
    2.ambil BB 3 juta 2 unit truk
    3.duit rokok 2 juta
    4.ijin alih muatan 600 ribu.
    5.derek 3 juta
    6.tuntutan korban 200juta,tulang patah 7 bagian dari bawah sampe tulang ekor

    tips dari saya buat pengendara kendaraan… khususnya motor.

    1.jgn pernah berrhenti mendadak didepan truk muatan berat di bawah 12 meter,sesungguhnya anda telah mati jika melakukaan itu…bila anda tidak mati maka sekitar anda yg jadi korban.
    2.kami driver truk berat berbeda dgn bus malam.
    kecepatan kami terbatas bahkan kaami masih kalah cepat dgn maho naik skuter ga jelas.
    3.jika kami terkena macet tolong liat kami,dan jgn maki kami karna pelan nya truck kita liat lebih jelas mata kita pasti merah kami selalu antisipasi jika motor atau mobil nyelonong di depan kami pasti siaga dan tanpa terlena mta ini terus memandang anda dan aspal di sepanjang jalan.
    4.baca selalu lampu sein kita kemana arahnya..
    5.selalu hidupkan lampu belakang motor anda
    6.jgn pake lampu putih

    cara ngerjain sopir truk ato bis ugal2an…

    1.pecahin spion kirinya nya maka dia akan buta sang driver
    2.jgn pernah melempar kaca truk/bis ugal2an dgn batu karena ga bakal pecahy klu tidak terkena titik pusat kelemahan kaca tersebut.
    cukup anda lemparkan batu ke arah/bahasa jawanya ngambang ke langit biarkan kendaraan tsb menabrak batu tsb dan lihat hasilnya.
    di utamakan pas kencceng larinya truk /bis tsb
    3.anda tembak dgn lampu
    berwarna kuning terang maaka sang sopir akan
    buta 4-6detik
    4.hati2 memory driver truk muatan berat memory nya hebat.

    bagi keluarga mas harto yg membaca postingan ini
    saya minta maaf sebesar2nya.

    buat all kaskuser aku mau tanya, apakah dengan kecepatan seperti ini saya bisa membunuh seseorang?

    lihat Rpm nya.
    lihat speednya.
    mungkin yg anda mzd adalah sopir2 truck2 kecil..saya tekankan lagi patuhilah rambu dan peraturan. dan jgn berhenti mendadak di depan truk besar…karena nyawa anda cmn 1 dan 8 master rem kami tidak cukup untuk melakukan penghentian mendadak

  12. sopir bis setiap nabrak pasti yang ditabrakin sebelah kiri yang ada penumpangnya ngga pernah nabrakin di posisi kanan (tempat supir) itu termasuk wejangan dari manajemen perusahaan juga ngga?

    • NYONG…!!!!
      LAE ITU MBAHAS KELUAR JALUR, WONG INI BICARA TRUK KAU BICARA BIS..!!! MIKIRRR..!!!!!!!!!11

  13. tak jelasin brow…. akan lebi parah kalok ternyata rem truk blong trs nyundul spd motor dll pasti ada korban jiwa…
    kalok disini ya sama aja, kalok sopir truk nabrak dan disengaja supaya korbannya mati kalok disini kapok sopirnya & manajemennye soalnya biaya kremasi jenazah disni mahal, dan bakal kena biaya utk sesajen pembersihan di area kecelakaan, kalok berani coba2 disni nabrak & sengaja bunuh bisa kena ratusan juta bahkan miliayarn, biaya kremasi, sesajen pembersihan jalan, sesajen pembersihan desa, dll… jadi jangan coba2 truk disini sengaja berbuat khilaf!!

Comments are closed.