iklan iwb

Web banner 460X110px

Mas IWB-4

Ora usah ngekek pakde…sampluk kuali lek ngekek sama judul diatas :mrgreen: . Ini gambaran….betapa moge Honda yang dilepas 125 jutaan ini mampu membuat IWB melek-merem. Power besar namun handling nurut layaknya motor kecil. Tidak heran saat uber-uberan ditikungan patah-patah bukit Pelangi Bogor…Kawasaki ER6 yang ditunggangi Vandra MonkeyMotoblog-pun sempat keponthal-ponthal. Nah….emang seperti apa sih impressi test ride motor ini saat digunakan jalan harian ataupun turing jauh?. Secara khusus IWB racik buat sampeyan semua plus minus motor ini. Siapa tahu sampeyan ingin naik kelas. Cekidot mzbro….
460x110 IWB

iklan iwb

Y P 440

Honda global merilis sport 500 family dengan dua tipe yakni CB500X dan CB500F. Keduanya hanya beda model dimana X merupakan cross over design dan F naked version. Nah….IWB kebagian menggunakan CB500 versi F yang diserahkan selama satu minggu (suwun buat teman-teman di HC-3 serta main dealer baik JHC ataupun Wahana). Oke…kita langsung wae pada impressi test ride….

Ergonomi dan posisi riding

CB500IWB (2)cb500F_iwb

Saat kita diatas CB500F….sensasi yang diberikan rileks. Tangan menjangkau stir dengan santai. IMHO dibanding ER-6…CB500F memiliki stir lebih baplang. Kondisi tersebut membuat handling terasa mantap. Apalagi jok juga empuk mzbro. Posisi foot peg atau injakan kaki didesain “netral”…tidak terlalu maju namun juga nggak mundur-mundur amat. Soal riding position IWB merasakan puas. Tidak ada capek menyerang badan walau digunakan melaju berkilo-kilo. Hal ini IWB buktikan saat turing PP Depok-Puncak yang memiliki jarak lebih kurang 130 km. Mungkin dengan postur berbeda sensasi yang diberikan juga berbeda…..

Handling

cb500f (5)cb500

cb500f (6)

Nahhhh….ini yang paling istimewa. Entah kenapa…..big bike Honda selalu memberikan feeling “light handling” (kecuali Vultus akibat wheelbase panjangnya). Dan CB500F termasuk jempolan dimata IWB. Dengan rake 25.5 derajat serta wheelbase mencapai 55.5 inch dikombinasikan ban Dunlop Sportmax berukuran depan 120/70 dan belakang 160/60’17 inch….bobot 190 kg nyaris tidak terasa. IWB dengan mudah melakukan manuver baik saat melibas tikungan patah ataupun flowing. Stir ringan, bisa diprediksi, stabil serta reaksi suspensi terhadap segala manuver cukup mencengangkan. Vandra sebagai owner Kawasaki ER6 pun mengakui kesulitan jabanin kemampuan CB500F ketika melibas tikungan patah-patah…….

Feeling kita yang mengukur dan mengatakan….motor ini mampu. Makanya saat IWB nge-push CB500F untuk mengukur seberapa kekuatan handling…..ER-6 serta KTM 690 selalu ketinggalan dibelakang. “Wah….ngibrit bener ki mz IWB…nggak bisa ngudak ki kalau ditikungan sempit. Kedodoran euy….”seru Vandra. ER-6 baru bisa jabanin saat melibas tikungan model high speed. Yup…..selama sampeyan memiliki nyali….CB500F melayani dengan senang hati bahkan digunakan bermiring-miring ria sekalipun. Berpindah posisi belok kiri-kananpun mudah. Asli kangbro…susah mencari kelemahan soal handling CB500F. Bahkan IWB seperti lupa sedang mengendalikan motor 500cc. Jiannn angler tenan…..

Engine

cb500 (1)

Honda menjejali mesin CB500F identik CB500X. DOHC 6 speed kubikasi murni 471cc paralel twin yang mampu memuntahkan power pada kisaran 47HP. Mungkin dari spek tidak terlalu wah dibanding big bike lain. Namun IMHO….saat dijalanan power segitu sangat lebih dari cukup. Colek dikit desisan mesin seperti berontak. Menyalip kendaraan didepan mesin begitu rileks…..passing sekali betot dan tiba-tiba kendaraan kita sudah berada didepan. Byuhh…ancen enak tenan yak nunggang moge ki. Kelebihan lain dari engine CB500 adalah….minimnya getaran !!!

Nyaris tanpa terasa vibrasi baik pada stang…foot peg hingga tanki. Tetangga IWB penunggang Yamaha MT25 bernama mz Fajar bahkan sempat geleng-geleng kepala pasca jajal CB500F sebentar. “Ediann….ini mesin kayak betot angin. Alus banget….nggak nyangka saya.”serunya. Saking penasarannya doi mengamati sasis sang CB. “Kuncinya dimana ya bisa alus banget. Mesin 500cc halusnya vibrasi ngalahin motor kecil….!” tambahnya. Apa yang dikatakan doi tidaklah asal mangap sebab IWB juga merasakannya….

CB500F engine

?cb500 (2)

Karakter mesin CB500F halus…smooth serta mudah dikontrol. Torsi juga cukup kaya dengan powerband linear membuat engine 500cc racikan Honda ini mampu memberikan kenyaman secara maksimal. BBM-pun irit untuk ukuran engine 500cc mencapai kisaran 22.5 km/liter. Sebagai informasi….CB500F dengan mudah bisa berjalan santai pada kecepatan 100 km/jam. Speed segini raungan mesin rileks tanpa getaran. Tuas kopling enteng dan oper gigi juga termasuk empuk. Wiss to…mau sampeyan ngubek-ngubek cari kelemahannya sulit tenan. IWB sampe garuk-garuk kepala ki…lha mesin koq gleser tenan…..

Braking atau pengereman

Banyak yang menyayangkan kenapa Honda tidak menjejali dengan perangkat dual disk pada rem depan. Pakem nggak ini nanti kalau kita melakukan hard braking. Awalnya pikiran tersebut juga menjangkiti IWB mengingat bobot CB500F mencapai 190kg. Tapi dilalah…ketakutan tersebut tidak terbukti…

Yup…perangkat rem bekerja dengan sangat baik. Bahkan saat IWB bandingkan langsung dengan ER-6….daya cengkram rem malah lebih menggigit CB500F khususnya ketika melakukan braking kuat. So….semua memang sudah dihitung insinyurnya pakde. Beighhh…terus opo kelemahane?. Semua koq nyaris sempurna….??

Desain & Pricing

CB500F indonesia

Nahhh…disinilah yang membuat segala kelebihan sang CB500F seperti dikebiri. Walau desain urusan selera…namun IMHO secara umum tampang CB500F terkesan biasa. Banyak yang setuju desain tidak mampu membuat kita berkata ‘Woww”. Shape terlalu biasa untuk ukuran big bike. Apalagi banderol juga lumayan bagi sebuah motor kubikasi 500cc sebab disana bertengger Kawasaki ER6 yang notabene memiliki kubikasi engine lebih besar. Diluar itu moge ini juga minim kontrol elektronik. Tidak ada riding mode yang ditawarkan pabrikan. Tapiiiiii…..

Jangan lupa…..Honda Jepang baru saja merilis new CB500F versi 2016 dengan desain melompat dari sebelumnya. Dan IWB mendenger…AHM sudah berancang-ancang memboyong versi terbaru ini tahun depan. Artinya urusan desain sudah solved sebab versi anyar jauh lebih sporty. Terus piye dengan harga?. Yah….semua memang merupakan kompensasi atas servis outstanding yang diberikan AHM…..

“Kita bisa berikan harga murah tapi model jual terputus. Cuek terhadap pelayanan dan service ala kadarnya. Tapi dalam grup Astra kami tidak seperti itu. Kepuasan pelayanan konsumen adalah utama. Dan untuk seluruh fasilitas serta pelayanan tersebut cost-nya tidaklah murah..”ujar Pak Margono Tanuwijaya (Director Marketing PT AHM) menjawab tentang formula pricing big bike Honda. Hhmm…emang kebukti dimanja bener sih kang jadi konsumen big bike Honda :mrgreen: . So…semua tentu dikembalikan kepada sampeyan sebagai konsumen….

Kesimpulan

Dimata IWB….Honda CB500F adalah moge yang menawarkan kenyamanan dengan karakter engine sangat halus. Balung tuwo serasa muda kembali mzbro….ora capek blas :mrgreen: . Didukung handling ringan dan nurut…susah bagi IWB mencari cela dua unsur tersebut. So…seperti yang sudah IWB sebutkan sebelumnya….PR yang perlu digenjot Honda hanya ada pada desain serta pricing yang mungkin termasuk tinggi dikelasnya. Namun dengan iming-iming pelayanan jempolan…..unsur harga memang menjadi pilihan masing-masing individu. Toh…sekeren apapun produk jika pelayanan acak-adut, siapapun juga akan malas memilikinya. Nah…seperti apa jalannya turing diatas CB500F??. Tenang pakde…wis IWB siapin dibawah ini. Judule…ancen istimewa tenan. Ora percoyo??. Jajalen dewe :mrgreen: …..(iwb)

Video turing bersama Honda CB500F

HP klik disini

Bonus : Kehujanan…cakepppppppp !! :mrgreen: (Special thanks to Vandra MMblog, Irwan juraganWP serta HC3 and team)

CB500IWB (1)

turing kehujanan

80 COMMENTS

  1. Sip,. tapi berasa bukan moge kalo reviewnya model gini..
    masa sama ky review CB150 dan lainya. kelas orang yang beli moge gk perlu bgini.. apa mungkin motornya yg moge tanggung!

    • Boleh kasih saran nggak lek gimana tepatnya ngereview moge dan apa yang dibutuhkan anak moge biar review sesuai ekspetasi mereka. Kasih petunjuk lek..

  2. musuhe yo regane kang.. ora merakyat..wekekekekeke…
    seng marai alus mungkin mergo cc 500 tapi tenaga mung 47 hp.

  3. Walah… Disilihi motor larang malah mok udan2ke si lek…
    Haruse motore unggahno pos ronda sampeyan seng udan2an lek… 😛

  4. moge gak ada nilai waownya,,,untung gambar sayap coba kalo merk lain dicaci maki ..bagusan er6 kemana mana

  5. Pak lek iwb, klo mau beli moge kawasaki cntohny, it hrus psan d dialer kh? Tp d sni gk ad d pajang d dialer, trus gmna?

  6. pecinta moge gk pduli dg harga atau tampang, krn kpuasan itu selera, ttg punya HD yg beratnya minta ampun hrg second aja dibelikan cb500f ini dpt 3,,tp ya itu td, kpuasan itu selera, uang bukan ukuran,,,punya uang cekak gk usah mmpi disiang bolong

  7. Ak cma nanya aj mas, gk pngen beli. Blm ad dana, lbh baik uang ny gua tabung buat byar kuliah.

  8. mesin2 moge ternyata blok cilinder jadi satu ma crankcase ya
    trus crankcase tengah dan blok cilinder juga di cat halus
    bagus juga ya daripada silver aluminium polosan tanpa cat

  9. @pecinta balap : gak usah kuliahlah,, sarjana udah banyak lho dan malahan banyak yg nganggur,, bhahahaha. Mending berwiraswasta

  10. Kq yamaha ga minjemin motor wat d.tes lek….kq dr dl honda trus yg minjemin motor mpe moge pun d.pinjemin….emang joosshhh

Comments are closed.