iklan iwb

palang-kereta-api-diterobos

Bro dan sis sekalian…pasti sampeyan tersenyum dengan judul diatas. Lha piye…jelas jangan menerobos soale berpotensi tertabrak kereta. Dan jawabannya?….pasti betul. Lha piye….nerobos sing ono lak yo diambung kereta. Namun artikel ini tidak hanya menggaris bawahi hal itu. Ada penjelasan teknis yang membuat IWB pun tercengang bengong betapa ngerinya ketika kendaraan kita melintas diatas rel sebab berpotensi membuat mesin mogok. Walahhh….koq iso?….
460x110 IWBMtx-440

iklan iwb

Yup….seperti dishare via FB, secara teknis bisa dijelaskan ketika kendaraan melintas diatas rel kereta dalam jarak tertentu dari lokomotif….maka mesin berpotensi mogok. Berikut kutipan lengkapnya…..

Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo. Di dalam dinamo ada unsur magnit yang cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif (sekali lagi 1 KM)….

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tidak memindahkan gigi mesin yang lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yang ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA….

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yang berjarak kurang dari 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sudah lemah dapat mati…

20140726201005772kecelakaan-kereta-vs-ertiga-di-kaligawe-semarang_20151105_100859

Bila hal ini terjadi segera keluar dari mobil anda, karena mesin mobil akan susah untuk di stater kembali. Sekali lagi Segera Keluar dari mobil anda. Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sudah terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda…

Ingat KA tidak bisa mengerem mendadak karena bobotnya. Rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem. Menurut Bagas Senoadji, PPNS Perkeretaapian…”Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit?….

Pertanyaanya…benarkah broadcast diatas?. Harus dibuktikan dengan penelitian mendalam. Namun apapun itu menerobos rel kereta api memang tidak dibenarkan. So….mari bersabar dan hindari menerobos kereta saat palang pintu sudah turun. Penyesalan selalu datang belakangan kangbro……(iwb)

mobil-dan-motor-dihantam-ka-kalijaga-satu-tewas-IX8

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!