iklan iwb

460x110(1)

pertamax

Bro dan sis sekalian……kabar terbaru dari Pertamina, mereka saat ini sedang ngetes produk terbaru berlabel Pertamax Turbo. Bensin ini sudah coba dilempar kepasar Eropa sejak 26 Maret 2016 dan akan dites selama 3 bulan disana. Jika semua berjalan mulus….perusahaan minyak negara ini berencana menghapus Oktan 95 alias Pertamaxplus untuk diganti Pertamax Turbo. Waduhhh…….
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb

banner-promos

Dari beberapa referensi yang IWB kumpulkan….Pertamax turbo memiki oktan 3 tingkat diatas Pertamaplus. Bensin ini diracik untuk mobil mewah atau supercar sehingga Pertamina memutuskan melakukan pengujian diEropa. Yang membuat IWB garuk-garuk alis…..koq mereka ada rencana mengganti Pertamaxplus dengan PertamaxTurbo ya kang. Lha piye jal…..

Pertamaxplus saat ini memiliki nilai oktan 95 dan IMHO cukup bersahabat untuk motor ataupun mobil harian. Sedang jika pertamina menghapusnya dan mengganti lompat langsung ke oktan 98….sing ono kita ngaplo bin ngowoh. Lha piye….nilai oktannya sangar bener. Rasanya mubazir kalau kita cekokin tunggangan yang rata-rata memiliki nilai oktan kisaran 9-11. Apalagi banderol juga tidak murah…..

Yup…..diEropa bensin ini dijual USD 1. Namun jika pada pertengahan tahun Pertamaxturbo jadi rilis ketanah air maka bensin banderol akan dipasang 10 ribu rupiah/liter. “Pertamax Turbo ini punya RON 98. Pilihan Eropa sendiri karena mobil-mobil supercar sangat banyak di sana. Saat ini baru sekitar dua minggu berjalan, dan kira-kira tiga bulan lagi, saya akan urus izinya untuk peluncuran di sini…

pertamax-turbo-1
“Pertama Turbo…..gambar drumnya ngeri euy. Lamborghini cakkk “

“Kami bisa berhasil jual 5.000 liter sebulan di Eropa, itu bagus. Pertamax Turbo dijual 1 dollar AS per liter, sudah dengan pajak. Namun di Indonesia, para konsumen bisa menebusnya Rp 10.000-an. Jadi dari RON 92 (Pertamax) akan langsung lompat ke RON 98 (Pertamax Turbo). Tidak kebanyakan produk, pusing juga kami. Lagipula untuk rata-rata grade RON 94-96 punya kemiripan, jadi langsung saja disatukan pada RON 98,…”ujar Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Sabtu (26/3/2016) via Kompas. Artine opo??….

Gap antara Pertamax dan oktan diatasnya cukup jauh. Mau nggak biker pasti akan memilih Oktan 92 jika ingin mendapatkan bensin dengan aditif. Lek wis ngene IWB hanya takut satu hal….Pertamax laris manis, maka pricing produk akan dikerek secara perlahan. Biasa cak…..hukum dagang. Dan IWB yakin mayoritas bakal enggan membeli Oktan 98….lha dienggo opo cak duwur-duwur. Oktan 95 wae cukup. So…akan lebih bijak Pertamina menjual beriringan ketimbang menghapus Oktan 95. Biarlah Oktan 98 hanya untuk orang-orang yang membutuhkan seperti pemilik Lamborghini ataupun Ferrari. Ini hanya opini pribadi….kalau menurut sampeyan sendiri piye pakde?. Punya opini lain?? (iwb)

86 COMMENTS

  1. Hola Lads,,,
    Liburan pada main kemana nieh,,???
    Pulang liburan malah musmets saya Mas-Bero,,,
    Kerjaan makin berat gara2 Peristiwa Sentul Kemaren,,
    Tapi itu R-15 bukan Vixion tapi sedikit agak lega saiya,,,

    eeekkkeeekkkeeekkk,,,

  2. justru mereka pilih oktan 98 karna harga produksi/beli jadinya lebih murah dibanding oktan 95. oktan 98 itu udah sangat umum loh mengikuti standar euro 5. kalo pake oktan yg dibawah itu walau kadar oktannya rendah tp karna yg ngproduksinya jarang maka harganya jadi mahal karna produksinya ekslusif buat negara ini doang. inget loh stok minyak pertamina masih banyak ngimpor loh.

    oktan dibawah 98: pemasok dikit + permintaan banyak = MAHAL

  3. ah… yg paling premium jangan dihapus aja mas iwan… kan kebanyakan warga negara indonesia pake motor cc kecil… kalo pertamax plus di hapus ya ga terlalu pengaruh juga… yg balapan juga pake etanol juga bukan bensin hehehehe. semoga pertamina sudi berpihak kepada rakyat kecil ya…

  4. sepertinya ini termasuk rencana pertamina menghapus premium
    mungkin tahun depan pertamax juga akan dikerek oktan nya ke angka 94, entah dengan nama apa
    jadi hanya akan ada pertalite, pertamax baru dengan oktan 94, dan pertamax turbo oktan 98

  5. gimana dengan kendaraan yang kompresinya membutuhkan oktan 95 dong?
    masa dipasain minum oktan 98, lama-lama ga sehat juga tuh
    apalagi dipaksain turun kelas minum oktan 92

  6. ” Rasanya mubazir kalau kita cekokin tunggangan yang rata-rata memiliki *NILAI OKTAN KISARAN 9-11. * Apalagi banderol ” .. ..
    ..
    Dibaca aneh bin nyeleneh .. Mungkin maksudnya Tingkat kompresi kali .. ..
    Lek iwan ndi ? Tak sawat swallow ..
    Ngah ngah ngah

  7. ” Rasanya mubazir kalau kita cekokin tunggangan yang rata-rata memiliki *NILAI OKTAN KISARAN 9-11. * Apalagi banderol ” .. .. .. Dibaca aneh bin nyeleneh .. Mungkin maksudnya Tingkat kompresi kali .. .. Lek iwan ndi ? Tak sawat swallow .. Ngah ngah ngah
    😀

  8. Izin ngoceh pak dhe hehe

    Ditela’ah dari penyataan Pertamina “kebanyakan produk bikin bingung/pusing” ini artinya ada strategi lain dibalik peluncuran produk ini. Sebelumnya Pertamina juga meluncurkan produk baru yaitu Pertalite.

    kita semua tau biasanya para perusahaan mengeluarkan produk baru untuk menggantikan produk lama. Namun dalam hal bahan bakar tidak serta merta langsung dapat digantikan, faktor masyarakat indonesia jg menjadi alasannya. Lihat betapa bertahannya Premium(RON 88) dipakai bertahun-tahun padahal dinegara lain sudah tidak menggunakan lagi, padahal untuk membuat RON88 diperlukan proses yg lebih banyak (penurunan RON 92-91 ke RON88) otomatis cost menjadi besar dan ya diluar dari permasalah mafia minyak..hehe

    Saya kira, merujuk dari pernyataan Pertimina tadi maka akan dilakukan peralihan dengan ‘kebiasaan’ penggunaan pada produk tertentu. sengaja dimunculkan Pertalite yang nantinya lambat laun akan menggantikan Premium, begitu juga Pertamax Turbo yang akan menggantikan Pertamax&Pertamax Plus.

    Ini mungkin hanya analisis dasar biasa jadi jangan terlalu dianggap ya hhe

  9. redaksi salah lagi sehatusnya kompresi 9-11 ini jadi oktan 9-11
    kayaknya yang punya warung kejar setoran

  10. Hanya dikita yg tidak menikmati ketika harga minyak dunia turun drastis BBM malah dinaikkan ?

    Harga BBM Tinggi tapi hutang malah tambah membengkak Payah..

    Kata Yusril mah level walikota ya ginilah jadinya. LOL

    • ??????????????????
      ??????????????????
      ??????????????????
      ??????????????????

      Jokowi rajanya gombal!

  11. Wah mumet supra ku 100cc biasa isi pertamax plus.. 100cc kalo ga diisi pertamax plus boncengan 3kepala kurang tarikane..
    Malah lali kie supra kapan trakhir isi premium. Premium di apus sisan wae. Wes boros. Loyo. Cepat balek ke pom bensin. Antri kayak antri sembako kalo isi premium.
    Enak pertamax plus. Cocok buat 100cc. Bertenaga. Lebih irit. Lebih jarang balek pom bensin. Ga perlu ngantri kaya antri raskin..
    Harusnya bbm yg boros dihapus pemerintah. Pemborosan. Sering ngantri ke pom bensin. Jadi lebih sering bikin macet jalan hanya untuk balek ke pom bensin

  12. Spbu di luar Pertamina bakal laris don,,pada pake V-Power Shell atau Performance 95 milik Total .

  13. Waksem 12L 120K … Wkwkwkw ??? wes kadung ngombe pertamax plus saran soko pertamina …mesin kompresi diatas 10:1 layak minum pertamax plus wkwkwk ????

  14. Mas iwb jangan selalu pake bahasa jawa, yang baca blog ini bukan orang jawa semua, jadi tolong pakai bahasa yang formal saja

  15. Namanya aja dagang, jika ron 95 ttp djual maka rong 98 gk bakal laku, mk nya ron95 dihapus…
    Saat ini aja motor n mobil dg spec bbm pertamax n prtamax plus aja msh byk yg diisi pertalite bahkan premium..
    Premium rasio compressi 1:9-9,5
    Pertalite 1:9,5-10
    Pertamax 1:10-11
    Pertamax plus 1:11-11,5
    Brkisar sgitu peruntukannya,

  16. Kalo mau ron 95 tinggal oplos aja ron 92 sm 98 pake perbandingan 50:50. Agak mahal dikit ga masalah yg penting lebih murah dari ron 98. Simpel toh..

  17. Ingat motor sport ingat VERZA
    motor sport Honda nomor satu adalah VERZA, teknologi mesin VERZA sebanding dengan ninjaZ250/MT25
    Harga murah mesin buas torsi melimpah topspeed kencang

    VERZA motor lokal kualitas internasional

  18. Shell dan Total pasti ngikutin 98 dan 95 dihapus .. menurut wikipedia 2016 Shell akan produksi V-Power 98 dan 100

  19. Menurut saya,yg di hapus itu ron 88 dan ron 92…
    Krn ron 92 dan ron 90 itu tidak beda jauh..
    Ron 95 di pertahan..
    Jdi yg ada itu ron90,95,98dan100(racing)

  20. Malah apik kang. Itu artinya kemajuan dan kedepan kita bisa naik motor dg spek ganasss. Mosok mh dadi wong ndeso teros

Comments are closed.