iklan iwb
iklan iwb

ASTRA MOTOR - Musim Hujan, Hindari Ban Oblak dengan Cek Kondisi Dust Seal Motor Anda

Bro dan sis sekalian….sebagai biker, IWB tahu sampeyan pasti selalu membawa mantel hujan ketika cuaca sudah bergeser seperti sekarang. Seperti IWB yang kemana-mana gotong tas untuk menyimpan mantel. Namun banyak yang lupa bahwa tunggangan juga butuh perhatian khusus. Lha mosok egois tenan cuma mikir diri sendiri. Nah…mungkin 5 tips berikut bisa sampeyan ikutin. Check it out….
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb

Ketika hujan…kerja kendaraan bekerja keras akibat air hujan yang mengandung asam serta lumpur-lumpur jalanan. Belum lagi traksi ban yang menurun karena licinnya aspal. So…wajib hukumnya kita ngecek satu persatu demi keamanan dijalan. Menurut Technical Service Analyst Main Dealer sepeda motor Honda Astra Motor, Rangga Noviar, ada kemungkinan beberapa komponen sudah tidak layak pakai dan memerlukan perbaikan atau penggantian akibat penggunaan di bulan kemarau yang cukup panjang. Lima poin penting yang sebaiknya diperiksa agar sepada motor kesayangan sampeyan selalu dalam keadaan prima yakni….

1. Oil Seal & Dust Seal
Seal pada kendaraan berperan penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak, maka dapat menyebabkan air masuk ke area bearing atau bantalan roda. Akibatnya, dapat timbul korosi yang bisa membuat bearing ‘oblak’ atau berputar secara tidak normal.

2. Ban
Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Salah satu indikatornya adalah keausan permukaan ban. Jika sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang, sehingga dalam kondisi jalanan basah, dapat menyebabkan pengendalian motor menjadi sulit dan bisa menyebabkan pengendara jatuh. Saat melakukan penggantian ban, pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.

3. Cap Supressor (Tutup Busi)
Tutup busi berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melintasi genangan air. Jika karet yang terdapat pada tutup busi sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti, agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan baik. Rangga menyarankan agar penggantian tutup busi dilakukan di bengkel resmi agar pemasangannya tepat.

Yamaha MT25 (5)

4. Rem
Komponen sepeda motor paling vital ini jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi. Lakukan penggantian segera jika rem sudah terindikasi harus diganti. “Sebab, berkendara saat hujan membutuhkan handling pengendaraan yang baik. Jika kampas rem sudah aus, ketika akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan akan lebih sulit,” seru Rangga.

5. Lampu
Lampu yang terdapat pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai. Jika salah satu lampu tidak berfungsi akan sangat membahayakan pengendara tersebut maupun pengendara lainnya. Apalagi di saat hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.

Nah…itulah 5 poin yang diutarakan kang Rangga. Monggo sampeyan cek sendiri kondisi kendaraan masing-masing. Walau semua penting tapi IWB sendiri menyarankan perhatian khusus pada tutup busi soale IWB pernah menjadi korban pakde. Motor brebet ora karu-karuan dan seiring intensitas hujan yang makin tinggi tiba-tiba motor klepek-keplek. Setelah IWB cek jebule karet busi ora nyokot nang dinding busi sehingga air merembes masuk. Sobekkk njaran tenan. Kalau sudah begitu sirah rasane cekot-cekot mzbro. Lha piye….kudu nunggau kering dulu baru bisa jalan. So…musim hujan?. Ojo lali dengan 5 poin diatas….(iwb)

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!