iklan iwb

460x110(3)

Yamaha Xabre 150 -iwanbanaran (4)

Bro dan sis sekalian…..tren yang terus bergeser membuat seluruh pabrikan berlomba-lomba memberikan lampu yang makin hemat dan energy dan terang. Namun….lampu LED ini ternyata bisa menjadi buah simalakama jika bertemu petugas. Alasan silau menjadi dasar tilang dilakukan. Pertanyaannya….benarkah petugas berhak menilang padahal lampu adalah standart dari pabrikan??…..
IWB-Banner-Animated

iklan iwb

banner-promos

Untuk menelurkan sebuah produk, pabrikan selalu menggandeng seluruh unsur terkait agar motor bisa dikatakan layak jalan. Karena itu muncullah namanya proses uji tipe. Dilalah pada prakteknya…teman-teman kadang masih saja ditilang walau semua standart pabrikan karena alasan lampu menyilaukan. Tentu saja IWB juga garuk-garuk kepala. Lha…pertanyaanne, kita kudu piye??. Mumpung bertemu dengan beberapa tim AHM HC3 dan tim teknis Pak Sarwono serta pak Edi (gathering Blogger)…IWB coba coba menanyakan perihal ini dan berikut jawabannya….

Motor sebelum dikatakan layak jalan selalu diuji oleh berbagai department terkait. Jadi kalau LED sebagai alasan seharusnya tidak...”ujar pak Nyoman. “Intensitas cahaya juga sudah diukur kekuatannya agar tetap aman untuk pengemudi didepannya…“tambah pak Edi. Artinya….sinar putih LED harusnya tidak bisa menjadi delik pasal untuk menjerat rider dengan tilang. Kecuali jika arah sorot lampu “ndangak” keatas baru petugas bisa melakukannya karena dianggap mengganggu keselamatan. “Betul…kalau menyilaukan karena sorot lampu terlalu keatas baru petugas bisa menilang…“seru pak Nyoman lagi….

Yup….baik LED ataupun halogen jika arah sorot lampu tidak wajar membuat silau, maka petugas berhak menilang. Biasanya mereka menggunakan pasal Undang Undang Negara Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang keselematan berlalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 279 yang berbunyi…”Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 58 dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah)..”. Nahh..gamblang to….

new cb150r tes harian (2)

Jadi konsennya “dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas”. Jadi bukan LED-nya mzbro….namun sorot lampunya. Lha terus piye kalau pabrikan menyeting headlamp terlalu”ndangak” keatas??. Ada baiknya kita sendiri mengecek ulang dirumah. Dan untuk pabrikan sendiri, IWB sarankan supaya ada divisi khusus atau bagian QC agar ketika motor dikirim kekonsumen dicek juga sorot lampu ini. “Biasanya bagian dealer sudah melakukannya. Tapi masukannya akan kami tampung dan teruskan kepihak terkait kang...”ujar pak Nyoman cukup melegakan…..

Yup….LED memang memiliki cara adjust yang unik tidak seperti bohlam biasa sebab arah tembakan sinar diatur dari dalam dinding reflektor. So….akan lebih baik pabrikan langsung yang mengatur secara detil supaya tidak harus konsumen yang melakukannya. Dengan makin bergesernya tren dan teknologi…IWB yakin, lampu LED akan menjadi perangkat standart seluruh pabrikan dimasa depan. So tidak ada alasan light emitting diode technology menjadi kambing hitam atas beberapa kasus tilang akibat sorot lampu dijalanan. Nah…wis mudeng kangbro?. Cek sorot lampu sekarang pakde !! (iwb)

 

199 COMMENTS

        • Kenapa mesti pakai foto Xabre yg d buat silau?? Dan jelas terlihat sperti editing..
          Hati” penempatan yg tidak sesuai dapat mempengaruhi keputusan org..

          • Itu kan hanya sample produk yang front lamp nya LED. Tadi sudah dijelaskan yang menyebabkan silau kan hanya positioning lampu.

    • Mesti ulah polkis cirebon ini.
      Jangan kan silau, lampu dual keen nyala sebelah aja ditilang.
      Taruh tas di dek motor matic ditilang. Tutup pentil gak ada ditilang. Bawa kardus indomie di jok belakang ditilang. Bawa keyboard di mobil pribadi ditilang.
      CIREBON KOTA TILANG

  1. User Hon2 banyak yang kena dong….

    secara Ncebong, Variyem 110, 150, variem 125 LED nya sangat menyilaukan saat berlawanan arah Berbeda dengan LED Yamaha seperti Nmax, All New Soul GT 125.

    Ekeekkkee

    ?

    • Aahhh om ini bisa aja..xixi
      Tu temenku.. di tilang juga naik yamaha vixion.. soalnya bola lampu utamanya mati.. baru aja bli 1 bulan..

      Nyata lhu om.. soalnya aku d boncengin waktu tu..
      Xixi

      • ahh si om kembenan, jangan sok dungu bingitz dong om, komen apa si om cr??tt nya apa, ahh sudahlahh

        cr??tt

      • Kalau bohlam putus di ganti aja atuh neng, paling 35rb sama osram Kuning pekat, kan murah. Lagian cocok untuk musim hujan gini, bisa menembus kabut.

        Jangan sampe pake LED dari arah berlawanan bikin silau tp kalo hujan kerepotan,kalo LED Yamaha mah boleh di test deh kalo hujan sekalipun.
        Ekekekkk

          • Udah deh, jujur aja. Yg silau kebangeten itu ncb. Baru kali ini ada motor silau keluaran pabrik. Dulu ngefans sama honda krn irit, tapi sama aja tuh sama merk lain tergantung penggunanya. Sekarang malah illfeel mereka ngeluarin produk dgn led yg sy nilai emang gak layak, terkesan alay bukan elegan

          • Bentar lagi jg merk Y ngikut pke led bro,sdh d mulai tu ma nmax n xabre,,, kan lek iwan sdh bilang bkn masalah lednya,tp mslah pengaturan sorot lampunya,,

          • @cak ded.
            Liat dilapangan donk biarpun LED honda duluan tapi sebelah aja bisa adem tanpa silau arah yg berlawanan.

            Ujan deras gk tembus apalagi kabut???
            Hahahahaaa

  2. Vario 110,sonic.ncb wes jelas silau poll nak vario 125,150 mendingan
    Nak prodak yamaha gurung nemoni seng silau mbuh nak xabre.tpi seng nduwur kn lampu jauh gk mungkn nyala trus beda mbek lampu dekat seng pasti nyala trus

  3. Lha terus piye yg di tilang karena taro barang di bagasi mobil, taro tas di dek skutik n tutup pentil ga ada……..
    Nyari duit kok gitu amat..? G kenal dosa ya.
    Inget ya para pemimpin yg ga amanah n semena2 akan masuk neraka paling jahanam terlebih dahulu sebelum orang2 yg dosa karena mabuk, berzina, narkoba dll..? Inget.

  4. Kl untuk lampu Headlamp Njebeber pake Bohlam Jadul Kriep kriep gmna kang…??? lirik deretan motor yaMaho Muke Njebeber lampu Bohlam Jadul Kriep kriep..

    Kan secara pandangan Juelek buanget lebih merusak mata itu kang..

  5. apa lg kalo naik motory pelan2 dah gitu sambil liat2 kanan kiri.. . . Itu yg mestiy ditilang.
    Mestiy jln raya min. Kecepatan 35km

  6. Apakah Tilang ini berlaku khusus untuk kota Cirebon aj kang..??? Secara Cirebon sebagai Kota Berjuta Tilang dan udah terkenal dengan motonya.. sebelum anda tertilang di kota Cirebon, jangan Ngaku ngaku Pernah ke Cirebon.. semacam cindera mata khas Cirebon kang…

  7. Sebenarnya realita di lapangan bukan karena sorot lampunya kang, tapi wes jadi kesalahan berjamaah para rider yang selalu menggunakan lampu posiis HIGH BEAM sebagai penerangan jalan di malam hari. mungkin kelihatannnya area jalananan yang terkena pancaran sinar lebih luas, mindsetnya merasa lebih aman. tapi gak mikir kalau membahayakan rider di depannya. Sering kang khususnya di jakarta ini, saya lihat rider yang pake high beam tanpa henti, pas tak salip atau lagi kesalip keliatan itu lampu biru di speedo hidup alias aktif. suram kang. pesan saya tolong buatkan artikel tentang sosialiasi penggunaan lampu utama kendaraan ya kang.

    • Biasanya ridernya orang jompo bro,yg penglihatanya sdh mulai rabun,,, sudah saya titeni itu bro,,hehe

  8. Led yamaha diliat papasan adem tapi disisi pengendara terang. Kok beda sama honda?

    Led honda dari depan silau dari pengendara kabur.

    Kkkkkk.. honda bosok..

  9. ya harusnya pabrikan meberi limit untuk posisi setting lampu ke atas di posisi ideal jadi pengguna nggak salah setel atau malah di buat kayak lampu belakan jadi nggak usah setel setel, kan polisi kita kan kadang ada yg nakal cuman jadi alasan aja supaya bisa di tilang ya walau sebagian kecil tapi ada polisi yg seperti itu

  10. LED Nya AhM Silau Ngeri.kalau papasan.tapi pas ujan.keryip keryip.kaya kunang kunang bruakakakakakakak

  11. Maunya yang iwb tanya dari yamaha soal gak ada kasus led yamaha ditilang.

    Kasus led ditilang tu honda.

    Kalau honda jawab udah kayak pakar, tapi produk amburadul sama jawaban cuma formalitas saja..

    Kkkkkk..

  12. motor muka sempax si saber cap chines ndangak** mestinya dibakar gk cuman di tilang
    karena menggagu dan merusak pemandangan jalan selain mblolok i.

  13. semua penilangan pada motor standart pabrikan, baik itu lampu silau(led), rear fender pendek(sport), dan headlamp nyala sebelah…murni karna aparat terkait tidak beredukasi akan kendaraan zaman skrg. atau memang udah tau tapi ngotot pengen nilang demi kata “damai”.

  14. Sicebong150m&pario110 lampu sorot ndangak gawe silomen…wajib ditilang. Akakakakakak cruoooott

  15. Kebalikan sama Motor yaMaho kang… malah kena Tilang karena Lampunya masih Jadul Pake Bohlam Kriep kriep gk kliatan.. mukenya aja Di Jebeberin kang.. isinya Bohlam Jadul…

  16. Polisinya aja yg gak bener,seterang terangnya lampu motor masih kalah ma sinar matahari,yg paleng utama tu malah selebor belakang kalau musim hujan,tolong dirazia tu motor yg selebornya gak standart.suruh masang ditempat

  17. Harusnya stelan lampu udah d stel dr pabrk biar gk ndangak,soalnya kbnyakan user ngebiarin bgitu aja gk peduli lampu dekatnya ndangak,#kbnyakan produk a*m

  18. Yang menjadi pernyataan,pertanyaan kamsudnya,mengapa semua produk AHM itu masih saja ndangak headlampnya.
    Cebong rompal tanki bocor contohnya

  19. nah kui lek. klo motor keluaran anyar pabrikan mustinya diukur juga arah sorot lampu kalo pas dipake boncengan. makin berat beban kan makin njengat. opo maneh ibu2 gendut numpak matic, byuuhh… wes ngepite medeni, lampune mbloloki.

  20. Saya cuman bandingin ya….knp motor yamaha yg pake hl led ada semacam cover yg nutupin bagian atasnya dan rata2 arahnya menghadap ke bawah…..sedang honda seperti minim covernya dan arahnya lurus kedepan klo g dibilang agak dangak….apa ini yg jadi masalah…?

  21. silo gak boleh mati gak boleh nyala kurang terang….. pulisi maunya apa sih?

    duit? gak cukup gaji bulanan apa? k********@$@$@@#)(#@-)

Comments are closed.