iklan iwb

Web banner 460X110px

razia-polantasBro dan sis sekalian….kabar terbaru datang dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri yang menyatakan akan memecah SIM C menjadi 3 berdasarkan kubikasi motor yang ditunggangi. Untuk biaya pembuatannya juga berbeda. Semakin besat cc maka biaya juga makin mahal. Sik….piye ki maksude??….
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb

Jadi gini kangbro. Mulai triwulan pertama Korlantas Mabes Polri akan menerbitkan 3 SIM berdasarkan cc yakni SIM C untuk 250cc kebawah….SIM C1 untuk motor kubikasi 250cc-500cc dan SIM C2 untuk motor berkapasitas 500cc keatas. Jadi SIM C ini ibaratnya SIM yang sudah kita pegang saat ini. Sementara kalau sampeyan nyetir motor diatas 250cc maka pengendara kudu memiliki SIM C1. Tidak cukup sampai disitu….

Kalau sampeyan ingin nyemplak motor diatas 500cc harus mencari SIM C2. Jelas yo sampai disini. “Iya mulai berlaku 2016, perkiraan pada bulan April 2016,? tegas Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri. IMHO sangat baik peraturan diatas selama dilapangan benar-benar ditegakkan dengan uji yang ketat. Karena seperti yang kita tahu….motor cc besar memang membutuhkan skill diatas rata-rata akibat power yang besar. Hanya saja….kalau boleh usul, mungkin tidak harus 3 SIM sekaligus bagi pengendara moge…

Mio-JMungkin bisa dipertimbangkan, sebuah SIM yang bisa mencakup semua. Artinya penunggang moge pastinya sudah ahli mengendarai motor cc dibawahnya. Jadi SIM C2 seharusnya bisa digunakan untuk nyemplak motor kecil dan tidak perlu cari SIM C biasa lagi. Bayangin wae….dalam satu dompet ada 3 SIM C hanya untuk cari legalitas nunggang Beat atau Mio…sepertinya tidak efisien ya bro……

Last…..biaya SIM C1 dan C2 dipastikan lebih mahal dibanding SIM C biasa. Hal ini disesuaikan kapasitas mesin dimana biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) juga berbeda. Nah….kita tunggu saja rumusannya seperti apa mengingat keputusan ini adalah hal baru setelah hampir puluhan tahun lamanya kita terbiasa memiliki satu SIM untuk kapasitas berapapun. Opo maneh kayak IWB ki yang biasa ngetes motor dari berbagai kubikasi….iso botak sariawan tenan iki :mrgreen: . Mending punya motornya. Lawong cuma numpang ngetes pakde…jian brodol tenan alise ki :mrgreen: …..(iwb)

NM4 Vultus-IWB (1)

128 COMMENTS

  1. mungkin klo sim c2 (500cc keatas)pengguna dapet previllage khusus bisa nerobos lampu merah,bebas pasang strobo dll,sim c1 kbawah musti kasih jalan klo lagi lewat…..moge style banget cuy hohoho…coz bayar lebih mahal

  2. mungkin klo sim c2 (500cc keatas)pengguna dapet previllage khusus bisa nerobos lampu merah,bebas pasang strobo dll,sim c1 kbawah musti kasih jalan klo lagi lewat…..moge style banget cuy hohoho…coz bayar lebih mahal
    .

  3. Harusnya sprti itu…dibuat kayak roda 4 juga…
    Mau naik kelas dr SIM C biasa ke SIM C1 harus nunggu dulu setahun…baru bisa naik kelas..kayak dr SIM A ke B1 dan seterusnya

  4. Boleh2 saja bikin aturan sim berjenjang.
    Tp kalo sudah punya sim C1/C2 yg katanya lbh mahal dan punya skill diatas rata2.
    boleh gak bawa moge masuk tol??

  5. kalo motor listrik pake sim c apa? motor listik jaman sekarang kenceng-kenceng tenaganya bisa setara moge..wkwkwk

  6. moge harus kenceng alasan mesin gampang panas kalo pelan nggak masuk akal!..artine tuh moge nggak lolos uji harus nggak boleh ada di jalan..harusnya dilaut biar adem kena aer..wkwkwk

  7. Kang Iwan, klo motor ninja 250/r25/cbr250 msuk gol. Sim brp??C/C1/C2??kn di stnk nya bkn 250 tpi 249 cc…

  8. jare kang iwan.
    nek iso numpak moga
    mesti iso numpak moto/beat
    ….
    Nek jare ardianto
    nek pilot boeing 747
    mesti pinter numpak F-16 opo MIG-21

    nek pinter numpak tronton
    mesti pinter numpak lamborghini

  9. Hanya saja?.kalau boleh usul, mungkin tidak harus 3 SIM sekaligus bagi pengendara moge?
    Mungkin bisa dipertimbangkan, sebuah SIM yang bisa mencakup semua. Artinya penunggang moge pastinya sudah ahli mengendarai motor cc dibawahnya. Jadi SIM C2 seharusnya bisa digunakan untuk nyemplak motor kecil dan tidak perlu cari SIM C biasa lagi. Bayangin wae?.dalam satu dompet ada 3 SIM C hanya untuk cari legalitas nunggang Beat atau Mio?sepertinya tidak efisien ya bro??

    —————

    Yaah otomatis sim yang grade tinggi bisa cover yang bawahnya waan.

    Sama kayak sim mobil B 2 otomatis bisa mencover yang dibawanya.

  10. Hanya saja?.kalau boleh usul, mungkin tidak harus 3 SIM sekaligus bagi pengendara moge?
    Mungkin bisa dipertimbangkan, sebuah SIM yang bisa mencakup semua. Artinya penunggang moge pastinya sudah ahli mengendarai motor cc dibawahnya. Jadi SIM C2 seharusnya bisa digunakan untuk nyemplak motor kecil dan tidak perlu cari SIM C biasa lagi. Bayangin wae?.dalam satu dompet ada 3 SIM C hanya untuk cari legalitas nunggang Beat atau Mio?sepertinya tidak efisien ya bro??

    —————

    Yaah otomatis sim yang grade tinggi bisa cover yang bawahnya waan

    Sama kayak sim mobil B 2 otomatis bisa mencover yang dibawanya.

  11. lah mau bikin sim c aja motornya testnya gak jelas.. gmana sim c1 c2 ? testnya pake moge dari polisi juga ? apa mau korupsi duit pengadaan moge buat test sim c1 sama c2 ?

  12. kalo aturannya
    SIM C 250cc kebawah
    SIM C1 250cc-500cc
    SIM C2 500cc ke atas
    misal penunggang motor 250cc n 500cc bisa bingung nih
    kenapa?
    misal penunggang motor 250cc
    bingung harus sim C aja cukup apa harus C1?
    mungkin kalo dari keterangan SIM C untuk 250CC kebawah artinya 250cc masih masuk
    dan untuk SIM C1 250cc-500cc artinya 250cc juga masuk dsini(IMHO)
    tapi nanti jadi rancu ketika ada beberapa oknum ato karna sosialiasi mungkin kurang, jadi penunggang 250cc diharuskan menggunakan C1

    mungkin lebih baik jika 250cc kebawah untuk sim C
    251cc – 500cc untuk C1
    501cc keatas untuk sim C2
    jadi penunggang motor 250cc n 500cc ga bingung dalam memilih SIM

    ato kalo ga sim C untuk 250cc kebawah
    sim C1 untuk 500cc kebawah
    artinya misal menggunakan sim C1 bebas menggunakan motor manapun selama masih dibawah 500cc
    dan sim C2 bisa digunakan untuk semua motor roda 2 berapapun CC nya

    ane rasa peraturan harus kembali digodog
    kalo fix sosialisasi harus kenceng

  13. Emange ono sing gawe sim c1?? Kl c2 mgkin banyak.
    Sdh saatnya pajek motor 250-500 diturunkan biar ga nganggur tuh blangko sim c1

  14. Ana punya sim A umum, jd bisa bawa mobil pribadi juga…. Udah sering kena razia, ga masalah ko.

  15. Walah kang Iwan naek y Ijo malah kayak Mau foto duduk di Dengklek Bhantet lumutan di taman…… wkwkwkwkwkwk

  16. Motor y Ijo kayak brengkesan Pindang ae Bhantet. tebengnya aja Ndlewer kebawah depan…. masak headlamp sama Riting Luebar Ritinge… kayak ritinge tronton ae.
    Wwkwkwkwkwwkwkkwkw

  17. oh,bukannya di negara maju dah lama pakai sistem ginian ya,om?tapi kalo nggak salah cuma 2.sim pemula 250cc kebawah dan sim profesional 250cc keatas.

  18. ahonx – December 5, 2015
    @bledug ini sy bkn bc om.

    Mbok yo ngerti dikit komen sy!

    Maksudnya kemana tanggap nya kemana?
    ************
    Bkn bc tp lg nyales,, hahahaha sampah

  19. Konsepnya bagus. Tapi ntar liat aja kondisi realnya, banyak yg nembak buat bikin, tinggal dilebihin dikit duitnya, udah bisa bawa pulang SIM baru, tanpa tes coy!

  20. kalo jalan kemungkinan sistemnya ga beda sama sim a /b1 / b2. yang udah jalan kalo mau biki sim b1 syaratnya sudah punya sim a (kalo ga salah 2tahun) jg kalo mo bikin sim b2 syaratnya punya sim b1. karena kalo py sim b2 ta prlu lagi sim b1atau sim a. kalo punya sim b1 tak perlu lagi sim a.

  21. Duit duit duit dasar kumpulan tuan crab.
    Negara belum maju udah main bagi” sim aja jadi 3 .
    Ntar dompet ane penuh sim ini -_-‘
    Sim A sim B sim c1 Sim c2 sim c3

  22. kagak guna atuh di pisah !
    kenapa ?
    lah wong aparat nya kacau balau.
    sim tembak dimana2, aparat pingli di mana mana.

    coba di luar negri, ngabil sim jelas penjenjangan, pembayaran dan TES NYA JELAS.
    melanggar beneran sidang buka kek di sini main nego, lewat calo polisi.

    yg paling parah seringnya kursus mengemudi mobil ! pengajarnya sopir angkot semua !
    masa sering ane liat, di ajarin ambil kiri krn sepi trus belok kanan motong.
    jalur motor di embat, disuruh pelan2 di jalur tengah….

    endonesah lalulintas lintang pukang kacau balau tetep kalo aparat nya gk di benahi

  23. semenjak era jok0d0k indonesia makin semrawut.. dari bnyk begal sadis, bbm naik tanpa melihat dan mendengar keluhan dan kesengsaraan rakyat, pelemahan kpk, korupsi yg makin meraja lela, freeport, pasal2 baru yg hanya untuk melemahkan rakyat dan membebaskan aparat kepar4t serta para poliTIKUS bertindak anarkis dan sewenang2 trhdp rakyat dan mencari keuntungan tambahan dari adanya pasal2 baru trsebut, serta kasus kasus lain yg tak diketahui publik.. yg dirugikan pasti rakyat yg harus membayar kerugian2 negara yg dilakukan para poliTIKUS ? poliTIKUS busuk yg hanya mementingkan jabatan dan nafsu serakah..
    sedangkan PEMIMPInya hanya mengadalkan pencitraan dan kebijakan2 yg hanya sebuah kebodohan dan pembodohan trhdp rakyat.. tp rakyat sdh tahu ttg itu.. media sekarang sdh tdk lg menayangkan sebuah pencitraan yg hanya untuk menutupi kebodohan dan kebobrokan negara akibat ketidak becusanya dlm memimpin..
    masyarakat indonesia sudah muak dan jijik dgn semua itu, semoga cobaan ini cpt berlalu dan bagi mereka yg sudah merusak dan membuat negara makin bobrok serta membuat rakyat menderita cepat mendapat hukuman dan azab..!!
    Amin..

    Ini cntoh orang yang hanya melihay kacang dari kulitnya
    Jangan” klo anda terkena musibah..anda akan menyalahkan jokowi???
    Ngurus negara tu ga smudah ngurus anak ayam brooo..

Comments are closed.