iklan iwb

Web banner 460X110px

CartoonBro dan sis sekalian….ilmu dagang sekarang memang kejam. Ketika sebuah produk dianggap laris manis…maka biasanya produsen petentang-petenteng jual mahal. Ora perduli perasaan konsumen…..gelem monggo ora gelem ngaliho akeh sing sik ngantri (mau silahkan, nggak mau pergi wae). Embel-embel produk laris ini biasanya akan ada pernik-pernik yang mengikuti seperti upping price misalnya. Dan dari pengalaman IWB upping price yang dilakukan garda terdepan akan ditentang oleh pabrikan karena bakal merusak brand itu sendiri. Namun gimana jika pabrikan malah melegalkan dan seolah memberikan restu hal ini dilakukan. Nih dia contoh kongkretnya…..
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb
iklan iwb

Melihat mobil HR-V warna silver, IWB tertarik untuk sekedar melihat-lihat. Yah….namanya juga demen otomotif, sah-sah wae ngintip lebih deket. Seorang mbak SPG dengan ramah nyamperin IWB. Menyodorkan price list, doi menerangkan. “Ini tipe prestige mz…..varian tertinggi untuk BR-V” serunya. IWB ngintip daftar harga. “Oh ini ya mbak…harga 360 jutaan yak..”tutur IWB manggut-manggut. Si mbak mengangguk sambil berkata. “Iya mz…..tapi untuk warna silver nambah 3 juta mz dari price list. Kalau warna lain hanya nambah 1,4 juta..“serunya santai. Jawaban yang membuat IWB mengerutkan dahi….

Lha price list ini terus untuk warna apa mbak??” tukas IWB lagi. “Itu warna merah mz…hanya untuk warna merah..” jawab mbak SPG tersenyum. Melihat raut muka IWB yang keheranan simbak langsung menambahkan. “Dari sananya begitu mz….memang tiap warna beda harga..” tambahnya. Jelas….model anyar ki. Rusak dunia persilatan kalau seluruh pabrikan memberlakukan sistem warna. Apapun alasannya telah terjadi upping price secara legal. Legal karena pabrikan merestui. Herannya dapat ide dari mana produsen memilah warna beda harga. Orientasinya transparan…mangeruk keuntungan sebesar-besarnya. “Sorry mbak…soalnya lainnya nggak ada sistem begini. Heran aja saya..” ujar IWB. “Iya mz…udah lama koq kita berlakukan sistem warna..” ujar simbak….

Pertemuan singkat tersebut membuat IWB cukup miris. Memang tidak ada punishment karena tidak ada rule yang mengatur akan hal itu. Ditambah konsumen diam karena tidak ada pilihan lain. Mau ambil monggo…nggak mau yo wis, toh banyak yang mau koq lainnya….itulah prinsip yang seolah diambil produsen tersebut.  So…semua berjalan dengan smooth. Padahal secara etika berbisnis…tentu tindakan tersebut tidak sehat. Satu yang IWB kuatirkan…karena terinpirasi produsen ini…….maka lainnya latah mengikuti. Dan lama-lama tindakan dianggap biasa….iki sing ciloko. Kenapa??…..

Bisa sampeyan bayangkan kalau pabrikan roda dua juga terjangkiti penyakit ini. Mau boyong Vixion atau CB150R merah kudu nambah 600 ribu. Pengen beli Ninja 250 ijo kudu nambah 800 ribu. Lawong warna-warna laris kuwi. Opo ora bubar dunia persilatan. Yah…harapan IWB biarlah praktik upping price warna ini hanya terjadi pada satu produsen saja….cukup disana dan tidak menular pada yang lain. Orientasi bisnis yang hanya memikirkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa perduli pada image….etika berbisnis karena brand yang dianggap mumpuni didukung konsumen kelas atas yang tidak perduli dengan uang. Piye menurut sampeyan….punya opini soal ini?……(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

153 COMMENTS

  1. Ya kl smpean mau sabar 6 bulan bisa ditunggu ‘rondo’nya Mas.. Drpada ngeyel ke si Spg , kita merasa dibodohi ‘kan ? Pembeli adlh Raja, trus sang Raja bisa dibodohi kah ?

  2. Kita sebagai konsumen harus melakukan punishment terhadap produsen otomotif tersebut agar berakibat efek jera dengan cara memboikot produk tersebut secara massal dan menyebarkan informasinya juga dilakukan secara massal dengan menggunakan seluruh alat media yg kita miliki.

  3. Lah dari jaman dulu honda prospect motor kalo pricing mobil beda warna harganya beda……..
    Bukan upping price ituh mah, dah pada tau. Cek aja harga HR V harganya selain merah kalo kgk salah naek 1jt apa 1, 5 jt kemaren. Dah dari launching emang begituh

    • Ya maksudnya sudah tahu ada perbedaan harga untuk setiap warna kenapa tidak ada tindaklanjut dari konsumen yang konsern terhadap otomotif, anda malah menegaskan bahwa itu bukan upping price, yang dicari solusi bukan penjelasan bodoh seperti itu. Think again if you have a brain !

  4. Loh, sik tas eroh sampean, sepedah motor yo podo ae cak… Contone scoopy warna merah item wilayah bali lebih larang inden lebih panjang dripada warna puteh..

  5. wah…mungkin harga zat pewarna nya beda..mas…imho biasanya mobil warna item ato maroon harga seken pun rada mahal……

  6. Maaf Kang,
    Bisa jadi kata2 dari “sana” nya itu bukan berarti dari pabrikan..tapi bisa saya yg dimaksud “sana” oleh mbak2nya itu adalah “spv” nya, “bos dealer”, atau “leasing”..bisa pula dari “niatannya” mbaknya sendiri..
    Dianya bilang gt biar ada pembenaran bahwa tindakannya direstui oleh yg lebih “berwenang” dari dia..
    Belum tentu pabrikan lhoh..
    Ambigu, tidak disebutkan jelas maksud dari “sana” tadi..
    Trimssss..
    🙂

    • Memang demikian mas, pabrikan tersebut memang memberikan harga yang berbeda untuk setiap warna untuk bbrpa mobil yg mereka jual, bukan permainan sales, coba deh cek situs otomotif roda 4, saya rasa kalau anda memang mengikuti perkembangan otomotif khususnya roda pasti tahu fenomena tersebut, bukan ambigu . . .tapi hanya anda berfikiran sempit tanpa tahu kenyataanya. cari tahu sebelum men judge !

      • Haha..sabar mas..ora usah emosi..
        Saya kan bilang, bisa jadi..
        Dalam pandangan saya ada kemungkinan seperti yg saya tulis diatas, bukan lantas “sana” itu dapat lsg diartikan pabrikan..
        Yah maaf2 saja kalau pemikiran saya salah, wong ya saya tidak mengikuti perkembangan roda4..
        Lagipula saya jg tidak menjudge siapapun..hanya menunjukkan kemungkinan lain dari arti dan makna kata “sana” .. 🙂

        :shakehand

  7. bukannya honda emang kayak gitu lek klu jual mobil?
    klu warna selain putih harus nambah duit sekitar 1,5 juta sampe 3 juta, kayaknya emang kebijakan dari hondanya deh bukan dari sales2nya…

  8. tinggal nunggu reaksi produsen nih kalau meaka baca artikel iwb, jangan jangan ntara produsen mbantah… nek ra komen produsen berarti bener

    Indonesia jadi basis produksi CBR250RR tenanen,.. selengkapnya di goozir.com

  9. jika saja ada rezeki di kemudian hari untuk kita semua ..
    lalu berniat memboyong si roda empat dan bertemu spg atau sales yang serupa , gimana kang solusinya? apakah harus ngikutin aturannya? atu ada solusinya? dulu keluarga beli mobil warna putih ya gitu harus nambah tapi masih mending dikasih kaca film gratis..

  10. ikiii ceritane

    bang iwan ngetes

    ternyata sama aja

    Mahooonda iss ngibulll ngiibulll bin ngebulll

    awaw bang di cap fansboy salah satu pabrikan

  11. branggg branggg mahoondaa

    emng Overpriceee

    percuma dikasih harga lebihhh

    krn dlm waktu beberapa hari catnya pada luntur

    kaki kaki kepyohhhh

  12. kalo honda mobil emang begitu kang, mobilio juga bgtu., warna di bebankan ke konsumen… coba aja liat di web nya. begitu kita pilih warna harganya berubah…

    btw br-v prestige ga sampe 360 kang, 260 jt

  13. Bukan’y itu udh lama dilakukan honda ya ?
    Khusus’y honda mobil. Nyeleneh emang, cat tembok ajj beda warna hrga’y sama ko, kcuali warna special 😀

  14. Barang kwalitas bagus dijual mahal tetap aja dibeli ccoooooy duit no problem yg penting dapet barangnya
    tuuuuuuuuuhh krr 150 43jt masih jd rebutan
    beda jaaaauh sama rongsokan15 meski dijual murah pluss diskon pula masih jarang peminat
    ngoooaahaaahaahaa

  15. supra lovers on December 6, 2015 at 1:26 pm
    kalo honda mobil emang begitu kang, mobilio
    juga bgtu., warna di bebankan ke konsumen…
    coba aja liat di web nya. begitu kita pilih
    warna harganya berubah…
    btw br-v prestige ga sampe 360 kang, 260 jt

    ————
    lah kan sesuai judulnya

    Upping Price yaa wajar kalau harganya sampai 360 juta …hhehehe

  16. sebenarnya hal ini cukup lumrah di honda mobil
    bukan cuma brv aja
    menurut saya sah2 aja selama selama tidak mempengaruhi urutan indent, beda dengan upping illegal dari dealer supaya bisa dapat unit lebih cepat
    sebenarnya malah mungkin bisa dilihat secara terbalik, yaitu warna tidak favorit dijual dengan lebih murah, wajar toh
    ibarat nya kalo di kfc, dada dengani sayap harganya juga dibedain, yang lebih tidak favorit (walaupun balik ke masalah selera) harganya lebih murah

  17. Kalau SPG nya bisa sekalian dibawa pulang sih, nambah 4 juta sebulan sikat aja mas. Biar nambah yang di rumah. Wkwkwkwkwwk

    • kalo Mazda beda bro. Warna merah Mazda itu warna identitas/khas dr Mazda layaknya Subaru dg wrna birunya atau motor Honda dg repsolnya. To selai wrna tsb harga msh normal.

  18. saya setuju.. tapi yg saya belum ngerti ko pabrikan yg memasarkan produknya dengan di tempeli label sponsor ko harganya di naikin, bukannya yg namanya sponsor itu malah memberikan masukan keuangan pada pabrikan yg menyantumkan logo sponsor itu sendiri, kok bisa jadi mahal ya, apa mungkin pabrikanya yg ngasih duit ke sponsor, saya rasa tidak

  19. bukannya memang udah lama yah, sejak jazz juga udah gitu
    AHM juga gitu kan, versi repsol jadi mahal, yamaha juga gitu versi motogp juga lebih mahal, suzuki juga gitu kan, FU beda warna ato warna spesial harga beda
    itu kalo bukan beda warna trus apa lek??

    yang jelas, ada keterangan resmi dari pabrikan, dan itu justru membuktikan kalo pabrikan gak kemaruk
    misal memang cat warna merah lebih murah, napa harus dibandrol sama kayak warna silver yang harga catnya lebih mahal?? bukannya malah rugi yang udah beli warna merah??

    kalo gak percaya harga warna cat beda2, coba beli cat tembok dulux yang nyampur sendiri warnanya itu, jangan kaget kalo harga catnya bisa beda jauh banget

  20. Tiap tahun harga berubah aka Nambah gk masalah asal sesuai dengan teknologi up datenya.. nah kl teknologi mulai jaman Honda GL MAX tahun 80an di pake trus gk ganti ganti sampe skrng ya keterlaluan itu. masak mesin Metik sama Smprot pul pairing mesinnya sama sama SOHC Operstruk…???
    Wkwkwkkwwkwkwkwkwkw
    Lirik deretan motor yaMaho… ngeden bin lelet..

  21. Mobilio selain putih nambah 1,5-3 juta
    Hrv selain merah cabe nambah 2-3 juta
    Brv selain putih nambah 1,5-3 juta
    Kenapa bisa begitu? Karena jonpis memang ganteng

    Di FB autonet udah ada yang posting panel gap bodinya yang aduhai lebarnya 😆

    Nguenggghh

  22. Beda mas bro IWB. Pabrikan mobil memang sperti itu, krna dia hrus bikin warna yg lebih exclusive. Mungkn dngn kompoun yg lebih bnyk dan lain hal yg membuat hrga lebjh mahal. Makanya lebih mahal.
    Sma seperti All New Mazda 2 yg warna merah krimson jga dikash harga lebih mahal.

    • Merahnya maszda itu memang spesial makanya dia sendiri yang naik harganya. Kalo honda yang warna lain kan naik semua. Bedalah jangan samakan mazda dengan honda dimari disentuh aja udah keliatan build quality mazda setingkat diatas honda untuk kelas yang sama

  23. mbil second aj, biasa lebih mahal warna yg laris, kyk silver , item.
    utk mbil beda warna beda harga, udh ckup lama sperti itu

  24. Bisnis itu harus konsisten & disiplin.

    Disiplin harga..

    Bisni adalah bisnis.. Bisnis harus Tegas. Pembeli itu cerdik.. Pntar dan suka merayu.

    Pembli pgn harga semurah murahnya kualitas sebaik baiknya.

    Bisnis itu..
    Rp100 #*HARUS*# jadi Rp200.
    Bisnis klo Rp100 jadi Rp100.. itu #RUGIBESAR# rugi waktu rugi tenaga.

  25. Untuk mobil honda emang gitu kang dari jaman mobilio selain warna putih +1jt, mazda pun utk mazda 2 warna merah nambah sekian juta, banyak kok forum roda 4 yg ngebahas masalah itu

  26. Haloha kang iwb, selama ini ai jd silent reader, dulu sering komen waktu msh ada jaos, qwerty dkk

    Well, ai mau meluruskan sedikit, kebetulan ai kerja di showroom mobil honda. Begini, utk mobil honda, kenapa warna merah lebih murah, justru karena kualitas cat tsb adalah cat merah solid, bukan metallic ataupun pearl/mutiara. Karena bahan metallic dan mutiara lebih mahal daripada cat solid.

    Jadi, justru pabrikan tidak mengambil untung dari harga cat tsb. Bayangkan, cat solid dihargai sama dengan cat metallic ataupun mutiara, brti pabrikan ambil untung dari harga cat solid tsb.

    Well ai tidak tahu kalo misal yg terjadi di motor.

  27. BAAH, mobil honda mah dari jaman dulu udah begitu. Hwehwehwe.

    Ini juga berlaku diroda 2 kok. Noh repsong edition lebih mahal 1jt padahal barang sama aja cuma embel2 special edition tanpa value added apapun. Hwehwehwe.

  28. Motor jg kya gitu om, skutik retro gmbr suwiwi nmbh 1jt, sport wrna biru yg katanga GP series nmbh 500, inden kura2 ninja biar cpt nmbh 1jt

  29. emang kalo honda gitu lek dari dulu , warna merah ga suruh nambah, seakan warna merah di anak tirikan . tapi merk sbeelah kalo warna merah malah harus nambah lek

  30. Dari dulu pabrikan R4 merk ini emang selalu aja jual mahal. Padahal banyak banget fitur yang disunat. Untung ane ngga pernah kesampean beli produk2nya, wong ternyata banyak merk lain yang kualitasnya lebih baik kok kalau kita mau buka mata.

  31. Sinyal men positif lex nambah 1,4 juta bisa Crot di MQ Spg nya Muehehehe

    Hampu7 SPG nya wife nya bajol

    Mari tertawa
    HAHAHAHAHAHAH

  32. kalau bermasalah gitu dan upping price se’enaknya mending jangan beli! beli saja merek lainnya yang lebih jelas dan gak bikin ruwet. kayak toyoma, suzuke, Mazdo, Nisson dll hehehehe.

  33. huuu… Kang iwan iki piye tho…
    Kalo aku yg di gituin pasti aku jawab…
    Nambah duit lebih dari itu juga engga apa apa.. Yg penting embak temenin aku malam ini. Gimana…??? Hehehehehe

  34. Memang untuk mobil honda politik dagangnya seperti itu lek Iwan, waktu njaman mobilio rilis hanya warna putih yg sesuai price list.

  35. Sama kek motornya bozzzz

    Cbr 250 o unit merah paling murah,rwb nambah 2jt,repsol nambah 5jt

    Sayangnya gk laku samasekali

    Ngoahahahaha

  36. Itu bkn hr-v mas. Tapi asline vario tak modip hrv..

    Fbh mah sugih sugih bawa beat aja petantang pententeng serasa bawa boil hrv.

    Ngiahahahha

  37. Memang begitu mas iwan, kebanyakan mobil dibawah 400jt ada perbedaan warna harga. Contoh honda, selain warna merah. Mazda malah selain merah kena beda harga. Aneh sih, tapi memang dari atpm seperti itu mas

  38. lah bang iwan masa gak denger info sih, kan memang HPM sendiri yang berlakuin harga berdasarkan warna, sudah banyak juga kan dibahas di review review mobil macam motomobi atau autonetmagz, buat harga dasar HRV itu memang cuma warna merah, untuk warna lain nambah, lah yg paling baru beli BRV selain warna putih harus nambah sekian juta, jadi bukannya upping price, tapi ya memang dari hondanya, infonya sih begitu hehehe, malah dulu saya bingung pas nanya nanya HRV trus nanya kalo warna lain selain warna merah harus nambah, lah salesnya bilang enggak, semoga mencerahkan :))
    Honda HPM memang lagi aneh :))

  39. biasa di mobil, beda warna beda harga karena prosesnya beda. Captiva dari dulu pasang harga putih lebih mahal dari warna lain.

  40. Ya, beda atpm beda kebijakkan. Kebetulan saya bekerja di atpm mobil terbesar di Indo. Authorized dealer memiliki program & harga yang sama di semua cabangnya. Tidak ada perbedaan harga u/ warna tertentu, hanya mungkin sedikit menunggu utk warna yg kurang umum. Discount pun berlaku sama baik pembelian cash / credit. Mungkin karena masing dealer HON** mobil, kepemilikannya pribadi kang bukan authorized dealer tiap daerah seperti tempat saya kerja. Jadi ya mungkin strategi ( untuk subsidi silang saat ” fight ” antar dealer hehe.. )

  41. dengerin tu mr. jonf*s …suara rakyat…
    udah pake upping price di warna, pake sunatan massal lagi d produknya…memalukan…

  42. Makin merajelwla dan semua gue ya para sales?? Ga jauh beda ama koment² sales dimari..ga yamaha ga honda..gemblung kabèh ..ya maklum sales² kalo ga gonggong ya ndak dapat duit..bisa dikemplangin …diinjek² tuannya .sales yamaha ame honda dimari yg suka bakar²an ga lebih dari pijakan kaki jepang..kasian
    .

  43. Wes suee iku lek…jgn2 artikel titipan As*ra yaa?? Hihihi
    Warna2 hpm or honda mobil lebih solid lhoh lek drpd bikinan as*ra grup..
    Makanya jrg ngeluarin warna2 ngejreng…paling cuman item,merah silver,gold,putih…
    Spurane dadi suudzon lek

  44. gini ni masukin koran radio bahkan berita. bila perlu taro youtube om berita2 kek gini biar mata konsumene melek om… di kira konsumen skrg bodo apa. banyak pilihan di luar sana…

  45. Honda mobil emang gitu kali om bkn uping itu mah, sejak muncul brio saat launching jonfis uda infoin emang ada perbedaan harga selain warna merah nambah 1,5 lbh dr itu ilegal, sama kaya mazda kalo warna merah nambah 3jt tp merahnya mazda emg lbh bagus drpd merah honda

  46. motor gw sih honda om, untung mbl ga. mgkn beda om catnya. kl yg murah pk literan plastik kali sdgkn yg bagus kalengan…mslhnya kalengannya di isi pk plastik jg…wkwkwkkkkk… honda ga di mana2…

  47. //nasional.tempo.co/read/news/2015/12/06/058725378/todongkan-senjata-ke-karyawan-ponsel-gm-pelindo-iii-ditahan

    AIR SOFT GUN DILARANG DI INDONESIA!
    Kaca mobil aja iso pecah apalagi jidat!

  48. Honda Prospek Motor memang begitu warna selain merah memang mahal apalagi warna putihnya nambah 3jt , Mazda Motor Indonesia juga begitu khusus warna merah metallic nya aja nambah 3jt dari harga aslinya . . .

  49. 103. AL – December 6, 2015
    Makin merajelwla dan semua gue ya para sales?? Ga jauh beda ama koment² sales dimari..ga yamaha ga honda..gemblung kabèh ..ya maklum sales² kalo ga gonggong ya ndak dapat duit..bisa dikemplangin …diinjek² tuannya .sales yamaha ame honda dimari yg suka bakar²an ga lebih dari pijakan kaki jepang..kasian
    ****************
    Begitulah bro,, hidup ini keras… susah nyari makan dijaman skrg. Caranya ya tinggal jual harga diri. Ya mau gmn lagi. Bhahahaha…

    Blum lagi ditambah blogger tukang ngompor manas2i,, ya semakin menjadi2lah congor2 mereka. Wkwkwk

  50. klo mobil baru trus banyak yg beli sampe harus inden biasanya emang pasti harganya di upping mas bro. coba deh tahan 3 bulan atau lebih harganya bakal sama dengan di price list atau malah kadang dikasi diskon

  51. mobil honda dari dulu memang begitu, makanya perut petinggi AHM buncit semua seperti tangki mega preet..
    coba mobil yamaha mau warna apa saja semua sama…
    sama-sama ngak ada………. wkwkwjwjwk. MUODARMO lagi pusing pahlawan ngebulnya omsetnya turun….preeet

  52. kapan kita lepas dri penjajahan ekonomi, klu otak kt sebatas lutut saja, seperti kata petinggi merek maspion
    cintailah ploduk – ploduk indonesia…

  53. njaluk karo dealer ojo di cat sek mas iwan mungkin iso selisih 10jt lumayan kanggo mangan2 mbakar iwak ning bandungan wkwkwkwkw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here