iklan iwb
iklan iwb

palang-kereta-api-diterobos

Bro dan sis sekalian…pasti sampeyan tersenyum dengan judul diatas. Lha piye…jelas jangan menerobos soale berpotensi tertabrak kereta. Dan jawabannya?….pasti betul. Lha piye….nerobos sing ono lak yo diambung kereta. Namun artikel ini tidak hanya menggaris bawahi hal itu. Ada penjelasan teknis yang membuat IWB pun tercengang bengong betapa ngerinya ketika kendaraan kita melintas diatas rel sebab berpotensi membuat mesin mogok. Walahhh….koq iso?….
460x110 IWBMtx-440

iklan iwb
iklan iwb

Yup….seperti dishare via FB, secara teknis bisa dijelaskan ketika kendaraan melintas diatas rel kereta dalam jarak tertentu dari lokomotif….maka mesin berpotensi mogok. Berikut kutipan lengkapnya…..

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo. Di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif (sekali lagi 1 KM)….

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA….

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sudah lemah dapat mati…

20140726201005772kecelakaan-kereta-vs-ertiga-di-kaligawe-semarang_20151105_100859

Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali. Sekali lagi Segera Keluar dari mobil anda. Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda…

Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena bobotnya. Rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem. Menurut Bagas Senoadji, PPNS Perkeretaapian…”Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit”….

Pertanyaanya…benarkah broadcast diatas?. Harus dibuktikan dengan penelitian mendalam. Namun apapun itu menerobos rel kereta api memang tidak dibenarkan. So….mari bersabar dan hindari menerobos kereta saat palang pintu sudah turun. Penyesalan selalu datang belakangan kangbro……(iwb)

mobil-dan-motor-dihantam-ka-kalijaga-satu-tewas-IX8

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

89 COMMENTS

    • Setelah baca Artikel ini, Saya putuskan untuk tidak…………….
      .
      .
      .
      .
      .
      Membaca Artikel ini lagi :mrgreen:

      *Terobos terus cak ben gelis Cak 😀

    • Kalo gw bodo amat, kalo pun ketabrak, yang mati kan cuman pengendara tolol itu doang. Sama kasus nya kaya pengendara motor yang gk mau pake helm. Kalo kecelakaan ya dia doang yang mampus.
      Intinya, SUDAH TAU KALO BAHAYA, TAPI TETAP DILAKUIN, ya udah rasain sendiri akibat nya.

      • masalahnya, kalo dia mati bisa gitu ngubur sendiri atau tiba menguap ilang mayatnya? tetep aja bakalan ngerepotin yg disono

      • Palang pintu kereta api jg dibuat khususnya untuk keselamatan penumpang di dalam kereta yg jumlahnya bisa ratusan, apalagi krl kalo pagi dan sore. Bayangkan kalo itu kereta nabrak sampai rangkaiannya keluar dari rel….. maklum ane biker sekaligus roker…

    • kang IWB saya Tambahin..

      itu bisa juga karna motornya Yamaha.
      cos motor Yamaho g pake FuelPump.

      jd klo lewat Jalan yg Kurang Datar.. bensin g penuh. motor otomatis Mati..

      yahh gitu Dehh Motor Yamaho..

      • Sayang bener penjelasannya salah mas.
        Posisi tangki bensin di motor ada diatas karbu/sistem pemasukan bbm. Dengan mengandalkan gravitasi sudah cukup, tidak perlu fuel pump.
        Saya rasa hampir semua motor masih posisi tangki ada diatas. CMIIW..
        Sudahlah gak usah memulai yg gak perlu yaaa…

  1. Motor yang melintas depan rumah ane sering mati mesinnya kang, karena depan rumah ane ada polisi tidur.
    Berarti polisi tidur ada medan magnetnya ya kang?!

      • Sepakat.. memang tolol. Termasuk kalau saya dan keluarga yg melakukannya. So what? Hanya karena khawatir keluarga sendiri yg melakukan tsb kita jadi gak berani bilang hal yg benar?
        It is you who have to think before speaking..

      • Trus klu emng keluarga bikin kesalahan ga boleh di salahin gitu? Di anggep bener mentang2 keluarga? Jelas2 ada tanda larangan lewat (di palang) msh aja nerobos, klu ga di bilang bodoh apa lagi coba? Ato bilang jenius biar kaya bloger sebelah, sering dnf/dlosor di bilang pembalap jenius.

      • Bro Petruk.
        Gw pastikan kalau ada perbuatan keluarga gw yg menerobos pintu lintasan kereta api adalah perbuatan TOLOL dan BODOH.

      • Tentu saja sekalipun orang tua saya yg menerebos pintu perlintasan akan saya bilang tolol masbro. Patuhilah rambu rambu demi keselamatan bukan karena takut ditilang polisi masbro.

    • Bukan tolol broo.. Cuma segelintir orang tak tau hukum.
      Sebagian Masyarakat Indonesia memang susah diatur…
      Udah jelas pasalnya, undang2nya,
      Tapi itulah..
      Budaya indonesia.. Undang2 dibuat untuk dilanggar.

  2. nek ngene piye?
    Ma’rufin Sudibyo:
    Ada metromini ketubruk KRL di perlintasan rel dg jalan
    raya di Angke, Jakarta. Korban jiwanya sampai 13 orang
    (!) Turut berduka untuk semua korban…
    Dalam kasus2 kecelakaan kereta api dg kendaraan
    lainnya, kerap muncul anggapan salah satu biang
    keladinya ya kereta api itu sendiri. Disebutkan sistem
    kereta api membangkitkan medan magnet demikian rupa
    sehingga mampu mengganggu sistem pengapian
    kendaraan2 yg sedang melintas di perlintasan. Sehingga
    kendaraan jadi mogok dan lantas jadi sasaran empuk
    roda-roda baja sang kuda besi yang melintas.
    Benarkah? Sayangnya tidak. Sistem kereta api memang
    membangkitkan medan magnet, namun sangat lemah.
    Bahkan dibandingkan kuat medan magnet dari magnet
    yang ada di sekitar rumah kita seperti dari ponsel
    maupun pengeras suara (entah di televisi maupun radio),
    kuat medan magnet yang dibangkitkan sistem kereta api
    jauh lebih lemah. Dan pernahkah mesin sepeda motor
    anda mendadak mati tatkala anda mendekatkan ponsel
    padanya?

    • kl medan magnetnya besar, otomatis barang didekat rel yg terbuat dr besi dan sejenisnya termasuk motor dan mobil akan tertarik gaya magnet, yg pd akhirnya akan menempel direl.
      Bgitu kira2 maksudnya.

  3. pengalaman sih, kalo memang masih jaoh, kita pakai gigi rendah aja buat nyebrang, krna turbin dinamo motor kalo gigi rendah masih nahan gelombang magnet rel. bisa dibuktikan kog.

    • Si petruk ini orang indonesia yg kurang pndidikan banged,tetep aja ngeyel walo ud dibully diatas..sudah dikasih warning jgn mlintas disaat KA datang,eh masih nekat mau mlintas..ya udah,ente terobos aja trs rel KA,stidaknya berkurang satu orang TOLOL dimuka bumi..

    • om petruk emang jos.
      Stelah sukses menemuka n Ecu pirelli, skr dah mematentkan penemuan barunya lg yaitu Turbin dinamo motor.
      Congratulation for your success.
      Hahaha

  4. Yg sering itu mobil/kendaraan jenis premium yg sistem pengapiannya pake elrektronik (semacamnya) berpotensi terganggu saat ada medan magnet diatas rel.

  5. Tahun kemarin tetangga saya dah jadi korban,kejadianya diDemak,7 orang sekeluarga tewas karena kijang yang ditumpanginya ketabrak kereta,mayatnya ancur awut2an…ngeriii……
    Zlubbb…

  6. Terlepas benar atau tidaknya teori tersebut, menerobos pintu lintasan kereta api adalah perbuatan BODOH yang sangat egois.
    Belajarlah sabar dan ikut aturan agar menciptakan rasa aman dan nyaman bagi semua orang dan lingkungan.

  7. Biarinin aja lah kalo emang pada nekat nerobos rel kereta.
    Itu namanya seleksi alam. Orang bodoh tereliminasi duluan. Hwehwehwe.

  8. bagi sebagian orang, melanggar aturan itu menambah rasa pede dan merasa diri gagah, keren plus jentelmen.CMIIW

    cek pribadi anda sendiri setelah melanggar aturan.
    gimana perasaan anda???
    hehehe

  9. Hoax itu kang iwan, cuma pesan berantai yg gak bisa di pertanggung jawabkan

    Btw kalo nerobos rel emang kayanya jangan deh apapun alasanya, mungkin pemerintah harus memilirkan palang pintu yg gak bisa di paksa buka sama tangan. Misalkan di buat dari beton dan tidak sistem ungkit. Tapi sistem buka tutup yg otomatis

    Sama satu lagi palang pintu harusnya punya waktu ideal sebelum kereta lewat. Misalkan 3menit setelah nutup kereta sudah harus lewat, setau gw yg bikin nerobos juga karena kereta di tunggu 15 menit belom lewat lewat, akhirnya ya warga nyepelein palang kereta

  10. Ane juga pernah baca n bisa di buktikan kebenaran’a karena medan magnet memang bisa membuat mesin mati ketika motor n mobil melintas d perlintasan rel kereta api…..
    Daya gesek antara roda lokomotif n rel besi berpotensi membuat mesin mati…..
    Hati2 klo yg mau nyebrang rel sembarangan…..? Nyawamu cuma 1. Inget anak istri n kluarga di rumah……

  11. Yang bikin deg-degan itu kalo jalan padat merayap, belum selesai melintasi rel eh tau-tau ada kereta lagi. Aku kudu piye?

  12. budaya indonesia sekarang ya gak tertib mas bro… urakan dan berandalan… gak motor gak mobil termasuk pejalan kaki juga lampu lalulintas hijau masih nyebrang sembarangan…

    intospeksi diri saja semua… nice info..!

  13. Yang ngenyel walau udah di kasih tahu pasti FBH pekok, biasa tebar brosur di rel udah pengalaman kok…tunggu ditusbol ama kereta dulu kali wkwkwkwk Modiaarrrr

  14. pernah sekali dan berharap itu yg pertama dan terakhir kali,nyebrang rel kreta yg sdh diportal,saya jalan bkn pake kendaraan,mata lirak lirik kreta masih jauh,ga taunya blm nyampe nyebrang kreta šdh dkt,saya mau kasih tau,ketika ada org yg berjalan lurus terhadap anda,akan susah mengetahui dia berjaln cepat atau tdk,akan susah juga dia kearah kita atau bkn,sm halnya dgn kreta td,wong msh jauh mata melihat karena tegak lurus ke arah kreta,bahkan kreta kdng kelihatan kyk berhenti,so the point tetap jgn lah coba nyalimu untuk melintas ketika sdh di tutup

  15. Jika darurat karena terlanjur mogok di perlintasan KA.

    Keluar dari kendaraan dan dorong sekuatnya ke luar jalur. Jika tdk memungkinkan, tinggalkan kendaraan. Itu lebih bijak.


    (edisi serius) :p

  16. *Jika darurat karena terlanjur mogok di perlintasan KA.

    Keluar dari kendaraan dan dorong sekuatnya ke luar jalur. Jika tdk memungkinkan, tinggalkan kendaraan. Itu lebih bijak.


    (edisi serius) :p

  17. Sebenernya yang bikin mati mesin opo sih kang, saya nggak nerobos loh kang, saya hanya lewat setelah kereta lewat duluan, kan deket ama gerbong juga tapi kok nggak mati mesinnya kang?

  18. Kang iwan menurut saya memang sudah salah dari awalnya bikin jalur kereta api sampai makan jalan raya, coba bikinnya jalan kereta api gak sampai makan jalan raya insyaallah gak bakal terjadi kecelakaan. Karena yang saya tahu di Korea sini namanya jalan kereta api itu sudah diatur semaksimal mungkin gak sampai makan jalan raya. Semoga di Indonesia bisa diterapkan ya kang…

  19. Pertanyaannya? Sistem perkereta apian di jabotabek ga hanya loko tp malah di dominasi sama krl (listrik).. dimana CMIIW, diibaratkan rel dan jaringan listrik atas itu adalah rangkaian open circuit yg kalo dilewati kereta (sebagai beban/load) akan menjadi close circuit.. makanya setiap bbrp km rel pasti ada gardu listrik khusus KRL, jd kereta dianggap beban (load) dan gardunya itu sebagai switchgear, biasanya sih di kawasan stasiun.. nah sampe disitu saya lupa detil nya kayak apa kelanjutannya, maklum saya ga berkecimpung langsung, intinya nanti ada korelasinya sama medan elektromagnet di skitar rel saat ada kereta lewat..

  20. Saya kok ngerasa gak sreg dgn penjelasan yg diberikan ya.
    Kalau memang rel jadi pembangkit medan magnet saat kereta lewat, apa tidak makin membahayakan kereta kalau akhirnya material besi tertarik dan menempel di rel saat kereta lewat.
    Dan sebesar apa sih medan magnet yg dibangkitkan smp bisa menginduksi sistem kelistrikan benda lain disekitarnya sampe bisa mematikannya? Belum ada penjelasan smp kesini.

    Tp memang, menerobos perlintasan kereta yg tertutup itu perbuatan membahayakan diri sendiri.

  21. Dulu guru fisika saya juga bilang sperti itu.. Tapi itu nggak terjadi di kendaraan solar/diesel. Cuma yg mesin bensin aja. Katanya sih..

  22. Gesekan besi MEMANG menimbulkan gelombang elektromagnetic. Apakah bisa bikin kendaraan sampe mati? Belom tentu. Tapi bukan itu yg bikin kita ga boleh nyelonong nyebrang rel. Alasannya:

    1. Kalo satu nyelonong semua ikutan nyelonong.. Akhirnya perlintasan kereta jadi macet. Bayangin amit2 kalo lagi ditengah rel mendadak kereta dah deket. Mau maju gak bisa mundur ga bisa karena dah macet. Kejadian: perlintasan kereta ulujami. Mobil BBM pertamina kejebak macet tengah rel, terjadi tabrakan.. Makan banyak korban jiwa. Sejak itu jalanannya dibikin 1 arah. Itu aja banyak orang tolol masi ngelanggar.

    2. Kereta gak bisa ngerem mendadak. Masinis berusaha ngerem pun kalo dah telat ya pasti kegiles

    3. Palang perlintasan kereta api itu sebenernya bukan buat ngalangin kendaraan lewat.. Itu buat ngalangin binatang lewat (kambing, dsb). Karena asumsinya kalo manusia harusnya dikasih lampu merah aja dah ngerti. Jd kalo yg masih tetep aja nerobos ya sama tololnya kayak hewan.

    Kalo anggota keluarga / temen gw ada yg mati karena nerobos palang pintu kereta.. Gw ga bakal kasih ungkapan bela sungkawa.. Yg ada gw katain: mampus!!! Salah sendiri jadi orang kok geblek.. Bagus mati sana daripada menuh2in Dunia

  23. Gak ngaruh kalo mesin diesel kang. dulu katanya kalo mesinnya mati karena magnet, segera klakson beberapa kali. hal tersebut dapat memutus gelombang elektromagnet. Entah bener apa enggak gak berani coba dan yang pasti menerobos perlintasan KA itu gak bener

  24. Tentu saja sekalipun orang tua saya yg nerobos tetap saya bilang tolol masbro,patuhilah rambu rambu demi keselamatan bukan karena takut sama polisi masbro.

  25. Kalo msh ada waktu nyalakan klakson terus menerus sambil pencet tombol starter ..yg akan memutus pengaruh magnet..dan mesin sgera hidup lagi

  26. Bgus bgt mas artikelnya…sy slah satu korban kecerobohon supir busway yg main hp karena kurang fokus tuh busway masuk rwl kreta dan di hantam dan sy motor dan motor di sebelah sy ikut keseret …kejadian belum lama bulan lalu tgl 28

  27. Saya mah gapernah nerobos kang iwan. Saya malah menikmati saat keretanya lewat. Maklum, saya seorang biker dan juga seorang railfan (pencinta kereta api)

  28. Jare ewong ewong kebanyakan ea kaya kue Lik Iwaann , engger nyebrang rel sepurr kereta api kadang Mesin mati dewek mendadak kya kue lhh , jarene juga kaya ana magnete kue rel kereta apine engger sepure arep liwatt ewonge pada nrobos palang pintune ana sing kecelakaan mesin mati ya bisa juga rayuan setan kupinge di tutupi dadi ra krungu terus pendelengane werna werna selagine nyebrang rel sepur akehh kedadiane koh Lik makane ger ngliwati kuburan nyebutt ngliwati Brug nyebutt ngliwati rel sepurr ya nyebutt Basmallah pa piwe kan dadi pengeling eling kya kue.

  29. Ya akeh sing pada cerita kya kue Likk iwann gerr nyebrang sepur kereta api ana sing mogok nang tengah tengah Rel kereta api critane ea kena Magnete rel sepur kue wektu arep liwat sepure kebanyakan Mobill terutamane lgsung mesin mati nadib nasiban juga sii tapii ya akehh ewong pada cerita kya kue kohh

  30. Singvsering ya mesin mobill kue sing mati mendadak nang tengah tengah rell sepur gerr nrobos lintasan pas sepur arep liwatt ya nasib nasiban juga si likk tapi ya akeh sing pada ngomong kya kue si mesin bisa mati mendadak nang tengah tengah rel kereta apine

  31. sedikit cerita nih kang, di daerah ane (kota kecil), ane gk pernah nemuin orang tetep nekat melintas meski palang sudah ditutup, pas waktu saya ke salah satu kota besar di jateng tepat banget pas saya lagi jalan, di depan ada palang KA yg sudah ditutup secara penuh dan banyak yg masih nekat melintas (pemotor)
    pertanyaanny ini terjadi karena tipikal orang di kota tsb atau penyebab lain

  32. PETRUK emang SUPER DUNGU
    sama kayak FIFAUBIJI
    Tapi masih mending Petruklah…biar kate dungu, udah berhasil jadi penemu ECU PIRELLI & TURBIN DINAMO

    NGOAHAHAHAHAHA

    #kenapa ya fbh itu pada goblok2?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here