iklan iwb

terjaring-razia-motor-valentino-rossi-dikandangkan-V9fj33A2NbBro dan sis sekalian….kabar terbaru datang dari Satlantas Polrestabes Surabaya yang akan menindak tegas para biker bandel. Bahkan mereka tidak akan segan-segan menyikat tanpa ampun….menyita motor yang dibekali knalpot racing dan kemudian baru boleh diambil setelah tahun baru usai dengan syarat tertentu. Byuhhh….mrongos tenan !…
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

Penegasan ini disampaikan Satlantas Polrestabes Surabaya dalam rangka penertiban motor dijalanan. Menurut Bripka Dwi Santoso salah satu petugas Tim Khusus Satuan Lalu Lintas Polrestabes Surabaya seperti dilansir Kompas…..instruksi datang langsung dari Kapolrestabes Surabaya. “Ini instruksi langsung dari Kapolrestabes…”ujarnya. Terus motor apa saja yang menjadi target operasi??. Motor tidak standart disini khusus menyoroti knalpot racing atau boso Suroboyoane knalpot “brong”.

Razia diintensifkan dengan menyebar 3 tim fi 3 wilayah berbeda yakni tengah, barat, dan timur. Tim tersebut terdiri dari bidang lalu lintas, reskrim, sabhara, dan provos. Selain operasi jalanan….petugas juga mendatangi bengkel-bengkel supaya tidak melayani permintaan pemasangan knalpot racing. Himbauan ini bisa ditingkatkan dengan penindakan jika mereka tetap membandel. Wihhh….galak bener ki…

iklan iwb
iklan iwb

Last….tidak menutup kemungkinan jika evaluasi bagus maka operasi diperluas. Kalau sudah begini monggo siap-siap wae mzbro sebab aparat tidak hanya main tilang melainkan langsung sita. So…sebaiknya para biker Surabaya khususnya dan daerah lain pada umumnya agar mengganti knalpot racing dengan standart supaya tidak terjerat razia. Lek ora iso mumet tenan tahun baru ngonthel cak :mrgreen: …..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

148 COMMENTS

        • ingat ya, mesin yg suka mleduk dnf di tiap balapan juga di sita, itu membahayakan di tempat umum, dan begitu juga bodi kiwir2, membahayan pemandangan
          croott

          • Kita Harusnya Lapuurrinn tuhh Ke Polisi.

            Mosok yamahoo modip bison.. Dimodip minorFighter Jd Xableng..

            Mosok Motor Batangan Dimodif pake Mesin Fogging..

            Motor GEDONG.. ridernya seles Ya mahoo Gede Dongo.

          • Hahaha SOHC ngeden+ngebul Dituntun pulisi…!!! Dimusnahkan/ di deplok/ di rencek/ di tumbuk,,, akakakaka

          • Kalo motor cebong biarpun pake knalpot brong mash kalah ma suarane mesin kemlotok om..
            Jadi ad variasi suara worrtokworrrtok gt…
            Ekekekkk

          • Motor Ko haus Oli.. Mesin fogging ko buat Motor..

            Sampah Bgt motor Yamahoo..

            Mesin jadul zaman jurasic..

            USD
            BananaArm
            Deltabox

            Tp mesinya Bebek..

            Dasar Motor banci..

            Ridernya gedean badan Nimbang otak.

            Motornya GedeAn body nimbang mesin..

            S.O.H.C Haus oli di Bebek aj berasap ngeden ngeden.. Ambrol malah dicangkokin xableng.. Dikasih harga 35juta. Pdhl mesin bebek me²X king.. Motor murahan yg dibandrol 18juta.. Tetep g laku.

          • CBR 150 body gaban biar kelihatan tampilan moge buat nutupin mesin kopong yang mentok 150 cc, body segede Ivan Gunawan mesinnya kecil kayak ucok baba wkwkwkwkwk. Ini akibat AHM0CIN kaga bisa bikin motor rakitan lokal 250 cc 2 silinder DOHC.

        • Percuma lek..
          Mereka para abg2 di Sby msh punya motor cadangan di rmh masing2, untuk digeber total pd mlm thn baru nanti.

          Kalo cuma motor satu, mereka akan ganti knalpot “brong” bukan jauh2 hari dari skrg, tapi pd sore hari menjelang mlm thn baru.

          Bahkan kebanyakan malah bukan ganti knalpot “brong”, tapi knalpotnya DILEPAS (tanpa knalpot) utk digeber mlm harinya.

          Jadi utk pak Polisi, jgn cuma razia sekarang, tapi juga pd SORE hari sbelum mlm tahun barunya itu sendiri. Langsung sita saja di sore itu !

          Saya yg pernah beberapa thn tinggal di surabaya sangat terganggu dgn motor2 tsb.

          Mohon diberikan perhatian yg lebih utk daerah Surabaya Utara (daerah KENJERAN dan SURAMADU).
          Karena daerah tsb yg paling banyak.

          Trims pak Pol.

      • Itu tuh yamahoo Xableng.. Motor bison modipan minorFighter.. Yg SUPER LEBAY.. Motor Mogehh mesinya.. Mesin motor Bebek.

        Motornya GEDONG. GEDE DOANG.
        ridernya GEDONG. GEDE DONGO.

        mesin bebek MURAHAN yamahoo Memex king.. SeHarga 18 juta Dicangkokin KeMesin Mogehh GEDONG xableng Dikasih harga 35 juta. .. #PEMBODOHAN#

        Mogeh bermesin Fogging.. Haus Oli.. Lemot.. mesin jadul 150cc S.O.H.C

        mogeh streetPighter yg malu nunjukin mesinya.. Padahal motor nekadBike.. #PEMBODOHAN#

        cuma GEDONG-GEDONG seles Mahooo FBYek kaum Mahooo Yg bodoh beli tuh mor.

      • Yamahoo Xableng.. Body segede Gajah.. Mesinnya Bebek.. Kemebul S.o.h.c zamban Jurasic haus Oli..

        G zaman motor batangan 150cc. s.o.h.c.

        Motor g nyaman bgt buat touring.. Motor kaum mahoo seles2 yamahoo zombie pengincar Pantat..

        Motor GEDONG: gede doang
        Ridernya GEDONG: gede dongo.

      • Kalo ninja ga masalah kok
        Cuma motor yang sering kemrosak..aja
        Klothok2, dan yang ga enak dipandang.
        (termasuk makhluk astral fbh)
        #bakarmenyan

  1. setau ane, bukannya di UU kalau polisi mau menilang pengguna knalpot racing itu harus mengukur tingkat kebisingan yang dikeluarkan kendaraan tersebut ya ?? kok nggk diterapkan ?? bahkan langsung main sita kyk gitu..

    • Pertanyaannya, emang yg suka pake knalpot gituan mikir dB? Paling 1 dari 5 user yg mikirin kalo pengguna jalan lain juga punya telinga. Liat aja gimana perilaku pengendara yg knalpotnya gituan. Ane gak bilang semua, cuma mayoritas pengguna knalpot gituan biasanya urakan.

  2. Seharusnya diukur dulu tingkat kebisingannya pake db meter kalau melebihi baru disikat gpp, kalau ga salah aturannya 200cc kbawah 70db dan 200cc keatas 90db

  3. Apa kabarnya DB Killer lek?
    Trus perundangan tentang batas kebisingan kan sudah keluar,penerapannya kok gak sesuai?
    Minimal pak Polisi yang baik hati memiliki DB Meter sebelum melakukan penyitaan,minimal lagi terdownload aplikasi DB Meter di Smartphone Dinas mereka..
    Agar apa? Agar sesuai peraturan lagh,kan sudah batas batas DB suara yang dianggap mengganggu..
    Pak Polisi yang baik hati cinta damai jangan main sita aja,kreativitas anak bangsa dalam penciptaan DB Killer jadi tidak berguna Pak,sia sia..
    Mosok kudu jual DB Killer ke Malaysia seperti jual MobLis kemaren,yo lak ra mungkin to yooo..

    • Ini razia knalpot brong/brisik/mbudheg-i yang dipake dijalan umum.
      Kalo knalpot racing ya dipake nya di sirkuit buat balapan, gak bakalan disita. Kalo dipake di jalan umum ya tetap disita.

      • Yg stiker racing macam repsol & movistar jg ya bro, harusnya di sirkuit doang.
        Trus itu tuh, footstep racing jg harus dilarang.
        Wkwkwk.
        Bukannya gak setuju sama razia polkis, tp mbokyao disesuaikan sama uu-nya. Wong aturannyannya aja dlm satuan desibel, masa main sapu bersih yg gak standar. Banyak kok knalpot aftermarket yg katanya racing tp gak bikin kuping budeg.

  4. Bandung on progres
    Surabaya on progres
    kota lain siap2 nyusul, yg pake Knalpot racing mangga bawa motor’y subuh2 biar aman ngakaks…

  5. ini menandakan supaya seniman dan pengrajin knalpot racing harus lebih kreatf lagi…
    kalo bisa bikin knalpot yg suaranya gk bisa didenger sama polisi tapi org lain bisa… umpama,,, hahahaha

    • Yang kemrosak+klotok” itu lho..
      Rawan meledak!!
      Sesuai kekarepanmu

      Akakakakak….

  6. Masio sàkjane rodo melanggar hukum karena karena asal knalpot non standar langsung sita, tp saya setuju. Intine knalpot berisik diberangus. Baru nanti semoga ada aturan pengecualian terkait knalpot yg ber db killer.

    Sàkjane sàkno para produsen dan penjual

  7. Wilayah Solo aket bien wes maen sikat” lik … Di giring no pos di introgasi, di kon muleh jupuk knalpot std, ngebis, yen ora gelem motor langsung di giring no polrestabes … Yen gelem di bantu sokong 125rbu … Langsung cus akakaka ???

  8. ini peraturan yg membuat generasi bayi, anak2 & orang tua menjadi tentram.
    Bagus !! tegakan keadilan pak polisi. babat habis semua knalpot racing bikin torek di jalanan umum.

    Babat habis juga pengendara yg naik trotoar !! ( disini emang ada ya trotoar? 😀 )

    perbuatan di waktu muda akan terbalas di waktu tua. berbuat baiklah terhadap sesama

  9. Daripd kreasi di batasi..
    Unit lantas aj suruh jualan knalpot..
    Nanti ad logonya korlantas polri..
    Jd aman..
    Mcm plat nmor gt

  10. jiannn sincann crottt sedot wc ngebulll puanntess di basmiii kaya celenggg baca PIGSON NOOB

    PIGSON penyumbang polusiii terburukkk patut dimusnahkan hahaaaa…. NOOBBBB

  11. Usul pak polisi. . .
    Buakarrrr sama motornya sekalian. ..
    Biar jera akut…..
    Wkwkwkkkwkkk…..
    Hobi kok suka bikin susah orang banyak??

  12. Kalo cebong pasti gak berani pake knalpot brong..
    Pasti seminggu ambrol tuh si klotok..
    Mahoooooonnndaaa

    • Kalo pasukan tni yg pake ikut di sita ga ya ? Search aja di google ninja 250 fi pake yoshimura entah buat pasukan apa gatau, toh polisi tempat saya pun pake ninja 250 knalpotan semua hahaa

  13. Itu masi satu padepokan yakunyuk…aka pigson yg ngotot modal knalpot purbalingga yg pingin kencang bak luna crotttt
    Ekkkkk
    Luaar binaaazaaa zaza

  14. tipikal masyarakat terbelakang. masih menanyakan batas desibel. la knalpot standar aja kalau full throttle tetap gk enak didengar, itu saja sudah didesain sesuai standar desibel (tentunya dibawah ambang batas). kalau knalpot yang bertebaran di pinggir jalan, sudah tentu melewati ambang batas. kalau bisa justru ambang batas diturunkan, sehingga polusi di kota2 besar apalagi bagi pemilik rumah di tepi jalan bisa lebih nyaman.
    knalpot free flow hanya khusus dipakai di sirkuit. jika dijalan, memang tidak layak jalan. wajib disita. bisa diambil setelah knalpot diganti standar. knalpot standar yang dibobok sampai bising pun juga begitu, knalpot standar yang rusak hingga berisik pun juga sama, disita, karena sudah tidak layak pakai.

  15. Apaan surabaya? Wong saya yang hidup di surabaya masih banyak ninja yang pake knalpot racing, masih banyak mobil juga yang suaranya kek angkot racing

  16. Knalpot brong nya diukur apa gak ya om ?
    Klo smwa knalpot brong, brand2 besar jg pasti kena, sebetulnya di sby jarang ada razia knalpot ban ato bahkan razia modif, ini mgkn mndekati taun baru aja,
    Yg ptg lampu spion bel ada hehe

  17. banyak montor yamaha kena tilang nih… pengen kenceng ganti knalpot padahal tenaganya itu2 aja… lemot ga papa yang penting suaranya…

  18. Kalau polkis nya sendiri yg pakai knalpot bising gimana?
    Enaknya digorok wae lehernya yo?
    Kita sih setuju asal peraturan yg sama berlaku untuk aparat?
    Moge gimana yg pake knalpot racing?

  19. Wah kalo di daerah cigudeg kabupaten bogor sudah berjalan bertahun tahun mas,knalpot racing pasti di hancurkan di tempat,aa yg di injak hingga patah,di tumbuk batu sampai ada yg kuping suruh di dekatkan ke knalpot racingnya sambil di geber geber sama polosinya.

    • Nggak bisa. Pabrik (resmi, ori, bukan pinggir jalan) bikin buat race only. Tapi alay menyalahgunakan fungsi knalpotnya. Kecuali pabrikan KW, terserah deh, lol.

  20. lebih efektif langsung di potong di tempat langsung ganti yang ori. klo knalpot mahal di potong kan jadi mikir..

    Lorenzo tantang stoner untuk turun di Wildcard MotoGP …goozir.com

  21. Razia aja langsung ke pabriknya ama toko yg menjual knalpot racing
    Pergi aja ke purbalingga tutup aja tempat produksinya ama razia ke daerah tidar untuk yg ada di daerah surabaya, di jamin bakal mengurangi kebisingan di tahun baru dengan barang sitaan yg pastinya lumayan banyak.

  22. Saya memilih menggunakan knalpot standart saja, lagian motor harian nya cuman matic 115/125cc.

    Motor full modifikasi di kandangin saja, hanya waktu tertentu di keluarin dari kandang.

    BTW Sales Honda ko minggu ga pada libur ya??? Tepok jidat…

  23. lucu aja kalau maen sita kyk gitu, sama sekali nggk mengikuti UU yg udh ada.. kalau semua yg pake knalpot racing kena tilang, kasian pengendara motor kyk ninja 250 ato motor2 cc gede yang lain, mereka beli knalpot mahal2 ujung2nya cm ditilang karna alasan “KNALPOT TIDAK STANDART”.. padahal knalpot2 yg mereka pakai memiliki karakter suara ngebas bulet nggk bikin kuping budeg.. ayo dong peraturan UUnya di lihat dan di terapkan.. kalau mau merazia knalpot racing ukur dulu desibel suara yg dikeluarkan kendaraan tsb menggunakan knalpot racing.. jangan asal main tilang aja atau malah maen sita sendiri kayak gitu karna cm dgn alasan “TIDAK STANDART”..

    • Keyword: racing. Meaning: for race use only. Ngapain dipake di jalan raya? dB di UU untuk referensi pabrikan dalam desain knalpot standar, agar bisa masuk TPT dan jadi masspro.

  24. ke Kotabumi, kab lampung utara, prov lampung wae mas2. disini bebas plong mau pake helm apa nggak, mau racing apa nggak, mau pake plat nomer apa enggak, mau modif apa nggak. bebas. pak pol nya sibuk ngejar truck. ho ho ho, mari xxx-mas, ho ho ho

  25. Untuk knalpot sendiri bukanya mau ganti brong, mau di kasih mic di ujung slicernya juga gak boleh di tilang? Karena apa? Karena undang undang sendiri cuma menyatakan knalpot ada di motor, ya knalpot tok,

    Artinya polisi gak boleh nilang kalo motor udah ada knalpotnya, mau perintah dari kasatlantas, bahkan dari kapolri, justru penilangan merupakan pelanggaran undang undang yg pasti

    Artinya jika di langar namanya udah makar, makar hukumanya gak di penjara lho, tapi langsung di bunuh di tempat tanpa adanya proses pengadilan

    Btw kalo mau larang knalpot, kemapa tidak grebeg dulu pabrik prospeed, r9 dll, sama menahan knalpot laya akra yg di import di bea cukai?

    Grebek dulu pabriknya, tutup dulu pabriknya, baru boleh terapin ke masyarakat, syaratnya bikin undang undang dulu, seperti revisi undang undang kalo knalpot harus standart pabrik

    Terus yg terpenting sih yah, knalpot di atpm harus jadi fast moving. Sekarang mah pesen knalpot kalo punya kita rusak, kudu inden, motor gak bisa di suruh diem kan? Akhirnya ya di pasang knalpot walau pake db killer ya polisi mana mudeng gituan,

    Jiakakak

  26. Wah motor Electra babe bisa ditilang ato disita nih, tp selama ini aman gk ada polis yg nyetop untuk ditilang, gk tahu nantinya

  27. lah usul pak pol

    itu congor fby mohon disita sekalian
    karena congor fby udah gak standart
    kalo bacot cuocoooteee kyo knalpot jebol..
    nggrebeki tonggo ae..

    ngahhhh ngahhhhh ngahhhh

    • Wkwkkwkwkkk……
      Ogah pak Pol sita congor efbeyek….
      Mambu……
      Paling dibuang balik ke septictank…
      Ekekekekkkkkk…..
      Nguuuuukkkkkk……

  28. CBR 150 body gaban biar kelihatan tampilan moge buat nutupin mesin kopong yang mentok 150 cc, body segede Ivan Gunawan mesinnya kecil kayak ucok baba dan jalannya lemot lemah gemulai kayak Ruben Onzu wkwkwkwkwk. Ini akibat AHM0CIN kaga bisa bikin motor rakitan lokal 250 cc 2 silinder DOHC

  29. kalo yg 2 silinder gmn kang?? kan suarane enqk didenger…trz kalo gag dganti aftermarket kn senyap suarane…klo kenceng kan bahaya…

  30. kalo yg 2 silinder gmn kang?? kan suarane enak didenger…trz kalo gag dganti aftermarket kn senyap suarane…klo kenceng kan bahaya…

  31. Lg bahas knalpot, yg 1 malah ngomong klotok2, mesin mleduk, cat kusem. Yg satu lagi ngomong mesin haus oli, mesin ngebul, body pemecahan biji, wes jaaannn… kok yo kober2eee jek nge bc..

  32. bagus pa polisi rajia ajaa pa sesuai di gambar lahh, maklum pa produk bising orang dan suka bikin celaka orang Yam*** itu.
    maklum katanya motor cepat kalo ganti kenalpot katanya, tapi pas d salip ajaa ga bisa ngejar lagi. ngempossss.

  33. Triknya, pake knalpot standard’an motor yg cc nya lebih besar..,

    Misal motor vixion ato cb150 pake knalpotnya tiger..

    Lumayan.. Ngebantu performa tp msh alus gak ngelanggar aturan

  34. motor sedothwc yg sok kenceng dituntun polisi, padahal dijalanan diasapin satria fu ama sonic, dan yg paling mencolok, ada lagi tuh yg angkut barang, ga terawat banget tuh, ya iyalah, kan kasta rendah, biaa beli secen tapi kredit tuh yg warna merah,,,

  35. pas motornya disita pak polisinya psti mnta tebusan yg gede ke bikers..udah sering hal kya gitu dilakukan sma polisi apalgi kendaraan yg disita blum tntu akn balik utuh, bisa aj bgian bodi, bagian mesinnya ada yg udah dipreteli..

  36. Asli om, kemaren malem d trafic light wonokromo – A yani Surabaya liat ninja 250 pakai knalpot racing aftermarket model megaphone disamperin pakpol tau2 pengendaranya disuruh turun n ke pos polisi d samping jalan….

    Asli horror…

  37. Kalau mau menegakkan aturan harus pakai aturan jangan malah melanggar aturan. Apakah knalpot racing ilegal? Apa dasarnya? Setahu saya yg diatur itu batas ambang kebisingan, dimana di batas desibel tertentu tdk diijinkan alias ilegal. Knalpot standar jika kondisinya rusak bisa jadi juga suaranya di atas ambang batas. Knalpot racing jika dgn tehnologi tertentu bisa lolos batas kebisingan maka tdk ada alasan untuk dilarang. Untuk mengetahui dimana batasannya, dlm menindak MUTLAK HARUS MEMPUNYAI ALAT UKUR DESIBEL. Jika tdk berarti mengatur tanpa aturan alias arogan. Itu yg pertama.
    Yg kedua, bagaimana dengan Harley Davidson? Kalau kapasitas silinder jadi acuan penentuan batas desibel, silahkan di komper sama moge lain dgn kubikasi yg sama, jelas HD jauh lebih bising. Saya pernah dengar penjelasan bahwa jika masih standar pabrik tetap diijinkan, lha yg membuat batasan itu Negara atau pabrik motor?
    Yg ketiga, kalau kita lihat kasus di narkoba, yg namanya pemakai itu korban sdg pengedar adalah pelaku kejahatannya. Produsennya? Mbahnya penjahat. Mengapa di knalpot berbeda? Toko bebas menjual pabrik diijinkan berproduksi tp pemakai di tangkepin. Ini namanya mempermainkan hukum.

  38. fBH pengen 250 cc 2 silinder DOHC – December 20, 2015
    CBR 150 body gaban biar kelihatan tampilan moge buat nutupin mesin kopong yang mentok 150 cc, body segede Ivan Gunawan mesinnya kecil kayak ucok baba wkwkwkwkwk. Ini akibat AHM0CIN kaga bisa bikin motor rakitan lokal 250 cc 2 silinder DOHC.
    ***************
    Kok statement ente malah mengarah ke M Slash bray??

  39. kenapa gak pabrik pembuat knalpot racing saja lansung dtutup… klu kaya skrg sm aj bohong… trus HD kenapa gak prh kena tilang. ??? ap telinga polisi udh budek…???

  40. Coz HD moge mas. Di Indonesia moge bebas mas. Mau sampe brapa desibel pun moge gak bakal ditilang knalpotnya. Welcome to the negara dagelan.

  41. begitulah lek suasana di surabaya klo mlm tahun baru.. telinga rasanya sakit buanget… gk tau deh klo di kota yg lain, sama pa enggak dgn kota sby klo pas lagi mlman thun baru.. bokoknya ganggu banget tu suara knalpot..

  42. knalpot racing jodohnya pake saklar rahasia

    kalo pas kena razia trus knalpot racing suruh geber di depan kuping,tuh motor gak bakal hidup saat distarter, coz ada saklar rahasia jadi off terus.. ato pake remote juga bisa..

    “motornya mogok pak..”
    wkwkwkw

  43. kenapa di razia..??

    alasan berisik hanya alasan saja..

    dulu banget… GL Pro dan GL Max dari pabriknya sono lubang di exhaust ada 4 lubang dalam 1 knalpot

    trus kenapa di razia..? karena bisnis knalpot menggiurkan..

    trus kenapa razia kok gak di produsennya? malah di tingkat pemakai sama bengkel? kan aneh..

  44. Mengurusi begal dan ranmor aja blm becus mlh ngurusin hal2 yg gak terlalu penting. Pawai demo dan kampanye maupun suporter bola pake knalpot super brisik dan ugal2 di jalan raya serta gak pakai kelengkapan berkendara yg standar aja dibiarin. Pengendara merampas trotoar dan melawan arus atau melanggar marka jalan malah dibiarin. Masak cuma ganti knalpot aftermarket dibabat abiz. Cuma cari sensasi dan modus aja tuh, busyet deh… Dipastikan bakal makin banyak pelaku kejahatan krn aksi operasi tdk simpatik ini. Pengangguran jg makin merajalela. Aparat makin gak disegani dan makin dibenci…

  45. Masalah dipotong di tempat mah gk jadi masalan , orang harga senalpot sama motornya aja hampir imbang ,(senalpot kaleng )brisik doang ,tur murahan ,yg seharusnya di musnahkan , terkecuali yg suaranya gk bising di dengar , itu yg jd pertanyaan, bukanya senalpot bising aja atau motor kelas” menengah kebawah , yg harus jadi sorotan , nh yg di atas 200 CC apakah berani menindak seperti itu , walaupun make senalpot racing ,.

  46. Gak relevan nih kepolisian masa di pukul rata yg udah beli knalpot mahal + dbkiller yg suaranya adem hampir sama kaya knalpot standar. Sekarang kalo pengendara pakai knalpot seperti itu untuk apa di tilang? Kalo memang suaranya berisik dan cuma untuk gaya gayaan sih gapapa di tilang. Lah kalo masang yg suaranya adem dan hanya semata mata untuk kepuasan pribadi biar motor lebih enak di kendarai sekarang salahnya apa? Siapa yg dirugikan? Biar ga ada kecemburuan sosial gitu karena motor orang tarikannya lebih enak? Biar gak iri irian gitu? Sangat tidak relevan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here