iklan iwb
iklan iwb

460x110

Honda new Tiger

Dua puluh lima tahun yang lalu…..Indonesia dikejutkan dengan kehadiran sosok kuda besi bertampang bak moge. Disaat lainnya masih setia mempertahankan model serba kotak….AHM tiba-tiba memasarkan sebuah motor dengan desain square membulat. Mulai dari lampu, tanki hingga ban….semua serba gambot. Tak ayal……seluruh biker langsung jatuh hati padanya. Berlabel Tiger 2000…….engine Kaizen 200cc ini langsung menjadi idola bagi para biker penyuka turing. Sayang…cerita itu seperti masa lalu……
Mtx-440

iklan iwb

Taringnya yang tajam seakan tanggal tak berbekas. Karena alasan emisi gas buang…..produksi Tiger dihentikan. Tekad Honda yang ingin menginjeksikan seluruh line up-nya membuat sang macan tinggal cerita. Pertanyaannya….mungkinkah AHM akan merilis new Tiger tahun ini ??. Sebuah generasi all new yang akan membuat biker terkejut seperti era 1990an silam???……

Dari penerangan IWB belum kangbro. IWB belum menemukan indikasi pergerakan AHM sudi “menyentuh” Tiger dalam arti sebenarnya. Project “behind the scene” mungkin….hanya mereka yang tahu. Namun “real’ dilapangan masih negatif. Sebab seperti yang pernah IWB bahas diartikel sebelumnya…fokus utama mereka saat ini adalah pasar sport 150cc. Bertahap dan jika selesai pada perang pertama….maka melangkah keperang berikutnya. Jadi ora usah berharap banyak untuk sang macan tahun ini…..

Dalam kamus AHM…..konsumen adalah nomer satu, penegasan tersebut selalu didengungkan oleh para pejabat Astra. Karena itu menurut mereka…..masukan, keluhan ataupun jeritan hati konsumen berusaha didengarkan dengan seksama. Mungkin banyak yang ngedomel…..lha mendengar tapi koq lama bener ki??. Sampek botak sariawan nunggune cak-cak. Keburu melempem kayak krupuk kena siram kuah ki pakdeee. Betul…IWB juga merasakan mzbro. Kita sebagai konsumen….pengennya buru-buru. Maklum…sebagai orang awam maunya produk langsung nongol dan kita tinggal ngitung tabungan….beli kemudian selesai. Padahal jika digali lebih dalam tidak sesimpel itu…..

Honda new Tiger

Dari sisi pabrikan….prosesnya puanjangggg bener. Ketika muncul konsep….maka coretan akan direalisasikan dalam bentuk sketsa. Dari sana…R & D akan mengembangkan dengan tim lain meliputi komponen kecil yang berfungsi sebagai pendukung. Vendorlah yang digandeng membikin printilan part dengan jumlah ratusan atau kalau nggak malah ribuan. Seal diracik NOK….suspensi Showa atau Kayaba…..kelistrikan Denso…..piringan cakram Yutaka atau Sunstar….mika lampu Stanley atau Koito….speedometer pricol dan masih banyak lagi lainnya yang tidak bisa IWB sebutkan satu persatu. Semua unsur butuh bertahun-tahun sebelum bisa diproduksi utuh. Pokoke jlimet tenan kangbro…..

Last….nama Tiger memang menjadi legenda tak tertandingi dinegeri ini. So…jika AHM mematikan tanpa menghidupkan jelas menjadi kesalahan terbesar dalam bisnisnya. IMHO IWB yakin mereka tidak akan melakukannya. Hanya saja satu yang membuat bingung…..apakah Honda akan tetap memilih single silinder pada simacan?. Bocoran lawas banyak membahas tentang Honda new Tiger walau akhirnya menguap. Dan mayoritas menyebut satu silinder. Herannya…dari aksi terawang, IWB tidak menemukan sosok naked bike diatas 150cc. Justru…samar-samar siluet naked biker 250cc twin silinder yang melintas. Nah….terus iki motor opo??….(iwb)

iklan iwb
Previous articleHonda recall 2,222 unit Goldwings karena masalah pengereman….
Next articleMotogp : Confirmed….Aleix Espargaro tinggalkan Shark ganti KYT tahun 2016 !!
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!