iklan iwb
iklan iwb

Ninja250FI

Bro dan sis sekalian….akhirnya secara resmi Korlantas Polri sudah mengetukkan palu tanda pemilahan SIM C segera diberlakukan. Seperti yang kita tahu….kedepan SIM akan dibagi menjadi 3 kelompok penggolongan yakni SIM C, C1 dan C3. Hanya saja IWB sedikit bingung dengan berita terbaru yang dishare oleh Detik sebab disini untuk kategori 250cc yang ternyata masuk golongan C1. Byuh……
New iwb-tmc

Mtx-440

iklan iwb
iklan iwb

Dari informasi yang IWB kutip dari Detik…SIM akan dibagi menjadi 3 golongan yakni….

  • SIM C: untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250 CC
  • SIM C1: untuk sepeda motor berkapasitas 250-500 CC
  • SIM C2: untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 CC ke atas.

Nah…monggo sampeyan intip dari tabel diatas, motor 250cc dimasukkan dalam golongan C1 yang juga diisi oleh moge 500cc. Hal ini beda dengan berita awal dimana 250cc masih masuk golongan C polos dan baru 251cc keatas ke C1. Artinya…….jika patokan berdasarkan STNK yang biasanya merupakan pembulatan walau cc kurang sepersekian…..berarti sampeyan para penunggang Ninja 250 FI ataupun YZF R25 kudu siap-siap ganti SIM C1. Apalagi aturan ini sudah sangat dekat yakni 1 Mei 2016….

tes ujian sim c

Aturan penggolongan SIM C yang baru mulai berlaku 1 Mei 2016. Nantinya SIM C akan terdiri dari tiga jenis, yakni C, C1, dan C2. Rencana tersebut akan direalisasikan pada triwulan pertama 2016. Paling telat April 2016. Penggantian SIM C dengan golongan baru akan dimulai serentak Februari – April 2016..” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin. Nah…jadi biker diberi kesempatan mencari SIM C1-2 selama jenjang 2 bulan. Setelahnya peraturan akan berlaku dan sampeyan akan langsung ditilang jika pada April 2016 masih menggunakan SIM C polos saat nunggang sport 250cc keatas….

Last…selain menggaris bawahi penggolongan SIM, Korlantas Polri juga mengumumkan aturan baru tentang perpanjangan SIM dimana masa tenggang 14 hari sebelum habis masa berlaku. Jikapun telat kita akan diberi kelonggaran hingga 3 bulan untuk segera memperpanjang. Setelahnya…..ya terpaksa membuka permohonan baru melalui tes tulis ataupun praktek. Uniknya…..peraturan baru ini bukannya tanpa kontra. Sebab beberapa pengamat seperti Ketua Presidium IPW Netta S Pane via detik menyoroti legalitas payung hukum serta praktik pengurusan SIM yang masih sulit lepas dari praktik percaloan sehingga dikuatirkan sistem ini malah akan membuka objek baru bagi oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga saja tidak. Penggolongan SIM??. IWB kudu golek C2 ki pakde….sobek tenan :mrgreen: …...(iwb) 

 

 

 

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

144 COMMENTS

    • Pada dasarnya cc semua motor indo kurang dari 250cc.
      Paling 248, 249 kagak adayg pas 250 atau lebih dari 250 lebih dikit.
      Jadi logikanya masih pake sim c

  1. Goblok bgt tuh polisi aturan sendiri gak ngerti

    Mau ninja 250
    Mau r25
    Mau minerva maggeli
    Mau cbr 250
    Mau inazuma 250

    Semuanya gak nyampe 250 cc

    Cuma 248-249cc doank

    Wkakakakka

    Pantes aja tutup pentil di tilang alesan tidak memenuhi kelayakan

    Kelayakan apanya pak wereng guoblok

  2. ngoahahahaha

    yang punya CBR 250 jomblo ga usah khawatir
    sim tetap sim C
    karena dianggep motor murah boreup

    zlubbbbbbb

  3. ngoahahahaha

    CBR 250 jomblo ga dianggep
    maklum motor dangak2 tampilan murahan dianggep bore up an
    plus fbh kgak ada yg beli

    zlubbbbbbbbb

  4. Ninja 250 CC aman
    Tipe 4-Langkah / Tak, Pendinginan Air, Dua Buah Sejajar
    Maksimum Power 23.5 kW {32 PS} / 11,000 RPM
    Torsi Maksimum 21.0 n-M {2.1 KGF-M} / 10,000 RPM
    Volume Silinder 249 cm3
    Sistem Bahan Bakar Fuel Injection Sistem (o28 mm x 2) dengan katup Throttle Ganda
    Sistem Pengapian Digital
    product.kawasaki-motor.co.id/productdetail-52-ninja-250r-new.html

    Honda CBR 250
    mesin
    4 Langkah, DOHC, Silinder Tunggal
    Kelas
    250
    Volume Langkah
    249,67 cm3
    Diameter X Langkah
    76,0 x 55,0 mm
    Perbandingan Kompresi
    10.7 : 1
    Daya Maksimum
    29,0 PS (21,0kW) / 9.000 rpm
    Torsi Maksimum
    23,0 Nm (2,3 kgf.m) / 7.500 rpm
    Kapasitas Minyak Pelumas Mesin
    1,8 liter
    http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/cbr-250r-abs/#.VpMtZbaLTIU

  5. Judulnya ganti lek.
    Ninja 250 cc nya 248 cc dan r25 cc nya 249 cc.
    Ituh berarti mereka gk perlu pake sim c1 karena 250cc

  6. Mas, SIM C saya habis April nanti dan kebetulan saya baru saja pindah (dulu warga Semarang, sekarang sudah pindah KTP Surabaya).

    Apa saya bisa perpanjang secara online langsung & sekaligus ambil ujian SIM C1 ya? Karena perpanjangan Ini sekalian dengan pindah wilayah.

    • imo, scr onlen kemungkinan kagak bisa, soalnya pake acara ganti alamat.
      Biar gak pake uji praktek, cabut dulu sim asal (smg), baru bikin baru di alamat baru.

    • Harusnya sih nggak mas.. Secara kalo punya sim B1 udah ga perlu punya sim A. Teorinya, kalo bisa nyetir mobil gede ya udah pasti bisa nyetir yg kecil.. Ga berlaku sebaliknya

  7. Payah ni bloger nya gagal melek hehhehehe
    Ninja , cbr dll yang katanya 250 cc itu gak sampai 250 cc cuy,, itu jelas kok makanya masih bisa pakai sim C

  8. kang saya mau nanya apakah nantinya yg misalkan punya sim C2 bisa bawa motor bebek atau metik gitu, ini hanya rasa keingin tahuan dari segelintir orang yg penasaran seperti saya, mohon info pencerahan nya trimakasih sebelumnya kang iwan .

  9. Kaayaknya rider ninja 250 sama R25engga perlu pake smim C1 deh mas iwan..kan kubikasi realnya masih 249 koma sekian cc..jadi belum tembus 250 cc…iya kan?hahhahaa

  10. Setuju :
    # Power 250 CC walau sebenar nya masih kelas pemula/amateur, cukup jauh berbeda di banding 150CC, begitu juga dengan potensi “OverClock” Nya.. 😀
    # Begitu juga perbedaan bobot yang setidak nya bisa mencapai 30KG – 100 KG.. Semakin berat, semakin membutuhkan fisik,skill dan timing untuk akselerasi,changing lane maupun deselerasi (gak bisa main gas poll rem pooll thooo)
    # Calo ? Pasti ada ! Cacat Omongan Saya!! <– Tetapi setidak nya calo untuk C1 , C2 akan lebih mahal daripada C biasa.. Semacam "Filter" Tambahan di otak ketika akan melakukan "Manuver Beresiko" (#KalauMasihPunyaOtak)

    • 250cc?
      Yak elah ane mah gk terlalu kawatir. Sim ini kan buat motor jalan mas. Kalo yg situ bilang ituh keterampilan buat track day mas e.
      Jangan liat dari cc mas. Kalo mau beneran liat power to weight ratio. NSR 150 SP, ninja rr150 apa lagi serpico bisa sama loh powernya sama ninja 250 atau r25.
      Cuman kalo sim lewat power to weight ratio ya ribet

  11. #Kalau melihat SIM A B1 B2, Seharus nya penggolongan
    C : 1 CC – 249 CC
    C1 : 1 CC – 500 CC
    C2 : 1 CC – 1000 CC

    Jadi lebih ke “Range” MAX CC

  12. Bakal jadi lahan akal”an polisi buat nilang.
    Polisi: maaf bapa kami tilang karena motor anda 250cc tapi SIM anda yang C
    Rider: lah, motor saya ga 250cc ko. Coba liat STNK saya, berapa kapasitas mesinnya
    Polisi: 249,–cc pa.
    Rider: nah bukan 250cc kan. Berarti masih bisa SIM C
    Polisi: tetep kami tilang pak, karena pembulatan keatas.
    Rider: (jambak polisi, tempelin mukanya ke knalpot)

  13. Tergantung STNK nya…CC nya berapa ? jika 249, …. maka cukup C polos

    Siap siap yang ingin buat Sim C1 atau C2 di ketok abis via calo

  14. Mr.anom ternyata bikin blog
    ayo kita bakar !!!

    mbah69anom.wordpress.com/2016/01/11/tidak-suka-nama-yamaha-xabre-ini-dia-nama-yang-lebih-gokil-ternyata/#more-239

  15. Ujian praktek nunggang bebek aja kalang kabut masbro… Apalagi yg ujiannya pake motor 250cc atau malah moge +500cc… Lahan baru buat polisi yg udah biasa jadi calo sim nih… Sim C biasa aja 600 kalo nembak… Kalo C1 & C2 berapa ya….??? Wah bisa2 polisi lagi ngitung untung nih…

      • Pajak motor juga naik lho…. Motor absolut revo keluaran pertama yg udah bladus tahun lalu pajaknya 150 ribu eh tahun sekarang 190 ribu… Ini pemerintah kayaknya benci sama pengendara motir ya…??? Semuanya dibikin aturan yg merugikan para penunggang motor.

  16. Ujian praktek nunggang bebek aja kalang kabut masbro… Apalagi yg ujiannya pake motor 250cc atau malah moge +500cc… Lahan baru buat polisi yg udah biasa jadi calo sim nih… Sim C biasa aja 600 kalo nembak… Kalo C1 & C2 berapa ya….??? Wah bisa2 polisi lagi ngitung untung nih…

  17. Hahahahah jos gandos pajak naik buat pengguna 250cc, secara tidak langsung si pokis masukin Ninja250 – R25 dkk dikategorikan dengan barang mewah….

    • pak polisi rupanya tau mana motor mewah mana motor biasa.
      Jd meskipun katanya 250sese, tp kl gak disebut berarti motor biasa.

  18. kalimat 1 dg yg lain pd artikel penjelasan lek iwb antiklimax dikatakan sim C untuk mesin dibawah 250 cc. tp disisi lain lek iwb menjelaskan dg mantap bahkn dijadikan judul bahwa ninja 250 n r25 wajib ganti sim C1..padhal seperti komen2 diatas volume dari mesin kedua motor tsb tidak pas atau kurang dari 250 cc.

    tolong lek, ini membingungkan.

    • Kalau berdasarkan patokan STNK biasanya dibulatkan menjadi 250cc walau mesin 249 sekian. Pertanyaannya…SIM nanti berpatokan pada dapur pacu murni atau penggolongan kendaraan di STNK. Ini memamg masih bias kang. Kita tunggu saja. Klo ada update info pasti saya revisi artikele

      • nah sebagai info nih, R25 dan CBR250
        di stnk tercantum 250 meskipun cc
        249..
        Namun Inazuma tertulis 248…
        Ninja series belum cek

        untuk informasi yg sudah bisa di cek di web lantas.polri, memang threshold awal adalah di bawah 250…sesuai dengan artikel

  19. bahkan di artikel wak haji, sim sistem baru akan mulai pada bulan pebruari…wah harus njungkir, mlumah, murep ki lek koyone..karena sumbernya terkesan belum fix.

      • kalau memang sumber dari detik itu fix, berarti polisi atau negara kemungkinan menginginkan tambahan income pajak dari pembaruan sim tsb lewat pembulatan volume mesin. secara ini lebih dititik beratkan kpd motor2 250 cc yg lbih bnyak di indo dari pda motor yg ber cc lbih besar dri 250 cc, ini jls lbih mnguntungkn negara. karena sumber dari peraturan ini tak sama dg yg awal diinfokan.

        yah, tks lek untuk ancang2…bgaimnapun jg sy yakin bnyak dri rider yg mnggunkn info dri blog lek iwb untuk dijadikan barometer dlm dunia otomotif n tetek mbengeknya.

  20. Lha kalo dikasih batas waktu buat cuman perpanjangan (perubahan) dari c ke c1 brarti cuman ngutip uangnya doang, tanpa ada perubahan cara mengendarainya dong? padahal kan aturan ini awalnya kan buat……ah sudahlah

  21. Jika kalian mempermasalahkan 250cc knp motor2 trs dinamakan ninja250??bkn ninja 249?knp bkn r24,9 tp malah r25?knp bkn cbr280r.
    Trs di balapan kelas 250cc, ninja,r25 dan cbr250r bs masuk kategori tsb?sdgkan cc nya ga nyampe 250cc.
    Gliran ad aturan protes aj, pdhl sim digolongin bgt buat safety masing2, msk tes sim pake motor bebek sdgkan motor aslinya mogeh,ya nabrak jadinya krna ga bs ngontrol motornya.
    Think smart…

  22. Jika kalian mempermasalahkan 250cc knp motor2 trs dinamakan ninja250??bkn ninja 249?knp bkn r24,9 tp malah r25?knp bkn cbr280r.
    Trs di balapan kelas 250cc, ninja,r25 dan cbr250r bs masuk kategori tsb?sdgkan cc nya ga nyampe 250cc.
    Gliran ad aturan protes aj, pdhl sim digolongin bgt buat safety masing2, msk tes sim pake motor bebek sdgkan motor aslinya mogeh,ya nabrak jadinya krna ga bs ngontrol motornya.

  23. Tadinya gw gag pusing mikir binin SIM baru, tapi setelah cek STNK, ditulisnya R25 gw 250 cc
    Kalo liat mental polisi sih, pasti kena tilang kalo cuma SIM C biasa, biarpun gw bawa2 brosur spek R25, pasti polisi tetap patokan sama STNK

  24. “Penggolongan SIM??. IWB kudu golek C2 ki pakde….sobek tenan :mrgreen: ……(iwb)”

    Hayoo mz iwan jebule nduwe mogee, wkwkwk
    Penasaran ki mogene apa ngoahaha

  25. “Penggolongan SIM??. IWB kudu golek C2 ki pakde….sobek tenan :mrgreen: ……(iwb)”

    Hayoo mz iwan jebule nduwe mogee, wkwkwk
    Penasaran ki mogene apa ngoahaha

  26. N250 perasaan ga sampai 250 cc alias sekita 247cc saja, dikarenakan bore x stroke nya mirip dengan cs1 yg 124,7 cc.. Tinggal kali 2 aja tuh…..

    Ga sampai 250 cc masa harus ganti sim c1…?

  27. kenapa gak bikin aturan yang pembelian motor dengan kubikasi tertentu mensyaratkan wajib memiliki SIM sebagai syarat pembuatan stnk dan bpkb ?
    sorri agak oot

  28. Lahan basah lagiiiiii….
    Ayo yang pingin kaya jadilah polisi.
    Dimana-mana jadi duit, garong berseragam yang profesinya dilindungi undang-udang.

  29. Tetep paling banyak 250cc kebawah. Gak akan menyelesaikan masalah menurut pandangan saya Kang IWB. Apalagi ilegal biker macem anak2 SMP… Sama kayak peraturan lampu nyala disiang hari. GAK GUNA!!!!

  30. Oalah iki jenenge lahan basah seng tambah basah bagi oknum oknum tertentu. Heleeehh tambahh telesss pakdeee kwkwkwkwkwkkk

  31. kuclux – January 11, 2016
    bulan kmrn perpanjangan sim C abis 190rb.
    – kir plus mbuh opo (katanya onlene) 40rb.
    – biaya ganti sim 150rb
    ——————————————————-bikin BPJS kesehatan aja ngaku ngaku bikin sim

  32. Kalian dongok kuadrat yaa(khususnya fbh tulul)…
    Memang mesin ninin fi n R25 248/249cc
    Tpi liat di stnk broo…
    Tidak ada yg ganjil kubikasinya..
    Pasti di genapkan..
    Berlaku utk semua motor..
    Mangkanya bagi mereka punya motor yg mempunyai merk kedua trsebut wajib sim c1
    Kcuali bagi si jones,ga usa di ksi sim aja,krn gd nunggang..

    Ngeriii..

    MakZleb

  33. udahlah,, gini aja
    cbr250, r25, ninja250 kena pajak PPnBM gak??
    pajak PPnBM kan untuk motor di atas 250cc
    nah kalo gak kena berarti ya di anggap dibawah 250cc

    jadi, simpelnya aja, SIM C1 untuk motor yang kena pajak PPnBM 60% (motor cc 250-500), dan SIM C2 untuk motor yang kena PPnBM 125% (motor cc >500

    kalo pinter ya alasannya itu

  34. Mas IWB saya ud coba tanya2 samsat dan korlantas polri, tapi smua pada bilang belom tau tuh mengenai prosedur sim c, sim c1, dan sim c2. Saya mau menanyakan kepada mereka apa ninja 250 bakal musti bikin sim c1 apa ngak? sayang semua katanya masih belom ada info pastinya. Bahkan saya sempat menanyakan kepada biro jasa aja mereka masih belom mengetahui tentang masalah pembedaan sim motor ini, mereka ngototnya sim motor yah cuma ada sim c aja smua nya. trima kasih & smoga dibaca nih comment saya oleh mas IWB

  35. kalo lebih pinter lagi, sim C untuk motor DIBAWAH 250 cc
    nah kubikasi r25 dll itu apakah DIBAWAH 250 cc??
    jawab, IYA, 249<250

    trus sim C1 untuk motor 250cc-500cc

    nah, apakah cc r25 dll itu berada di antara 250-500??
    apakah 250<249<500?? gak kan??
    jadi r25 dll tetap cukup pake sim C biasa

    please dont be a stupid people

    kalo ditilang, ya maju aja di pengadilan suruh hitung cc nya berapa untuk pembuktian

    please dont be an oppressed people

  36. Gak juga mas Iwan, kan dalam kenyataannya cc gak 250 bulet, biasanya 249 atau 248 cc, masih bisa di C kalo sesuai berita detik diatas. Coba cek stnk deh, kan gak bulet 250 cc

  37. Klo diliat dari aturannya seharusnya motor seperti r25, ninja fi 250 masuk klasifikasi sim C bkn C1. Secara klo liat cc yg sah kan yg tertera di stnk. Bkn yg ngikutin nama varian motornya.
    Gimana kang, ada pendapat dari kang iwan pribadi?

  38. nah sebagai info nih, R25 dan CBR250 di stnk tercantum 250 meskipun cc 249..
    Namun Inazuma tertulis 248…
    Ninja series belum cek

  39. Kalo sehari hari menggunakan mtr 150cc dan sesekali 250cc,
    Harus bikin sim c polos dan c1 ?
    Atau c1 sudah merangkap sbg c polos yah ?

  40. update kang, baca di ok*zone ternyata peraturan yg baru keluar cuma membahas tentang perpanjangan sim, bukan penggolongan. kalo penggolongan masih direncanakan sampai 2017 nanti karena sarana yang belum memadai

  41. Ngelirik komen niate golek info ben lebih jelas , eh malah ngelu dewe kang iwan , belum fix soale *dipikir karo turu ae wes :v

  42. yang bikin “range” penjenjangan sim C-nya KATROK….!!!
    pantes aja jadi rame…
    harusnya tuch ya..
    sim C.. kurang dari 250 cc
    sim C1..251 – 500 cc
    sim C2..501 cc keatas..

    jadi kudu ada spare 1 cc ditiap range-nya… biar gak bikin bingung…

    tapi ingattt.. spek motor mesti ori ting-ting dari pabrikan… selain itu kalo modipan..ya sak karepe polisine… salah’e motor wis apik dimodip dedel duwel gak karu2an.. 😀 😀 😀

    ciaoo..!!!

  43. gimana kalo om TMC dan teman teman bloger bikin kampanye pembuatan sim dengan jalur yang benar. Dan teman-teman disini juga bisa mulai menularkan ke yang lain bagaimana cara mendapatkan sim dengan jalur resmi yang benar.
    karna pihak kepolisian toh ga bisa apa2 kalo memang kita minta tes resmi.

    saya rasa bobroknya keadaan pengendara di indonesia mulainya dari sini.mudahnya jalan pintas. segala pingin instan. dan parahnya ini akan menurun ke generasi setelahnya. ini yang membuat anak2 dibawah umur dengan gampangnya lalu lalang dengan sepeda motor.

    repotnya lagi hal ini sulit muncul ke permukaan, karna hampir semua kalangan mendapatkan sim dengan cara “nembak”. ga terkecuali jurnalis di media2 dan pejabat. makanya ga ada yang usik. (kaya buka aib sendiri).
    ya mungkin bisa di mulai dari orang2 yang concers dengan safety ini bisa jalan.

    pengalaman saya memang mendapatkan sim motor dengan benar memang tidak selalu gampang. tapi sangat bisa di pelajari dan dilatih. (ini saya ulang sampai 2x di tes praktek)
    beda lagi dengan sim mobil. palingga tes 3 kali baru bisa lulus tes praktik. (karna karakter mobil yang kita gunakan sehari2, dengan mobil tes bisa sangat berbeda)

    trima kasih kang.

  44. Admin cb di talat, penggunaan sim C bisa di pakai sampai 250cc nah yg sim C1 di pakai dari 251cc – 500cc. Walaupun motor yg di pakai 250cc atau 249cc, 248cc masih tetep pakai sim C kecuali motor yg di pakai 251cc sampai 500cc baru lah pakai sim C1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here