iklan iwb

Web banner 460X110px

Vixion TB CB150R

Bro dan sis sekalian….kalau namanya jiwa oprek pasti selalu penasaran untuk melakukan eksperimen. Seperti yang dilakukan bro Rian Hidayat yang merasa kurang puas dengan performa standart Vixy tunggangannya. Namun karena ogah menghabiskan dana besar serta ingin ubahan mimim……doi kudu putar otak agar oprek tidak terlalu radikal. Dan pilihan akhirnya jatuh pada komponen TB (throttle body) milik CB150R karena secara venturi memiliki ukuran lebih besar dibanding Vixy. Penasaran prosesnya?. Lanjutkan bacanya cakkk…ojo lali gedang goreng karo kopi ben mocone anglerrrr :mrgreen:

iklan iwb

460x110 IWB

Y P 440

Bro Rian menceritakan ikwal ide untuk mengoprek tunggangannya dengan ubahan minim. Pemilik bengkel Saonone Motorsport Yogyakarta (alias kalau diterjemahkan bengkel “Apa adanya” ) membidik sistem injektor dengan venturi yang lebih besar. Berikut penuturan lengkap doi ke IWB….

Ass..
Perkenalkan saya Rian Hidayat, seorang mekanik amatiran dari Bengkel Saonone Motorsport di Yogyakarta yang mencoba berkreasi dengan budget minimal namun ingin hasil yg maksimal. Berawal dari maraknya sistem Injeksi pada sepeda motor balap, yang sebagian sudah mnggunakan sistem Double Injektor plus TB yang berventuri cukup besar. Maka dari itu saya berinisiatif untuk mencoba membuat motor saya menjadi double injector dengan venturi TB yang lebih besar dari standar tentunya, walau dengan budget yang sangat minimal…..

Motor saya adalah Yamaha Old Vixion, speknya cukup seher standar aja koq. Seher standar CBR150 maksudnya xixixixi. Awalnya saya mencoba untuk mencari info part-part pendukung Double Injektor plus TB berventuri gede.
Info yang saya dapat cukup mengagetkan, dimana untuk membeli Injektor saja saya harus merogoh kocek 500 – 800ribu rupiah. Belum lagi ditambah saya harus membeli TB Racing berventuri lebih besar dengan harga mulai 1,5 – 3,5 jutaan. Weleh-weleh, bisa tutup ntar bengkel tambal ban saya mz Iwan….

Ide gila pun muncul, TB CB150R / CBR150 sangat seksi sehingga menggoda pikiran saya untuk mengkawin silangkannya dengan Manipol ori vixion. Mengapa koq harus TBnya CB150R / CBR150 ?. Dikarenaken, TB CB150R / CBR150 memiliki diameter venturi 30mm, 2mm lebih besar dibanding Vixion. Ditambah, injectornya terletak didalam TBnya, bukan dimanipol ataupun di luar dari TBnya. So lebih simple dan praktis karna nggak usah custom injector di moncong TB kayak kebanyakan motor-motor lain yang menggunakan Double Injektor.

Banyak yang jual TB secondnya juga membuat saya semakin bersemangat untuk mewujudkan niat tersebut. Akhirnya saya sukses membeli TB CB150R/CBR150 second dengan harga 500ribu saja, termasuk injektor orinya.
Part-part yang dibutuhkan antara lain :

– TB CB150R / CBR150 : 500ribuan ( second )
– Selang PSI 1m : 18.000
– T kuningan : 5.000
– Klem selang 6pcs : 12.000

Screenshot_28

Pengerjaanpun dimulai. Tinggal copot TB ori Vixion, terus di ganti menggunakan TB CB150R / CBR150 beserta karet manipolnya juga. Socket TB CB150R/CBR150 mirip dengan TB Vixion, sama-sama memiliki 5 pin socket. Tinggal cari aja, Pin arus, pin Ground, pin TPS, pin IAT dan pin MAPS. Soal injectornya, tinggal potong-potong selang aja dan rakit serta cabang ke kedua injector dengan serapi mungkin…

Soal kabel injektornya, yang satu di jumper ke arus 12volt dari injektor bawaan motor dan yang satunya lagi ke ECU Juken 3 yang serinya Racing Turbo. Terakhir, tinggal setting aja menggunakan ECU Juken 3 keluaran BRT tersebut.
Hasilnya bisa dilihat divideo terlampir sebagai gambaran. Disini saya pribadi khususnya Bengkel Saonone Motorsport mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada Gas Motor, CMX dan semua rekan2 Saonone yg sudah terlibat dan mengsupport riset saya ini. Wss..

Waallaikumsalam wr.wb. Yup…itulah beberapa tips yang lumayan menarik untuk dikupas karena kang Rian membuktikan bahwa pemasangan TB CB150R pada Vixy tidaklah sulit. Dan menurut informasine…..power motor ini langsung ngibrit dengan torsi njengat sejak bawah. Sayang doi tidak ngetes menggunakan dyno agar terlihat komparasi sebelum dan sesudah dioprek. Namun untuk lebih jelasnya doi sudah melampirkan sedikit cuplikan Vixy tunggangannya pasca dicangkokin TB milik CB150R. Semoga berguna…..(iwb)

HP klik disini

Sumber : Bro Rian Hidayat

SAONONE MOTORSPORT
jl. kaliurang km. 7 no. 30B
jurugsari – sleman – yogyakarta
cp : 085701000691

82 COMMENTS

  1. Cebonnggg diupgrade biaya mahalll mesinnn gampang ngowosssss piston jebol crankcase …

    maklummm mesin SedOcH Wc gaya gayaann

    Mesinn Letoyyyyyy brosss bensin perawatan mahal

    ehh sakrang dibongkar jd mesinn Ngeden penggetar sekujur tubuhh

    gak tau mau dibawa kemana arah tujuan kehidupan cebong

  2. mt 15 ala minorfighter bengkel ancur aja belagu hahahahaha, buktikan nanti diadu tes harian, udah pasti kalah babak belur dah tuuhh, sohc sampah ga guna hahahaha

  3. bangga mesin dohc honda skrg, paling irit, dan kencang putaran bawah menengah atas, ga bakal kehabisan tenaga, torsi nge jambak, puasss, beda ama yakacung, sohc gembel jaman purba hahahahahahaha, bikin dohc aja njeblug, itu aja tes jarak jauh loh di sumatra upsssssssssssssssss hahahahaha

  4. Mau ngikutin KTM duke yg keren itu malah ancur, akhirnya stress dan bingung, ah bikin design ala minorfighter bengkel ajalah hahahahahaha, yang bagus dan dibeli USD nya doang tuuuh nanti hahahahahahaha cocok diaplikasikan di new cb ,kerennnn pastii

  5. 2016 honda di moto gp bakal juara, mungkin pesaing serius ducatii, kalo yamaha siap siap bikin loreno dan rossi makin ga harmonis wkwkwk, 2017 sentul tanpa rossi karena pensiun? , wokeeeeeeeeeeeee hahahahaha

  6. Inget cuman parts doang … Itu juga yg variasi man … Kalau yg asli … Mau di hargai berapa … TB PE 28 mm tdr thailand wae .. 1000K

    Tak akoni mesin old vixi emang manteb …

    Ane penunggang NVL …

  7. JUAL TIKET konser JGTC (H-1 Acara

    Lenka
    Rei Narita
    Eric legnini trio
    Raisa
    Maliq & d’essentials
    isyana sarasvati
    krakatau reunion
    indra lesmana ft eva celia

    Tiket terbatas!!!!!
    hati2 calo di hari h menggila!

    contact me:
    id line: mochemil

  8. shock cb dan vixion klo gk salah bisa saling bertukar juga yak?
    vixion lebih pendek empuk. cb lebih tinggi keras
    CMIIW

Comments are closed.