iklan iwb

ASTRA MOTOR - Musim Hujan, Hindari Ban Oblak dengan Cek Kondisi Dust Seal Motor Anda

Bro dan sis sekalian….sebagai biker, IWB tahu sampeyan pasti selalu membawa mantel hujan ketika cuaca sudah bergeser seperti sekarang. Seperti IWB yang kemana-mana gotong tas untuk menyimpan mantel. Namun banyak yang lupa bahwa tunggangan juga butuh perhatian khusus. Lha mosok egois tenan cuma mikir diri sendiri. Nah…mungkin 5 tips berikut bisa sampeyan ikutin. Check it out….
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb
iklan iwb

Ketika hujan…kerja kendaraan bekerja keras akibat air hujan yang mengandung asam serta lumpur-lumpur jalanan. Belum lagi traksi ban yang menurun karena licinnya aspal. So…wajib hukumnya kita ngecek satu persatu demi keamanan dijalan. Menurut Technical Service Analyst Main Dealer sepeda motor Honda Astra Motor, Rangga Noviar, ada kemungkinan beberapa komponen sudah tidak layak pakai dan memerlukan perbaikan atau penggantian akibat penggunaan di bulan kemarau yang cukup panjang. Lima poin penting yang sebaiknya diperiksa agar sepada motor kesayangan sampeyan selalu dalam keadaan prima yakni….

1. Oil Seal & Dust Seal
Seal pada kendaraan berperan penting agar debu dan air tidak masuk ke dalam komponen dan menimbulkan kerusakan. Jika dust seal yang terdapat pada roda sudah tidak layak, maka dapat menyebabkan air masuk ke area bearing atau bantalan roda. Akibatnya, dapat timbul korosi yang bisa membuat bearing ‘oblak’ atau berputar secara tidak normal.

2. Ban
Pastikan kondisi ban dalam keadaan baik. Salah satu indikatornya adalah keausan permukaan ban. Jika sudah tipis, traksi terhadap permukaan jalan akan berkurang, sehingga dalam kondisi jalanan basah, dapat menyebabkan pengendalian motor menjadi sulit dan bisa menyebabkan pengendara jatuh. Saat melakukan penggantian ban, pastikan arah rotasi ban sudah sesuai.

3. Cap Supressor (Tutup Busi)
Tutup busi berperan penting untuk mencegah terjadinya motor mogok saat melintasi genangan air. Jika karet yang terdapat pada tutup busi sudah keras, sangat disarankan untuk segera diganti, agar sistem pengapian dapat berfungsi dengan baik. Rangga menyarankan agar penggantian tutup busi dilakukan di bengkel resmi agar pemasangannya tepat.

Yamaha MT25 (5)

4. Rem
Komponen sepeda motor paling vital ini jangan sampai terlewatkan untuk diperiksa. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang tidak bisa mengendalikan sepeda motornya saat melakukan proses pengereman karena rem tidak berfungsi. Lakukan penggantian segera jika rem sudah terindikasi harus diganti. “Sebab, berkendara saat hujan membutuhkan handling pengendaraan yang baik. Jika kampas rem sudah aus, ketika akan mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan akan lebih sulit,” seru Rangga.

5. Lampu
Lampu yang terdapat pada sepeda motor berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat motor dipakai. Jika salah satu lampu tidak berfungsi akan sangat membahayakan pengendara tersebut maupun pengendara lainnya. Apalagi di saat hujan, jarak pandang pengendara akan berkurang.

Nah…itulah 5 poin yang diutarakan kang Rangga. Monggo sampeyan cek sendiri kondisi kendaraan masing-masing. Walau semua penting tapi IWB sendiri menyarankan perhatian khusus pada tutup busi soale IWB pernah menjadi korban pakde. Motor brebet ora karu-karuan dan seiring intensitas hujan yang makin tinggi tiba-tiba motor klepek-keplek. Setelah IWB cek jebule karet busi ora nyokot nang dinding busi sehingga air merembes masuk. Sobekkk njaran tenan. Kalau sudah begitu sirah rasane cekot-cekot mzbro. Lha piye….kudu nunggau kering dulu baru bisa jalan. So…musim hujan?. Ojo lali dengan 5 poin diatas….(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

92 COMMENTS

  1. Walah y bawah ko malah Ngalor ngidul naek Kandang Pitek yopo iku kang.. Awas kabel Semerawut area spido macem angreman ayam kena hujan iku lek… kandang sak angremane kena ujan yo do Mbloder…

  2. Nah kl Foto y bawah ko Kondenya gk di tutupi lek.. kankena ujan Malah Kondenya Mbloder… Hare gene naek motor BAwa Konde Alis Bercahaya.. Wkwkwkwkwkwkwkwkwkww yaMaho jadinya Broo..

  3. Ono sing kliwat kang… Bensin kudu di cek, ojo nganti kentekan nang dalan…. Pengalaman jam 12 bengi udan deres bensin ntek, waduhh ngeness cakk

  4. Kang iwan naek motor opo Kandang Pitek iku lek.. Muke alakadarnya dengan Konde Bercahaya… Plus Riting Macem Pentol Kojek Bulet gt…
    Wkwkwkwkwkwkwkwkw

  5. Musin Hujan yang harus di jaga owner motor Honda

    adalah cat body nya jangan sampai kusam

    ntar ditilang polisi gak sesuai dengan warna yg tertera di STNK

    untuk pemilik motor Honda silahkan baca artikel sebelumnya
    pas dengan artikel sebelumnya

  6. Alisnya SinChan itu di semir merah sama Ijo abgus itu kayake Broo.. jadi kliatan sangar dikit.
    Kalo pake muke alakadarnya gt malah kliatan culun dengan Konde Bercahayanya.. kayak SinChan udah Tua alisnya putih…
    Wwkwkwkwkwkkwwkwkw

  7. Wah motor y abis sunatan masal ini y gk boleh kena hujan kang… pasti menguning knalpotnya.. belum lagi catnya gampang Ngelotok kena stiker. Bahaya itu motor Maho…

  8. Itu kang Iwan kl ngerem pelan pelan pake 1 jari ya.. pasti takut Braket Remnya Patah kan..???
    Emang gampang patah Braket remnya itu kang… khas yaMaho lah.. Ati ati kang…

  9. Kang Iwan kl pake motor Maho Tulen15 itu hati hati ujan Jakarte Banjir polisi tidur gk kliatan itu.. Sock Maho segede gaban itu gampang Patah Pateng Pecotot keluar Pernya itu Kang.. Kwalitas abal abal getas Udah Banyak Kasus itu lo….
    Maklum Sock yaMaho emang Buatan India gk ad merknya kang… Atos Glodakan Pisan….

  10. Kl Motor Maho Tulen 25 itu Mogok kena Air mending Masukkan Gudang Bhantar Ghebang ae kang… Jual Perkilo Lebih Mahal dari pada jual per unit motor…. Bener Ane Zuzur kang…

  11. Ada sesuatu yang mengerikan
    Metic celeng SOHC 2 klep jaman Fir’aun masih TK
    Tanda kemapanan FBH punya metic celeng

    Crot

  12. Piye jol
    Dodolan Celeng karo kandang pitek moncer
    wis klakon Diner neng KFC durung Ojo mangan Aking bae jol

    Crot Crot Crot

  13. lah mt25 q lqk kudanan langsung macet lek gak gelem mlaku
    uasemmm tenan …
    motor buosokkkk tuk e… es tampange kyo bulus angop … uuaasemmm ..

    ekekekek..

  14. Ingat Hujan Ingat Dingin Dingin itu Berhubungan dengan dataran tinggi

    Jangan Lupa kalau turing ke dataran tinggi

    Motor Honda Injeksi PGM FI harus minta mekanik bengkel
    di setting altitude biar gak Ngowosss di jalan kayak Vario grokkkkk grokkk grokkk

    bwakakakak

  15. Tips Buat Pemilik Motor Honda CB150

    habis kehujanan di cuci dan dikeringkan secara matang

    karena apa

    tralis kandang pithikk gampang patahhh apalagi dicat merah menandakan Danger

    bahaya laten patah karena Gampang Keropos karatan tuh tralisss

    • Tergantung penempatannya bos..merah dicb150r menunjukan warna keberanian..semangat..dinamis..menurut saia lho…beda kalu keseringan pake warna pink. Jadinya semua warna merah dianggap danger.

  16. Ingat Busi Ingat Vario

    motor digonta ganti busi tetep aja Vario Ngorokkkk

    pantas sajaa bro rangga selalu mengingatkan Busi dijaga

  17. Ingar Rem ingat Rem motor Honda gak pakemm

    apalagi tuh yg versi CBS berpotensi lapisan kampas rem cepat habis tidak merata

    pantas bro rangga memperhatikan itu untuk dijaga

  18. Ada Bajol ada Bruud.

    Mereka berdua pasangan gay sales kacong fBH0M0 yang katanya sudah menikah.

    Selamat yee cung, semoga bahagia di alam kubur nanti.

    Akakakakakk

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  19. Musim Hujan turun

    jangan sampai Fuel Pump sering ngambekkkk

    panas terik hujannn dibiarkan bisa rewel fuel pump

    sudah pada tahu fuel pum Honda bosokkkkk

  20. lah mt25 q lqk kudanan langsung macet lek gak gelem mlaku
    uuasemmm tenan …
    motor buosokkkk tuk e… es tampange kyo bulus angop … uuaasemmm ..

    ekekekek..

  21. Bikin artikel review headlamp LED (putih) mumpung musim hujan.
    Lebih fungsional mana antara bohlam pijar yang katanyaaaaaaaaa kriyep-kriyep dibandingkan LED (putih) dimusim penghujan ini?

  22. shok jga penting itu lek iwan, lha m-mex hajar lubang ga keliatan pas musim ujan apa ga bahaya itu nyawa, sok keras kaya bambu gitu, yg ada boncenger kepental pental dan ga nyaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here