iklan iwb

Sonic 150R modifikasi

Bro dan sis sekalian…gonjang-ganjing perkara modifikasi diganjar hukuman 24 juta rupiah terus menjadi bahan perbincangan. Dituntut untuk standart ting-ting dari pabrikan dan wajib masuk uji tipe jika kita lakukan modifikasi membuat teman Blogger kita bro Leo membeberkan pasal-pasal sebagai patokan baku yang tidak bisa dikira-kira. Sebagai pakar hukum yang mengerti betul urusan perundang-undangan….doi menggaris bawahi bahwa tidak semua motor modifikasi perlu uji tipe. Berikut penjabaran bro Leo yang IWB kutip dari warungnya….460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb

Bro Leo mengacu pada PPRI pasal 55 tahun 2012 tentang kendaraan. Sebelum melangkah lebih jauh, doi menjabarkan dulu…apakah sebenarnya uji tipe tersebut dan apa tujuannya?. Bisa dibaca dibawah ini…

  1. Uji Tipe untuk kendaraan yang akan diimport, dirakit atau diproduksi massal. Ini diajukan oleh ATPM atau IU. Untuk memastikan kendaraan yang akan beredar memenuhi persyaratan laik jalan. Pasal 123 PP 55/2012.
  2. Setiap kendaraan yang sudah dilakukan modifikasi dengan mengakibatkan perubahan tipe maka diwajibkan untuk dilakukan pengujian fisik untuk memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Pasal 50 ayat (1) UU No. 22/2009.

So…dengan aturan diatas, apakah semua motor modifikasi wajib uji tipe?. Jawabannya tidak. Modifikasi motor akan dianggap melanggar undang-undang jika tidak uji tipe seperti yang tercantum diaturan terlampir…

Modifikasi yang merubah spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor. Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (?PP No. 55/2012?).

Nah…sampeyan bisa intip dari kalimat yang dipertebal tentang perubahan spesifikasi teknis dimensi dan mesin. Maksudnya kembali dijabarkan dalam pasal 131 huruf e PP 55/2012 disini….

  1. Perubahan pada dimensi adalah merubah ukuran sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor. Pasal 54 PP 55/2012 mengatur sampai ke milimeter maksimum. Dalam bagian penjelasan kendaraan hanya boleh ditambah dimensinya 50 mm ke kiri atau ke kanan.
  2. Perubahan pada spesifikasi mesin adalah dengan mengganti mesin dengan tipe yang berbeda dari TPT atau melakukan bore-up/merubah kapasitas mesin.
  3. Perubahan pada daya angkut adalah dengan dengan menambah jarak/merubah material sumbu kendaraan untuk memperbesar daya angkut kendaraan

Dengan membaca pasal diatas maka siapa saja yang melakukan modifikasi masuk dalam delik pasal diatas harus dilakukan dibengkel umum yang ditunjuk kementerian perhubungan dan biasanya adalah bengkel karoseri. Uji tipe dan sertifikay dari kemenhub harus dilakukan. So…jika modifikasi diluar kategori atas maka tidak perlu uji tipe termasuk memberikan aksesories pendongkrak penampilan, mengganti ban, mengganti pelk racing kejari-jari, ganti bearing, plat kopling, valve, cam…yang penting tidak merubah kapasitas mesin atau mengganti mesin. Namun patut digaris bawahi…..

Aturan modifikasi walau tidak perlu uji tipe tetap dianggap melanggar undang-undang jika…

  1. Menyebabkan kendaraan jadi tidak ?laik jalan?. Silahkan lihat ke pasal 48 UU 22/2009.
  2. Membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui. Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.

Nah….jadi lebih kurangnya demikian mzbro. Memang kita kudu buka-buka lagi aturan dan pasal-pasal agar setidaknya mengerti garis besarnya sehingga seperti yang dikatakan kang Leo…kita tidak menjadi korban atas kewenangannya atau istilahnya tindakan sewenang-wenang. Nah…jika sampeyan ingin bertanya lebih jauh soal hukum modifikasi…langsung wae sampeyan samperin warung kang Leo. Jangan sama IWB soale malah botak sariawan pakde. Brodol brengose gagahe ilang mengko :mrgreen: . Sampai sini wis mudeng opo ora ki??…..(iwb)

131 COMMENTS

  1. Trz klo si kolor ijo, eh rompi ijo tetep ngeyel stlh kita menjelaskan sprti diatas,kudu piye le ngmg e?
    Mana ada polisi mw ngalah.

  2. merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui. Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.
    emangnya ban motor kayak ban mobil tank,,

    yang ada mah, jalan-jalan rusak yang gak di kasi mulus,, kampret,,,

  3. “Perubahan pada daya angkut adalah dengan menambah jarak/merubah material sumbu kendaraan untuk memperbesar daya angkut kendaraan”

    Apa berarti nambah bracket tambahan dan box di motor juga tidak diperbolehkan?
    Itu jg nambah material dan sumbu plus daya angkut jg kan?

    • Sumbu kendaraan ngerti ra mas?

      Sumbu kendaraan itu titik tengah roda.

      Pajang sumbu roda itu jarak titik tengah roda depan dengan titik tengah roda belakang..

      Sinau sek sebelum komentar..

      Ane masih segen ama yg belum tahu tapi tanya

      Daripada belum tahu apa2 tapi marahnya yg didahulukan.. Kalo diperusahaan uda dipecat duluan org2 kyk gini..

      Udah lah peraturan ya di jalani toh buat keselamatan bersama.. Masih enak di Indo pengawasan belum ketat.

  4. Aturan modifikasi walau tidak perlu uji tipe tetap dianggap melanggar undang-undang jika?

    Menyebabkan kendaraan jadi tidak ?laik jalan?. Silahkan lihat ke pasal 48 UU 22/2009.
    Membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui. Pasal 50 ayat (2) UU No. 22/2009.

    ** nah ini pasal ambigu, rawan penyalahartian lek.. Jare jokiwo pasal nak gak substasial arep diganti…
    Berpotensu jdi Makanan empuk bagi oknum nakal

    #$aveFBY

  5. habislah kreatifitas anak negeri
    orongorong.com/2015/12/16/on-progres-yamaha-byson-v-twin-500cc-sangar/

  6. wedannn, berarti g boleh pake top box, ato side box ya om iwan???
    rumittt, mosok mesti melu uji kelayakan…

  7. nasib bentor dan sejenis gmn ya wak? kesian kan mereka jg bkn org2 yang bisa nanggung uji kendaraan dll…

  8. Harus nya CBR di tilang itu lek
    masa kandang pitek Di kei mesin DOWC karo roda.

    ekekekekek

    Zlub

  9. CB150 sama Sonic tak layak jalan

    membahayakan keselamatan Lalu lintas

    karena apa

    Karena kalau rusak spare part gak tersedia di deler

    Mesinn Gampang ngebuulll kayak 2 takk

    Mesin jeblugg Jeblugggg membahayakan pengguna jalan

    Mesin Ngedennnn bin lemott mangganggu arus berlalu lintas

    lihat aja banyak yg sudah sudahh Motor Honda Banyak Yang Masalah gak Nyaman tak Layak Jalan ..fakta !!

  10. motor yg ada bronjong dibelakangnya / peralatan jualan yg lebarnya melebihi lebar keseluruhan motor kok dibiarian aja ya kang

    • Hmm gimana ya.. Kenyataan di lapangan terjadi generalisasi motor tidak standar mas. Seperti contoh knalpot ber db killer, jika dilihat tidak standar (aslinya) pasti kena, padahal bisa saja knalpot tersebut racikan perusahaan knalpot ternama yg sudah di perhitungkan polusi suaranya sesuai peraturan. Ada juga yg mengganti spion yang ukurannya memang lebih kecil tapi bisa dilihat tetap berfungsi, kena. Sampai muncul istilah ‘golek golek’. Mohon maaf tetapi kendaraan rombong yg dimiliki perusahaan entah rokok atau apapun itu malah menurut saya yg masuk kategori bahaya, pandangan juga berkurang. Jadi menurut pandangan awam saya, alangkah bijaksananya pihak terkait mengadakan sosialisasi mana yg boleh dan tidak untuk pasal modifikasi ini baik ke masyarakat maupun ke intern ujung tombaknya di lapangan sehingga tidak abu abu dan bersayap. Dan jika kita sudah merasa benar dan sesuai dg penjabaran sosialisasi tadi, tapi di tilang tolong beri kami tempat mengadu yg bersolusi, malu ah kalau harus di media sosial yang tahu seluruh dunia.

  11. masalahnya bkan semata isi dri aturan yg di buat…tpi bagai mana mental petugas bin aparat d lpangan ap konsen sesuai aturan yg ada dlm menindak atau malah aji mumpung memampaat ketidak tauan atau pahaman pengguna mtr..CONTOH KECIL BEBERAPA KASUS KNAlPOT DLM PENINDAKAN PETUGAS DLM MENINDAK TDK D SERTAI ALAT DUKUNG BESARAN DB KERAS TDK SUARA KNALPOT…INI BISA DI YAKINI JDI AJANG CARI DUIT DIMANA MTR YG DIMODIF HRUS DITINDAK…yah semoga saja tdk seperti kasus2 knalpot dll…nya

  12. motor jangan dibikin jenisnya beda. mbit dibikin nungging setang nunduk itu gak boleh. tapi kalo fbh mau ubah jenis silakan menghubungi bengkel2 transgender terdekat.

    • Mending User Yamaha ke Korea Operasi Plastiknya, nah User Honda malah datang ke Spesialis Ketok Magic buat reparasi The Batako Face. Buakakakakakakak…

  13. kalo kendaraan yang standarnya udah gak laik jalan gimana dong?? contoh knalpot ngebul, velg gampang peyang, sok mudah patah, komstir cepat oblak

    apakah juga akan ditilang?

  14. di pasal sih tertulis gitu Kang tapi ujung2 nya wereng pasti bilang “ini motor modif tetep melanggar, mau nitip sidang?” orang pasal kenalpot bising aja yang seharusnya pake pengukur desible ga pernah dibawa wereng klo razia

  15. Bahkan diartikel kayak gini sales yangmaho masih kojel-kojel……
    Kasian…sumbang balsem ah bwt kacung2 yangmaho
    #diprioritaskan bwt trio guk-guk

    • Maklum broo,, akhir tahun di udak” harus ngabisin stok motor di gudang…..

      Jadi kejet” mereka.

      BRUAK
      BRUAK
      BRUAKAKAKAKAKAK

  16. Ttp aj…dilapangan mah polisi menggangap kita salah klo sudah ada yg di modif ringan..
    Dan dicari2 kesalahannya….

  17. Mas semisal saya punya sonic terus engine di half cut cbr 150 di pake dari taon 2011 di bengkel umum, nah yg jadi pertanyaannya kalau mau uji tipe dimana dn di kenakan biaya berapa terus kan melihat pasal diatas jika modifikasi harus dilakukan dibengkel umum yang ditunjuk kementerian perhubungan apa mesin saya mesti di bongkar ulang atau gimana karena pengerjaanya sebelum pp trsbt di luncurkan..?

  18. ambil positifnya aja.. mungkin ke depanya motor buatan pabrik bisa lebih oke tampilan dan mesinya layaknya motor modifikasi meski ya tarif naik juga, semoga saja uu larangan modifikasi cuma berlaku untuk modifikasi yg non sefty aja ya gan..

  19. m*difikat*r kok mewekan. . Baca tuh.
    Jd. . Jngan suudon dulu lah ma UU.
    UU Dibuat oleh org2 yg memang sudah pintar,ga asal tulis.
    Nah. .ini saya setuju kang!
    Jelas,padat,dan pastiy jalanan mga tmbh tertib.

  20. itu berlakunya dimana mas…..? kalau saya dikalimantan kayak nya perturan itu belum berlaku, kecuali kalu di Bali Papan mungkin sudah ya…..?

  21. Lek, sperti honda C-series mulai 50cc – 100cc (Supercup, stars, prima, grand,dll) bila dimodif ulong / kalong, tanpa merubah / bour-up cc, apa harus uji type, soale nak STNK tetap aja namanya C-series, tolong pencerahannya lek..??? Suwun

Comments are closed.