iklan iwb
iklan iwb

CB mesin tiger (2)

Sebuah motor klasik nongkrong dengan gagah. Motor CB yang sejatinya adalah Tiger ini dibangun dengan susah payah karena siempu memang demen motor klasik. Mulai dari nol….selain hoby, tujuan agar menarik perhatian dijalan raya cukup ampuh sebab siapapun pasti akan berdecak kagum melihat sosoknya. Seluruh body kinclong terawat. Mesin pun dikrom agar tampilan lebih menggigit. Kelengkapan lalu lintas juga diperhatikan. Kena guyur hujan…haram hukumnya dan langsung dilap dengan kain bersih. Sayang….akibat undang-undang modifikasi ancaman 24 juta rupiah menyeruak…..motor ini kini hanya ngandang tidak berani dipakai……
460x110 IWBbanner Yamalube motoGP R

iklan iwb
iklan iwb

Tidak heran uneg-uneg dilayangkan para modifikasi termasuk bro Fendy yang begitu kecewa dengan undang-undang modifikasi. Mengirim surel dengan judul…..”Ngelu mikir undang-undang modifikasi denda 24 juta”…berikut uneg-uneg doi….

Siang kang Iwan,

Edisi resah iki, siapa tau uneg-unegku bisa sampeyan bantu. Aq due (punya) CB jadul kang, cuma spek mesin sudah Tiger bore-up, surat-surat akur punya Tiger, no rangka nomer mesin juga Tiger. Tapi kalo mengacu UU no 22 tahun 2009 tentang lalin & angkutan jalan….iso-iso ngandang kang motorku. Masak modif pakai duit keringat sendiri dianggap kriminal?. Denda 24jt kurungan setaun…hadeehh….

Mosok yo motorku cuma dadi pajangan ruang tamu, nggak boleh ngaspal?. Lawong motor yo komplit, spion dua, ban juga gede-gede, lampu-lampu, sein, klakson tinggal pencet. Mungkin ini juga dirasa teman-teman modifikasi lainnya kang kayak teman-teman dari japstyle, brat, scooter dsb. Yaaa mestinya UU tsb bisa dikaji kembali laah…jangan hanya denda org 24 juta…

Kasihan orang-orang yang bergantung di lingkup modifikasi roda 2 ada pedagang assesories, pengrajin variasi (tukang knalpot, tukang jok, tukang tangki dll.), bengkel modifikasi, sampek tukang bubut mungkin kena imbasnya. Rasane pengen pindah Thailand ae kang ngene iki, surga modif hehehe. Matur sembahnuwun lek…

Yup…itulah keresahan yang dirasakan bro Fendy. IWB yakin….yang dirasakan bro Fendy tidaklah dibuat-buat. Siksaan bagi para tukang hoby modifikasi…terpasung dalam sebuah keadaan yang mereka anggap tidak adil. Ketika kreatifitas modifikasi se-safety apapun dianggap kriminal. So….alangkah bijaknya jika aturan membidik modifikasi ngawur yang memang harus diberangus. Jauh dari kata safety dan berbahaya bagi ketertiban lalu lintas. Karena dengan kondisi sekarang…..

CB mesin tiger (1)

Dijamin motor tua akan mati tanpa bisa tertolong. Motor-motor renta keluaran 1970-an yang harus dihidup dari nyomot komponen perangkat produk lainpun menjadi haram hukumnya. Kenapa?. Karena jika itu dilakukan bisa dijerat dengan pasal modifikasi dan ancamanmya tidak main-main yakni denda 24 juta rupiah. Ingin legal?. Ya harus masuk uji tipe dan didaftarkan seperti motor anyar sehingga bisa dikatakan layak jalan…..

Last…..didunia ini tidak satupun negara yang lepas dari modifikasi. Selama masuk dalam rambu-rambu yang sudah ditentukan terutama faktor safety…….petugas tidak akan mempermasalahkan. Contohnya diSingapura yang mayoritas kendaraan dicantolin box Givi (jepretan terlampir). Aturan memang dibuat untuk dipatuhi. Namun jika peraturan bisa lebih humanis….menyelami kondisi lapangan dengan seksama…pasti masyarakat akan makin mencintai para pengayom masyarakat serta wakil rakyat diseberang sana. Percayalah…selama modifikasi diatur dengan rambu-rambu yang jelas dengan memperhatikan unsur safety….mereka-mereka adalah kaum seni yang kreatif dan sangat positif. Buat bro Fendy…..ora usah mumet, ditempel koyo wae sirahe lek ngelu. Sing sabar, disimpen motore cak. Opo diadol (dijual)…..pasti banyak yang kesengsem tuh :mrgreen: …..(iwb)

Beberapa jepretan motor non standart diluar negeri

Sundance-harley-xr1200 BullDockZ1R-tm msx heiwa-ajs DSC_3596 5227 078_20121029204327 img_9402

iklan iwb
Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

190 COMMENTS

    • Makane urip nang malang surgane modifikstor!
      Pokok surat lengkap aman coy!
      Dik kene anak silup gawe beat ban cacing knalpot cempreng, aman coy!

    • Konspirasi-kah?????….

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan….
      Motor bekas berjibun….
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama…..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan…..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan…..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)….
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)….

      Maaf hanya opini….
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya….

    • Numpang ngepot broo..
      Sepertinya Indonesia bisa mencontoh Jerman..
      Pada skema pengajuan sertifikasi kendaraan modifikasi di Jerman, masyarakat cukup membawa komponen aftermarket ke badan independen sesuai spesifikasinya. Nantinya, badan independen ini akan melakukan penghitungan dan pengujian apakah komponen tersebut cocok digunakan di kendaraannya.”Misalnya mereka bawa velg, nanti dilihat spesifikasinya bisa tidak dipasang di kendaraannya. Sama juga dengan modifikasi lain seperti merendahkan mobil, nanti diuji dan dihitung, layak jalan atau tidak mobil yang direndahkan. Banyak hal yang bisa disertifikasi, makanya masyarakat Jerman yang memodifikasi bisa punya surat sertifikat banyak untuk berbagai komponen modifikasi.”

      #Otosia.

      • Memang nantinya arahnya kesitu bro…
        Part2 restorasi bersertifikat, bengkel bersertifikat, mekanik n modifikator bersertifikat keahlian.

        Tapi perlu diingat sdm n tingkat kesadaran rakyat kita masih jauh ketinggalan dengan Jerman
        Di negara maju semakin tua kendaraan semakin mahal pajaknya, jd mereka jg mikir jika merestorasi/ modif kendaraannya….Ujung2nya memaksa secara tidak langsung untuk beli mobil baru

        Ingat juga Industri mobil/motor akan selalu mengembangkan usahanya di negara berkembang yg aturannya tidak seketat negaranya sendiri…..

        Mampu gak spek aparat berwenang menjalankan dgn benar n tepat???
        Mampu gak pemilik kendaraan menjalani syarat2 modifikasi yg ditentukan????

      • Nah itulah makanya semua aspek harus mendukung, entah itu pihak berwenang ataupun user, karena banyak user yang memodifikasi kendaraannya tanpa mempertimbangkan keamanan terutama motor. sedangkan pihak berwenang tau sendirilah kadang malah mencari celah..

        • Aparat yg pertama harus ngerti undang2 beserta turunan UU, kesiapan mental, pegetahuan luas dan profesional….

          UU nya bagus demi safety, tp jangan sampai mematikan kreativitas dan usaha asesoris
          Klo dilihat mulai pelan2 bisa terendus polanya misal;
          knalpot harus standar walau pake aftermarket db killer tetap kena karena blom ada uji deperindag – akhirnya keluar knalpot resmi pabrikan bersertifikasi

    • Sebenarnya modifikasi motor ga melanggar UUD asal ga mengganggu keselamatan jalan bikers lain dan tidak mengganti nomor mesin serta sasisnya. Misal Vespa yang 1 Sadle, di tambah jok belakang untuk boncengan itu di larang karena belum tentu aman untuk boncengernya, kecuali itu sudah uji kualitas dan sudah di persetujui dinas Perhub. trimakasih gan… salam bikers

  1. Senenernya sih uu yg denda 24 juta itu kalo modiv ganti nomor rangka sama nomor mesin doank, plus rubah sumbu roda

    Sementara yg lain kagak, adapun pelangaran cuma penambahan dimensi

    Selain. Itu ya kagak

    Cuma satu masalahnya

    Polisi kita bodoh

  2. sepertinya penguasa sekarang ingin mematikan semua kreatifitas anak bangsa. Tujuannya agar bangsa Indonesia tidak menjadi negara yang maju dan mandiri.

    • Konspirasi-kah?????….

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan….
      Motor bekas berjibun….
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama…..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan…..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan…..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)….
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)….

      Maaf hanya opini….
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya….

      • Yup pejabat berwenangnya aja gak ngerti aturan2 hingga detail padahal dibuat sendiri
        Paling diadakan pelatihan abal2 yg isinya banyak plesir dgn output seadanya….. Yg ptg anggaran terserap

  3. Mungkin aparat kita butuh dana kang buat ngbuletin perut2 yg masih cungkring,atau2 jangan2. Klo menurut saya sih selama modifnya gak pake knalpot racing sama lampu2 gak dipretelin gak masalah,gak tau jga apa yg dipikirin para pembuat hukum terkait UU tsb. Saran saya buat para orang dsana,klo bisa klo buat peraturan usahakan libatkan seluruh lapisan masyarakat

  4. Sangat disayangkan UU tersebut tidak dijabarkan batasan modifikasinya, Semoga saja kedepannya UU tersebut diperjelas batasan-batasan modifikasinya jagan dibiarkan abu-abu begini. Opo pak pol udah sosialisasi ke masyakat ya?? Piye iki??!

    • UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat
      masih kurang jelas?

  5. Yah masa cuma pasang cakram belakang di repo ane di di bilang kriminal? Pake di kandangin 1 taon sama denda 24 jete segale,woyy pemerentah kta lu nih negare demokrasi tapi klo ane bilang sih nih negare demokrazy!!!???

    • baca lagi napa males banget lu.
      UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat.
      noh ganti discbrake merubah dimensi kendaraan kgk?
      merubah kemampuan (kekuatan/power) kendaraan kgk?
      merubah daya angkit kgk discbrake.
      baca lagi uu nya. ini nih, orang cuman baca sepenggal sepenggal gk ngerti maksudnya apa.
      gua ulangin yak. accessories bolt on yg masih safety tidak bakal ditilang. kalo ditilang lu debat aja ama polkisnya, nyerah pasti dia kalo lu pinter debat. nah kalo ban cacing thaikucing look, toa masjid pasti kena lah

  6. Sing nggawe UU wakil rakyat jadi… kalau rakyatnya susah aturan wakilnya lebih susah… lah ini rakyatnya susah ini malah pada ribut rebutan kue…. jiand negri para pemimpi….ya harap maklum pemimpi kàlo ga tidur ya ga bakalan bisa mimpi…. para penegak hukumnya juga ga tahu aturan dan ga bisa memberi contoh yg baik….. dah bukan rahasia umum.

  7. Polkis makin kesini emang makin keliatan engga mutu….yg namanya modifikasi kan kretivitas, kalo di kenakan denda sama aja dianggap kriminalitas….
    Truss yg di urusin makin kesini makin engga penting2 amat….. kasus prostitusi artis aja ngurusnya gesit banget padahal jelas ga penting kan? Yg namanya prostitusi sudah ada sejak jaman nenek moyang, bahkan sejak jaman nabi jaman behula….lah ngapain diurus….
    Giliran ngurus kasus korupsi, apalg kalo ada oknumnya sendiri yg tersangkut prosesnya lama bgt, truss mendadak berubah menjadi pada telmi, lemot dsbnya…..parahhhh

  8. Lahan baru buat nyari duit. UU dibuat ambigu agar masyarakat dibuat susah paham, sehingga pihak pihak tertentu bosa dengan mudah mempermainkan masyarakat untuk dipalak.

  9. Di negri ini bikin aturan dan pengaturan untuk cari duit ( ternak jangkrik bin cuan alias 86 konsep baru) bukan untuk mengatur dan mengamankan masyarakat, tetapi benar2 mengamankan menelanjangi masyarakat untuk di kuras (dijajah dinegri sendiri oleh bangsa sendiri)…masi ingat akan adanya aturan motor hrus kir,,,ya ya mereka tau sebagai pemangku kebijakan, mtr itu jumlahnya berjut-jut…diambil kecilnya 10rbu aj × sekiaan itung sendiri jdi brapa…? Manusia2 kardus ini bkin aturan bukan untuk mengatur tpi bgai mana mendapatkan imkam dri aturan yg mereka bkin…lah gmna kita berpikir positip tentang aturan ini dendanya aj bkin stree..s.. Yah mungkin yg bkin aturan lgi pada stresss juga…..lanjutkan d bawah

    • Konspirasi-kah?????….

      Lambat laun penjualan motor akan stagnan….
      Motor bekas berjibun….
      Orang2 kreatif akan melestarikan motor lama…..
      Produk asesoris semakin laris dan mengikuti pasar, kreativitas berkembang sesuai permintaan…..

      Maka akan dicounter dengan;

      Produsen motor mencari kreasi baru dalam menghasilkan keuntungan…..
      ATPM akan menjual asesoris OEM yg sudah disertifikasi sesuai aturan (merebut pasar pengrajin asesoris saat ini, memodifikasi harus pakai produk asli atpm)….
      ATPM menekan motor bekas yg direstorasi dengan mengeluarkan motor baru bergaya old style (mempersempit ruang gerak restorasi barang jadul dgn cap ilegal)….

      Maaf hanya opini….
      Contoh helm bersertifikasi, apakah sekarang juga di cek atau razia helm tsb bersrtifikasi ato tidak? Pernah liat kan banyak pengguna helm abal2 yg ga jelas asal usulnya….

  10. Negeri ini semakin hari semakin ngawur dan mencekik rakyat kecil saja,peraturan aneh tanpa dasar yg jelas. Pajak kendaraan naik,si bebek revo keluaran pertama masa iya pajaknya 189 ribu? Padahal tahun lalu cuma 150 ribu. Kenapa pemerintah lebih suka cari duit dari kantong orang rendahan yg cuma mampu membeli motor.

  11. Gak paham sama negara ini. Yang bikin undang-undang iku guyonan ae nang kantor. Terusno ae sak karepmu dewe tuan-tuan dan ojok kaget lek negoro bakal di bubarno ambe generasi sing enom”.

  12. Temen ane belum seminggu ini kena tilang, gara gara pipa knalpot di krom, di wilayah Tangerang. mungkin juga karena knalpotnya bobokan juga sih..

  13. Bukannya untuk rubah bentuk itu aturan perundang undangan sudah lama berlaku, byk nih temen ane ngurus suratnya dr megapro jadi CB jadul,.maupun tiger jd CB jadul, semua bisa kok. di STNK tertulis jd CB160 dan CB200, jd namanya bukan mgpro ato tiger lg, ada operasi jg gkpp kok, surat n motor jd Legal

    • orang pada kudet mas.
      padahal dah dari 2009 pada kacau sekarang.
      nih ya gua kasih tips. modifnya kending di bengkel aja karena nanti saat ngurus suratnya kinta tanda apa gituh dari bengkel.
      yg udah pernah ganti warna kendaraan tau lah ya.

  14. Koe ki opo opo ngelu lek

    Mongtor anyar botak sariawan

    Spisot anyar brengos mbrodoli

    La nek entok bojo anyar iso iso nghaceng permanen sampean

    Jiajajaajajajaa

  15. Saya dah biasa potong sana potong sini permak sana sini, warna jg saya ganti. tp saya ttp patuh dg hukum, surat saya perbarui disamsatbkrn udah berubah bentuk dan warna..itu peraturan sudah lama brlaku, mngkin cuma denda 24jt nya yg baru.
    jadi aturan rubah bentuk maupun warna itu udah brlaku smenjak saya blm lahir..cuma mngkin skrg dipertegas.

    • Dulu saya juga hanya bisa menilang pelanggaran yang jelas jelas saja seperti surat kendaraan tidak lengkap, sim tidak ada, melanggar rambu, warna kendaraan tidak sesuai surat, spion tidak komplit, atau muatan melebihi kapasitas.
      Kini saya bisa menilang kendaraan modifikasi, dimana kendaraan modifikasi banyak ditemui dijalanan dan dengan UU ambigu yang dipertegas ini peluang penilangan lebih besaaaar Hahaha Haha haha…

    • nah itu bos. selama kita ikutin prosedur pasti motor yg dimodif bakal aman sentosa dijalan.
      ada polkis kasih bukti. polkis diem.

  16. Jangan kawatir sodare sodare. Yang modif knalpot kencengnya kaya TOA masjid dan dilarang keras aja mpe skarang ga ada tindakan dari polisi ko…..

  17. padahal mereka modifikasi pakai uang mereka sendiri, bukan pake uang negara dll.. asalkan modifikasi itu masih dalam batas safety, maka alangkah baiknya ada toleransi untuk itu.. kecuali modif alay yg membahayakan..

  18. Santai aja kang fendy , info kacangan gak usah di dilanjuti .
    berapa kuat pememrintah ganti rugi toko asesoris di otista, kebon jeruk jakarta dan daerah daerah lainnya .
    opo ora tambah mumet itung itung anggarane

  19. NEGERI INI SANGAT ANEHHH!!!
    MODIFICATION DI ANGGAP KRIMINAL?
    TERUS PARA KORUPTOR YANG JELAS JELAS MERUGIKAN NEGARA DI ANGGAP SENI GITU???
    .
    bubar waee.. wiss ra usah beli motor sekalian. biar para APM bangkrut dan pindah produksi nya di Thailand semua!
    kapan negeri ini akan maju? jika bikin peraturan yg membuat rakyat nya SEMAKIN MEMBENCI Aparat?
    JANGAN salahkan kami. slogan mengayomi masyarakat di coret dr hati yg paling daleemmm.. bukan lebay!

  20. Kesempatan buat ATPM buat mengeluarkan model motor secantik mungkin atau munculin kembali seri seri klasiknya sehingga nggak usah modifikasi, kendaraan udah sesuai dengan selera.

  21. Brarti darahnya juga dihalalkan kl aturane smp berlaku saklak…
    Aturan dibuat untuk memperkaya istitusi..
    Inilah gambaran negriku, hukum jd senjata..

  22. Yang bikin peraturan orang yang sama sekali gak ngerti seni, bagi mereka modifikasi itu ilegal, dan korupsi itu baru SENI..

  23. orang kita justru pada kgk taat hukum.
    kalo modifikasi kan tinggal di tes uji kelayakan. apa layak ato kagak.
    ribet? resiko modifikasi buat harian. ngeluh? pindah negata aja sono kek bocah thaikucing noh. modif masih pake duit emak aja blagu.
    orang baca lagi tentang uu nya. kan selama tidak kerubah rangka dan bentuk kgk dikenai uu ituh. brarti klo accessories bolt on ya kgk bakal kena. pinter pinter aja kita debat ama polkis.
    kalo tetep kena tilang polkis minta sidang. beberin bukti kalo lu merasa kgk bakal salah. lama? memang sidang ituh buang waktu, tapi kalo kita menang saat sidang rasanya akan sangat puas. apa lagi ada polkis 6g nilang lu disidang ituh
    nah kita liat tiger jadi cb ini. bentuknya dah berubah drastis ituh. kalo mobil seperti ganti bentuk mobil lain. nah kan bisa aja dicurigai pake part motor curian. makanya belanja spare partnya bawa bon nya atau tanda terima. nanti di uji kelayakannya.
    gua lupa uunya yg tentang modifikasi nanti googling dulu.
    kalo ada salah mohon betulkan kalo ada yg kurang mohon tambahkan.

  24. kalau mau ya jangan terlalu ekstrim dalam modif. boleh ekrrim tapi jangan ketemu polisi:D

    ada oknum polisi nakal silakan laporkan lewat Whistle Blower System, selengkapnya di goozir.com

  25. bagi delivery Pizza Hut/mc D/Alfamart dll…yg motornya bagian belakang sdh di modif bisa kena dong lek…??? arah aturan nya g jelas blass!!!

  26. Sebenarnya target UU itu lebih ke pengguna motor kya Vespa yg sering modif jadi lbh panjang atau pake sespan yg bentuknya aneh. Makanya ada penjelasan mengenai sumbu roda di UU itu.
    Tapi memang seharusnya diperjelas lagi mengenai pasal “merubah bentuk” krn di STNK/BPKB memang yg tertulis cuma #sepeda motor dan #jumlah roda. Jadi sbnrnya selama bentuknya masih sepeda motor dan jumlah roda masih dua ya motor masih sesuai sama surat2 donk ya.
    Kalo pemerintah mau bikin UU seharusnya yg tertulis di stnk jg lbh detail lagi.

    • bisa juga ditunjukkan buat kasus gl jadi cb dll.
      kan dia merubah jenis kendaraan. ituh dah termasuk ekstrim loh. kalo mobil kayak ganti body avanza jadi lancer evo wkwkwkw.
      nah uji tipe jawabannya. ah tapi kan rata rata orang indo males ngurus surat. kalo kgk nyogok biro jasa. dah itu aja muter

    • kan ada merk/type itu gan distnk
      misalkan di stnk merk type Yamaha/scorpio, trus dimodif jd CB100..
      itu sesuai gk dg STNK nya, apa itu CB jadi2an ttp dibilang scorpio? apakah scorpio itu bentuknya sprt i itu??
      tdk kan?? itu namanya berubah bentuk..

  27. disaat masyarakat tertib tp target surat tilang harus habis ya pasal karet dan undang2 yang gak jelas dan aparat yang asal babat malah membuat masyarakat resah karena pembuat undang2 gk pernah naek motor mereka enak2 pake mobil aparat jg seolah dapat amunisi baru buat mencari-cari kesalahan

  28. Ditertibkan juga mobil2 dan motor2 hobi yg mahal2…….motor besar banyak yg bodong….. mobil cbu banyak yg jodong juga….. mobil 4×4 banyak yg udah oplosan ganti mesin dsbnya…..itu semua hobinya bapak2 pejabat dan aparat yg diatas2 sono lho pak….

  29. Yg sering modif itu fBH0M0 krn motor MAH0NDA katrok semua pengen ganteng kayak motor suling.

    akakakak

  30. setau gua boxnya PHD delivery dll ituh kgk ngelebihin lebar stang dah. jadi kgk ngerubah dimensi.
    muatan deliverynya juga samle brp sih, kgk nyampe berat orang juga pasti kek 80 kg misal. brarti kgk ngalanggar uu nya.
    “UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat”

  31. Bhuahahahaha

    Yg komenx galau fBH0M0 semua krn motor culunnya alamat kaga bisa dimodif lagi.

    akakakakakkk

    MAH000NDAA

  32. Nah kl polisi lihat Motor yaMaho pasti bingung kang…. pasti di kira modifan semua.. lawong semua motor mesinnya sama aka SOHC Operstruk.. bajunya aja beda beda.. apalagi lipstik sama bedaknya y buatan india.. kwalitas abal abal pisan… ya ampunnnn Glodakan bin ngeden Lelet….

  33. pak pol makin sejahtera jelas e kawulo alit menderita

    uu gak jelas
    nggantung yg bikin bingung
    sg gwe uu pas mabok paling ..

    uuuuuuuaaaasssssyyyyyiiiuuuuuu tnn

  34. Lihat motor CB pada iklan sebelah kiri pasti polisi langsung wah ini motor DOHC asli standard…. nah wktu lihat motor yaMaho PigSon… Nah ini pasti modifan ya.. tuh lihat mesine sak upil SOHC Operstruk pasti mesin GL MAX itu ya dkasih baju sama lipstik… ayo sini tilang dlu.
    Wkwkwkwkwkwkwkwkw

  35. Nah kl lihat Mayoritas muke motor yaMaho y pada di lakban sama FBYaMAho itu gmna kang…??? apakah melangar modifan.. kan udah merubah muke asli motor maho y Super Njebeber Itu kang… makasih..

  36. Bruud: Eke kerja dulu yaa cyinn.

    Bajol: Hati-hati cyinn sebar brosurnya jangan ketengah jalan nanti dilindes kopaja.

  37. lho apa yg salah jika no mesin n rangka sesuai dg stnk n bpkb yaitu no mesin n rangka tiger viarpun bodi cb knp takutttt!!!
    gaplok duit 30rb paling polkisnya diem

    ya pancen bener polkis kui preman berseragam
    oknum itu justru pd polkis yg tulus dlm bertugas

    Smoga Fuahaaam

  38. Hare gene Anak muda pake motor SOHC Operstruk
    Wkwkwkwkkwwkkwwkwkwk
    Pasti dikira modifan sama pk polisi Brooo…
    Maklum SOHC Operstruk y asli punya honda GL MAX Bapak bapak jadul… Mup On Broo Mup On…

  39. Bajol Lan Bruud adalah pasangan gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda

    Bajol: Kerja yang giat ya cyinn, nabung buat hari tua kita nanti.

    Bruud: Iya cyinn, eke dari tadi semangat sebar brosur hampir ajah kelindes kopaja.

  40. Apakah motor yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRijekan India dikira pk polisi Modifan Honda GL MAX kang… secara mesin Sama kayak honda GL MAX jadul SOHC Operstruk trus muke juga Njebeber Buanget macem Modifan pingir jalan… makasih kang…..

  41. Bajol Lan Bruud adalah pasangan gay fBH0M0 yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Nungging cyinn sini eke tussboll, jlebb kok bunyinya bruudd???

    Bruud: eke kenntut cyinn, abisnya geli.

    Bajol: ya sudah mulai sekarang eke panggil kamyu yayang Bruud ajah yah.

    Bruud: Ih kamyu bisa ajah cyinn, itukan sebutan manja buat eke lhoo.

  42. kl pake motor y Ngaku ngaku Sport Tulen aka yaMaho Rhoembeng15 RRRRRRRijekan India bisa kena tilang kang…???? Secara nungging nungging tp ngeden bin Lelet. nah wkt ad operasi ternyata mesine SOHC Operstruk Jenis Honda GL MAX Jadul… makae lelet kang.. Muke aj Di Jebeberin macem Jemuran Dendeng pake di lakban lakban lagi…

  43. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus.

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang.

  44. Naek Metik yaMaho Group MIONG JIK Huuuu Ngeden bin lelet Buoros

    Naek bebek yaMaho Dorce Huuuuu Ngeden bin lelet juga

    Naek Komuter yaMaho Kebo Huuuuu Tambah Ngeden bin lelet juga

    Naek Katanya yaMaho Sport PigSon Huuuuu Ngeden bin lelet getar juga

    Naek Sport Pul pairing Rhoembeng15 RRRRRijekan India Huuuuuaaasem Tenan malah tambah Ngeden bin lelet Berat di depan lagi maklum Ndas Lele Guedhe…

    Ternyata setelah di selidik selidik sama pk polisi…hasilnya adalah “SEMUA” Motor yaMaho Mesin semua sama mulai bebek, metik sampe y ngaku ngaku sport Pul pairing…. semua tipe mesinny SOHC Operstruk teknologi jiplakan Honda GL MAX tahun 80an..
    Pantesan Ngeden Bin Lelet Broo..
    MUp On Broo Mup On…

  45. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus.

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang

  46. Bajol Lan Bruud adalah pasangan sales gay fBH0M0 MAH0NDA yang sudah menikah di Belanda.

    Bajol: Kenapa sih kamyu kalau eke tussboll keluar bunyi “bruud” cyinn???

    Bruud: Eke geli cyinn jadinya kenntut terus!!!

    Bajol: Ya sudah panggilan manja buat kamyu sekarang jadi yayang Bruud ajah ya cyinn!!!

    Bruud: iyah sayang!!!

  47. Kl mototr mukenya penuh modifan lakban apakah kena tilang juga kang…???? Lirik yaMaho Group Sinchan n Rhoembeng15 RRRRRRijekan India dengan Muke njebeber khas Maho Penuh Lakban…. makasih

  48. Kl FBYaMaho naek metik maho Group MIONG JIk Bhueghel jalane Gheal Gheol apakah kena tilang kang..??? scara FBYaMaho paling banyak modif Pelk Shomplak aka Gheal gheol…
    Oh Maaf itu karena Kwalitas rendahan Pelk yaMAHo gk ada merknya itu ya.. tk pikir modifan eh ternyata lagi Shomplak pelknya.. abisnya mayoritas motor Maho Gheal Gheol Sih…
    Wkwkwkkwwkwkwkwkkw

  49. rasah ngelu kang, wong beli motor untuk aktifitas kok
    orongorong.com/2015/12/15/ini-dia-10-motor-terlaris-indonesia-2015/

  50. walah gk di sangka sangka Efek Penjualan motor yaMaho lagi mengkeret tingal 20%.. banyak sales sales n tukang BC yaMaho alih Profesi malah jadi Makelar di kantor KUA..
    wkwkwkwkwkwkwkwkwkkw

  51. juminten mbex q kadung tak modif pangkringan pit3k garai bingung kie uu mosok tak buakar ae juminten mbex q ..

    ngaoahahahahaha…

  52. Ketika polisi razia trus yaMaho Rhoembeng15 RRRRRijekan India lewat pasti langsung kena semprot sama pk polis..
    Ini lagi motor GL MAX SOHC Operstruk di modif pake Pairing Kegedean lagi Ndase.. di lakban lakban lagi mukae y njebeber itu…
    Nah Loh pake Seng seng di las kanan kiri lagi..
    Tuh lagi jok boncenger amit amit tingginya pasti buat Curi mangga ya..

  53. nah ketika FBYaMAho pake metik Group MIONG JIK Bhueghel trus ad operasi pasti kena tilang juga..
    Ayo sini.. dari jauh kliatan Gheal Gheol Knalpot nembak nembak.. pasti Modifan ya.. Brat Bret Brat bret DOrrrr.. Knalpot apa Tanjidor..
    FBY pasti bingung cengengas cengenges.. mau bilang udah Aslinya dari Pabrikan Knalpot Emang nembak nembak ya malu… gk ngomong ya tetep nembak nembak Doroor Dor..
    Wkwkwwkwkwkwkwkwkw

  54. Lihat foto foto motor Modifan diatas emang josh Ghandoss semua…
    Mulai Honda CB, Kawasaki, Honda Grom, triump…. sangar sangar kliatan kinclong di foto dari samping..
    Nah foto y paling bawah motor yaMaho mau di foto malah Kabur bawa majiq Jar lagi.. malu kayaknya takut di pikir GL MAX Modifan..
    Wwkwkwkwwkwkwkwkkwkw

  55. Sabar rekan-rekan Biker dan Komentator pengunjung IWB semua.

    Semua permasalahan pasti ada solusi serta cara untuk menyikapinya.

    Disini kita tidak perlu ( Menyalahkan ) Total kepada Polisi, karena pada dasarnya Polisi juga merupakan ( Pegawai ) yang harus menjalankan fungsinya serta mena’ati apa yang diperintah sesuai dengan ( TUPOKSI ) sesuai dengan undang-undang lalu lintas yang berlaku.

    Dan tidak semua ( Polisi ) itu mempunyai sifat buruk, hanya beberapa gelintir ( Oknum ) saja yang mengambil keuntungan dari adanya kesempatan melalui UU no. 22 Tahun 2009.

    Alangkah baiknya menyelesaikan persoalan ini dengan menggunakan cara yang baik, dan yang saya maksudkan dengan baik disini adalah:

    Di Indonesia ada yang namanya IMI ( Ikatan Motor Indonesia ), alangkah baiknya para pengguna kendaraan sepeda motor berkordinasi dengan IMI perihal undang-undang No. 22 Tahun 2009. Baik itu dari perorangan maupun perwakilan dari Club Sepeda Motor yang kurang sesuai dengan undang-undang tersebut.

    Disini IMI agar menyampaikan masukan tentang Perihal UU No. 22 Tahun 2009 yang menjadi kendala pengguna sepeda motor khususnya ( Modificator ) kepada pihak Kepolisian ( Lantas ).

    Semoga saja dengan cara ini pihak Kepolisian ( Lantas ), dapat memberikan Kebijakan yang baik serta jelas untuk pengguna sepeda motor Khususnya (Modificator), dan ini bisa di jadikan ( JAMINAN ) jika pengguna sepeda motor mendapatkan sedikit masalah dari Oknum Polisi yang akan memanfaatkan kesempatan dari adanya UU No. 22 Tahun 2009.

    Mohon maaf sebelumnya jika ada kata-kata yang salah, ini hanya usulan saja dari saya sebagai pengguna sepeda motor.

  56. Motor yaMaho mana bisa di modif lagi?? la wong dari pabriknya tiap bulan udah modifan gonta ganti templok kanan kiri lipstik menor muke njebeber… maklum buat menutupi kelemahan sektor mesin hasil jiplakan honda GL MAX jadul SOHC Operstruk…

    • Ciee, papa yg lgi sibuk komen bc karena udah gak rebutan komputer sma anakny, karena anknya blom pulang sekolah.
      percuma ms gede, komputer aja masih rebutan sama anak
      croott

  57. Yang kaya semakin kaya
    Yang miskin semakin miskin
    Semua pekerjaan dibidang modif akan mati dari bengkel sampai toko aksesoris. Pengangguran pasti akan semakin banyak.
    Mungkin itu yang terjadi di negeri ini
    Modifikasi dianggap kriminal
    Kami bukan jambret,pencopet,perampok,pembunuh, ato kami juga bukan koruptor. Kami hanya seniman dengan kanfas sebuah motor. Kenapa kami disamakan dengan pelaku kriminal??? Apa kesalahan kami???

  58. Sebuah kesalahan kalau dilakukan secara masal dan bertahun-tahun, lambat laun akan dianggap sebuah kebenaran yg layak diperjuangkan.
    Meskipun ia sadar bahwa itu pelanggaran ngukiknguiknguik

  59. Lak mumet, lak ono seng ate nilang betot gas mentok tubrok ke seng ate nilang wae kang. Gregetan sisan jane… ngono seng diajar wong cilek tok/mayoritas, kok kon apik citra ne.

  60. kriminal di karenakan melanggar hak paten perusahaan.undang2 model opo iki mas iwan???lha wong perusahaan malah mendukung modif kok,buktinya malah di adain modif kontes baik honda,yamaha,dll

  61. Hal penting gak diurusin, hal kurang penting malah diurusin sampai lebay. ALamak Indonesia makin kacau dan hancur aja nih

  62. guwe setuju kang iwan kalo mongtor modif di denda,biar si ngahaem ga suka atm(amati tiru modifikasi)ama desainnya yamaha.ngiahahhahahaha

  63. SETUJU undang-undang modifikasi ditegakan! SANGAT SETUJU, karena banyak begal untuk modifikasi, hasil begal dipreteli diecer dijual, ada permintaan modifikasi maka ada begal

  64. SETUJU undang-undang modifikasi ditegakan! SANGAT SETUJU! karena banyak begal untuk modifikasi, hasil begal dipreteli diecer dijual, ada permintaan modifikasi maka ada begal

  65. tidak ada urusan sama yang namanya miskin atau kaya! UNDANG-UNDANG MODIFIKASI WAJIB DITEGAKAN! dulu wartel pada tutup karena ada handphone begitupun warnet pada tutup karena ada smartphone KENAPA TIDAK PADA PROTES KE PABRIK HANDPHONE/SMARTPHONE?!?..semua ada aturannya, hidup wajib teratur

  66. Pasti berlalu….POLISI bikin UU ini mw memperkaya diri..masuk jdi polisi aja bayar 250jt. Harusnya yg di tilang yg full body di pretelin.itu kan mash safety…kalo cuma custom nempel” body mtor lain ga masalah dunk selagi safety..POLISI OH POLISI gada taubatnya ini.kreatifitas j di batasi.memang nyerangnya kelas ecek” mulu.

  67. waduh sing repot ki wong dodolan bakso cak soale motore pasti d modif di pasangi rombong bakso.trus di tilang pasal kuwi di bayar pakek kuah bakso wae polisine.la piye ape bayar 24 juta la wong golek untung 24 ewu wae susae minta ampun.colek bapak polisi yg baik hati sering pakek box tp gak tau itu uda daftar tpt apa belom hahahahahaha

  68. Ane jg kurang setuju dengan UU itu
    Yg penting lampu2 nyala, spion dua,plat nomor, klakson, ban yg sesuai

    Modif yg safety

    Motor utk difabel trs gmn, yg mngubah roda dua jd roda tiga utk kebutuhan mrka

  69. Selama modifikasi tidak mengganggu & membahayakan publik gak masalah to, kan ketemu motor modifikasi keren di jalan iso gawe pemandangan. undang undang digawe yo go golek duit, upsss…

  70. @ PIKIR DONG hasil begal dipreteli diecer dijual, “ada permintaan modifikasi maka ada begal” apakah kata itu meyakinkan apakah begal itu beraksi karena adanya permintaan modifikasi??? analogi aja deh bagaimana dengan copet atau jambret??? berarti “semakin yang banyak bawa tas atau dompet maka ada copet dan jambret” jadi sekalian aja adain undang2 kalo bawa tas atau dompet sama dengan kriminal dan juga KORUPTOR “ada orang bayar pajak maka ada KORUPTOR” jadi sekalian juga adain undang jangan bayar pajak karena itu tadi “ada orang bayar pajak maka ada KORUPTOR”

  71. Sebenarnya modifikasi motor ga melanggar UUD asal ga mengganggu keselamatan jalan bikers lain dan tidak mengganti nomor mesin serta sasisnya. Misal Vespa yang 1 Sadle, di tambah jok belakang untuk boncengan itu di larang karena belum tentu aman untuk boncengernya, kecuali itu sudah uji kualitas dan sudah di persetujui dinas Perhub. trimakasih gan… salam bikers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here