iklan iwb

460x110(1)

honda new CB150R SE Black Raptor (4)

Bro dan sis sekalian…sopo sing ora ngiler lihat desain lampu sein new CB150R ataupun CBR150R. Dibekali teknologi LED……perangkat ini jauh lebih awet serta hemat listrik. Tidak heran banyak pembaca bertanya ke IWB…sebenarnya bisa nggak sih komponen ini dicangkokkan pada old CB/R 150R. Nah…mumpung bertemu dengan ahlinya yakni pak Endro (Teknis division PT AHM) IWB menanyakan perihal tersebut. Dan jawabannya adalah…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Banner Ad MBtech Rider 460x110

Bisa secara teknis. Menurut pak Endro….pemasangan lampu sein LED memungkinkan dan bisa dilakukan namun ada beberapa poin yang kudu mendapatkan perhatian. Yang jelas tidak akan bisa secara PNP sebab perangkat ini tidak membutuhkan kelistrikan yang besar sehingga dibutuhkan flasher dan main relay. “Harus ada modifikasi pada bagian kelistrikannya jadi disarankan cari teknisi yang paham betul dengan wiring diagram motor..”seru pak Endro….

Empat poin yang kudu mendapatkan perhatian adalah lampu sein itu sendiri…..flasher serta main relay dan modif kelistrikan. Artinya memang tidak bisa asal nyomot dan ditancepin wae kangbro. Yang ada malah ora karu-karuan kalau nggak melotot wae kayak kram kedipnya….”

Secara teknis bisa…namun dilapangan memang sedikit rumit. Paling gampang ya beli aja motornya mz...”ujarnya terkekeh. Bener juga yak…iso wae ki pak Endro. Nah…jadi gitu kangbro. Gampang-gampang susah tapi intinya bisa. Kalau masih kurang mudeng boleh konsultasikan pada mekanik yang ngerti kelistrikan. Semoga bisa menambah wawasan kita bersama. Ocreeee !! (iwb)

All new CBR150R facelift (23)

116 COMMENTS

  1. kalo yang sering utak atik motor pasti tau…

    kalo yang gak pernah utak atik motor ya gak tau solusinya koyo sing duwe warung…eh.. 😀

    ngene Dab.. :
    gitu mah gampang, beli sein LED (bukan bohlam LED),trus beli flasher buat sein LED cuma 10ribu barang aftermarket.

    trus kalo buat CBR K45,tinggal ganti flasher bawaan dengan flasher LED,posisi flasher di belakang headlamp,tinggal cabut soket,colokin aja,gak usah copot flasher bawaan dari motor,biarin aja disitu la wong dudukannya udah ada..wes pasang,nyalakan sein..kedip deh..

    kl sy nyopot flasher bawaan gak usah nyopot fairing,kalo yang bingung ya copot ae fairing’e ( =nambah ongkos jasa mekanik wkwkw )

    buat CB150 sama juga,tinggal cari posisi flashernya..

    ::berlaku juga buat pemasangan sein LED aftermarket semacam KOSO,dll

  2. kalo yang sering utak atik motor pasti tau?

    kalo yang gak pernah utak atik motor ya gak tau solusinya koyo sing duwe warung?eh.. 😀

    ngene Dab.. :
    gitu mah gampang, beli sein LED (bukan bohlam LED),trus beli flasher buat sein LED cuma 10ribu barang aftermarket.

    trus kalo buat CBR K45,tinggal ganti flasher bawaan dengan flasher LED,posisi flasher d belakang headlamp,tinggal cabut soket,colokin aja,gak usah copot flasher bawaan dari motor,biarn aja distu la wong dudukannya udah ada..wes pasang,nyalakan sen..kedip deh..

    kl sy nyopot flasher bawaan gak usah nyopot fairng,kalo yang bingung ya copot ae fairng?e ( =nambah ongkos jasa mekanik wkwkw )

    buat CB150 sama juga,tinggal cari posisi flashernya..

    ::berlaku juga buat pemasangan sen LED aftermarket semacam KOSO,dll

  3. Klo di cangkokin ke Viksen baru gak cocok. Lampu sinchan gede bukan? banyak yang ditembel bekhell.

  4. bung Iwan… saya pernah mengganti bohlam sein di Byson 2010 saya dgn LED rakitan sendiri… ada cara simple utk mengakalinya… tetap gunakan flasher bawaan pabrik… gunakan, yg saya sebut sbg dummy load berupa 2 lampu bohlam sein ori pabrik yg dipasang paralel… utak-atiknya di jalur listrik yg ada di bawah jok… siapkan 3 utas kabel secukupnya utk jumper tambahan, yg 2 utk tiap jalur plus sein kiri-kanan (coklat dan hijau, kalo gak salah), yg 1 utk jalur negatif (yg mana aja boleh)… di ujung-ujung kabel jumper yg dari jalur positif pasangi diode (1 Watt aja cukup) hubungkan dgn kaki katodanya… lalu kedua ujung anoda (yg ada tanda stripnya) ketemukan, sambungkan dgn kutub positif kedua bohlam sein yg td diparalel… kutub negatif 2 bohlam sein paralel dihubungkan dgn kabel jumper yg dari negatif… lakukan semuanya dgn cermat, berikan isolasi yg kokoh, terakhir tinggal sembunyikan dummy load itu di tempat yg aman… gitu aja, sayang saya gak punya gambarnya…

  5. TVS saya tail lamp nya dah dari dulu dah LED, memang sich sein nya blom, tp yg ingin saya katakan motort murah saja sdh LED sejak dulu, masa motor mahal baru sekarang di templokin LED…….

Comments are closed.