iklan iwb

CB mesin tiger (2)

Sebuah motor klasik nongkrong dengan gagah. Motor CB yang sejatinya adalah Tiger ini dibangun dengan susah payah karena siempu memang demen motor klasik. Mulai dari nol….selain hoby, tujuan agar menarik perhatian dijalan raya cukup ampuh sebab siapapun pasti akan berdecak kagum melihat sosoknya. Seluruh body kinclong terawat. Mesin pun dikrom agar tampilan lebih menggigit. Kelengkapan lalu lintas juga diperhatikan. Kena guyur hujan…haram hukumnya dan langsung dilap dengan kain bersih. Sayang….akibat undang-undang modifikasi ancaman 24 juta rupiah menyeruak…..motor ini kini hanya ngandang tidak berani dipakai……
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb

Tidak heran uneg-uneg dilayangkan para modifikasi termasuk bro Fendy yang begitu kecewa dengan undang-undang modifikasi. Mengirim surel dengan judul…..”Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta”…berikut uneg-uneg doi….

Siang kang Iwan,

Edisi resah iki, siapa tau uneg-unegku bisa sampeyan bantu. Aq due (punya) CB jadul kang, cuma spek mesin sudah Tiger bore-up, surat-surat akur punya Tiger, no rangka nomer mesin juga Tiger. Tapi kalo mengacu UU no 22 tahun 2009 tentang lalin & angkutan jalan….iso-iso ngandang kang motorku. Masak modif pakai duit keringat sendiri dianggap kriminal?. Denda 24jt kurungan setaun…hadeehh….

Mosok yo motorku cuma dadi pajangan ruang tamu, nggak boleh ngaspal?. Lawong motor yo komplit, spion dua, ban juga gede-gede, lampu-lampu, sein, klakson tinggal pencet. Mungkin ini juga dirasa teman-teman modifikasi lainnya kang kayak teman-teman dari japstyle, brat, scooter dsb. Yaaa mestinya UU tsb bisa dikaji kembali laah…jangan hanya denda org 24 juta…

Kasihan orang-orang yang bergantung di lingkup modifikasi roda 2 ada pedagang assesories, pengrajin variasi (tukang knalpot, tukang jok, tukang tangki dll.), bengkel modifikasi, sampek tukang bubut mungkin kena imbasnya. Rasane pengen pindah Thailand ae kang ngene iki, surga modif hehehe. Matur sembahnuwun lek…

Yup…itulah keresahan yang dirasakan bro Fendy. IWB yakin….yang dirasakan bro Fendy tidaklah dibuat-buat. Siksaan bagi para tukang hoby modifikasi…terpasung dalam sebuah keadaan yang mereka anggap tidak adil. Ketika kreatifitas modifikasi se-safety apapun dianggap kriminal. So….alangkah bijaknya jika aturan membidik modifikasi ngawur yang memang harus diberangus. Jauh dari kata safety dan berbahaya bagi ketertiban lalu lintas. Karena dengan kondisi sekarang…..

CB mesin tiger (1)

Dijamin motor tua akan mati tanpa bisa tertolong. Motor-motor renta keluaran 1970-an yang harus dihidup dari nyomot komponen perangkat produk lainpun menjadi haram hukumnya. Kenapa?. Karena jika itu dilakukan bisa dijerat dengan pasal modifikasi dan ancamanmya tidak main-main yakni denda 24 juta rupiah. Ingin legal?. Ya harus masuk uji tipe dan didaftarkan seperti motor anyar sehingga bisa dikatakan layak jalan…..

Last…..didunia ini tidak satupun negara yang lepas dari modifikasi. Selama masuk dalam rambu-rambu yang sudah ditentukan terutama faktor safety…….petugas tidak akan mempermasalahkan. Contohnya diSingapura yang mayoritas kendaraan dicantolin box Givi (jepretan terlampir). Aturan memang dibuat untuk dipatuhi. Namun jika peraturan bisa lebih humanis….menyelami kondisi lapangan dengan seksama…pasti masyarakat akan makin mencintai para pengayom masyarakat serta wakil rakyat diseberang sana. Percayalah…selama modifikasi diatur dengan rambu-rambu yang jelas dengan memperhatikan unsur safety….mereka-mereka adalah kaum seni yang kreatif dan sangat positif. Buat bro Fendy…..ora usah mumet, ditempel koyo wae sirahe lek ngelu. Sing sabar, disimpen motore cak. Opo diadol (dijual)…..pasti banyak yang kesengsem tuh :mrgreen: …..(iwb)

Beberapa jepretan motor non standart diluar negeri

Sundance-harley-xr1200 BullDockZ1R-tm msx heiwa-ajs DSC_3596 5227 078_20121029204327 img_9402

190 COMMENTS

  1. saya juga bingung dengan negara ini, bngung menentukan batasan boleh maupun tidaknya arti modif sesungguhnya

    • Makanya jadi org tu berkulit hitam gagah dan sangar…. dan punya burung diatas rata2,,,,,,
      Di jamin kederr deh polisi,,,

      Zlub.

      • Ngomong opo wong edan iki, kalo nggak menghina kerjaannya ngelantur ngomongnya. Ngono ko yo hidup orang ini, mending mati aja kamu ini mbah Darmo dari pada hidup mu gak bermanfaat

      • Tapi polisi harus tegas !!…
        Jangan takut kalo macam2 tembak saja ,,,,, contoh pengguna moge modifan lampu verza ,,,,

        Jadi pengguna motor A – Z muka verza ,,,, wajib ditembak ,,,

        Zlub.

      • Item Tebal karna daki mengerak bertahun2 ngikut aliran RASTA…. Rastauadus…..

        Ditunggu sukholil ngetrek pake jet cooled…. top speed serasa jambakan setan kredit

      • ini pemilik revo butut tulisan alay aja kebanyakan omong,tipikal manusia kurang duit tingkat kesejahteraan rendah gede omong doang di dunia maya

    • Makane urip nang malang surgane modifikstor!
      Pokok surat lengkap aman coy!
      Dik kene anak silup gawe beat ban cacing knalpot cempreng, aman coy!

    • Konspirasi-kah?????….

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan….
      Motor bekas berjibun….
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama…..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan…..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan…..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)….
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)….

      Maaf hanya opini….
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya….

      • Tambahan;
        Gaya kapitalis pelan2 mulai bergerak di roda 2 yg jualannya sangat menggiurkan di indonesia

    • Numpang ngepot broo..
      Sepertinya Indonesia bisa mencontoh Jerman..
      Pada skema pengajuan sertifikasi kendaraan modifikasi di Jerman, masyarakat cukup membawa komponen aftermarket ke badan independen sesuai spesifikasinya. Nantinya, badan independen ini akan melakukan penghitungan dan pengujian apakah komponen tersebut cocok digunakan di kendaraannya.”Misalnya mereka bawa velg, nanti dilihat spesifikasinya bisa tidak dipasang di kendaraannya. Sama juga dengan modifikasi lain seperti merendahkan mobil, nanti diuji dan dihitung, layak jalan atau tidak mobil yang direndahkan. Banyak hal yang bisa disertifikasi, makanya masyarakat Jerman yang memodifikasi bisa punya surat sertifikat banyak untuk berbagai komponen modifikasi.”

      #Otosia.

      • Memang nantinya arahnya kesitu bro…
        Part2 restorasi bersertifikat, bengkel bersertifikat, mekanik n modifikator bersertifikat keahlian.

        Tapi perlu diingat sdm n tingkat kesadaran rakyat kita masih jauh ketinggalan dengan Jerman
        Di negara maju semakin tua kendaraan semakin mahal pajaknya, jd mereka jg mikir jika merestorasi/ modif kendaraannya….Ujung2nya memaksa secara tidak langsung untuk beli mobil baru

        Ingat juga Industri mobil/motor akan selalu mengembangkan usahanya di negara berkembang yg aturannya tidak seketat negaranya sendiri…..

        Mampu gak spek aparat berwenang menjalankan dgn benar n tepat???
        Mampu gak pemilik kendaraan menjalani syarat2 modifikasi yg ditentukan????

      • Nah itulah makanya semua aspek harus mendukung, entah itu pihak berwenang ataupun user, karena banyak user yang memodifikasi kendaraannya tanpa mempertimbangkan keamanan terutama motor. sedangkan pihak berwenang tau sendirilah kadang malah mencari celah..

        • Aparat yg pertama harus ngerti undang2 beserta turunan UU, kesiapan mental, pegetahuan luas dan profesional….

          UU nya bagus demi safety, tp jangan sampai mematikan kreativitas dan usaha asesoris
          Klo dilihat mulai pelan2 bisa terendus polanya misal;
          knalpot harus standar walau pake aftermarket db killer tetap kena karena blom ada uji deperindag – akhirnya keluar knalpot resmi pabrikan bersertifikasi

    • Sebenarnya modifikasi motor ga melanggar UUD asal ga mengganggu keselamatan jalan bikers lain dan tidak mengganti nomor mesin serta sasisnya. Misal Vespa yang 1 Sadle, di tambah jok belakang untuk boncengan itu di larang karena belum tentu aman untuk boncengernya, kecuali itu sudah uji kualitas dan sudah di persetujui dinas Perhub. trimakasih gan… salam bikers

  2. Senenernya sih uu yg denda 24 juta itu kalo modiv ganti nomor rangka sama nomor mesin doank, plus rubah sumbu roda

    Sementara yg lain kagak, adapun pelangaran cuma penambahan dimensi

    Selain. Itu ya kagak

    Cuma satu masalahnya

    Polisi kita bodoh

  3. sepertinya penguasa sekarang ingin mematikan semua kreatifitas anak bangsa. Tujuannya agar bangsa Indonesia tidak menjadi negara yang maju dan mandiri.

    • Konspirasi-kah??????.

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan?.
      Motor bekas berjibun?.
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama?..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan?..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan?..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)?.
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)?.

      Maaf hanya opini?.
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya?.

    • penguasa yg skrg hobi bikin banyak kebijakan aneh2 yg cenderung memanjakan pejabat dan mempersulit rakyat.

      #curcol

      • Yup pejabat berwenangnya aja gak ngerti aturan2 hingga detail padahal dibuat sendiri
        Paling diadakan pelatihan abal2 yg isinya banyak plesir dgn output seadanya….. Yg ptg anggaran terserap

  4. Mungkin aparat kita butuh dana kang buat ngbuletin perut2 yg masih cungkring,atau2 jangan2. Klo menurut saya sih selama modifnya gak pake knalpot racing sama lampu2 gak dipretelin gak masalah,gak tau jga apa yg dipikirin para pembuat hukum terkait UU tsb. Saran saya buat para orang dsana,klo bisa klo buat peraturan usahakan libatkan seluruh lapisan masyarakat

  5. Sangat disayangkan UU tersebut tidak dijabarkan batasan modifikasinya, Semoga saja kedepannya UU tersebut diperjelas batasan-batasan modifikasinya jagan dibiarkan abu-abu begini. Opo pak pol udah sosialisasi ke masyakat ya?? Piye iki??!

    • UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat
      masih kurang jelas?

  6. Yah masa cuma pasang cakram belakang di repo ane di di bilang kriminal? Pake di kandangin 1 taon sama denda 24 jete segale,woyy pemerentah kta lu nih negare demokrasi tapi klo ane bilang sih nih negare demokrazy!!!???

    • baca lagi napa males banget lu.
      UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat.
      noh ganti discbrake merubah dimensi kendaraan kgk?
      merubah kemampuan (kekuatan/power) kendaraan kgk?
      merubah daya angkit kgk discbrake.
      baca lagi uu nya. ini nih, orang cuman baca sepenggal sepenggal gk ngerti maksudnya apa.
      gua ulangin yak. accessories bolt on yg masih safety tidak bakal ditilang. kalo ditilang lu debat aja ama polkisnya, nyerah pasti dia kalo lu pinter debat. nah kalo ban cacing thaikucing look, toa masjid pasti kena lah

  7. Sing nggawe UU wakil rakyat jadi… kalau rakyatnya susah aturan wakilnya lebih susah… lah ini rakyatnya susah ini malah pada ribut rebutan kue…. jiand negri para pemimpi….ya harap maklum pemimpi k?lo ga tidur ya ga bakalan bisa mimpi…. para penegak hukumnya juga ga tahu aturan dan ga bisa memberi contoh yg baik….. dah bukan rahasia umum.

  8. Lek iwebe yth, sebelum bkin artikel mbokyao sms aq dsik… Ce’ aq iso pertamak terus… Swun yo lek

  9. Polkis makin kesini emang makin keliatan engga mutu….yg namanya modifikasi kan kretivitas, kalo di kenakan denda sama aja dianggap kriminalitas….
    Truss yg di urusin makin kesini makin engga penting2 amat….. kasus prostitusi artis aja ngurusnya gesit banget padahal jelas ga penting kan? Yg namanya prostitusi sudah ada sejak jaman nenek moyang, bahkan sejak jaman nabi jaman behula….lah ngapain diurus….
    Giliran ngurus kasus korupsi, apalg kalo ada oknumnya sendiri yg tersangkut prosesnya lama bgt, truss mendadak berubah menjadi pada telmi, lemot dsbnya…..parahhhh

  10. Lahan baru buat nyari duit. UU dibuat ambigu agar masyarakat dibuat susah paham, sehingga pihak pihak tertentu bosa dengan mudah mempermainkan masyarakat untuk dipalak.

  11. Di negri ini bikin aturan dan pengaturan untuk cari duit ( ternak jangkrik bin cuan alias 86 konsep baru) bukan untuk mengatur dan mengamankan masyarakat, tetapi benar2 mengamankan menelanjangi masyarakat untuk di kuras (dijajah dinegri sendiri oleh bangsa sendiri)…masi ingat akan adanya aturan motor hrus kir,,,ya ya mereka tau sebagai pemangku kebijakan, mtr itu jumlahnya berjut-jut…diambil kecilnya 10rbu aj ? sekiaan itung sendiri jdi brapa…? Manusia2 kardus ini bkin aturan bukan untuk mengatur tpi bgai mana mendapatkan imkam dri aturan yg mereka bkin…lah gmna kita berpikir positip tentang aturan ini dendanya aj bkin stree..s.. Yah mungkin yg bkin aturan lgi pada stresss juga…..lanjutkan d bawah

    • Konspirasi-kah??????.

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan?.
      Motor bekas berjibun?.
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama?..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan?..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan?..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)?.
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)?.

      Maaf hanya opini?.
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya?.

  12. Negeri ini semakin hari semakin ngawur dan mencekik rakyat kecil saja,peraturan aneh tanpa dasar yg jelas. Pajak kendaraan naik,si bebek revo keluaran pertama masa iya pajaknya 189 ribu? Padahal tahun lalu cuma 150 ribu. Kenapa pemerintah lebih suka cari duit dari kantong orang rendahan yg cuma mampu membeli motor.

  13. Gak paham sama negara ini. Yang bikin undang-undang iku guyonan ae nang kantor. Terusno ae sak karepmu dewe tuan-tuan dan ojok kaget lek negoro bakal di bubarno ambe generasi sing enom”.

  14. Temen ane belum seminggu ini kena tilang, gara gara pipa knalpot di krom, di wilayah Tangerang. mungkin juga karena knalpotnya bobokan juga sih..

  15. Bukannya untuk rubah bentuk itu aturan perundang undangan sudah lama berlaku, byk nih temen ane ngurus suratnya dr megapro jadi CB jadul,.maupun tiger jd CB jadul, semua bisa kok. di STNK tertulis jd CB160 dan CB200, jd namanya bukan mgpro ato tiger lg, ada operasi jg gkpp kok, surat n motor jd Legal

    • orang pada kudet mas.
      padahal dah dari 2009 pada kacau sekarang.
      nih ya gua kasih tips. modifnya kending di bengkel aja karena nanti saat ngurus suratnya kinta tanda apa gituh dari bengkel.
      yg udah pernah ganti warna kendaraan tau lah ya.

  16. Koe ki opo opo ngelu lek

    Mongtor anyar botak sariawan

    Spisot anyar brengos mbrodoli

    La nek entok bojo anyar iso iso nghaceng permanen sampean

    Jiajajaajajajaa

  17. Bysonku tek modif oil cooler karo Rdb pie iki lek plat nopol tek taroh di rangka
    Lampu di skotlet piye

  18. Saya dah biasa potong sana potong sini permak sana sini, warna jg saya ganti. tp saya ttp patuh dg hukum, surat saya perbarui disamsatbkrn udah berubah bentuk dan warna..itu peraturan sudah lama brlaku, mngkin cuma denda 24jt nya yg baru.
    jadi aturan rubah bentuk maupun warna itu udah brlaku smenjak saya blm lahir..cuma mngkin skrg dipertegas.

    • Dulu saya juga hanya bisa menilang pelanggaran yang jelas jelas saja seperti surat kendaraan tidak lengkap, sim tidak ada, melanggar rambu, warna kendaraan tidak sesuai surat, spion tidak komplit, atau muatan melebihi kapasitas.
      Kini saya bisa menilang kendaraan modifikasi, dimana kendaraan modifikasi banyak ditemui dijalanan dan dengan UU ambigu yang dipertegas ini peluang penilangan lebih besaaaar Hahaha Haha haha…

    • nah itu bos. selama kita ikutin prosedur pasti motor yg dimodif bakal aman sentosa dijalan.
      ada polkis kasih bukti. polkis diem.

  19. Jangan kawatir sodare sodare. Yang modif knalpot kencengnya kaya TOA masjid dan dilarang keras aja mpe skarang ga ada tindakan dari polisi ko…..

  20. padahal mereka modifikasi pakai uang mereka sendiri, bukan pake uang negara dll.. asalkan modifikasi itu masih dalam batas safety, maka alangkah baiknya ada toleransi untuk itu.. kecuali modif alay yg membahayakan..

  21. Santai aja kang fendy , info kacangan gak usah di dilanjuti .
    berapa kuat pememrintah ganti rugi toko asesoris di otista, kebon jeruk jakarta dan daerah daerah lainnya .
    opo ora tambah mumet itung itung anggarane

  22. NEGERI INI SANGAT ANEHHH!!!
    MODIFICATION DI ANGGAP KRIMINAL?
    TERUS PARA KORUPTOR YANG JELAS JELAS MERUGIKAN NEGARA DI ANGGAP SENI GITU???
    .
    bubar waee.. wiss ra usah beli motor sekalian. biar para APM bangkrut dan pindah produksi nya di Thailand semua!
    kapan negeri ini akan maju? jika bikin peraturan yg membuat rakyat nya SEMAKIN MEMBENCI Aparat?
    JANGAN salahkan kami. slogan mengayomi masyarakat di coret dr hati yg paling daleemmm.. bukan lebay!

  23. Kesempatan buat ATPM buat mengeluarkan model motor secantik mungkin atau munculin kembali seri seri klasiknya sehingga nggak usah modifikasi, kendaraan udah sesuai dengan selera.

  24. Brarti darahnya juga dihalalkan kl aturane smp berlaku saklak…
    Aturan dibuat untuk memperkaya istitusi..
    Inilah gambaran negriku, hukum jd senjata..

  25. Yang bikin peraturan orang yang sama sekali gak ngerti seni, bagi mereka modifikasi itu ilegal, dan korupsi itu baru SENI..

Comments are closed.