iklan iwb
iklan iwb

condroBro dan sis sekalian….polisi kali ini benar-benar serius ingin mengelompokkan SIM dalam tiga tingkat berjenjang untuk kendaraan roda dua. Mulai dari C, C1 serta C2…..bahkan mereka siap sediakan moge 750cc sebagai kendaraan uji para para biker yang ingin mencari SIM C2. Mantappp !!!….
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

Konfirmasi ini diberikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Condro Kirono. “Untuk SIM C1 ujian praktiknya menggunakan sepeda motor berkapasitas mesin di atas 250 cc, sedangkan C2 motor dengan kapasitas 750 cc….”serunya seperti dilansir Kompas. Dari pernyataan tersebut bisa dipastikan….polisi sangat serius ingin mengelompokkan biker sesuai motor yang ditungganginya. Dan untuk mendapatkan SIM C1-C2….sampeyan setidaknya kudu memiliki SIM C selama dua tahun. Jadi ora ono ceritane datang langsung cari SIM C1. Dengan kata lain…..

iklan iwb
iklan iwb

Anak SMP nggak bisa nunggang moge diatas 250cc. Begitu juga siswa SMA….sampeyan setidaknya kudu memiliki SIM C selama 2 tahun baru bisa upgrade ke SIM C1. So….jika kita asumsikan, SIM C didapatkan saat kita berumur 17 tahun maka sampeyan baru bisa mencari SIM C1 pada umur 19 tahun. Dan IMHO aturan ini sangat bagus dengan catatan aparat ketat dilapangan alias melakukan prosedur “on track” tidak memberikan kemudahan. Jika itu bisa dilakukan, say good bye untuk para biker SMP-SMA yang pecicilan diatas motor big bike….

Last…..pengelompokan SIM C harus mundur hingga Juli 2016 dari sebelumnya April 2016. Hal ini karena Korlantas kudu siapkan fasilitas meliputi tempat uji beserta kendaraan moge ditiap lokasi tes. Sebagai gambaran….SIM C berlaku untuk sepeda motor berkapasitas mesin sampai 250 cc, C1 di atas 250 cc, sedangkan C2 di atas 500 cc. Aplikasi aturan ini bakal bertahap diibu kota propinsi dulu baru kemudian melipir kekota yang lebih kecil. Pengelompokan SIM C?. Sabar cak…demi safety ki. Biar semakin tertib dijalanan. Wah….IWB siap-siap kudu cari SIM C2 rek. Lha kalau nggak tes moge hanya bisa ngaplo pakde :mrgreen: …..(iwb)

cbr1000rr SP-IWB

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

75 COMMENTS

  1. bagus pa polisi pilih motornya yang bagus pa, biar ga dipake ngebut terus.
    dari pada tetangga sebelah kencang dan irit tapi tetetp……. syudahlahhh

  2. kalo anak sekolah mah mestinya dibawah 125cc biar ga ugal2an…”
    liat anak2 sekolah skrg naek ninja150rr/FU/sonic/cbr/vixion aja pada ugal2an…
    kalo perlu anak sekolah d larang bawa motor sendiri….

  3. mas iwan,mau tanya, jika sdh lolos tes sim 1 atau 2, sim di bawahnya apa masih tetap ada, shg punya 2 atau 3 sim atau hanya sim tertinggi yg kita punya? persoalannya jika aktif dua atau tiga kan mesti urus perpanjangan berlipat

    • Pertanyaan bagus. Sejauh ini memang belum ada konfirmasi resmi dari Korlantas. Tapi seharusnya nggak perlu ya soale logikane kalau udah pegang C2 maka C1 dan C lak yo udah expert. Tapi kalau ada info pastinya akan saya susulin lek

  4. pantesan kemarin ada unit ncb import..

    ternyata mau dipakai ini toh

    jelas pak pol pilih honda untuk unit test

    kalau pakai motor yamaho sama aja menggadaikan nyawa

    ngalamat meleduk…

    ngiaahahhaha

  5. montor yamaho ora kanggo

    pak polisi pilih ngonda cb750..

    pilihan yang cerdas…

    montor sampah yamaho cocoknya digiling jadi makanan lele..

    ngiahahahaha

    • Jijik baca komenan kek gini gak bermutu tiap komen postingan

      Postingan soal sim tapi bawa2 pabrik
      Otak di kepala jgn di dengkul

      *Silent reader

    • @Ndas lele bin 608L0K

      Polisi pinter pilih motor
      Mana motor yang lemah syahw4t
      Sama motor yang Ngacenk
      (utk beginners biar ga kaget)

      Motor Yamaha skali betot, ngacenk..
      Makanya waktu ada artikel di iwb
      Saat test ride CBR1000
      Sampe dibilang “Monster yang Jinak”
      Alias Loyo..

      Akakakakak

      • Lah di moto gp aja tim pabrikan justru susah payah untuk mensetting motornya sejinak (smooth) mungkin klo terlalu agresif alamat susah di kendalikan. Motor kenceng gak harus agresif kaann liat noh ducati yg katanya motornya agresif faktanya apa? Cuma jadi penggembira di moto gp

  6. Anak SMP nggak bisa nunggang moge diatas 250cc. Begitu juga siswa SMA….sampeyan setidaknya kudu memiliki SIM C selama 2 tahun baru bisa upgrade ke SIM C1. So….
    ————————————————————–

    Sebentar… Sebentar…
    Ini saya yg kliru baca, atau kang iwan yg ngelantur…
    Anak SMP g bs naik moge 250cc? Lha kalo naek 125cc boleh dong? Anak SMA yg blom 17 taun sj g bs bikin sim (kecuali ngakali akte lahir biar bs dpt e-KTP).

    Sudah boaannyyaakk lakalantas diakibatkan anak sekolah terutama yg blom punya SIM.

  7. harusnya ada sim C learner, dibawah sim C
    buat yang baru punya sim
    hanya bisa dipake di kota tempat tinggal, ga boleh lewat jalan provinsi atau jalan utama, kapasitas maksimal 125 cc
    ini buat anak sma yang baru punya sim

    trus hanya bisa di upgrade kalo ga pernah kena tilang, kalo kena tilang maka hitungan tahun nya ke reset. misal udah punya sim C 1 tahun, lalu kena tilang, maka kalo mau upgrade ya nunggu 2 tahun lagi.

  8. tetep saja ada yg pecicilan..lihat saja anak sd .smp yang pake motor motor 100- 150 saja lagaknya pecicilan sok sokan balapan…

  9. Saya setuju dengan ini. dan satu lagi, mereka-mereka yang baru punya sim C learner (kalo di negara Aussie, dekat nomornya di beri tanda “L”) tidak diperkenankan untuk membonceng siapapun. Apalagi galon air, belanjaan emak di pasar sampai lemari es 1 pintu. pisss

  10. tapi harusnya untuk cc 250 harusnya ikut sim c1. nanti dikhawatirkan ada kumpulan alayers wktu ujian bawa matic, begitu lolos langsung geber sport 250 cc, biar bisa mirip sinetron anak j*lan*n.

    pengalaman ane, pernah nolongin ibu2 bawa ninj* jatuh. waktu ditanya warga itu ninj* suaminya. biasanya bawa matic, jadi belum biasa bawa sport 250cc.

  11. Lebih setuju lagi klu ada pelarangan bocah smp dilarang bawa motor kesekolah… ni baru sip! Sekolah cukup pake sepeda ontel, cekring…cekring…

  12. Klu moge honda gak usah di beli pak polisi. Beli aja verza sama cbr150. Uda mirip moge kok dan powernya sama kyk mbit dohc.

    Ngiahaha

  13. udah di ulas di media online untuk yang sudah punya sim C2 maka sim C lainnya ditarik. dan hanaya punya sim C2. klo dahsim C2 maka bebas mau pakae motor apa ja boleh. smaa lah kayak model sim B

  14. Pak polisi tolong dibedain juga SIM C alias SIM buat naik motor 250cc ke bawah, antara motor SOHC dan DOHC, kan DOHC lebih kenceng, dan SOHC lebih ngeden
    Wkwkw…

  15. Berarti kalo naik motor bak viar yang kapasitas 300cc juga otomatis harus punya sim C1 ini dong kang iwan. Soalnya prakteknya masih banyak motor bak roda 3 yang berseliweran dijalan besar. Eh, apa malah harusnya pakai sim A?

  16. Kl Moge lokal aka buatan Indonesia sendiri gmna SIM nya kang…??? Mksdnya MOGE Lokal adalah MOtor GErobak aka 3 Roda seperti buatan Viar, Garuda, N Mochin sejenis dengan Mesin SOHC Operstruk..

  17. ane yg salah apa gimana ya.. artikel nya lek iwb kalah cepat sama wk haji…

    ayo tingkatkan terus lek koneksi di pabrikan nya biar bisa barengan keluar artikelnya sama wak haji 😀

  18. Nembak sim C biasa aja 600 ribu di kota bogor… Kalo nembak sim C2 berapa ya…??? Yakin pada lulus ujian pke motor 750cc masbro…??? Ujian pake motor bebek aja pada ga lulus… Hehehehe

  19. kalo modelnya berdasarkan kapasitas motor. ntar blogger gak bisa sembarangan test ride ki.wkwkwkwkwkwk… iso ditilang mbek patwal e..

  20. jangan-jangan motor yg dipake buat uji SIM C2 ini Honda NC750 yang kemaren masuk lewat tanjung priok.. masuk akal ora mas iwan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here