iklan iwb

460x110(3)

yamaha xabre-iwb test (3)

Bro dan sis sekalian…melihat langsung Xabre 150, pasti siapapun gatal ingin nunggangi dijalanan. Tampang galak serta suspensi USD memang menggoda. Begitu pula ketika YIMM nyodorin untuk test ride…IWB sudah tidak sabar ingin betot gas. Sirkuit Sentul kecil memberikan gambaran kepada IWB….bahwa feel riding motor ini memang beda. Yamaha meracik Xabre 150 dengan komposisi bobot yang terasa antep didepan. Efeknya…..ban nancep diaspal saat kita melakukan manuver cornering. Nah…seperti apa impressi diatas Xabre secara keseluruhan??…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Ergonomi

Feel yang IWB rasakan adalah gagah. Walau stang tidak menjulang namun Yamaha meracik dudukan raiser cukup tinggi sehingga tangan bisa menjangkau stang dengan santai. Yang unik….ergonomi Xabre sedikit beda dibanding Vixion ataupun Byson sekalipun. Jika stang keduanya terasa jauh…..Xabre sebaliknya. Motor ini menawarkan feel riding layaknya supermoto dimana dada sedikit dipaksa membusung dan maaf…bok*ng rada maju. Lek boso gampange baplang kangbro. Dan mau tidak mau kita akan melakukannya. Yamaha menyebutnya “confidence riding style”. Memang terbukti….entah kenapa sebagai biker kita jadi merasa pede saat nongkrong diatasnya…..

Xabre 150-IWB

yamaha xabre-iwb test (1)

Kemudian untuk kaki…posisinya cukup rileks. Dari sekian feel, yang IWB sukai adalah pemandangan dashboard dan tanki. Moge looks tenan mzbro. Kaki menjepit sempurna dibagian paha sedang atas gambot tenan. Dengan desain kondom berlapis membuat Xabre masuk kategori sebagai motor terbaik soal desain dikelas sport 150cc tanah air (opini pribadi). Desainernya IWB akui jempolan. Kita seperti nunggang motor beda kelas…dengan pernik bak motor besar…..

Hanya saja IWB belum tahu…apakah ergonomi ini tetap nyaman digunakan untuk membelah kemacetan berkendara harian. Harus dibuktikan dulu mengingat sirkuit beda dengan jalanan biasa. Sayang hingga detik ini IWB belum beruntung mendapatkan unit test ride untuk menjawab keingin tahuan? sampeyan semua. Semoga saja kedepan mzbro. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…

Engine

Nahhh….ini yang menarik. Xabre dibekali mesin basis dari R15. Engine SOHC 150cc LC4V dengan Cylinder Bore 57mm Langkah Piston 58,7mm fuel injection 6 speed. Klaim power pabrikan ledakan tenaga dikisaran 16,[email protected] dan torsi 14,[email protected] Beda dengan R15…mapping engine katanya memang lebih kearah akselerasi. Terus piye feel saat menaiki diatasnya??…..

Ketika awal mesin dihidupkan…..IWB merasa raungan mesinnya identik dengan R15. Terlalu senyap sehingga suara mesin jadi lebih dominan. Jujur soal suara IWB lebih demen knalpot Vixion yang lebih bulat dan ngebas. Sedang Xabre150…garing mzbro. Yang menjadi nilai plus, vibrasi pada stang lebih minim dibanding R15. Analisa IWB desain raiser serta stang membuat daya redam lebih bagus. Sekarang…mari kita coba geber…..

xabre 150-iwb (1)

Transmisi masuk gear satu….lembut. Shifting bisa dilakukan dengan smooth. Kopling juga empuk membuat semuanya cukup mudah. Masuk aspal sirkuit…..IWB langsung mencoba betot gas. Feelnya??. Dibalik keterbatasan IWB sebagai biker dan bukan pembalap…..hanya pengalaman dan rasa nunggang motor sejak orok (lebay.com)…IWB mencoba meresapi serta menilai. Impressinya??….

Xabre 150 memiliki tarikan bawah diatas R15 namun sedikit dibawah Vixion. Kailan tenaga motor ini terasa rata dengan limiter dipasang diangka 10ribu RPM. Sayang kondisi trek yang basah serta lay out sirkuit pendek dengan tikungan-tikungan melengkung kecil membuat proses gali performa tidak maksimal. Lha piye…..lawong maksimal speed paling hanya bermain dikisaran 75-80 km/jam. Tapi secara umum…..

Untuk mesin 150cc….level akselerasi Xabre berada ditengah-tengah antara R15 dan Vixion. Nggak tahu soal top speed. Dan IMHO untuk berkendara harian…engine ini sudah sangat lebih dari cukup. Kopling empuk…..transmisi minim “miss gear” dan akurasi shifting terkontrol cukup baik sehingga proses perpindahan gigi jarang meleset. Hanya satu yang IWB kurang sukai dari Xabre yakni suara knalpot yang terlalu lembut sehingga raungan engine menjadi dominan saat digeber. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5….

Handling

xabre 150-iwb (5)xabre 150-iwb (2)

Xabre merupakan motorsport 150cc pertama yang menggunakan suspensi USD. Dikombinasikan frame deltabox….komponen memberikan feel antep dibagian depan. Alhasil front tire terasa nancep diaspal. Ketika melakukan manuver cornering…Xabre 150 dengan santai melayani. Dibekali ban depan cukup besar (110)…..handling motor ini IMHO termasuk superior. Kemudian agility….

Ciri khas Yamaha cukup kental pada Xabre. Handling nurut dan ringan. Kemudahan bermanuver menjadi nilai jual tak terbantahkan. IWB yakin motor ini handal digunakan nyelip-nyelip dikepadatan lalu lintas. Lawong lincah kangbro. Sebenarnya IWB sendiri cukup penasaran jajal suspensi saat menghajar polisi tidur atau lubang jalanan. Namun karena berada disirkuit, tentu kita tidak bisa melakukannya. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Suspensi

yamaha xabre-iwb test (2) xabre 150-iwb (4)

Xabre adalah sport 150cc pertama pabrikan Jepang yang dibekali USD. Kelebihan dari Up side down dibanding teleskopik adalah kekuatannya. Dengan outer tube dibalik diikat dekat yoke…maka secara teknis komponen lebih mampu meredam dengan baik. Pada umumnya stres atau tekanan saat braking berada dibawah yoke. Sebagai gambaran ketika kita menarik tuas rem…sebenarnya saat kita mengerem, motor hanya mengikuti gaya berhenti dari roda. Motor ini akan mendorong garpu depan secara ekstrim…..

Alhasil…dengan diameter tabung lebih besar, maka tekanan bisa diredam dengan baik oleh garpu. Komponen lebih rigid karena triple clamp memegang bagian tabung yang biasa disebut “slider” dibanding teleskopik biasa yang mengikat bagian “stanchion”. Efeknya sangat jelas…suspensi USD meningkatkan kemampuan handling dan feel. Tidak heran….IWB merasakan respon kendaraan anteng dan tidak ada gejala kedodoran ketika melakukan hard braking. Begitu pula masuk dan keluar tikungan……kestabilan handling cukup terasa. Nilai aspek ini IWB beri angka 8,5…

Pengereman

Seperti biasa IWB nggak punya keluhan soal pengereman. Khas motor Yamaha….rem empuk dan pakem walau nihil ABS. Nilai aspek ini IWB beri angka 7,5…..

Finishing dan material

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (18) Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (27)

Yamaha kembali menunjukkan kelasnya sebagai pabrikan dengan predikat finishing cukup baik pada produknya. Panel perpanel begitu presisi dan solid dengan kualitas pernis cat yang patut IWB acungin jempol. Yang menarik komponen swing arm belakang juga tidak sekasar generasi R15 awal. Entah kenapa lengan ayun lebih halus. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Fitur

Xabre 150 dibekali fitur unik khususnya bentuk desain saklar engine start…On dan off yang menganut model slide mewarisi klan MT series. Begitu pula untuk headlamp dan stoplamp….Xabre sudah dijejali perangkat LED. Seandainya lampu sein juga LED, pasti lebih juoz. Untuk speedometer juga futuristik dan terkesan high tech akibat terobosan negatif display LED. Apalagi mereka juga berani menyuguhkan swing arm die cast almu model banana. So…walau speedometer nihil pengukur suhu mesin…..namun mereka memberikan satu fitur tambahan yakni brightness level. Dan ini patut kita apresiasi. Nilai aspek ini IWB beri angka 8….

Kesimpulan

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (4)

Xabre 150 memang mampu membuat kita berkata “wowww” khususnya saat melototin langsung desain sang kuda besi. Handling superior akibat paket yang ditawarkan (USD), desain menawan dan finishing jempolan menjadikan Xabre layak dipertimbangkan. Walau mesin mungkin bukan menjadi nilai jual nomer satu….tapi muntahan tenaga minor fighter ini tidaklah inferior. Ledakan tenaga cukup bertenaga khususnya dikisaran mid end. Sayang….keputusan menggunakan knalpot R15 membuat bentuk utuhnya ternodai. Belum lagi raungannya yang terlalu senyap menjadikan suara mesin lebih mendominasi. Dengan banderol 29,8 juta OTR Jakarta, jelas target market Xabre150 bukanlah Vixion ataupun CB150R. Yamaha sepertinya membidik biker yang ingin tampil eye catching dijalan…suka show off dan tampil beda? lewat desain big bike look…..desain minor fighter tanpa mengorbankan performa. Nah…seperti apa proses testing?. IWB sudah racik videonya dibawah ini. Cekidot kangbroooooo !!! (iwb)

Video test ride Yamaha Xabre 150 Sentul Bogor

HP klik disini

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!