iklan iwb

CB mesin tiger (2)

Sebuah motor klasik nongkrong dengan gagah. Motor CB yang sejatinya adalah Tiger ini dibangun dengan susah payah karena siempu memang demen motor klasik. Mulai dari nol….selain hoby, tujuan agar menarik perhatian dijalan raya cukup ampuh sebab siapapun pasti akan berdecak kagum melihat sosoknya. Seluruh body kinclong terawat. Mesin pun dikrom agar tampilan lebih menggigit. Kelengkapan lalu lintas juga diperhatikan. Kena guyur hujan…haram hukumnya dan langsung dilap dengan kain bersih. Sayang….akibat undang-undang modifikasi ancaman 24 juta rupiah menyeruak…..motor ini kini hanya ngandang tidak berani dipakai……
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb

Tidak heran uneg-uneg dilayangkan para modifikasi termasuk bro Fendy yang begitu kecewa dengan undang-undang modifikasi. Mengirim surel dengan judul…..”Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta”…berikut uneg-uneg doi….

Siang kang Iwan,

Edisi resah iki, siapa tau uneg-unegku bisa sampeyan bantu. Aq due (punya) CB jadul kang, cuma spek mesin sudah Tiger bore-up, surat-surat akur punya Tiger, no rangka nomer mesin juga Tiger. Tapi kalo mengacu UU no 22 tahun 2009 tentang lalin & angkutan jalan….iso-iso ngandang kang motorku. Masak modif pakai duit keringat sendiri dianggap kriminal?. Denda 24jt kurungan setaun…hadeehh….

Mosok yo motorku cuma dadi pajangan ruang tamu, nggak boleh ngaspal?. Lawong motor yo komplit, spion dua, ban juga gede-gede, lampu-lampu, sein, klakson tinggal pencet. Mungkin ini juga dirasa teman-teman modifikasi lainnya kang kayak teman-teman dari japstyle, brat, scooter dsb. Yaaa mestinya UU tsb bisa dikaji kembali laah…jangan hanya denda org 24 juta…

Kasihan orang-orang yang bergantung di lingkup modifikasi roda 2 ada pedagang assesories, pengrajin variasi (tukang knalpot, tukang jok, tukang tangki dll.), bengkel modifikasi, sampek tukang bubut mungkin kena imbasnya. Rasane pengen pindah Thailand ae kang ngene iki, surga modif hehehe. Matur sembahnuwun lek…

Yup…itulah keresahan yang dirasakan bro Fendy. IWB yakin….yang dirasakan bro Fendy tidaklah dibuat-buat. Siksaan bagi para tukang hoby modifikasi…terpasung dalam sebuah keadaan yang mereka anggap tidak adil. Ketika kreatifitas modifikasi se-safety apapun dianggap kriminal. So….alangkah bijaknya jika aturan membidik modifikasi ngawur yang memang harus diberangus. Jauh dari kata safety dan berbahaya bagi ketertiban lalu lintas. Karena dengan kondisi sekarang…..

CB mesin tiger (1)

Dijamin motor tua akan mati tanpa bisa tertolong. Motor-motor renta keluaran 1970-an yang harus dihidup dari nyomot komponen perangkat produk lainpun menjadi haram hukumnya. Kenapa?. Karena jika itu dilakukan bisa dijerat dengan pasal modifikasi dan ancamanmya tidak main-main yakni denda 24 juta rupiah. Ingin legal?. Ya harus masuk uji tipe dan didaftarkan seperti motor anyar sehingga bisa dikatakan layak jalan…..

Last…..didunia ini tidak satupun negara yang lepas dari modifikasi. Selama masuk dalam rambu-rambu yang sudah ditentukan terutama faktor safety…….petugas tidak akan mempermasalahkan. Contohnya diSingapura yang mayoritas kendaraan dicantolin box Givi (jepretan terlampir). Aturan memang dibuat untuk dipatuhi. Namun jika peraturan bisa lebih humanis….menyelami kondisi lapangan dengan seksama…pasti masyarakat akan makin mencintai para pengayom masyarakat serta wakil rakyat diseberang sana. Percayalah…selama modifikasi diatur dengan rambu-rambu yang jelas dengan memperhatikan unsur safety….mereka-mereka adalah kaum seni yang kreatif dan sangat positif. Buat bro Fendy…..ora usah mumet, ditempel koyo wae sirahe lek ngelu. Sing sabar, disimpen motore cak. Opo diadol (dijual)…..pasti banyak yang kesengsem tuh :mrgreen: …..(iwb)

Beberapa jepretan motor non standart diluar negeri

Sundance-harley-xr1200 BullDockZ1R-tm msx heiwa-ajs DSC_3596 5227 078_20121029204327 img_9402

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!