iklan iwb

new Satria FU injeksi_iwb

Bro dan sis sekalian….dalam rangka meningkatkan performa new Satria FU, Suzuki merombak total konstruksi dalamen sang ayago. Salah satu yang menjadi perhatian IWB adalah pada komponen piston yang ternyata juga diubek-ubek. Emang diapain??….
New iwb-tmc

Mtx-440

iklan iwb

Untuk mengail power hingga 18,2hp…Suzuki harus merubah nyaris seluruh konstruksi engine dari Satria lawas. Salah satu yang menjadi konsen mereka adalah pada sisi piston. Maklum mzbro….komponen ini merupakan jantung penting jika ingin mendapatkan ledakan optimal selain material lain tentunya. So……tidak heran mereka berusaha keras mengurangi bobot piston agar lebih minim gesekan…..

Yup…dari bocoran yang IWB terima, engineering Suzuki mendesain ulang komponen piston. So…jangan heran untuk FU injeksi kini diameter pin piston menjadi 15mm dari sebelumnya 16mm. Selain itu…..tinggi piston juga dikurangi cukup signifikan. Jika karbu berukuran 45mm maka yang injeksi menjadi 39 mm. Alhasil Suzuki mengklaim material lebih ringan hingga 16 %. Dampaknya…mesin berkitir lebih enteng…..

Last…selain beberapa poin diatas, permukaan kepala piston juga didesain ulang untuk kompresi dan menyesuaikan perubahan diamater katup. Tidak lupa dinding piston dibuat lebih bertektur dengan tujuan mempertahankan lapisan oli. Apa yang IWB jabarkan diatas hanya secuil info teknis yang akan kita beberkan secara gamblang pada next artikel. Stay tune mzbro……(iwb)

Satria FU injeksi bedah total (19)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

116 COMMENTS

  1. Wihhh knalpotnya fu berlubang tuch. Bisa masuk air itu. Kita semen yuk fbh biar gak bocor masuk air.

    Nguahahahah

    Fbh mode bloon.

  2. Ayo yamaha bikin ayago,, biar jadi first mover.

    Kan yamaha selalu first mover, jangan bikin ayago DOHC nanti d kira pengekor….

    Makanya bikin ayago SOHC,, kan jadi first mover lg deh….

    ????????

    • Semangat mooo…

      Mudah2an bisa naekin ms bos mu ya….
      Ms mengkeret harus semangat lagi bc nya…
      Wekawekaweka…

      • Ngga papa dnf di race mah, yg penting standart dan harian mem#x king masih dibawah sonic, fu ,dan new sat fi wkwkwkwkwk ,mending tidur dulu lagi tuh mimpiin lagi new ayago dan new dohc yg masih jauh diangan angan wakakakakak

  3. dengan byk mengurangi ukuran,brti matrial piston lebih bagus dr yg lama, kalo masi sama dgn matrial yg lama, wah rawan rompal

  4. Audi Tarantini (manager development R2 SIS) sedang nguji seharian mesin diputar 14.000 rpm. Kondisi piston masih utuh normal sprti smula.

  5. Ini baru teknologi yang sebenarnya
    DOHC overbore…
    Bicara kecepatan ya DOHC Overbore, catet DOHC Overbore, bukan DOHC overstroke, yang dikemas dgn jargon NEARLY SQUARE…!!!sport Dan kencang kok mau irit???
    #sampaikapanFBHamaudiapusi?

  6. suzuki .mati2an mmprthnkan singgasana ayaho..krna cuma itu backbone penjualan..
    motor sport batangan..mimpi aja deh…

  7. Masih bagus sonic,18 dk ngeri..lebay.ku punya ninja rr nyantai aja,g heboh pake ngeri.liat dulu konsumsi bbm fu,honda bisa aja punya power seperti fu jika bbm nya dibuat sama kayak fu(borosnya)dg model lebih bagus sonic,kayaknya masih lakuan sonic.ingat pigson sohc 5 speed aja bisa laku karena model(walau mesin jadul)mesin kedua bagi fby..yg penting model.

  8. ngemeng dohc aja ampe berbusa2, giliran nemu lobang di tutup tangki bingung, malah mau ditambal pake alteko.
    Wkwkwk
    jlub

  9. 34. rossikil naik yamancal – January 5, 2016
    suzuki .mati2an mmprthnkan singgasana ayaho..krna cuma itu backbone penjualan..
    motor sport batangan..mimpi aja deh?
    ********************************
    Tinggal menunggu bebek super punyanya Honda maka persaingan tambah puanuas rek. Bhuehehehek

  10. Analisa pribadi tukang nasgor,

    Berat piston di kurangi bisa dengan cara pemendekan kubah/ ekor piston dari 45mm menjadi 39mm. Dan juga sepertinya untuk menurunkan kompresi mesin trial yang terpatok di angka 13.5:1 menjadi 11.5:1 untuk mesin masspro. Serta Pemakaian piston ringan mampu mendongkrak di putaran atas. Semakin sedikit beban putar menjadikan akselerasi lebih cepat merespon.

    Besaran pin piston dan panjangnya juga pengaruh, memasang piston dengan pin lebih kecil, tentu lebih bagus, untuk ukuran 15mm sudah cukup bagus.

    Melihat bentuk kubah piston & relief (coakan) pada permukaan piston untuk menerima lift klep tinggi sepertinya desain untuk High Speed Piston.

    Permukaan dinding piston lebih berteksture untuk mempertahankan lapisan oli, sepertinya kuncinya disini adalah kwalitas Ring Piston yang bagus.

    Fungsi Ring Piston untuk men-Stabilkan piston bergerak dalam silinder, melumasi piston dan pin, menahan oli di crankcase, serta mengatur kompresi di ruang bakar.

    Ukuran ring piston yang terbaik, sekecil dan setipis mungkin yang bisa diperoleh. Sayangnya ada imbas nya, Ring semakin dekat dengan panas (Overheat), tetapi sepertinya jika di lihat dari gambar di atas gap ring piston di buat lebih lebar untuk meng-antisipasi hal ini.

    Permukaan Ring Piston lebih tipis membantu mengurangi koefisien gesekan terhadap dinding liner. Dari informasi yang di dapat test di kisaran maksimum 14.000Rpm seharian penuh agar dapat Mengetahui apakah kwalitas ring seher mampu mengurangi/ menahan gejala ring piston flutter.

    Sepertinya Gas Ports juga ditambahkan untuk memberi lebih banyak tekanan pada ring piston ke dinding mencegah kebocoran. Tambahannya, jika memakai ring piston lebih ringan dan tipis maka bisa mengurangi gesekan saat langkah usaha, buang dan hisap, namun sangat bertenaga saat menahan kompresi.

    Belum lagi Pemaksimalan VE dengan memperlebar ukuran diameter klep *perkiraan 24 – 21 serta pengaturan derajat klep lebih tegak dari mesin sebelumnya.

    # Josssssss deh SIS, maaf jika ada yang salah. Kalau salah mohon di koreksi, kita belajar bersama. Hanya perkiraan pribadi saya.

  11. Artikel sesungguhnya membahas persoalan Dongkrak performa produk dari pabrikan SUZUKI, dan jelas head to headnya dengan pabrikan HONDA, tapi kenapa yang panas merk FB merek Y???

  12. Y : lemot tapi aman minum premium lbhmurah 2jt

    H : beda seujung kuku kompresi tinggi tapi KATANYA aman minum premium

    S : overkill

    udh jelas mana yg worth to buy

    • Ya brand H lh yg g value to buy.
      Tp knpa kok hmpir bnyak produkny laris y? Anehhhh… Pa y yg slh?
      Smga Sisusi mmpu bgkit dg produk2 yg bgus & mggerogoti sbgian MS Hondut… Jg sbgian MS Yahmama tntuny.
      Pnasarn akhr th tggl brpa MSny Yahmama ?

      • Ente termasuk org yg buta merek ..

        Knp onda laris ?
        Dari dulu ampe skrg pun org dh pada tau kalo motor ya onda
        Tradisi yg mgkin sulit di ilangin ya mindset “motor itu onda”.

        Nikmatin aja persaingan ini …

  13. ini baru DOHC asli limiter 12rb rpm

    DOHC ahem – ahem limiter cuma 9500rpm

    mesin mazapahit sebelah bisa sampe 10rb rpm

    #fakta

    • Tp ngeden e stengah edan… Bru nyampek kitirn 10rb stlh 3 th?!
      Behhh… Yg lain udh leyeh2 nyruput kopi & nyemil gedang goreng d warung TMC ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here