iklan iwb

Web banner 460X110px

CartoonBro dan sis sekalian….ilmu dagang sekarang memang kejam. Ketika sebuah produk dianggap laris manis…maka biasanya produsen petentang-petenteng jual mahal. Ora perduli perasaan konsumen…..gelem monggo ora gelem ngaliho akeh sing sik ngantri (mau silahkan, nggak mau pergi wae). Embel-embel produk laris ini biasanya akan ada pernik-pernik yang mengikuti seperti upping price misalnya. Dan dari pengalaman IWB upping price yang dilakukan garda terdepan akan ditentang oleh pabrikan karena bakal merusak brand itu sendiri. Namun gimana jika pabrikan malah melegalkan dan seolah memberikan restu hal ini dilakukan. Nih dia contoh kongkretnya…..
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb

Melihat mobil HR-V warna silver, IWB tertarik untuk sekedar melihat-lihat. Yah….namanya juga demen otomotif, sah-sah wae ngintip lebih deket. Seorang mbak SPG dengan ramah nyamperin IWB. Menyodorkan price list, doi menerangkan. “Ini tipe prestige mz…..varian tertinggi untuk BR-V” serunya. IWB ngintip daftar harga. “Oh ini ya mbak…harga 360 jutaan yak..”tutur IWB manggut-manggut. Si mbak mengangguk sambil berkata. “Iya mz…..tapi untuk warna silver nambah 3 juta mz dari price list. Kalau warna lain hanya nambah 1,4 juta..“serunya santai. Jawaban yang membuat IWB mengerutkan dahi….

Lha price list ini terus untuk warna apa mbak??” tukas IWB lagi. “Itu warna merah mz…hanya untuk warna merah..” jawab mbak SPG tersenyum. Melihat raut muka IWB yang keheranan simbak langsung menambahkan. “Dari sananya begitu mz….memang tiap warna beda harga..” tambahnya. Jelas….model anyar ki. Rusak dunia persilatan kalau seluruh pabrikan memberlakukan sistem warna. Apapun alasannya telah terjadi upping price secara legal. Legal karena pabrikan merestui. Herannya dapat ide dari mana produsen memilah warna beda harga. Orientasinya transparan…mangeruk keuntungan sebesar-besarnya. “Sorry mbak…soalnya lainnya nggak ada sistem begini. Heran aja saya..” ujar IWB. “Iya mz…udah lama koq kita berlakukan sistem warna..” ujar simbak….

Pertemuan singkat tersebut membuat IWB cukup miris. Memang tidak ada punishment karena tidak ada rule yang mengatur akan hal itu. Ditambah konsumen diam karena tidak ada pilihan lain. Mau ambil monggo…nggak mau yo wis, toh banyak yang mau koq lainnya….itulah prinsip yang seolah diambil produsen tersebut.? So…semua berjalan dengan smooth. Padahal secara etika berbisnis…tentu tindakan tersebut tidak sehat. Satu yang IWB kuatirkan…karena terinpirasi produsen ini…….maka lainnya latah mengikuti. Dan lama-lama tindakan dianggap biasa….iki sing ciloko. Kenapa??…..

Bisa sampeyan bayangkan kalau pabrikan roda dua juga terjangkiti penyakit ini. Mau boyong Vixion atau CB150R merah kudu nambah 600 ribu. Pengen beli Ninja 250 ijo kudu nambah 800 ribu. Lawong warna-warna laris kuwi. Opo ora bubar dunia persilatan. Yah…harapan IWB biarlah praktik upping price warna ini hanya terjadi pada satu produsen saja….cukup disana dan tidak menular pada yang lain. Orientasi bisnis yang hanya memikirkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa perduli pada image….etika berbisnis karena brand yang dianggap mumpuni didukung konsumen kelas atas yang tidak perduli dengan uang. Piye menurut sampeyan….punya opini soal ini?……(iwb)

153 COMMENTS

  1. mau syukur ga mau udh ga ush jd!!..suruh angkat kaki aja produsen kaya gitu dr negeri ramah tamah ini…

    • kalo Mazda beda bro. Warna merah Mazda itu warna identitas/khas dr Mazda layaknya Subaru dg wrna birunya atau motor Honda dg repsolnya. To selai wrna tsb harga msh normal.

  2. saya setuju.. tapi yg saya belum ngerti ko pabrikan yg memasarkan produknya dengan di tempeli label sponsor ko harganya di naikin, bukannya yg namanya sponsor itu malah memberikan masukan keuangan pada pabrikan yg menyantumkan logo sponsor itu sendiri, kok bisa jadi mahal ya, apa mungkin pabrikanya yg ngasih duit ke sponsor, saya rasa tidak

  3. bukannya memang udah lama yah, sejak jazz juga udah gitu
    AHM juga gitu kan, versi repsol jadi mahal, yamaha juga gitu versi motogp juga lebih mahal, suzuki juga gitu kan, FU beda warna ato warna spesial harga beda
    itu kalo bukan beda warna trus apa lek??

    yang jelas, ada keterangan resmi dari pabrikan, dan itu justru membuktikan kalo pabrikan gak kemaruk
    misal memang cat warna merah lebih murah, napa harus dibandrol sama kayak warna silver yang harga catnya lebih mahal?? bukannya malah rugi yang udah beli warna merah??

    kalo gak percaya harga warna cat beda2, coba beli cat tembok dulux yang nyampur sendiri warnanya itu, jangan kaget kalo harga catnya bisa beda jauh banget

  4. Tiap tahun harga berubah aka Nambah gk masalah asal sesuai dengan teknologi up datenya.. nah kl teknologi mulai jaman Honda GL MAX tahun 80an di pake trus gk ganti ganti sampe skrng ya keterlaluan itu. masak mesin Metik sama Smprot pul pairing mesinnya sama sama SOHC Operstruk…???
    Wkwkwkkwwkwkwkwkwkw
    Lirik deretan motor yaMaho… ngeden bin lelet..

  5. Mobilio selain putih nambah 1,5-3 juta
    Hrv selain merah cabe nambah 2-3 juta
    Brv selain putih nambah 1,5-3 juta
    Kenapa bisa begitu? Karena jonpis memang ganteng

    Di FB autonet udah ada yang posting panel gap bodinya yang aduhai lebarnya 😆

    Nguenggghh

  6. Beda mas bro IWB. Pabrikan mobil memang sperti itu, krna dia hrus bikin warna yg lebih exclusive. Mungkn dngn kompoun yg lebih bnyk dan lain hal yg membuat hrga lebjh mahal. Makanya lebih mahal.
    Sma seperti All New Mazda 2 yg warna merah krimson jga dikash harga lebih mahal.

    • Merahnya maszda itu memang spesial makanya dia sendiri yang naik harganya. Kalo honda yang warna lain kan naik semua. Bedalah jangan samakan mazda dengan honda dimari disentuh aja udah keliatan build quality mazda setingkat diatas honda untuk kelas yang sama

  7. mbil second aj, biasa lebih mahal warna yg laris, kyk silver , item.
    utk mbil beda warna beda harga, udh ckup lama sperti itu

  8. Makanya beli mobil yamaha avanza seken saja kang….murah,no uping price bonus limbung pleyatpleyot…

  9. Bisnis itu harus konsisten & disiplin.

    Disiplin harga..

    Bisni adalah bisnis.. Bisnis harus Tegas. Pembeli itu cerdik.. Pntar dan suka merayu.

    Pembli pgn harga semurah murahnya kualitas sebaik baiknya.

    Bisnis itu..
    Rp100 #*HARUS*# jadi Rp200.
    Bisnis klo Rp100 jadi Rp100.. itu #RUGIBESAR# rugi waktu rugi tenaga.

  10. Untuk mobil honda emang gitu kang dari jaman mobilio selain warna putih +1jt, mazda pun utk mazda 2 warna merah nambah sekian juta, banyak kok forum roda 4 yg ngebahas masalah itu

  11. Kyk e hond* gt mas..mobili* aja jg gt..selain warna putih tambah harga 1jt..soalnya warna lain pake metalic

  12. Haloha kang iwb, selama ini ai jd silent reader, dulu sering komen waktu msh ada jaos, qwerty dkk

    Well, ai mau meluruskan sedikit, kebetulan ai kerja di showroom mobil honda. Begini, utk mobil honda, kenapa warna merah lebih murah, justru karena kualitas cat tsb adalah cat merah solid, bukan metallic ataupun pearl/mutiara. Karena bahan metallic dan mutiara lebih mahal daripada cat solid.

    Jadi, justru pabrikan tidak mengambil untung dari harga cat tsb. Bayangkan, cat solid dihargai sama dengan cat metallic ataupun mutiara, brti pabrikan ambil untung dari harga cat solid tsb.

    Well ai tidak tahu kalo misal yg terjadi di motor.

  13. klo yg warna merah memang murah lek, karna catnya dari perasan kunyit bosok di campur pewarna sedikit, efeknya mudah ngelotok, hehe

  14. Emg dari dulu HPM utk warna harga dibedain kang. Ya aneh aja sih kalo masalah cat dibebankan ke konsumen

  15. BAAH, mobil honda mah dari jaman dulu udah begitu. Hwehwehwe.

    Ini juga berlaku diroda 2 kok. Noh repsong edition lebih mahal 1jt padahal barang sama aja cuma embel2 special edition tanpa value added apapun. Hwehwehwe.

  16. Motor jg kya gitu om, skutik retro gmbr suwiwi nmbh 1jt, sport wrna biru yg katanga GP series nmbh 500, inden kura2 ninja biar cpt nmbh 1jt

  17. tanya sama kang Kobay tuh kang Iwb coz kang Kobay kan tw bingit sama merk mobil Honda….hehehehe..

  18. emang kalo honda gitu lek dari dulu , warna merah ga suruh nambah, seakan warna merah di anak tirikan . tapi merk sbeelah kalo warna merah malah harus nambah lek

  19. Praktek ginian jg biasa mas iwb…namanya jg bisnis,sah2 aja.btw mas iwb mau beli ato cm nanya doang??ekekekekek

  20. Dari dulu pabrikan R4 merk ini emang selalu aja jual mahal. Padahal banyak banget fitur yang disunat. Untung ane ngga pernah kesampean beli produk2nya, wong ternyata banyak merk lain yang kualitasnya lebih baik kok kalau kita mau buka mata.

  21. Sinyal men positif lex nambah 1,4 juta bisa Crot di MQ Spg nya Muehehehe

    Hampu7 SPG nya wife nya bajol

    Mari tertawa
    HAHAHAHAHAHAH

  22. kalau bermasalah gitu dan upping price se’enaknya mending jangan beli! beli saja merek lainnya yang lebih jelas dan gak bikin ruwet. kayak toyoma, suzuke, Mazdo, Nisson dll hehehehe.

  23. huuu… Kang iwan iki piye tho…
    Kalo aku yg di gituin pasti aku jawab…
    Nambah duit lebih dari itu juga engga apa apa.. Yg penting embak temenin aku malam ini. Gimana…??? Hehehehehe

  24. Memang untuk mobil honda politik dagangnya seperti itu lek Iwan, waktu njaman mobilio rilis hanya warna putih yg sesuai price list.

  25. Sama kek motornya bozzzz

    Cbr 250 o unit merah paling murah,rwb nambah 2jt,repsol nambah 5jt

    Sayangnya gk laku samasekali

    Ngoahahahaha

  26. Itu bkn hr-v mas. Tapi asline vario tak modip hrv..

    Fbh mah sugih sugih bawa beat aja petantang pententeng serasa bawa boil hrv.

    Ngiahahahha

  27. Memang begitu mas iwan, kebanyakan mobil dibawah 400jt ada perbedaan warna harga. Contoh honda, selain warna merah. Mazda malah selain merah kena beda harga. Aneh sih, tapi memang dari atpm seperti itu mas

  28. lah bang iwan masa gak denger info sih, kan memang HPM sendiri yang berlakuin harga berdasarkan warna, sudah banyak juga kan dibahas di review review mobil macam motomobi atau autonetmagz, buat harga dasar HRV itu memang cuma warna merah, untuk warna lain nambah, lah yg paling baru beli BRV selain warna putih harus nambah sekian juta, jadi bukannya upping price, tapi ya memang dari hondanya, infonya sih begitu hehehe, malah dulu saya bingung pas nanya nanya HRV trus nanya kalo warna lain selain warna merah harus nambah, lah salesnya bilang enggak, semoga mencerahkan :))
    Honda HPM memang lagi aneh :))

  29. biasa di mobil, beda warna beda harga karena prosesnya beda. Captiva dari dulu pasang harga putih lebih mahal dari warna lain.

Comments are closed.