iklan iwb

460x110(1)

winglet ducati

Bro dan sis sekalian….safety commision akhirnya merilis larangan penggunaan winglet pada Moto2 & Moto 3 untuk alasan keamanan. Keputusan ini tentu mengejutkan mengingat kelas Motogp menggunakan perangkat sayap tersebut pada fairing mereka. Waduh….
Yamaha_GIF_440x100_rev

iklan iwb
iklan iwb

banner-promos

Regulasi secara resmi diumumkan hari ini dengan konsen pelarangan menggunakan ‘Aerodynamic Wings” namun hanya untuk kelas Moto2 & Moto3. Standart ganda ini sebenarnya cukup mengherankan secara kelas para raja beberapa tim masih menggunakannya. Seperti Ducati, Yamaha ataupun Honda. Background yang berakibat banned karena komponen dianggap berbahaya bagi rider lain…

Khusus untuk Moto2 aturan langsung diberlakukan. Sementara untuk Moto3 baru akan efektif tahun depan. Dengan lahirnya aturan tersebut praktis tim Mahindra yang berlaga diMoto3 terkena dampak langsung. Menyikapi soal ini…mungkingkah winglet juga akan dilarang diMotogp. Ducati sebagai tim yang pertama kali mengembangkan winglet untuk GP16 angkat bicara….

Aku rasa tidak. Tahun kemarin ketika kami menggunakan winglet semua tertawa. Kemudian pertengahan musim ada tim lain yang juga ikut menggunakan. Jadi Ducati adalah pabrikan pertama yang mengerti kegunakan winglet untuk aerodinamika serta mengurangi efek wheelie dsb. Sayang ada beberapa rider complaint, tapi aku yakin semua pabrikan pada akhirnya akan menggunakannya. Aku rasa ini adalah bagian evolusi dari olah raga ini dan Ducati menjadi pioner, hanya itu yang biasa aku katakan…“seru Ducati Corse sporting director Paolo Ciabatti….

Last…seperti diartikel sebelumnya (klik disini) IWB sudah singgung adanya beberapa pembalap mengeluh karena efek turbelensi yang dihasilkan dari winglet. Sepertinya komisi safety sudah mulai mempelajari dengan seksama complaint tersebut. Nah…apakah langkah pelarangan Moto2 & Moto3 menjadi awal lahirnya regulasi serupa pada Motogp?. Bisa jadi mzbro. Dan jelas yang sangat dirugikan atas kondisi ini adalah Ducati karena mereka sudah mengembangkan sejak awal pada prototype design GP16. Kita tunggu saja…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

19 COMMENTS

  1. Sebenernya bukan hanya winglet tapi semua komponen plastik kalau terjadi kecelakaan rawan pecahan
    Jadi alasannya ya kurang sreg kang

  2. Ingat HRC itu punya pengaruh terbesar di moto gp saat ini,ketika mereka melakukan protes dan tidak ditanggapi maka HRC selalu mengancam mundur dari balapan moto gp… Mungkinkah HRC khawatir dikalahkan ducati…????

    • Berapa tahun ducati ikut gp bro?
      Menang berapa kali?
      HRC mundur dari gp g bakalan bro.
      Dulu gp 500 honda ngerajai,dirubah regulasi menjadi 4 tak 900cc.lagi2 honda ngerajai dg rcv 900cc.regulasi berubah lagi 800cc,lagi2 800cc honda ngerajai,regulasi diubah lagi 1000cc.honda dg pembalap debutan langsung 2x juara.

      • Berapa tahun masbro ngikutin gp500 sama moto gp? Nih saya kasih satu bocoran buat masbro… Perubahan dari gp500 ke moto gp 990cc siapa yg pertama minta??? Repsol honda bro… Kenapa??? Karena NSR5900 udah ga bisa dikembangkan lagi alias udah abis…!!! Nah darimana basic RC211V…??? Kenapa sempat ada kelas campuran 2 tak vs 990cc…??? Karena tim lain belum siap dengan motor 4 tak. Kapan honda ngancam mundur dari moto gp seandainya tuntutannya ga dipenuhi dorna…??? Belajar lagi ya buat tau jawabannya masbro…

  3. info aja peraturan ini dibuat gara” ada tim dari moto2 yg pakai winglet dengan tujuan ngasih turbulance ke pembalap di belakangnya dengan sengaja masang winglet di bagian buntut motornya, karna turbulance ini pembalap di belakang hampir pasti gk bisa nglakuin slipstream bahkan ngdeketin bagian belakang motor juga jadi mustahil karna gangguan angin dari winglet di buntut ini

  4. Winglet itu sayap, dan bukanlah sayap sembarangan ?
    Sayap tetangga juga sayap, tapi sayap siap meledak ???
    Tetap semangat, semakin panas semakin kencang.
    Salam metualergi ???

  5. Nah inilah salahsatu korban tayangan televisi jaman sekarang, tidak mendidik.?
    Jadi tidak mengherankan jikalau begini.
    Nak, cobalah konsep metualergi?
    Metu = keluar
    Alergi = penyakit

    Jadi kalau penyakitmu sudah keluar, segera berobat. RSJ masih lengang nak. ???

  6. ini pasti konspirasi tingkat tinggi untuk melemahkan pembalap2 yg pakai motor bersayap!
    secara yg podium di motogp qatar kemarin, juara 1, 2, 3 semuanya pakai motor bersayap.
    pasti ada pembalap nganu yg mewek ke dorna.
    nah supaya gak terlalu kelihatan konspirasi nya, yg pertama dilarang moto2 dan moto3 dulu, test the water dulu lah.
    kalau gak ada komplain yg signifikan, baru pelan2 diterapkan di motogp.
    tujuannya, ya supaya si nganu bisa menang motogp secara komprehensif.

  7. g usah pk winglet..bikin fairing seaerodinamis mungkin…tampang motor jd jelek…bahaya jg klo lg cucuk cucukan bisa nyangkut k bodi motor ato pembalap trus ndlosor dah…taun kmaren liat moncong mobil f1yg kek platypus bikin ilfill..skrg liat winglet di fairing motogp bikin sebel

  8. 1. secara tampang emang bikin ilfil
    2. secara safty sepertinya berbahaya ketika crash, meski tanpa wing jg low crash serpihanya berbahaya apa lg dg konstruksi winglet seperti itu.
    3. low masalah turbulensi sepertinya musti dilakukan penelitian yg lebih mendalam

  9. Kalo Honda suruh pake singlet + cd aja ato pake tanktop + hotpants. Honda kalo udah mulai takut kalah ama Ducati ya pasti cari2 alesan. Dr dulu prakteknya Honda pasti sprti itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here