iklan iwb

Web banner 460X110px

TilangBengong mzbro….asli IWB lumayan bengong saat menemukan sebuah pasal yang bisa memberangus motor modifikasi. Bahkan jika pasal tersebut ditegakkan…..motor modifikasi apapun bisa kena tilang hingga denda sampai 24 juta rupiah. Ediannnn!!!….
460x110 IWB

Y P 440

iklan iwb
iklan iwb

Seperti dilansir Detik…..kedepan aparat akan mensosialisasikan sebuah pasal yang akan memberangus apapun bentuk modifikasi. Menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto….modifikasi diluar standart bisa digolongkan sebagai tindak pidana. “Hasil pemantauan di lapangan ditemukan bahwa masih banyak dijumpai kendaraan modifikasi baik motor maupun mobil yang menyebabkan perubahan tipe secara tidak sah yang dapat digolongkan dalam tindak pidana pelanggaran,” ujarnya. Pernyataan tersebut mengacu pada aturan dibawah ini….

Pasal 277 jo Pasal 316 ayat (2) UU No 22 tahun 2009 dengan ancaman pidana penjara paling lama 1 tahun atau denda atau denda maksimal Rp 24 juta. Menurut Budianto….modifikasi atau perubahan hanya bisa dilakukan melalui uji tipe guna mendapatkan sertifikasi Kemenhub. Semua sudah diatur dalam Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7 PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan Jo Pasal 50 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat….

Honda CBR150R modifikasi (8)Menurut Budianto lagi…uji tipe yang dikeluarkan juga ada ketentuannya yakni…..

1. Modifikasi kendaraan bermotor hanya dapat dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari APM (Agen Pemegang Merk) kendaraan tersebut.

2. Modifikasi kendaraan bermotor wajib dilakukan oleh bengkel umum kendaraan bermotor yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian.

3. Kendaraan bermotor yang telah dimodifikasi wajib didaftarkan kepada Kesatuan Polri pelaksana registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor pada kantor Samsat untuk memperoleh STNK baru yang sesuai dengan perubahan kendaraan bermotor dimaksud.

Jadi gitu mzbro. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP ini juga menggaris bawahi….modifikasi kendaraan bermotor tanpa proses sesuai aturan yang ada bisa dikategorikan sebagai tindak kejahatan. “Kami berharap masyarakat paham dan mengerti bahwa memodifikasi kendaraan bermotor tanpa melalui mekanisme yang benar merupakan tindak pidana kejahatan,” serunya seperti IWB kutip dari Detik. Byuhhh…sobek tenan….

Yamaha-R15-modified-to-look-R6-c-600x666IWB sangat yakin banyak biker atau modifikator diluar sana tidak ngeh dengan keberadaan pasal ini. Terus gimana juga dengan teman-teman yang memiliki keterbatasan fisik menggunakan motor modifikasi roda tiga?. Entahlah. Dan jika aparat benar-benar mengimplementasikannya dilapangan jelas…..selesai sudah kreatifitas modifikasi anak negeri. IMHO IWB takutnya tangan-tangan kreatif ini malah berubah haluan pada kebut-kebutan liar. Kenapa?. Karena hoby modif IMHO sangat positif dibanding hobby roda dua lain yang cenderung pada unsur speed. Apalagi tidak mungkin kita modif motor harus uji tipe to. Suatu hal yang mustahil kita lakukan…..

Last…..pasal mungkin bisa ditargetkan pada modifikasi ngawur yang berbahaya untuk safety. Ban cacing misalnya?. Atau stang tekuk ala drag bike. So….jika modifikasi lebih kepada unsur seni tanpa menghilangkan safety, perlengkapan kendaraan serta fungsi semua komponen layak jalan….mungkin bisa dibuat perkecualian. Lha kalau “saklek”…kita pakai undercowl wae bisa dikatakan tindak kejahatan. Atau kondom tambahan pada tanki, windshield, box turing, kulit jok ganti MBtech wae iso kena berangus. Lawong diluar standar. Lha….mumet to. Tapi…memang rule is rule. Dan sebagai warga taat hukum…tiada jalan lain kecuali kita harus manut. Nah…menurut sampeyan sendiri piye soal ini. Punya opini soal ini???…..(iwb)

Suwun sudi sambangi warung sederhana ini. Jangan lupa subscribe agar sampeyan tidak ketinggalan berita tentang roda dua. Salam satu aspal, juoz gandozzz cakkk !!

241 COMMENTS

    • Kepada Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, saya harap andalah yg harus mengerti jadi polisi jangan goblok2 amat
      Pasal anda adalah kambing goblok, mobil polisi itu sudah dimodifikasi pakek bermacam2 lampu, ganti cat, pakek klakson aneh, ad juga yg di tambahi kursi kayu, ad motor yg pakek box segala… jadi pasal anda adalah harimau mu, polisi semakin lama semakin guooblok, di luar negeri aja tidak seperti ini

  1. modifikasi cuma boleh dilakukan oleh pabrik. misalnya motor dohc abal2 cungkring di modif pake ban gambot pake led. itu boleh karena pabrikan.

  2. bagus sih pasalnya, n sebenernya bukan larangan modifikasi tp hanya mengkontrol modifikasi. n kayanya berhubungan dengan curanmor juga, buat mempersulit penjahat ngjual motor curian, kan bukan rahasia umum motor curian suka di modif dulu ganti warna atau sampe yg paling ekstrim ganti bentuk dengan dalih seni buat ngindarin kecurigaan

    • peraturannya sebenarnya bagus, tapi deskripsinya terlalu umum, sehingga berpotensi jadi pasal karet lagi seperti yg sudah-sudah.

    • Ga kebalik bro? Bukannya motor modifikasi justru lebih dihindari maling karena lebih mudah dikenali dan harga jualnya lebih rendah dibanding motor standar? Dulu seinget saya pernah ada Kapolres (lupa namanya) yang nyaranin supaya motor sebaiknya dimodif untuk menghindari pencurian..

    • Justru menurut saya motor modif itu gmpg diapalin sama bikers di jln raya shg maling lbh milih motor standart krn klo udah di jln ga beda ama motor umumnya

  3. UUD sob…. ujung Ujung’nya Duit…. Cba klo pensiunan TNI brani ngungkap Kejahatan Calo freeport… Klo pensiunan polisi… ?? Plingn nginep d KPK…. Asem…..

  4. Lha jarene fbh honda mbit d modif honda jazz piye lek?? Iso d lokne pak polisi lek..
    Ngawor poll ancen embekha iku..
    Ekekekekek

  5. Pertanyaane pak polisi kui ngrti ra ?? Part2 seng membahayakan/menamaah safeti.akeh wong modip dudu mung skedar gaya,tpi akh jg seng modip krna urusan sapti mau krna d rasa kurang mkane d modip.

  6. Asal tidak merubah dimensi, mesin & kemampuan, daya angkut seharusnya masih boleh. Amannya sih main di cat saja, selama tidak merubah warna dasar yg ada di stnk.

  7. Berarti kalo yang biasanya modif trail dari motor & mesin standar ke motor trail (misal vixi*n standar jadi modif mirip kl*) bisa kena pasal ini juga kang?

  8. polisine njaluk d gantung neng monas,,modip tangki d kek’i kondom ,etcdll kwi penting ora malih rupo&tetep safeti,di arani pidana,pidana ndiase mlocot,,wong wes susah sih di gawe susah,suwe2 polisi di bakar turut ndalan

  9. Aturan soyo rajelas.. cermin kwalitas penyelenggara negara sing Gak punya sense.. Di semua bidang ini terjadi.. keanehan demi kekonyolan terjadi.. pie Jal??… nasiiiibb nasib..

  10. Wadduuuhhh makin ANEH saja nih Polisi,

    –Polisi makin gampang buat nilang, Misal:
    -Ganti tutup pentil ke yg warna warni, DITILANG karena diluar standar
    -Tambah spakbor huger kolong supaya tidak nyiprat DITILANG karena diluar standar
    -Ganti Handle Rem yg warna warni, DITILANG karena diluar standar
    -Tambah stiker DITILANG karena diluar standar
    dll…
    SEKARANG gini, MOTOR POLISI STANDAR TIDAK? ada sirine, Stiker ganti jadi biru, dll ITU DILUAR STANDAR PABRIKAN PAK? Kalau gitu, APARAT juga HARUS DITILANG, hadeuhhh makin semrawut saja.

  11. Kasihan orang yang disable.. Karna saya pernah lihat salah sati rider penyandang disable naik motor di modif jadi roda 3.

  12. ah ini mah lagi2 membunuh home industri kreatif (yang nggak kuat mengajukan lisensi dan hak paten) cuman pro kapitalis yang bermodal besar.

  13. point 1 sama 2 gak setuju..modifikasi adalah karya seni menyangkut hak seni.. asal tetep standar keamanan terjaga serta kelengkapan.. kaalo Lapor dan perubahan stnk adalah wajib misal rubah warna dimensi dan daya angkut.. standart lampu sudah ada , warna sein, suara knalpot.. wong kita dah beli motornya.. ya terserah mau diapain..asal aman nyaman.. gak ganggu orang lain.. so..

    • bner bro. toko aksesoris motor sepi. belum lagi bengkel2 pada gulung tikar. dn lagi pasar otomotif roda 2 bakalan anjlok deh… mkir napa kalo mau buat undang2 dan pasal2. jangan kek buat polisi tidur aja sembarangan asal buat biar tertib…

        • Ok2, salah gue g baca dgn jlas
          Masalahnya om, ane yakin
          Polisi langka yg apal pasal
          Klo “diingetin” macam bgini
          Jdi macem2 deh alasannya pas cegatan ntar
          Penjelasan nya sndiri pukul rata, dan masyarakat awam g tau ada pasal ginian
          Smoga tidak merugikan
          Wallahu alam

  14. Krn banyak kendaraan bodong hasil curian yg sengaja dimodifikasi utk mnghilangkan jejak aslinya. Aparat mncoba mncari ‘duit’ eeh mncari solusi utk menekan angka curanmor dan mempersempit ruang gerak motor bodong. hehehe

  15. info kang…

    ane user mx gen 2 kang..
    ane modif mesin jadi inline pake silinder aftermarket old vixi..
    cc bengkak jadi 348cc.

    pernah kena tilang gara2 mesin gak std. tapi pak pol nya baik hati.. ane di suruh daftarin stnk baru buat upgrade cc.
    biaya ganti stnk abis skitar 1,7jt. pajak /thn yg dulu nya 320 an rbu skarang jdi 600 an rbu gara2 cc melar..
    kalo bentuk motor katanya sih gak di permasalahkan asal masih sejenis.. misal gl pro modif baju mega pro/ beat modif baju vario..
    /vixi modif baju trail..

    kalo soal rubah warna biaya lumayan terjangkau. cuman 300rbu di samsat.

    jadi buat yg suka upgrade cc mending skalian daftarin motor nya ke samsat.. biar tenang saat riding…

    keep safety…

    • Sorry bro mau tanya, itu razianya model gimana ya kok Pak Pol nya ampe bisa tau CC udah bengkak, daleman mesin udah oprekan ini itu. Pakai alat khusus kah? Kalau secara kasat mata (orang awam/no special tools) kan susah liatnya, terlebih bentuk body masih standar. Thx bro infonya

      • Kalau gak salah, kalau di buat inline suara motornya berubah, blok silinder tambahannya kan menyita ruang juga

        Kalau di kota ane banyak cb klasik jadi jadian, dari tiger, GL, megapro, scorpio berubah jadi bentuk cb klasik area mesin pun berubah ada yang model jadi inline or V, ane pernah tanya ke owner cb klasik jadi jadian, apa gak di tilang pulisi kalo begitu, dia jawab udah di daftarin ke samsat rubah bentuk dan rubah cc mesin

    • Ini aturan sebenernya untuk modivikasi yg menambah ukuran panjang lebar dan tinggi kendaraan

      Merubah fungsi kendaraan, misalkan untuk 2 orang jadi untuk 10 orang katakanlah

      Merubah fungsi parts, misalkan gas buang gak lewat knalpot tapi lewat mana kek,

      Merubah struktur. Misalkan merubag dari kemudi ban depan ke ban belakang

      Merubag motor roda 2 jadi roda 3 kaya atv dll

      Merubah isi silinder, jumblah silinder, sistem mesin, sistem kelistrikan dll

      Jadi bukan untuk yg merubah knalpot, tutup pentil, jalu stang, dll

      Kan gak ada ceritanya jalu stang di rubah di stnk tertulis jalu apa yg berubah. Knalpot juga gak ada di stnk yg nulis knalpot standart atau non standart

      Tapi karena sekarang masyarakat dah pinter. Makin susah polishit balik modal. Malanya ngeluarin uu gini untuk semua kalangan

      Kalo dasarnya gt ya kalo mau fair motor polishit bisa kena semua lah

      Lha isi silinder mesin misalkan motor 125 cc paling 123cc tapi stiker 125 cc kan udah gak bener tuh? Atau ente ganti nitrogen udah gak bener karena spesifikasi angin di ban jadi nitrogen di ban

  16. kayanya pemerintah lg ngumpulin dana pajak sebesar besarnya, mungkin buat permak sentul?? kan mau ikutan motogp..!!
    jd ya kasarnya “minta sumbangan” dgn bikin pasal modus ga jelas ini…
    ada motogp di sentul kan pengen’y para biker, jd ya dari biker buat biker gitu..

    #analisangawur

    • Salah bro, bukan buat dana sentul,,,
      Itu dikumpulin biaya buat pertandingan lomba korupsi di negara indonesia ntar, jadi ngumpulin biaya buat pemenang dari skrg…

  17. lak male polisine tmbh akeh ae penggaweane… sregep tilang menilang ae bendino lek. wong saiki ae arek skolah ndi onok motore sg utuh standart ting2. di kata krg gaul yg ada. minimal ganti spion lalu ganti kaki2 agak ekstrim dkit body di cat lagi atau mesin di cat. belum lagi ganti lampu depan dan belakang. lalu shock breaker… wuh 2thn kdepan toko aksesoris motor gulung tikar ki.

  18. Mungkin yang dimaksud dengan pasal diatas merubah sepeda motor jadi bentor (becak motor) atau sepur kelinci, motor roda tiga modif mirip bajaj.

  19. Ribet banget negeri indonesia.. Yg d cekik rakyat kecil terus.. Masih ada masalah yg lebih besar dr pd urus kaya beginian yg ga jelas..

  20. Sungguh sebuah negeri yang ironi.
    Hukuman korupsi rendah, sedang pinjem sendal tanpa bilang pun bisa dijerat pidana. Dan sekarang ditambah seperti ini, bila spesifikasi modif yg melanggar tidak ditentukan.

    Disisi lain, juga sebagai ladang duit bagi penegak hukum nakal. Ckckck

  21. Kalau menurut saya kang IWB..
    Kalau yg jadi ukuran itu standar atau tidak standar itu kurang tepat..
    Seharusnya yg jadi ukuran itu LAYAK ATAU TIDAK LAYAK…
    .
    Gitu aja kok.. Ckckck
    buat peraturan kok terkesan ngawur.. Jarene wong pinter tadi yo koplak..

  22. Polisi bego, lha r15 yg build in sakira artinya legal donk?
    Terus kita yg ganti tutup pentil diangap ilegal

    Jangankan tutup pentil. Ganti ban dalem kalo gak semerek jadinya ilegal dan melangar donk?

    Ini polisinya yg bego mengartikan undang undang apa polisinya yg kepalang gak balik modal?

    Ngoahahhaa

  23. AYOOOOOOO KITA DEMOOOO UUD NGAWURRRRR
    POLISI MAKIN SENENG NIH NYARI DUIT TAMBAHAN
    DASAR INDONESIA EDANNNNNNNNNN

  24. kalo pelarangan untuk knalpot bising / ban cacing / stang biting . masih masuk akal .
    karena itu termasuk kategori : “menggangu orang lain” & ” keselamatan”.

  25. epbeha sing paling ngelu, lawong motor standare culun2, dimodif ragate akeh, jebul kena pasal.
    Modiar koen epbeha.
    Wkwkwk

  26. Orasi brandal putih abu abu:
    1.Legalkan ban cacing.
    2.Legalkan knalpot worrr worrr.
    3.Legalkan bodi trondol,
    Kami remaja hanya sekali, jangan halangi kami menikmati bahagia.

  27. Ya bro IWB, kebetulan saya orang hukum. Saya soroti peraturan itu memang ambigu, tidak ada unsur kepastian hukum disitu. Peraturan hukum tsb harus dikaji dan bunyinya harus diubah & dilengkapi. Perlu IWB dan bro sis semua tahu, peraturan hukum tidak selamanya benar dan bagus . Tujuan dari hukum adalah keadilan dan kebaikan. Banyak pasal hukum kita masih cacat.

  28. alaaah cari celah kesalahan z ni polkis…ujung2nya jg duit ,
    yg patut diberangus tuh modif alay ban cacing, knalpot bising, stoplamp putih…

  29. modifikasi diluar standart bisa digolongkan sebagai tindak pidana
    =================
    ini yg dimaksud standart dobel ato samping ya?

  30. Duh. Kita sebagai rakyat di negara demokrasi kok malah jadi sasaran empuk pemimpin yang kita pilih sendiri, bodoh ini namanya. Pasal karet kayak gini seharusnya ngga boleh ada. Stop pembodohan hukum.

  31. sarana dan prasarana jalan umum aja masih bobrok eh ketambahan pasal/celah buat jajan oknum…. wellcome to the indonesia 🙂

  32. Makin kesini makin edan pasalnya makin aneh aneh dan tidak masuk akal…
    Harusnya digaris bawahi modifikasi apa yg dilarang…masa cuma ganti busi nggak standar ditilang ya ngawur. misal ganti tutup pentil ditilang 24juta ya gendeng bin sableng…ban diperbesar ditilang ya kentir…awas kalo ketemu polisi pake motor modifan ane bakar sekalian…

  33. Ini pasti ulah fbh…
    Nyembah ahm,malas di kasi motor bosok..
    Motor bosoke di obrak abrik…
    Modiar lah kowe fbh..

    Zleb

  34. kan itu untuk perubahan tipe, misal dari sepeda motor ke bentor, modif jadi roda 3, tambah bak kayak viar itu ga boleh, modif mesin juga ga boleh sebenernya, karena menyangkut emisi tapi asal ga ekstrim ga ketahuan, modif sedan jadi mpv, dll
    kan tipe yang terdaftar di kementerian misal sepeda motor, yang ga boleh ya modif yang merubah ke tipe lain selain sepeda motor
    ada penjelasan pasalnya yang dimaksud sepeda motor itu apa

    intinya, lihat saja stnk dan bpkb
    kalo modif sampe berubah dari yang tertulis di stnk dan bpkb
    itu yang ga boleh

  35. pasal itu hanya untuk tipe
    ingat, tipe. tipe kendaraan kita tertulis di stnk
    tinggal cari aja pasal yang mengatur tipe kendaraan nya
    misal, sepeda motor itu roda nya dua, bentuknya gimana dll
    asal ga menyimpang ya aman lah

    modifikasi lain, misal warna, aksesoris, lampu2, knalpot, kan sudah ada pasalnya sendiri

  36. Motor para pedagang sayur juga bisa dikatakan modifikasi, bawa bronjong juga, pakai sespan juga, dibuat roda tiga buat disabilitas juga, dsb
    Ngeri2 sedap coy
    Hmmm apalagi modif kayak sport honda pake cut engine atau pass beam, hehew pissss

  37. Adapun mengenai modifikasi menurut Kententuan Pasal 1 angka 12 PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan (“PPNo.55/2012”), menjelaskan bahwaModifikasi Kendaraan Bermotor adalah perubahan terhadap spesifikasi teknis dimensi, mesin, dan/atau kemampuan daya angkut Kendaraan Bermotor.

    Setiap kendaraan bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut akan dilakukan penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU No. 22/2009”) juncto Pasal 123 ayat (1) huruf b juncto Pasal 131 huruf (e) PP No.55/2012.

    Adapun penelitian tersebut meliputi aspek:

    1. rancangan teknis;
    2. susunan;
    3. ukuran;
    4. material;
    5. kaca, pintu, engsel, dan bumper;
    6. sistem lampu dan alat pemantul cahaya; dan
    7. tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor.

    Khusus mengenai modifikasi sebagaimana tersebut di atas hanya dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari agen tunggal pemegang merek. Dan yang berhak untuk melakukan modifikasi adalah bengkel umum yang ditunjuk oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang industri. Hal ini diatur dalam Pasal 132 ayat (5) dan ayat (6) PP No.55/2012. Artinya, modifikasi kendaraan yang dapat dilakukan, antara lain:

    – modifikasi dimensi hanya dapat dilakukan pada perpanjangan atau pemendekan landasan (chassis) tanpa mengubah jarak sumbu dan konstruksi Kendaraan Bermotor tersebut;

    – modifikasi mesin dilakukan dengan mengganti mesin dengan mesin yang merek dan tipenya sama;

    – Modifikasi daya angkut hanya dapat dilakukan pada Kendaraan Bermotor dengan menambah sumbu bagian belakang tanpa mengubah jarak sumbu aslinya dan sumbu yang ditambahkan harus memiliki material yang sama dengan sumbu aslinya dan harus dilakukan perhitungan sesuai dengan daya dukung jalan yang dilalui.

    Selain dari pada itu, merujuk pada Pasal 50 ayat (1) UU No.22/2009 mensyaratkan bahwa setiap kendaraan yang dilakukan modifikasi dengan mengakibatkan perubahan tipe maka diwajibkan untuk dilakukan Uji Tipe.

    Uji Tipe dimaksud terdiri atas:

    1. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan

    2. penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bakmuatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.
    Adapun Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang. Selain itu, dalam hal telah dilakukan uji tipe ulang kendaraan bermotor tersebut wajib untuk dilakukan registrasi dan identifikasi ulang, hal ini sesuai dengan ketentuan Pasal 50 ayat (3) dan ayat (4) UU No.22/2009.
    Persyaratan lain yang perlu untuk diketahui adalah setiap Modifikasi Kendaraan Bermotor tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui, sebagaimana diatur dalam Pasal 50 ayat (2) UU No.22/2009.

    Selanjutnya, dalam hal kendaraan bermotor akan melakukan modifikasi maka wajib untuk mengajukan permohonan kepada menteri yang bertanggung jawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan, sehingga apabila kemudian kendaraan dimaksud telah diregistrasi Uji Tipe maka instansi yang berwenang akan memberikan sertifikat registrasi Uji Tipe, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.Adapun Sertifikat Uji Tipe diterbitkan oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan. Sedikitnya pada Sertifikat Uji Tipe nantinya memuat tentang identitas dari pemodifikasi dan hal-hal lain sebagaimana dimaksud dalam Pasal 129 ayat (1) PP No.55/2012.
    Berdasarkan hal-hal yang telah disampaikan di atas maka jelas bahwa setiap pihak yang hendak melakukan modifikasi atas kendaraan bermotornya, diwajibkan untuk memiliki izin atas modifikasinya sebagaimana dipersyaratkan dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012. Jika modifikasi dilakukan tanpa memiliki izin, maka berdasarkan Pasal 277 UU No.22/2009 pihak yang melanggar dapat dikenakan sanksi pidana berupa pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta Rupiah).
    Pada saat pembelian onderdil/aksesori variasi atau untuk dimodifikasi tidak memerlukan izin. Akan tetapi, bilamana onderdil/aksesori tersebut mengubah tipe, bentuk, dan hal-hal lain sebagaimana diatur dalam UU No.22/2009 dan PP No.55/2012 maka pihak tersebut wajib untuk melakukan registrasi ulang untuk melakukan Uji Tipe atas kendaraan bermotor yang dimodifikasinya tersebut.

    • Ini baru koment bagus ….harusnya yg punya blok nulis artikelnya dalami dulu…peraturan 2 pemerintah sebagai jurnal pelaksana mengenai pasal terkait ..
      Jadi artikelnya gak kesannya provokator…

  38. A: Lho kok ditilang pak?
    Mr. P: ni spionya gak standar
    A: Ni spion beli ditoko B, ni udah safety kok
    Mr. P: oh ya..itu toko sodara saya..yasudah lanjutkan..hati2

    Bgitu kn..

  39. Fu gua gnti velg 17 kawat, sma knalpot aj mau d tlng. Pdhl knalpot fu gua cma d bedah. D sni udh d jlan kan yg kya gtu. Jd klo ad polisi jaga d lmpu merah, kta hrus nunggu jauh d lmpu merah, klo gk lwat jlan tilkus. Klo polisi ngejar gk bkal dpet lh. Syukur” gua gk gnti karbu,

  40. sbenarnya sudah ada aturannya mngenai modifikasi, untuk warna dan rubah bentuk harus urus STNK baru disamsat, klu untuk modifikasi yg brsifat demi keamanan n keselamatan masa iya kena pasal, kcuali warna n rubah bentuk td, kcuali modif yg brsifat mngurangi keamanan n keselamatan,sprt ban kremi dan cacing, knalpot brong, spion trlalu kecil dll.

  41. ibarate pakpol mau nambah lahan garapan, hehe…
    krn semakin banyak celah utk di jadikan alasan utk mencari keuntungan :v

  42. kalao bersinggungan dgn “KENDARAAN BERMOTOR ” pastiiiii Pemikiran polisi dan rakyat itu yaaaaaaaa..korbannya pengguna motor/roda 2 sajjjaaaa….mobil dll kgak kena nih/nihil tindakan……????!!!!tanya kenapa??????prreeeeeeeetttthhhhh………

  43. Ngisruh, ngawe pasal sak karepe dewe..
    Jika pelaksanaan saklek!
    Pasal hanya dipakai untuk pengesahan tilang secara liar!
    Soyo suwe soyo ora cetho!

  44. Sudah saatnya pemimpin d ganti anak muda yg punya otak ngga kolot kaya pemimpin saiki mas “ra keutekan mandan mumet” jare mas jono bature rika

  45. ” Dan jika aparat benar-benar mengimplementasikannya dilapangan jelas…..selesai sudah kreatifitas modifikasi anak negeri. ”

    .sampeyan trnyata kopl4k jg ya masbro ……jgn mentang2 sampeyan suka motor, blogger motor terkenal, trus bikin opini sperti ini ….. grow up & grow wise….. contoh aj Iran & Korea utara, kena embargo macem2 malah maju pesat krn kreasinya bukan krn merengek2 menghapus embargo

  46. Ngakak bacanya..itu aturan sengaja dibikin ribet biar ada pemasukan tambahan…contohnya aja izin apm,bengekl yang ditunjuk (dasar penunjukan apa bisa2 bengkel2 pd main sogok2 kan tuh macam tender proyek biar ditunjuk)
    Ngawur ah..negara ini sok negara hukum tapi prakteknya hny isapan jempol belaka
    Setuju sprtnya lbh tepat bwat modifikasi yang berbahaya..ban cacing,stang tekuk,motor ceper…

  47. Trus kl motor pak polisi yang pasang windshield,box,lampu sirine juga hrs dipertanyakan besok surat izin apm,bengkel yang ditunjuknya,izin dishubnya…jgn ke rakyat kecil dipersulit tapi sendirinya gak ngurus

  48. aturan yang sangat wagu dan sangat menguntungkan buat bapak yg berseragam pramuka yg sedang cari tambahan hhhaaaaa ✌?️

    kalau sudah kayak gini mereka mereka lagi yg jelas sangat di untungkan

  49. kalo seperti itu,pak polisi harusnya kena pasal juga lek…karena telah memodif motor standard menjadi motor patroli,sehingga dimensinya berubah karena pemasangan box di kanan kiri…:D

  50. Lah kan perubahan dimensi biasanya di sasis lek… terus menambah daya dan kemampuan itu mesin yg di rubah ccnya… nah misalkan harus standart pabrik atw atpm masa ganti ban aja harus minta ijin misal ban oem ganti ban di luar merk yg atpm keluarkan jadi salah…. saya rasa bukan itu… mungkin lebih ke modifikasi yg menyalahi aturan layak jalan dari sebuah kendaraan.

  51. fBH0M0 beloon suka modifikasi motor Loksl MAH0NDA buatan AHM0CIN yang tampang buruk rupa semua, makanya dimodif.

    Wkwkwkwk

    MAH00 MAH000 MAH0000NDAA

  52. JiiaH°˚˚°Ha♧Ha♧HaHaHa°
    TulungAgung ae tutup pentil lak gak standart pabrik knek tilang lek…
    Tentune pean est ngerti to karo polisi kampung halamanmu
    Ikkeh…ikkeh…kimochi

  53. Cc kcil pjak kcil,cc bsar pjkpun bsar.cc kcil dh d oprek/modif d gedein cc ny lo ga mlalui ijn k pmrintah byr pjaknya kn ttp cc kcil,jd pmrintah rugilah pdhl cc ny udh brubah jd bsar.

  54. Ini bkn aturan.. Ini lbh kpda pemaksaan n pelanggaran hak asasi..
    Motor gw trserah gw..
    Yg penting kg membahayakan n menggangu orng lain..
    Lalu gmn orng yg bkrja di industri aksesoris motor..jgn trlalu bikin hal yg aneh2 lah..

  55. Lho kok banyak yg koment sinis sama polisi…
    Yg bikin UU itu siapa…yg mengesahkan UU itu siapa?
    Yg smart lah….!
    Makanya pahami UU nya kalo di tilang harus berani adu argument…!
    Polisi cuman menjalankan tugas kalo merasa tidak melanggar yo siap adu argument sama polisi …kalo polisi tetep nilang siap membela dipengadilan..
    Ada jalurnya…

  56. kok sibuk ngurusin modifikasi motor, giliran ada anak orang kaya pakai lamborghini nabrak orang trus meninggal ae maju mundur ga berani…

  57. Inti nya minta jatah duit. Klo pemasukan duit di aparat eh keparat kurang. Pasal ini bisa di gunakan. Karna ini pasal dari dulu ada. Inilah yg menyebabkan kreatifitas bangsa turun. Jadi goblok. Karna dari dulu bangsa ini udah di ajarin jadi preman tukang palak. Jadi dimana mana klo urusan mau lancar ya harus keluarin duit. Klo ada yg gratis preee….t!! Sekolah gratis preeet. Suruh beli buku yg harga nya selangit. Berobat gratis. Preeet. Di persulit ama rumah sakit. Bahkan bikin ktp yg kata nya gratis preeet. Jangan lupa mas masukin Rp kekotak. Hari gini gratis kencing aja bayar. Wkwkkkk

  58. sek numpak mobil mewah sampe nabrak orang hingga meninggal hukumannya ringan.malah bisa bebas ke luar negri juga alesanyab study.inget kasus si anak mank UBAN.yang cuman punya motor ingin motornya bagusan dikit dipersulit malah di hukum juga.

    saya rasa masyarakat kita belum bisa menerima uud seperti ini..sejahterkan dulu masyarakat kita baru terserah mo negakin aturan seperti jepang ya gak papa.asal disiplin.pemerataan ekonomi dan kesejahteraan rakyat dulu

  59. Peraturan tak berguna…. Di modif kalo masih sesuai pasal kelengkapan kendaraan di mana salahnya????? Warna sesuai stnk,masih lengkap dengan lampu,sein,spion dan ban yg aman,knalpot standard atau racing harian yg bersertifikasi macam daytona. Polisi senengnya pake motor bodong hasil sitaan… Ga mikir loe…!!!

  60. Jangan panik, jangan mudah terbawa suasana. Tenangkan hati dan pikiran terlebih dahulu.

    Sebelum kita mengambil kesimpulan dengan menyalahkan pihak si ini dan si itu. Alangkah baiknya kita menganalisa lebih bijak sebenarnya apa penyebab wacana yang abu-abu ini kembali mengemuka.

    Ambil contoh sederhana. Seumpama mayoritas dari kita menyudutkan “Bapak-bapak Oknum” sebagai biang keladinya, tentunya ini cukup beralasan namun di satu sisi rasanya tetap tidak etis.

    Karena apa? karena walaupun penyebab ketidak harmonisan antara Polisi dengan Masyarakat sebagian besar didominasi oleh kasus pelanggaran dalam berlalu lintas, namun demi kemajuan bersama… sudah saatnya kita memperbaiki profesionalitas dalam kinerja dan kesadaran berkendara dimulai dari diri kita sendiri. Ayo…kita pasti bisa.

    Akan tetapi lain soal kalau kita cukup rutin mengamati gegap gempita perhelatan politik tanah air.
    Seperti yang kita ketahui bersama, akhir-akhir ini sedang terjadi beberapa kasus besar yang mana sangat menyita perhatian publik, termasuk para netizen muda yang dikenal cukup kritis dalam menyikapinya dengan berbagai cara. Baik aktif melalui sosmed maupun aksi nyata dilapangan.

    Naah…logika sederhana yang bisa kita simpulkan adalah (mungkin saja) “Oh iya ya, bisa jadi wacana ini hanya sebagai pengalihan isu saja, karena hal seperti ini sudah pernah terjadi beberapa kali sebelumnya dan pola’nya bisa dikatakan relatif sama”.

    Mari sebagai generasi penerus bangsa, kita harus bulatkan tekad untuk menjadi generasi yang santun dan bijak dalam bersosialisasi. Baik dalam interaksi langsung, maupun interaksi bersama dalam dunia maya.

    Salam persatuan dan kesatuan.

  61. semakin konyol..dulu dah ada peraturan R2 nyalakan lampu utama disiang hari…picek’a matamu awan2 ngoropno lampu…sekarang keluar lagi peraturan konyol ke 2

    • Kalo motor pas siang hari nyalain lampu memang sngt safety bro..

      Coba sampeyan nyetir truk atau bis pasti gampang ngeh depan belakang atau samping ada motor.

  62. lebih bahaya lagi penggunaan plat nopol seng di depan kendaraan.banyak negara lain yg beralih ke stiker untuk nopol depan karena membahayakan klo terjadi kecelakaan….disamping gk mengurangi kegantengan tunggangan dengan koyo dijidat,jdi lebih safe buat pengendara…..msih banyak yg lebih bermanfaat dri pada ngurusin hal beginian…

  63. Lek iwan… kelingan DP bbm soal polisi nilang motor yg merk honda,jaket yamaha ,helm kawasaki ditilang…dijawab pemotor: smpyn jga tk tilang ganti….karena kmu polisi pakai bolpen pilot…..#ajurr lek iwan

  64. masih ada aja yang sakit hati ama kemenangan wiwi wkwkwkk….

    soalnya gacoannya kalah… si jendral ganteng wowo sang pembela lintah papa minta saham wkwkwkwk….

  65. pasal ngawur
    Harusny, kendaraan yg di modifikasi yg bisa membahayakn diri sendiri mau pun orang lain, itu yg di larang.. Itu aja udh cukup
    Klw seperti ini keliatanny dak ada toleransi
    Pemikiran makin hari bukan tambah maju, tp tambah bodo:.

  66. Sebagai tindak pidana ? Apakah negara dirugikan oleh para modifikator ? Apakah para modifikator pake uang negara buat modif ? Negara yang aneeeh lama2 bernafas pum diatur pake UUD

  67. Aparat di indo ini sudah keterlaluan, contoh yg simple aja tentang knalpot, pasal yang seharusnya mengatur tentang desible mereka belokkan menjadi “asal tidak standart melanggar”
    Alat uji nya pun wlebih canggih dari desible meter, yaitu alat “kira”
    Tidak adakah eadah di negri ini yg bisa memperjuangkan hak” kita?
    Kalau ngomong bodohnya gini “motor saya yg beli, pakai duit saya bukan duit rakyat, pajak juga kita bayar, mau kita apakan motornya juga terserah kita dong, mau dibuat roda di atas, stang dibawah juga oke” aja.. barang kita kok”

  68. Gw punya sogun 125 taun 2004 ubeli cuman 3juta buat Iseng2, terus dah kaga ada yg orisinil dari ban velk batok bodi rem semua udah abal2, misal gw kena pasal modifan, gw ancurin ditempat itu motor, daripada kudu bayar 24 juta buat nebus tuh motor xD

  69. Klo bgni ya smakin mampet lah kreatifitas anak bangsa!!! memang orang2 di negara ini sendiri yang menjatuhkan negaranya!
    apa dasarnya modifikasi itu tindak kejahatan? mencuri uang negara itu baru namanya KEJAHATAN! toh barang sudah di beli konsumen dan konsumen punya hak penuh untuk melakukan apapun selama tidak diam2 merubah identitas motor seperti plat nomor dan warna basic nya,,, gag boleh ganti warna aja udah aneh, apalagi ini?? di luar negeri aja orang gonta ganti warna kendaraan ga masalah tuh!
    yang seharusnya ditindak CUMA yang melalaikan unsur safety pada kendaraan nya aja, tapi bukan berarti semua jenis modifikasi donk..
    POLISI lebih baik tangkep aja para koruptor sampe habis, baru urusin yg kecil2 gni! jangan tumpul keatas tajam ke bawah!

  70. Petisi-kan! –> change.org

    Para biker dan komentator di blog otomotif harus ikut tandatangan petisinya. Dijamin dapat minimal setengah juta dukungan dari netizen.

    Waktunya membuktikan kesungguhan biker, jangan cuma beraninya komentar doang di perang efbeha-efbeye.

  71. Sekedar info sj,sebulan yg lalu teman sy main ke bandung ada razia kendaraan pihak kepolisian di jl.soekarno hatta,motor yg teman sy pakai vixion lama,surat surat lengkap kena tilang alasan dr polisi yg menilang krn tangki bensin pake kondom & warna tdk sesuai ( padahal warna kondom tangki sdh sesuai) ,hati hati sj

  72. Mungkin maksed dari fungsi dan dimensi adalah..
    -Fungsi R2 modif menjadi kendaraan angkut/niaga, spt modif penambahan box agar dapat menampung barang lebih banyak
    -Dimensi R2, spt penambahan roda agar bisa membawa penumpang lebih banyak (bentor) secara penambahan roda sudah jelas dan kelihatan sudah berubah dimensi dan memang membutuhkan uji layak jalan demi keamanan pengendara dan atau penumpang

    *Mohon koreksi jika ada kekeliruan

  73. Setuju sih setuju tapi kalo misalnya ganti kenalpot racing yang udah dipakein db killer masih kena juga kan galucu, yang seharusnya di tilang kenain denda tuh yang pake kenalpot bobok, pake ban cacing, dan sejenisnya… yaa kalo modifikasi kayak bikin motor japstyle tapi gak mengubah bentuk mah harusnya kan gapapa-_-

  74. Sependapat sama kang iwan, modifikasi yang wajib ditindak pidana itu yang dapat menggangu/mencelakakan orang lain & terutama diri sendiri.

  75. Inilah republik indo…msi byak ktrunan belanda….jdnya yaa mnjajah ank bgsa sndri…ko mw cr duet jgan nyusahin msyarakat…blon usai sim c dipecah tiga..skrg ada lgi psal dlarang modifikasi…para ptiggi2 di indo ntu byak mafianya..mrka mnjjah bgs sndri…selama ptiggi2 indo baek dr dpr,plsi,tni,jksa,dll msi ktrunan air kntol blnda,,,jgn hrp indo maju…sdarlah ank2 bgsa…kta ini djjah oleh mrka…bgaimna krya2 ank bgsa semua dcegat oleh negara.,,sdarlah….yg kya mkin kya dg mnjjah rkyat…yg mskn smkin mskin. Lihat dirgantara.,,mbil ank bgsa…listrik murah krya ank bgsa…smua dcegat spy tdk brkmbag…ini ulah mafia…lihat lagi mnyak tanah dialihkan ke gas,ktnya gas murah,tp apa,,kdpannya gas dinaikkan..,sdarlah ank2 bgsa,,,kta msi djjah…Undag2 diindo mudah dbuat…hukum hnya brlaku bg rkyat kcil..bg yg byak duet..mrka kbal hukum..brp org ank mntri nabrak org tp gk dpnjra…cb gliran rkyat kcil nbrak org…lebih enak hdup tu tnpa aturan2 kyk mrka buat..nyusahin rkyat kcil…mari brsatu padu..bubarkan dpr yg tdak mlndungi rkyat..buat apa jga mkan duit rkyat tp tdk mmbelnya…hnya buat rakyat susah saja…

  76. Ayo ank2 kalmntan,papua,smtra,dll kta pisah aja dr indo..rme org2 bgok si di indo ne…byk yg jjah rkyat kcil..mndig gabung ma singapore or brunei or mlsia…bs sjhtera…biarkan indo tu tggal org2 hsil dr kntol blnda…

  77. Kalau pasal ini benar2 ada ya saya mohon saja
    Polisi kenapa tidak di tutup saja semua bengkel aksesoris motor di Indonesia, ttup saja semua produsen aksesoris bengkel, tempat bengkel2 di indonesia, daripada nyari celah buat tilang konsumen. Konsumen yg tidak tau apa2 jadi kena tilang sedangkan produsen yg menjadi akar bisa tenang2 saja
    Kesan nya polisi kalau tdk bisa menutup produsen berkesan memberi jalan konsumen untuk membuat kesalahan biar ditilang, bukannya malah mencegah tapi malah memberi jalan masuk ke jurang

  78. Gini aja diributin
    Ya jelas lah kena denda kalo ente modif ngerubah motorsport jadi motor gerobak.
    Itu kan udh berubah tipe kendaraannya.
    Kalo modif yg biasa biasa pasang aksesoris ban gambot dll sih gpp.
    Lagian ya polijay juga ga bener bgt sih nyampein peraturannya

  79. 1 kata, “kakeane”

    Setuju sama om IWB, harus ada pengecualian.
    Pasal tsb hrus dtujukan kpda modifikasi yg mengurangi sisi safety.

    Peraturan e konyol.

  80. maksudnya biar ada alasan buat memeras masyarakat atau gimana ini

    ada ada ajah kl buat pasal di Negara maju ajah gak ada aturan gini makin hari makin bodoh ajah.
    ini namanya membatasi hak orang lain,lg an motor beli pakai uang sendiri mau saya bakar mau di buang terserah gw..

  81. Haloo pak polisi, jangan pandang sebelah mata. Kami bikers merasa tidak setuju dengan adanya peraturan tsb.

    Ayo semua bikers seluruh Indonesia kita demo polisi yg sudah melarang kendaraan modifikasi dgn denda 24jt rupiah dan kurungan penjara selama 1thn. Lalu korupsi yg milyaran rupiah apa tidak di penjarakan? Jgn pandang sebelah mata wahai pak polisi, pikir jangan asal bilang kendaraan modifikasi itu kejahatan. Kalo kami jahat tidak bakalan kami banyak saudara di seluruh Indonesia.

    #Miris

  82. Whahahaha.. mumet jadi nya..

    Kira2 klo ganti ban standart ukurn 120 jdi 150 kena gak yah.. terus ganti knalpot standart jdi knalpot racing kena gak ya??
    Hmmm.. apa semua knalpot yg gak standart akan kena tilang, meskipun gak bising ?? Mohon penjelasan nya agan agan masta

  83. Buset,, kesian amat toko2 yg jual alat2 modif ya, ga bisa jual alat2 keren lg. trus kesian amat para pemakai motor, jadi ga bisa berfantasi buat motor impian dong, enak sih kalo yg punya duit mah tinggal beli yg bagus2, lah kalo yg kismin ini, kan pengen juga tp lewat modif murmer aja.
    Aturan nya aneh, ga logis, lg emosi kayaknya pas bikin aturan..
    Trus toko2 kecil ga dipikirin tuh, kesian bgt tinggal di indonesia, trus hak yg punya motor buat nyalurin fantasi nya kmn, parah bgt… kita juga punya hak dan toko sudah bayar pajak.. pemerintah bisa makan dirumah kan dari uang hasil kita kerja keras, kok malah kita yg ditindas sih.. itu kan arena kita bisa seneng2 di luar kita kerja buat bisa bayar pajak supaya bisa tetep hidup aman dan ga dipenjara.. uang pajak aja gelep kmn tau.. ga iklas hati bayar pajak kalo gini.. lagian ga dijelasin rincian aturan nya gmn. Indonesia kan seharusnya negara musyawarah. Kok maen ambil keputusan gt aja. Liat efek nya juga dong bapak2 polisi..

  84. Cara polisi buat nambah penghasilannya mungkin,, toh kita taat pajak, buat modif juga ga minta ke pemerintah, kita juga tau aturan,, ini sama saja mematikan para pengusaha yg bekerja di bidang modifikasi, tolong di kaji lagi deh

  85. Kayaknya sih, menurutku kalo cuma lapis jok kulit, nambah kondom tangki, atau tambah aksesori lain yg nggak harus mengganti komponen standar kendaraan nggak bakal ditilang, atau bahkan nggak harus dipenjara. Tapi kalo sampai ganti ban cacing, ganti knalpot ngebrong, atau bore up mesin, siap2 deh kena hukuman. Karena spesifikasi udah jelas berubah. Kecuali kalo uji tipe lagi & bikin surat2 baru

  86. wuahaha…..YANG BIKIN ATURAN WAKTU ITU LUPA BAWA OTAKNYA…. OTAKNYA KETINGGALAN DI WC…. MAKA NYA ATURANNYA NGAWUR GITUH…. YANG NAATIN ATURAN KYAK GITU SAMA GOBLOKNYA…..WUAHAHAHA…..

  87. SATU YANG PASTI, KEJAHATAN BAKAL MENINGKAT TAJAM KARENA BANYAK PENGANGGURAN?! TRS KALO UDAH BANYAK KEJAHATAN, PASTI APARAT NGELES BAHWA JUMLAH APARAT TIDAK SEBANDING DENGAN JUMLAH PENJAHAT?! UJUNG2NYA RAKYAT MAKIN MENDERITA..HIDUP INDONESIA!!!

  88. dlm UUD di sebut kan dan bicarakan dgn baik dan jelas,,, tapi petugas aparat kan berlaku lain di lapangan,,,, sekalipun ada sertifikat izin tentang modifikasi,,, pasti akan kena juga dgn berbagai alasan,,, saya bukan sekali berhadapan dgn polantas gak ke itung pokok nya kalau di kupuluin bisa kebeli kerbau,,, sedikit cerita,,, plat nopol motor ku yg belakang jatuh dan hilang,, terpaksa aku beli plat nopol duplikat di pinggir jalan untuk sementara,,,, sim ada surat surat lengkap pajak hidup tetap kena juga,, oknum polantas kata melanggar hukum,,, saya kata itu penjual plat duplikat di pinggir jalan gak melanggar hukum ya pak,,, trus oknum polantas itu bilang saya lebih tau UUD daripada kamu,,, sakit hati saya ini kah yg disebut aparat ngayomi masarakat,,, trus pernah kena lagi,, lampu depan tertekan jarak jauh dgn tdk sengaja,,, itu pun kena juga padahal waktu itu siang bolong,,, miris nya indonesia ku,,, dah gak percaya saya dgn UUD yg mereka buat ini akan menjadi alat buat oknum oknum yg nakal,,, UUD yg di bacakan semua benar tapi bertolak belakang di lapangan,,,,

  89. orang malaysia kan bilang rakyat indonesia miskin miskin banyak pengangguran dan pencurian jadi pemerintah kita bangga dengan semua itu,, karya anak bangsa di sita sedemikian rupa,, gimana nggak,,, jgn kan mau ngemodif gak di modifikasi aja kena tilang dgn Berbagai macam alasan,,, dulu saya pake kendaraan motor vixion sekarang pake sepeda ontel,, biar jadi kebanggaan bangsa indonesia,,,

  90. dari dulu yg namanya merubah bentuk kendaraan dr aslinya jg melanggar hukum. Kalo masih takut ama pols ngapain pake motor modif. itu udah konsekuensi. Yg gak berani outlaws ya udah pake motor standar aja.

  91. Kalo pakein gantungan kunci?

    Tambahin mika plat nomor buat motor ?

    Pakein jaring-jaring di jok motor ?

    Tu2p Pentil bom/ Roket?

    Ganti angin ke nitrogen ?

    Termasuk kejahatan kah?? 😀
    Makin edan indonesia..

  92. aturan gendeng iku…..mboh sebenarnya yang keblinger yg merancang undang2 kah atau rakyat….kalau.di pikir secara akal sehat nggak masuk bro……jangan2 yang merancang undang2 salah minum obat tu….kreatifitas di kebiri

  93. Emang ban cacing mengganggu pengguna jalan yg lain gimana..

    Justru geng motor yg pake ban gede itu yg mengganggu, udh pake sirine gajelas trus kalo dijalan suka semaunya sendiri

  94. bapak kasubdit yang terhormat mbokyo kasian ama temen2 kita yg keterbatasan fisik mbokyo ada hati nuraninya,
    maaf kelak ada pada keturunan anda yg cacat fisik lo
    akan ada di gelar doa bersama agar yang mengeluarkan UU cacat dan keterbatasan fisik.

  95. Skrng gni aja q memang pecnta motor modifikasi seprti yg lg ngetren skrg modf motor honda mp dimodifikasi mnjdi cb kalau mnrut q ndak apa selama nomor mesin dan nmr bodi asli dan surat2nya ada lengkap ap slalh nya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here