iklan iwb
iklan iwb

460x110(1)

test dyno ultraspeed (1)

Bro dan sis sekalian….buanyakkk email dari pembaca yang mampir keIWB menanyakan kebeneran hasil pengukuran power on dyno oleh Ultraspeed antara Satria F150 FI melawan Sonic 150R. Sodoran data yang dianggap beda dibanding beberapa hasil uji dyno yang dilakukan beberapa media ataupun rumah racing lain. Emang hasilnya piye??…
Yamaha_GIF_440x100_rev



banner-promos

Konsen pembaca ada pada Satria FI vs Sonic 150. Karena hasil dianggap mengejutkan. Seperti diartikel sebelumnya…IWB sudah pernah membahas uji teman-teman diOtomotif yang mendapatkan angka 14 sekian untuk power Satria F150 Fi dan 12 sekian HP untuk Sonic 150. Namun dari pengujian terbaru oleh Ultraspeed….hasil ternyata berbeda….

Ultraspeed menggelandang Sonic diatas mesin dyno terbaru mereka Dynomite EddyCurrent USA. Semua dijamin dalam kondisi standart ting-ting habis tidak ada ubahan apapun. Baik gear atau mesin semua bawaan pabrikan. Hasilnya diperoleh power on wheel sebagai berikut…

1. Honda Sonic
Result: Peak power [email protected]
Peak torque [email protected]

2. Suzuki FU injeksi
Result: peak power [email protected]
Peak torque [email protected]

Nah…selain menguji kedua motor ayago diatas, Ultraspeed juga ngetes power Yamaha MX King diatas mesin yang sama. Hasilnya….

3. Yamaha MX King
Result: peak power 11,[email protected]
Peak torque [email protected]

Nah….dari sodoran data diatas bisa disimpulkan Satria FI kalah tipis dibanding Sonic 150. Jika Sonic tembus 12,99whp (wheels horse power)….maka Satria nangkring diposisi 12,88whp…..nyaris tidak terasa. Pertanyaannya….gimana hasil bisa berbeda dibanding beberapa tes lain?. Apakah ada yang salah saat pengujian ??….

Soal ini tentu Ultraspeed lebih berpengalaman dibanding IWB. Dan IWB yakin pengujian tidak ada rekayasa atau dibuat-buat sebab nama besar Ultraspeed menjadi taruhan. Image yang dibangun dari nol tidak mungkin dicederai dengan hanya sebuah hasil uji buatan. Artiinya apa??….

Jika pengujian dengan term dan kondisi yang sama…..di-jam yang sama…ruang yang sama…suhu yang identik maka dipastikan testing sahih. Terus kenapa hasil bisa berbeda dengan beberapa tes dyno lain?. Apakah ada yang salah?. Nah…IWB ingin share sebuah fakta menarik buat pengetahuan kita semua sebagai biker…..

test dyno ultraspeed (2) test dyno ultraspeed (3)

Percaya nggak sampeyan jika power tiap unit motor produksi masal belum tentu identik antara satu dengan lainnya. Fakta ini pernah terjadi saat teman-teman melakukan testing salah satu produk dimana hasilnya anjlok tidak sesuai ekspetasi. Kondisi tunggangan gres baru turun dari pabrik….dilalah dengan motor lain dengan tipe dan brand yang sama pula, hasil kembali berbeda ketika dites dimesin dyno tersebut. Lho koq bisa??….

Itulah fakta dan yang jelas bukan salah mesin dynonya. Lek ora percoyo sampeyan kumpulin setidaknya 10 motor anyar gres sampeyan tes bareng-bareng diatas mesin dyno. Jika sama rata taruhlah nangkring di 28HP semua….berarti pabrikannya hebat juozzz gandozzz. Ini berlaku pada semua brand dan pabrikan…..tidak memandang merk kangbro….

Logis sebenarnya karena ketika masspro, unit tidak ada pengujian horse power saat akan dilempar kepasar. Tidak ada uji power on wheel yang jika tidak sesuai klaim dibongkar ulang….iso-iso produksi tersendat kangbro. Masuk quality kontrol yang dicek adalah kinerja mesin, kepresisian casing, perangkat dan sistem kelitrikan bekerja normal atau tidak. Muntahan tenaga sesuai klaim….tidak masuk mzbro……

So…dari sisi kita akan lebih baik tidak usah pusing dengan perbedaan power diatas mesin dyno. Tiwas brodhol jenggote sampeyan :mrgreen: . Mending kalau ingin puas….adu wae keduanya secara head to head dilapangan, baru semua akan terjawab secara lugas. Sayang hingga detik ini cukup sulit mendapatkan unit Sonic dan Satria FI supaya bisa diadu langsung. Moga-moga ada sosok yang sudi tunggangannya digeber-geber baik pemilik Sonic ataupun Satria FU dengan kondisi standart ting-ting. Piye…..ada yang mau jadi sukarelawan? :mrgreen: …..(iwb)

Advertisements